Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “De Winst” as Want to Read:
De Winst
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

De Winst (De Winst #1)

by
3.73  ·  Rating Details  ·  456 Ratings  ·  53 Reviews
Usai menamatkan sarjana ekonomi dari Universiteit Leiden, RM Rangga Puruhita kembali ke Hindia Belanda, untuk mempraktekkan ilmu yang ia miliki demi kemajuan para pribumi. Tetapi, berbagai hal pelik harus ia hadapi. Mulai dari ribetnya aturan kebangsawanan Keraton Surakarta, perjodohan paksa dengan Rr. Sekar Prembayun yang sulit ia lepaskan, hingga permasalahan ketidakadil ...more
Paperback, 336 pages
Published 2008 by Indiva (Afra Publishing)
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about De Winst, please sign up.

Be the first to ask a question about De Winst

Laskar Pelangi by Andrea HirataBumi Manusia by Pramoedya Ananta Toer5 cm by Donny DhirgantoroNegeri 5 Menara by Ahmad FuadiRonggeng Dukuh Paruk by Ahmad Tohari
Buku Indonesia Sepanjang Masa
99th out of 491 books — 1,733 voters
Ayat-Ayat Cinta by Habiburrahman El-ShirazyKetika Cinta Bertasbih by Habiburrahman El-ShirazyKetika Cinta Bertasbih by Habiburrahman El-ShirazyAkira by Helvy Tiana RosaMuhammad by Tasaro G.K.
Novel FLP Terbaik
28th out of 113 books — 226 voters


More lists with this book...

Community Reviews

(showing 1-30 of 768)
filter  |  sort: default (?)  |  Rating Details
Bunga Mawar
Di Gramedia Depok, akhir Mei lalu, saya tertarik dengan sampul luarnya. Gelap, berawan, dan secercah cahaya di ufuk yang menerangi sepasang manusia yang saling berhadapan. Bagi saya, menjanjikan sesuatu. Misterius.

Lalu ada nama pengarangnya, yang saya sudah kenal sebagai salah satu aktivis FLP yang cukup produktif (dan belum satu pun bukunya saya baca). Waah... mungkin sudah waktunya saya beli ni. Sayang, anggaran terbatas, dan petang itu buku ini tak jadi saya masukkan tas belanja.

Kurang dari s
...more
Afifah
Apr 05, 2010 Afifah rated it really liked it  ·  (Review from the author)
karya sendiri, kalau nggak dikasih bintang 4, namanya nggak menghargai diri sendiri, hehe. Tapi mau kasih bintang 5, kok nglunjak banget.
Mau kasih 3, duh, kasihan deh gue.
Yang jelas, masih banyak perbaikan yang harus saya lakukan.
Akan saya jawab di karya-karya yang lain. Doakan saya tetap semangat, ya?!
lita
Jun 01, 2010 lita rated it it was ok
Kapitalis itu berasal dari kata kapital atau modal. Kapitalis adalah orang-orang yang memiliki modal. Mereka memiliki prinsip, dengan modal sekecil mungkin, mereka mencoba mencari keuntungan sebesar-besarnya. Karena prinsip yang mereka anut itulah, pada praktiknya mereka sering memeras tenaga para buruh untuk menghasilkan profit melimpah tanpa imbalan yang memadai. Hal itulah yang terjadi pada pengusaha-pengusaha Eropa. Mereka membuat pabrik-pabrik, mempekerjakan para pribumi dengan gaji yang sa ...more
Rahmadiyanti
Kisah cinta dibalut sejarah pergerakan Indonesia dengan setting Surakarta tahun 1930-an. Afifah Afra adalah "pendongeng". De Winst (DW), sekali lagi adalah bukti Afra dalam meramu cerita. Terlihat kematangan Afra menulis dibanding trilogi BMdJO (Bulan Mati di Javasche Oranje). Dalam DW, Afra lebih "membumi" dan tak menggebu-gebu dalam menyampaikan pesan moril (baca: dakwah), juga lebih telaten mengembangkan karakter tokoh. Hanya saja, masih ada beberapa kelemahan logika cerita.

