Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Tuhan Maha Tahu, tapi Dia Menunggu: Kumpulan Cerita Tolstoy” as Want to Read:
Tuhan Maha Tahu, tapi Dia Menunggu: Kumpulan Cerita Tolstoy
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Tuhan Maha Tahu, tapi Dia Menunggu: Kumpulan Cerita Tolstoy

3.90  ·  Rating Details  ·  231 Ratings  ·  46 Reviews
Tidak sah menyebut nama Rusia, bila tidak menyebut sebuah nama besar yang sangat dikagumi dan disegani. Leo Tolstoy, sebuah nama yang disejajarkan dengan Tsar, bahkan dengan Gereja Katolik. Tak bosan-bosannya Tolstoy mengeksplorasi, mengolah, dan menyuarakan cinta bagi seluruh umat manusia. Sebuah buku klasik dari salah satu sastrawan dunia yang terlalu berharga untuk dile ...more
Paperback, 399 pages
Published 2005 by Jalasutra
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Tuhan Maha Tahu, tapi Dia Menunggu, please sign up.

Be the first to ask a question about Tuhan Maha Tahu, tapi Dia Menunggu

This book is not yet featured on Listopia. Add this book to your favorite list »

Community Reviews

(showing 1-30 of 534)
filter  |  sort: default (?)  |  Rating Details
lita
Jan 22, 2010 lita rated it liked it
Shelves: short-stories
tiga bintang cukuplah, secara terjemahannya masih kurang memuaskan.

-------

I moved the review to my blog

Jimmy
Jun 13, 2009 Jimmy rated it really liked it
Shelves: ingin-punya
“Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku.”

Kata “saudara-Ku yang paling hina” menurut pengertian saya adalah orang-orang yang sering dihina karena keadaan mereka ataupun orang-orang yang menderita dengan segala kekurangan mereka.

Efim Scheveloff dan Eliyah Bodroff, dua lelaki tua yang mendapat ilham untuk pergi dan bersembahyang kepada Tuhan di kota Yerusalem yang kuno.

Efim ad
...more
gieb
Dec 30, 2009 gieb rated it really liked it
saya jadi berandai-andai, seandainya ada seorang nabi setelah Muhammad, maka Leo Tolstoy-lah orangnya. pernyataan ini meskipun tak sepenuhnya dapat dibenarkan, tetapi setidaknya jika salah satu sifat seorang nabi itu adalah cinta kepada kaum tertindas. maka Tolstoy dalam kumpulan cerpen ini, cukup bisa dijadikan sebagai salah satu alasan untuk menguatkan pernyataan tersebut.

perjalanan hidup si Tolstoy ini juga mirip perjalanan spiritual para auliyalloh. meski dengan angle yang berbeda. sunan ba
...more
Miss Kodok
Feb 27, 2009 Miss Kodok rated it liked it
Shelves: buku-minjem
Baca buku ini udah lama bangeth... enggak inget kapan. Tapi dari semua cerita yang ada di buku ini aku paling terkesan sama cerita tentang seseorang yang ingin memiliki tanah seluas-luasnya. Lalu dia pergi menemui suatu suku dimana dia dapat memiliki tanah dengan gratis. Caranya hanyalah dengan berjalan sejak matahari terbit dan mengitari seluas tanah yang diinginkan tetapi harus kembali ke titik dimana dia memulai tepat pada saat matahari terbenam. Kalau dia berhasil, maka tanah itu akan menjad ...more
Wayan
Jul 18, 2008 Wayan rated it it was amazing
Karangan Leo Tolstoy itu seperti sumur di padang pasir, dalem banget dan bener2 menawarkan dahaga bagi para penikmat buku yang haus karya yang bermakna. Kaya cerpen dengan judul yang sama dengan buku ini, memberikan pelajaran berharga bahwa karma atas semua perbuatan, walau lambat pasti akan ada. Jadi kalau berbuat jahat, hati2 aja, mana tahu kelak ....bis AKAP yang akan membalasnya (jahat banget doainnya, he he he).
Riza
May 09, 2008 Riza rated it really liked it
Shelves: pustaka-pribadi
Buku ini merupak Kumcer Leo Tolstoy. Kumpulan cerita pendek yang hampir mendekati cerita panjang. yah... ceritanya panjang2. berbeda denagn kebanyakan cerpen dewasa ini. Tema umum yang diangkat Tolstoy dalam keseluruhan cerpen ini adalah hal yang berbau cinta, kebaikan, dan keimanan.
Kadang, cerita yang panjang membuat kita jenuh. banyak sisi yang menurutku molor. Tapi pesan moral yang terdapat dalam setiap cerita tidaklah pantas dianggap biasa saja. Ya, dalam hal ini, kupikir Tolstoy termasuk pe
...more
Asri Pandanwangi
Sep 20, 2011 Asri Pandanwangi rated it it was amazing
Mendengar nama besar Leo Tolstoy, dulu saya membayangkan karya-karyanya pastilah berraatt, apalagi dengan embel-embel sastrawan. Tapi setelah baca buku “Tuhan Maha Tahu, Tapi Dia Menunggu”, yang berisi kumpulan cerita karya terbaiknya itu, kesan “berat” pun berubah.

