Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Bukavu” as Want to Read:
Bukavu
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating

Bukavu

by
3.99 of 5 stars 3.99  ·  rating details  ·  245 ratings  ·  68 reviews
Bukavu adalah kumpulan cerita tentang cinta yang tercabik di sana sini karena ulah manusia yang konon tengah melakukan cinta pula. Sebuah karya yang lahir dari kepedulian dan cita, dengan totalitas yang terbangun oleh berbagai unsur intrinsiknya secara terpadu. Helvy menulis berbagai hal yang tak bisa tidak akan terus menetap di hati dan pikiran pembaca, “mengganggu” dan m ...more
Paperback, 228 pages
Published April 2008 by Lingkar Pena Kreativa
more details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Bukavu, please sign up.

Be the first to ask a question about Bukavu

Community Reviews

(showing 1-30 of 368)
filter  |  sort: default (?)  |  rating details
Sastra
Buku yang memuat 18 cerpen Helvy yang berserakan dari tahun 1992-2005. Meski beberapa cerpen sudah pernah saya baca, Bukavu tetap terasa segar dan baru.

Dalam Bukavu, secara keseluruhan terasa bahwa Helvy kerap memilih narasi-narasi yang sangat puitis bagi tiap cerpennya, kecuali cerpen "Titin Gentayangan" yang berlatar budaya Betawi nan kental. Cerpen2 tsb terasa indah walau banyak bicara tentang kekerasan. Helvy pun setia bicara mengenai isu-isu HAM terutama menyangkut peran perempuan. Ia bahka
...more
Tisa

Kumpulan cerpen pilihan dari Helvy. Cerita-ceritanya bagus dan tak biasa. Bukavu nama sungai yang pernah dipuja keindahannya oleh Ernest Hemmingway, tapi kemudian jadi kubangan duka. Soal kubangan duka tersebut yang kayaknya secara keseluruhan diangkat Helvy, namun tetap dengan gaya optimisnya. Sangat menarik.
Tomi
This the new book from my favorite Indonesian literary author Helvy Tiana Rosa --who fortunately is also my wife ;-)

Comprised of 18 short stories, the book brings us to many places, in different time settings to tell about love, misery, desire of the characters. Helvy shows her skill to play with words and plot, but the best thing is her ability to drive the emotion of the reader, up and down, in almost every paragraph.

Unfortunately, the editor of the book is not as skilled as the author. You ca
...more
Abdurahman

Aku senang buku ini. Bagus dong. Kalau buku bunda, udah aku nggak bisa ngomong selain bagus hehehe ;p
I'i
Bukunya rumit tapi indah dan waaaaahhh gimana gitu bacanya!
Terasa banget penulisnya Helvy Tiana Rosa memang cerdas sekali!
Ini karya sastra pengarang perempuan kita yang bikin gue bangga banget!
Edi Susanto
It's amazing. I love all of the stories in this book. Everything is in detail, really beautiful but still makes me shock! Helvy is one of a great Indonesian author!
Leonardi

Bagus. Seru juga dikaitkan dengan Hemmingway...
Helvry Sinaga
Iseng-iseng jalan jalan ke Mall Kalibata, dan menemukan buku ini di toko buku JBC (baru kali ini dengar, sepertinya belum ada cabangnya dimana-mana) CMIIW.