======

Review lengk
...more
Khristya Pusparini Pramitha
Jan 09, 2013 Khristya Pusparini Pramitha rated it liked it
Shelves: fiction
Waktu yang terlampau singkat untuk menuntaskan novel, hanya dalam hitungan jam.
Secara keseluruhan, bagus dan layak dibaca baik bagi yang suka fiksi dokumenter (?) maupun benar-benar penikmat fiksi. Hanya saja, sang penulis seringkali terkesan memaksakan penjelasan tentang karakter serta kejadian-kejadian sejarah. Sehingga 'paksaan' itu membuat emosi tidak mengalir sepanjang novel. Terutama ketika hubungan antara satu kasus dengan kasus lainnya terjabarkan secara nyata,

Seperti ketika menjabarkan
...more
Ajeng Primastiwi
Jun 05, 2010 Ajeng Primastiwi rated it really liked it
awal baca resensinya terkesan berbau SEJARAH. jadi agak males, gara2 keinget pelajaran SEJARAH jaman baheula..
eh,,taunya 'kesandung batu' nya juga. saat itu tiba2 penasaran sama novel ini. modal pinjem ama sohib, akhirnya bisa baca mpe selese. hmmm,,Keren. detail kota Solo tergambar dengan baik. kesan sejarah nya bisa dibalut dalam rangkaian kalimat yang indah. siiip dah. ^__^
Nana
Apr 08, 2014 Nana rated it liked it
Suka bacanya. Ceritanya enak diikuti. Selain itu, tambahan foto-foto jaman dulunya membuat saya mudah merasa connect dengan setting cerita. Sayang editing-nya kurang bagus. Ada bagian di mana nama Sekar Prembayun berubah menjadi Sekar Pembayun. Lalu banyak juga bahasa Belanda yang tidak diartikan sehingga saya kurang mengerti, walau sedikit banyak bisa menangkap maksudnya dengan mengikuti cerita. Yang paling bikin ketawa sih pas baca "sebuah kuda". Lah?!!

Btw, kenapa ada embel-embel "karya terbai
...more
Anissa Utami
Feb 15, 2010 Anissa Utami rated it it was amazing
what can i say? a really touchy battle of love and life between a young indonesian man and a young dutch lady in the era of colonialism, they got married finally even though miles and time separated them away...
Sinta Nisfuanna
suka dengan latar sejarah dan kejutan-kejutan dalam cerita :)
Hairi
Aug 03, 2010 Hairi rated it really liked it
De Winst selesai..!!!

Sebenarnya sih udah lama banget ngincar buku ini. Dari rekomendasi seorang teman, trus lihat status seorang penulis yang nyebutin buku ini bagus. Tapi entah kenapa walau termasuk list buku yang ingin dimiliki tapi selalu terkalahkan dengan yang lain ketika ingin memilikinya. Syukurlah waktu milad akhir juni kemarin ada seorang teman yang baik hati yang memberikan buku ini sebagai kado milad, walau harus ditodong dulu. Hehehe…

Awalnya sih ga begitu tertarik membaca duluan nove
...more
N Mursidi
Mar 06, 2009 N Mursidi rated it liked it
Menawarakan Jalan Tengah Lewat Sastra
Resensi ini meraih juara II lomba resensi INDIVA 2008

TAK jarang, sebuah novel berlatar sejarah selalu dikaitkan dengan realitas dan fakta yang terjadi di masa lampau. Tak pelak, kebenaran sejarah pun ujungnya dijadikan sebagai bahan literer yang tidak dapat dilanggar. Padahal, novel yang ditulis berdasarkan data sejarah, tak serta-merta dapat dikatakan sebagai catatan sejarah. Memang, sebuah karya sastra tak semestinya ditulis berdasar fakta. Apalagi, jika se
...more
Tri Utami Nurul Hidayah
De winst, sebuah pabrik gula era pra merdeka, diambil dari bahasa belanda yg artinya laba/profit. Hal yg 'diramalkan' ilmuwan dari Universiteit Leiden memang terjadi juga sekarang, bahwa Indonesia memang sudah merdeka tetapi sebenarnya terjajah para pemuja de winst.

Afifah Afra nampak berpengetahuan dalam teori2 ekonomi dan tokoh2 pencetusnya. Ketika membaca bagian2 begini, saya lebih ke scanning aja :p abis ga ngerti je.