Ternyata karya Tolstoy itu readable koq, gampang dicerna, dan tema-temanya everlasting. Saya sampe ketagihan, ngga sabar untuk terus namatin buku itu. Rasanya kayak denger lagu klasik yang nadanya nyaman di kuping, peacefull, calm, me
...more
Damar hening Sunyiaji
Jul 24, 2014 Damar hening Sunyiaji rated it it was amazing
Cerita cerita yang terdapat di buku ini masing masing memiliki ketebalan yang lumayan, bahkan setelah dicermati beberapa cerita seperti bahagia perkawinan atau happy family diterbitkan menjadi sebuah novel tersendiri oleh penerbit serambi.
Kemungkinan besar cerpen cerpen di buku ini sudah memiliki kualifikasi untuk diterbitkan menjadi beberapa novel.
Persoalan yang dibahasnya lumayan kompleks dan mengena, seperti pada tujuh belas tahun kemudian,
tolstoy menggambarkan akibat kebrutalan seorang ayah
...more
Bunga Mawar
*bukan review*

Waktu mulai membaca buku Tolstoy ini, saya nyambi nengok sebuah buku lain yang kalo ga salah judulnya "Apakah Ikan Minum di Air?" Nah, salah satu pertanyaan model begitu yang ada dalam buku tersebut adalah pertanyaan menanggapi hasil survei bahwa satu keluarga (ayah-ibu-dua anak) bisa hidup berkecukupan hanya dengan tanah seluas dua meter persegi. Jawabannya, survei tersebut sudah kedaluarsa. Perhitungan lebih akurat (dan rumitnya) tak saya ingat lagi.

Di kumcernya Tolstoy ini, ada
...more
Rizky Kusumo
Apr 25, 2016 Rizky Kusumo rated it really liked it
Membaca Tolstoy = Membaca Manusia

Berisi kumpulan cerita-cerita pendek yang tidak terlihat "pendek" secara kualitas, Tolstoy mampu memberi kekuatan atas tulisan-tulisannya tersebut. Tidak bermaksud hanya menghadirkan kekuatan moralitas dalam tulisanya, Tolstoy mampu mengemas beberapa kisah manusia prihal spritual, pengkhianatan, dan cinta. Kumpulan Cerpen dalam buku ini pun patut untuk dikoleksi oleh para pembaca (walau banyak yang menilai terjemahanya kurang bagus :P)

Layaknya ungkapan Tolstoy, k
...more
Arief Bakhtiar D.
Mar 07, 2016 Arief Bakhtiar D. rated it really liked it
TOLSTOY

COUNT Lev Nikolayevich Tolstoy–sebuah nama Rusia. Dan ia, yang lebih dikenal dengan Leo Tolstoy, memang berasal dari Rusia, tepatnya ia lahir di desa Yasnaya Polyana, Provinsi Tula Oblast, pada bulan September 1828.

Ia sastrawan tanpa gelar akademis–meski sempat berkuliah di Universitas Kazan-; tulisannya realis dan sarat renungan moral dan fisafat. Gagasannya tak lazim–dan untuk itu ia dicap “anarkis”. Kebesarannya, bisa tergambar sedikit jelas dalam suatu anekdot: Rusia saat itu memiliki
...more
Rahma Sakinah
Mar 15, 2012 Rahma Sakinah rated it liked it
Tuhan Maha Tahu, tapi dia Menunggu adalah buku Leo Tolstoy pertama yang saya baca. Sudah dari dulu saya mendengar namanya di mana-mana, tetapi baru kali ini membaca secara langsung karyanya. Berbeda dengan kebanyakan penulis populer zaman pertengahan lainnya, cerita-cerita Leo Tolstoy banyak mengeksplorasi nurani, kebijaksanaan, pemikiran mendalam tentang kehidupan, dan rasa-rasa religius yang pekat. Penggambaran yang sangat manusiawi tentang kejadian sehari-hari membuat cerita-ceritanya terasa ...more
aisyah baisa
Jan 09, 2013 aisyah baisa rated it really liked it
Karya Leo Tolstoy pertama yang aku baca. Dan aku sarankan untuk yang pertama untuk semua karya Leo Tolstoy yang ingin anda baca. haha. setelah baca Anna Karenina, langsung berpikir ulang untuk baca karya Tolstoy.