Kumpulan Cerpen ini banyak berlatar belakang konflik. Beberapa peristiwa di tanah air yang turut memberi warna pada cerita pendeknya antara lain konflik di Ambon (1999), GAM di Aceh (1992), Timor-timur (1998), Pembantaian etnis Madura di Kalimantan (1999-2000) Tsunami (2004), dan beberapa peristiwa di luar negeri yang bertema kondisi perang, m
...more
Rahmadiyanti
Nov 25, 2008 Rahmadiyanti rated it 4 of 5 stars
Recommends it for: helvy's fans :D
Pada tahun 1954, Ernest Hemmingway, penulis legendaris AS datang ke kota Costermansville, Zaire. Saat melihat Danau Kivu yang terletak di kota tersebut, penulis The Old Man and the Sea ini begitu terpukau akan keindahan Kivu dan menyebutnya sebagai keindahan yang sama sekali belum pernah ia saksikan sepanjang hidup. Kota Costermansville sendiri telah berganti nama menjadi Bukavu. Empat puluh tahun setelah Hemmingway menapakkan kaki di Bukavu, terjadi peristiwa pembantaian etnis Tutsi oleh suku H ...more
Mario Mario
Di saat seseorang ingin sekali orang lain tahu apa yang ia rasakan, di saat semua orang berlomba-lomba ingin terlihat baik dan tidak mau menerima kekalahan, agaknya Helvy memperlihatkan hal sebaliknya. Dalam buku ini ia membawa tema sosial yang sangat kaya akan sejarah dan kejadian nyata. Semua dibawakannya begitu hidup dan sanggup membangun emosi para pembacanya. Seperti dalam buku-buku sebelumnya, Ia tahu bagaimana mengungkapkan fakta tanpa harus memohon orang lain untuk iba, karena semua ceri ...more
Ryan
65% cerpen dalam buku ini sudah pernah saya baca sebelumnya. Kesimpulannya : HTR lebih dari seorang cerpenis! Ia juga seorang penyair. Salah satu yang terbaik yang dimiliki negeri ini.
Ike Lestarina
Buku ini mengangkat berbagai kisah yang ada di kehidupan nyata...
Plihan kata yang digunakan benar-benar tidak biasa
Kebanyakan kisah-kisahnya mengenai perjuangan seorang wanita
Za

Buku yang menggetarkan dan menggerakkan.
Beda!
Bagiku, Helvy memang jaminan mutu!
Sedih sekali bila ada bukunya yang belum kubaca....
(Untung saja rasanya tidaaak hehehe)
Tia Pramono

Keren banget! Beda sama penulis-penulis perempuan lainnya...saya suka cara HTR membuat citra atas perempuan dengan narasi yang puitis.
Ibu

Wow!

Saya belum pernah baca karangan sastrawati Indonesia yang begitu powerful seperti ini.......
Aisyah
Biasanya buku mbak Helvy yang selama ini aku baca jaminan mutu :)
Riana

Buku-buku Helvy buat saya bagus aja hehe
Purnama
Sudah bacaaaa bagus banget!
Eeni

Must read!
Akhi Dirman Al-Amin
HELVY BICARA CINTA,
PERANG DAN KEMANUSIAAN



Judul Buku : Bukavu
Genre : Kumpulan Cerpen (Literatur & Fiction)
Penulis : Helvy Tiana Rosa
Penerbit : Lingkar Pena Publishing House (LPPH)


Saya pertama kali ‘menjumpai’ Helvy pada sekitar tahun 1998-1999 di majalah sastra Horison waktu saya SMA. “Jaring-jaring Merah” yang memikat, bercerita tentang tragedi kemanusiaan di Aceh yang ditulis dengan sangat menyentak, telah membekas begitu dalam di memori saya. Saya seolah merasakan benar bagaimana berdarahn
...more
Nazmi Yaakub
Jul 28, 2010 Nazmi Yaakub rated it 3 of 5 stars
Recommended to Nazmi by: Helvy
BUKAVU karya Helvy Tiana Rosa menghimpunkan 18 cerpen bernada puitis dengan pelbagai tema di seluruh Indonesia dari Timor Timur hingga ke Aceh dalam menyorot penderitaan dan kekerasan manusia khususnya wanita.

Kumpulan cerpen pengasas Lingkar Pena ini yang mengangkat sastera Islam, turut merentasi sempadan geografi dengan meninjau bumi Palestin sambil menterjemahkan hadis akhir zaman berhubung batu yang berkata-kata menjadi cerpen, Hingga Batu Bicara.

Helvy turut membawa pembaca menelusuri kekejam
...more
Kang Dani
Bukavu: Diam Yang Begitu Gerak
~DA~


Banyak tragedi kemanusiaan yang terjadi tanpa dapat terekam dengan baik oleh manusia, yang dapat menuturkannya kembali. Mungkin para saksi sejarah itu tidak lagi hidup ketika kondisi memungkinkan untuk menceritakaknya kembali. Atau, mungkin mereka juga terlalu enggan, membuka kembali album hitam yang telah dikubur dalam-dalam.