Secara keseluruhan keren. Tp ada yg menurut saya terkesan di dramatisir, yai
...more
mahatma
Jul 12, 2010 mahatma rated it did not like it
bagi saya buku ini cuma berisi kata-kata melulu.
sulit diverifikasi lokasi-lokasinya, nama-nama dan gelar orang sejaman [1930?:], cara orang saling menyapa dan bicara di jaman itu, nama makanan [thengkleng sudah ada di tahun itu?:], juga foto-foto yang mengganggu karena membuat asosiasi dengan teksnya... baluwarti sebelah mana yang dibayangkannya sebgai setting kisah ini?
apakah pabrik gula de winst itu colomadu sebagaimana gambar di h.55?

ini tulisan romantis masa kini mengenai masa lalu. seolah-
...more
Hikari Azzahirah [susieNcuss]
buku pertama yang ku baca dengan urutan ke-2.

akhirnya saya ngerti juga kenapa si rangga puruhita punya 2 nama di hati dan pikirannya. dan well, saya lebih suka sama sekar ayoe dari pada everdine kareen. hehe

serial de winst ini bagus buat yg suka sejarah. dan orang yang mencoba memperbaiki hubungannya dengan sejarah seperti saya karena latar aka setting ceritanya di jaman pra kemerdekaan 1945. saya mah fokusnya ke cerita cintanya. haha
Faizah Dewi
aku suka novel yang menguak kisah salah satu adat, baik dalam negri maupun luar negri. kemudian, novel ini juga setidaknya membangunkan jiwa nasionalisme yang sempat luntur seiring berjalannya waktu. buku keduanya masih currently reading. padahal berharapnya sekar prembayoen bakalan nikah sama rangga poroehita. ternyata engga :(
Jeanti
Apr 22, 2015 Jeanti rated it really liked it
Ideologi, ideologi ini berteriak.
Well, afifah afra membuatku penasaran, bagaiman dia mendapatkan dan mengolah informasi itu :D
Rani
Mar 09, 2015 Rani rated it really liked it
perjuangannya besar bgt.. gak nyangka juga kalo lk2 misterius itu sekar prembayun..
Uchatadara
Aug 05, 2015 Uchatadara rated it liked it
Greget sama endingnya kenapa rangga malah nikahin everdin?
Nydya
Sep 18, 2012 Nydya rated it really liked it
Pada dasarnya, saya teramat menyukai sejarah. Apalagi, sejarah moyang sendiri, Indonesia di masa lalu. Novel ini mengisahkan intrik dan politik yang kental. Membacanya, saya dibawa kembali ke ratusan tahun silam. De Winst adalah novel pertama dari dwilogi yang mengisahkan Hindia Belanda di celah-celah kemanusiaan. Kelemahannya, mungkin terdapat pada padatnya penjelasan. Dalam pandangan subjektif saya, lebih ringan jika tidak perlu dijelaskan banyak hal, cukup diceritakan saja, biarkan pembaca me ...more
Ria Angelia
Feb 28, 2016 Ria Angelia rated it it was ok
good
Tri
Oct 10, 2009 Tri rated it liked it
novel sejarah ini dipinjamkan oleh ms. Anna.. "sdh lama dibeli tapi belum dibaca", katanya.
klasik plus modern. pemikiran jawa kuno bertemu dengan pendidikan belanda maju, bercampur engan perjuangan menghadapi pengusaha londo penguasa pabrik gula De Wints.

Pendidikan seberang lautan, penyamaran sang putri, perjuangan kaum proletar, sampai kehadiran none belande.. berbaur dalam ceritera berlatar kerajaan jawa dalam kondisi nusantara sebagai Hindia Belanda
Zee
Oct 29, 2008 Zee rated it liked it
Recommends it for: orang-orang yang suka sejarah
Kalo ternyata Indonesia bisa jadi bangsa besar...namun dibodohin sama orang Belanda yang ternyata orang-orang Belanda itu BEGO semua......

Belanda bego!!!!!!