Kumcer Tolstoy yang ini bahasannya nggak terlalu njelimet, penerjemahnya lumayan lah, meskipun tetep banyak bahasa yang susah buat dimengerti. isi ceritanya banyak berkisah tentang kerohanian, cinta, dan sedikit persahabatan.

Cerita favoritku, SETELAH PESTA DANSA, TUJUH BELAS TAHUN KEMU
...more
Rio Johan
Nov 13, 2013 Rio Johan rated it liked it
I couldn't argue Tolstoy's mastery in crafting story. My main problem is that almost every stories, or even all the stories, are always aimed into the same moral conclusion: that the only true happiness in life is found by living for others. At certain points, Tolstoy even overemphasized its value to a tedious and excessive moralizing.

Ilyas (Ilyás)
Sebutir Gandum dari Tanah Tuhan (A Grain as Big as a Hen's Egg)
Setelah Pesta Dansa (After the Ball)
Alyosha (Alyosha the Pot)
Tuhan Maha Tahu, Tapi
...more
Dina Oktaviani
Mar 05, 2014 Dina Oktaviani rated it really liked it
The best short story in this book, in my opinion, is still The Death of Ivan Ilyich. Had read it like 3 years ago, and now i reread it, i find myself more attracted to Tolstoy's way of storytelling, his religiosity, and his thoughts. Three years ago, I thought about the story more in Ivan Ilyich's mere struggling towards death, and now i think i am more appealed to Ilyich's denial of the death, his denial of his own illness, his life, his family, and how he thinks he does not deserve the pain he ...more
Aprijanti
Dec 15, 2012 Aprijanti rated it really liked it
Pertama beli buku ini lihat covernya yang menggoda iman, nyastra pula, gak mikir dua kali deh beli. setelah baca, oke! saya mau buku leo tolstoy yang lainnya :D
Terlepas dari banyaknya komentar miring mengenai terjemahan novel ini, saya tetap dapat intisarinya. Terlalu bagus dilewatkan, karena setiap judul pasti ada tangisan (ini sih sayanya aja lebay) karena touching banget. Cerpen yang menyuguhkan esensi hidup, kematian, ketulusan dan Tuhan. Hal-hal klise yang kadang luput dari orang-orang.
Buku
...more
Fachrina
Jun 08, 2014 Fachrina rated it liked it
Shelves: i-own-this
Karya pertama Tolstoy yang saya baca :)