Tapi alam tak pernah berdusta, mereka menyimpan seribu peristiwa, merekamnya, lalu menuturkan kembali dalam gejala-gejala kemanusiaan sete
...more
Ananda Sivi
Yaphz, aku baru aja selesai baca kumcernya mbak Helvy Tiana Rosa, Bukavu.
Kesan pertamaku adalah : BAGUS!
Ya, luar biasa nyastra, itu menurut kacamata awamku.
Karena jujur, aku bukan seorang yang ahli untuk nge-review atao nge-resensi karya orang lain.
Aku hanya akan bilang bagus atau jelek. Cukup.
Nah, cerpen-cerpen mbak Helvy itu aku rasa emang agak berat sih beberapa, nggak semua lho.
Berat dalam artian aku nggak bisa langsung paham maknanya. Kayak kalo lagi baca puisi, mikir-mikir dulu. Cuman beda
...more
Meliana
membaca bukavu adalah seperti diam dalam airmata yang jatuh dan lindap di tanah pertiwi. ada benang merah yang melatari kisah-kisahnya, yaitu tentang perseteruan dan bencana di negeri: konflik GAM di aceh, dayak-madura, timor timur, sampai kepada bencana tsunami di aceh.

ada kepedihan yang dituturkan dengan bahasa yang puitis, kesederhaan dan kepasrahan dalam menerima nasib, sekaligus kekuatan yang teguh. lalu, tentang tokoh-tokohnya yang kebanyakan adalah perempuan dan anak-anak, karena memang
...more
Rofi
cerita "juragan haji" kurang greget menurutku. tapi banyak cerpen yang keren. trus banyak yang diambil dari kisah nyata gitu jadi keren banget yaaa... trus kayak cerita nyata tapi dibubuhi fiksi gitu.. pokoknya banyak cerpen yang keren salut banget sama mbak helvy :)
Nanaku
tulisan mbak Helvy memang selalu juara :D
Wibiksana
Sebenarnya saya sih tidak terlalu suka dengan buku seperti ini. Jarang sekali saya membaca buku yang isinya kumpulan cerpen. Buku ini dipinjamkan oleh teman baik saya.

Menurut saya buku ini luar biasa. Buku yang biasa saya anggap 'berat', menghipnotis saya untuk membaca sampai selesai. Walaupun bukan genre kesukaan saya, bagi saya buku ini mempunyai nilai tersendiri. Gaya penulisannya membuat saya ikut terlibat secara perasaan dengan kisah-kisah yang ada di ke-18 tersebut dan kisah favorit saya a
...more
Bunga Mawar
Ini buku pinjeman dari Amang. Baru saya baca loncat-loncat, lalu kehilangan minat karena jadi sadar mengapa saya selama ini sengaja menjauh dari buku2 Mbak Helvy. Jadi buku ini pun loncat2 dulu ke teman2 GR yang ada di sekolah saya, kepada mereka yang memiliki apresiasi lebih baik (kelihatannya) daripada saya.

Buktinya, dua orang sudah menyelesaikannya, sementara saya belum...
Riza
ketika cinta bukan hanya soal sepasang sejoli... ketika perang dan bencana serta pergolakan sosial bukan hanya dilihat dari sisi senjata, darah, tanah rengkah, dan ketimpangan...
keren... lewat Bukavu, sensitifitas sosial dan ghirah jihad HTR kian terasa. Dan yang lebih asik, rata-rata tokoh adalah perempuan yang berkarakter kuat....
sinta nisfuanna
"Keras" dan kritis, dua hal ini yang aku tangkap saat menikmati isi Bukavu. Hampir semua kisah menyoroti tentang permasalahan sosial, budaya ataupun politik. Selain itu, buku ini bisa menjadi contoh sastra islam yang patut diacungin jempol.

Buku yang gak bosen untuk dibaca berulang kali :)
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 12 13 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Untuk Bunda dan Dunia
  • Aku Ingin Menjadi Istrimu
  • The Road to the Empire: Kisah Takudar Khan, Pangeran Muslim Pewaris Mongol
  • De Winst
  • Dokumen Jibril
  • Pingkan: Sehangat Mentari Musim Semi
  • Balada Si Roy 2: Avonturir
  • Laki-laki Lain dalam Secarik Surat
483298
Helvy Tiana Rosa is widely recognized for her works in Indonesian literary and for her relentless efforts to encourage people, especially the young, poor and women, to write and publish their own works.

She is a beloved writer and has written 50 books, ranging from short stories, novel, literary reviews, poets and drama scripts. Helvy often represents Indonesia in literary events, both at home
...more
More about Helvy Tiana Rosa...
Ketika Mas Gagah Pergi (Edisi Kedua) Ketika Mas Gagah Pergi... dan Kembali Bukan di Negeri Dongeng Akira: Muslim Watashi Wa Manusia-Manusia Langit

Share This Book

No trivia or quizzes yet. Add some now »