Afifah Afra agak nyebelin karena ada adegan perkosaan. Kok harus diperkosa gitu..... kan jadi ngebayangin pas bacanya....

novel afifah pasti cinta antara pribumi sama cewek noni cantik....

mirip trilogi Bulan Mati di Javasche Orange
Ambar
Jun 30, 2010 Ambar rated it liked it
perjuangan pribumi untuk melawan penjajahan. kaum pribumi yang membangun bangsanya, memberantas ketidakadilan yang diterapkan oleh kaum imperial belanda yang menerapkan kasta-kasta. walau banyak kejadian-kejadian yang membuat hati miris, namun ketetapan ideologi tetap yang utama.
cinta hanya sebagi penyemangat, namun ketetapan hati yang terpilih adalah yang utama.
Chaniago
Dec 26, 2009 Chaniago rated it really liked it
Recommends it for: Penggemar Ilmu Ekonomi
De Winst menggambarkan situasi pergerakan Indonesia di awal abad 19. Dipenuhi berbagai intrik antara inlander dan Belanda membuat novel ini terasa hidup. Sesuai namanya, De Winst menceritakan kondisi ekonomi Indonesia di masa-masa perjuangan. Apakah kita akan terus bergantung atau berdiri dengan kaki sendiri?
Uci Febria
Nov 05, 2008 Uci Febria rated it liked it
Bagus, enak untuk dibacanya meskipun saya sedikit kecewa dengan munculnya sosok kresna yang ternyata sebenarnya adalah sekar prembayun. Yang tidak bisa saya bayangkan adalah bagaimana sekar prembayun bisa keluar dari tempat pingitannya yang dikawal cukup ketat.

Khoridah  Sativa
Oct 21, 2010 Khoridah Sativa rated it it was amazing
bagus sih.. tapi ndak terlalu suka dengan endingnya...banyak pertanyaan yang muncul... bgaimana nasib pratiwi selanjutnya, apakah rencana perusahaannya dapat dilanjutkan atau tidak... yang jelas menurut saya masih mengambang....

tapi.. for all... baguslah...
iyan dhiannia
Jul 19, 2009 iyan dhiannia rated it really liked it
kita bisa merasakan suasana jaman penjajahan dulu...
latar yang dibangun penulis terasa kuat sayangana kadang dalam mensifati tokoh terasa janggal
terus endingnya juga...terkesan gimana gitu kurang heppy ending....hiks..
Dwi Hardianti
Sebuah novel penggugah jiwa. Disajikan dengan segenap kepiawaian penulisnya dengan eracik sebuah tulisan yang berbobot, namun tetap sangat ,enarik untuk dibaca.
Pergolakan idealisme, cara kerja penjajahan Belanda di Indonesia...
Frida
Nov 12, 2013 Frida rated it really liked it
Amazing, bagaimana mbak Afra merangkai novel berlatar belakang sejarah menjadi sebuah karya yang begitu apik memesona. Membaca buku ini jadi selalu bertanya-tanya bilamana kejadian ini nyata di masa lalu...
Van Dankerz
tulisannya bagai mempunyai jiwa,, yang terbungkus raga yang mempunyai karisma sehingga membawaku ke dunia khayal afifah afra.... keren abis.....

cuma q nggak suka ma endingnya.... nggantung
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 25 26 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • The Road to the Empire: Kisah Takudar Khan, Pangeran Muslim Pewaris Mongol
  • Bukavu
  • Lontara Rindu
  • Jalan Cinta Para Pejuang
  • Diorama Sepasang Al Banna
  • Tahta Mahameru
  • Galaksi Kinanthi: Sekali Mencintai Sudah itu Mati?
  • 40 Days in Europe: Kisah Kelompok Musik Indonesia Menaklukkan Daratan Eropa
  • Tirani Dan Benteng: Dua Kumpulan Puisi
  • Burlian (Serial Anak-Anak Mamak, Buku 2)
  • The Coffee Memory
  • Musik Musim Hujan (Keluarga Cemara, #2)
  • Serial Cinta
  • Balada Si Roy 1
  • Negara Kelima
711601
Afifah Afra telah aktif menulis sejak kecil. Hingga sekarang, telah menghasilkan lebih dari 50 judul buku, serta ratusan cerpen, artikel dan syair yang dimuat di berbagai media. Aktif di Forum Lingkar Pena, sekaligus menjadi pendiri dan CEO di PT Indiva Media Kreasi (penerbit buku).
More about Afifah Afra...

Other Books in the Series

De Winst (3 books)
  • De Liefde (Memoar Sekar Pembayun)
  • Da Conspiracao

Share This Book



No trivia or quizzes yet. Add some now »