Jujur, awalnya saya kira, berdasarkan reputasi Tolstoy, buku ini akan sulit bagi orang awam seperti saya. Sulit, dalam artian bahwa susah untuk terhanyut dalam ceritanya. Ternyata, saya salah.
Bayu
Jul 01, 2015 Bayu added it
Cerita pertama tentang tukang sepatu dan yang terhakir yang tentang 2 sahabat melkukan perjalanan ziarah yang mudah di cerna..
Lulu maisuroh
Jan 20, 2010 Lulu maisuroh rated it liked it
Buku ini di beli ketika iseng2 pingin baca karya sastra lama. mka belilah kumpulan cerpen Pak leo tolstoy ini. Bagus, sarat pelajaran n makna hidup yg bisa diambil. Ada beberapa cerpen yg membutuhkan waktu lama untuk mengerti apa maksud cerpen tersebut, karena memang gaya bahasa sastra klasik n terjemahan yg menurutq kurang bagus. Yang paling suka adalah berapakah luas tanah yang diperlukan seseorang dan Ziarah. after all, i like this book n gave 3 for its rating.
Dendy Hardian
Jan 14, 2010 Dendy Hardian rated it really liked it
walaupun tidak semenarik karya-karya sekarang namun sisi kemanusiaan yang banyak di diceritakan dalam setiap karya leo tolstoy merupakan suatu keindahan sendiri dalam karya-karyanya, dan memang beliau terkenal dengan kepeduliannya terhadap orang yang kurang mampu. pesan moral yang banyak membuat kita seringkali merenungkannya dan membandingkannya dengan masa sekarang dan mulai berpikir untuk melakukan sesuatu yang terbaik selama kita hidup didunia.
Alin A
Dec 23, 2011 Alin A rated it really liked it
Saya, baru baca kumpulan cerita pendeknya Leo Tolstoy dan saya selalu tersentuh, juga terharu. Setiap judul cerita yang saya baca nyatanya mengandung pesan moral yang dirangkai indah. Kadang terasa sadis, tetapi mengena. Leo Tolstoy memang seorang yang seorang yang sangat agamis. Karya-karyanya menginspirasi Mahatma Gandh, yakni bagaimana caranya agar tetap dapat melakukan perlaanan meski tanpa menggunakan kekerasan.
Dewi Wardani
Jan 14, 2014 Dewi Wardani rated it liked it
Sometimes confusing ...
Hilal
Jan 10, 2014 Hilal rated it really liked it
terima kasih kepada Anton Kurnia atas terjemahannya yang bagus sekali.
Fitri D
Cerita-cerita Tolstoy dalam buku ini secara tersirat memberkan nilai luhur dari tulisannya, sedangkan secara tersurat tulisannya memberi contoh tentang suatu karya sastra yang baik dengan segala kritiknya.
Choirul Muttaqin
Nov 10, 2013 Choirul Muttaqin rated it really liked it
kumpulan cerita yang ditulis tolstoy, salah satu cerita favorit saya adalah ziarah. kebanyakn berbau religus cerita yang ditulisnya, mungkin dipengaruhi oleh masa hidupnya, sastra rusianya mengena.
Dee
Dec 29, 2008 Dee rated it really liked it
This book inspires me a lot about love, life, and show me that we always have to understand people around us, don't feel greedy. So just do the right thing, it would be nice :)
Mona
Jun 05, 2012 Mona rated it really liked it
This book is awesome. I love almost all the story, but what i love most is The Death of Ivan Illych. The story is sarcastic yet funny. All political satire standard was here!!
Vera Maharani
Perkenalan pertama dengan Tolstoy. Kesan pertama begitu menggoda untuk baca buku yang lainnya.

Cerpen favorit saya, Matinya Ivan Ilyich, ada di sini.
Lydia Kaban
Nov 13, 2008 Lydia Kaban rated it really liked it
I got this book from my friend. This book is inspiring me about what we already get in this world, and the values of life. It is really a good book to read.
Dongan TS
Dec 27, 2010 Dongan TS rated it it was amazing
Buku ini kubaca berulang-ulang dan aku bersyukur karena Tuhan menaruh hikmat pada Tolstoy untuk menuliskan yang rumit menjadi ringan.
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 17 18 next »
topics  posts  views  last activity   
pernah baca waktu anak2 2 17 Jul 16, 2013 07:51PM  
  • Laki-laki Lain dalam Secarik Surat
  • Kamu Sadar Saya Punya Alasan Untuk Selingkuh kan Sayang?
  • Rahasia Meede: Misteri Harta Karun VOC
  • Bukavu
  • Vera
  • Selama Kita Tersesat di Luar Angkasa: Kumpulan Cerita Absurd
  • The Life of a Useless Man
  • 100 Kata: Kumpulan Cerita 100 Kata
  • Fire in the Heart: A Spiritual Guide for Teens
  • Cartoon Guide to Genetics
  • Sepotong Senja untuk Pacarku: Sebuah Komposisi Dalam 13 Bagian
  • Midah Simanis Bergigi Emas
  • Dia Di Mana-Mana
  • Lagak Jakarta: 100 'Tokoh' yang Mewarnai Jakarta
  • Menjadi Wanita Paling Bahagia
  • Totally Frank: The Autobiography of Frank Lampard
  • A Cat in My Eyes: Karena Bertanya Tak Membuatmu Berdosa
  • A Theory of Adaptation
128382
Lev Nikolayevich Tolstoy (Russian: Лев Николаевич Толстой; commonly Leo Tolstoy in Anglophone countries) was a Russian writer who primarily wrote novels and short stories. Later in life, he also wrote plays and essays. His two most famous works, the novels War and Peace and Anna Karenina, are acknowledged as two of the greatest novels of all time and a pinnacle of realist fiction. Many consider To ...more
More about Leo Tolstoy...

Share This Book