Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Merpati Tak Pernah Ingkar Janji” as Want to Read:
Merpati Tak Pernah Ingkar Janji
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Merpati Tak Pernah Ingkar Janji

by
3.44  ·  Rating Details  ·  435 Ratings  ·  26 Reviews
"Selamat, Maria!" seru Guntur, susah payah mendekati gadis itu. "Mainmu bagus sekali! Benar nggak sih kakimu dari kayu?". "Dia cewek pilihan Tuhan!" bentak Rena kepada Guntur. "Kamu jangan kurang ajar!". "Satemu kutambah dua porsi lagi kalau kamu berhasil mengajak dia, Ren!". "Huu, sate sih apaan! Kalau Maria yang kamu mau, upahnya mesti bistik ayam!". "Bistik gajah pun bo ...more
Paperback, 183 pages
Published 1999 by Gramedia Pustaka Utama (first published January 1st 1984)
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Merpati Tak Pernah Ingkar Janji, please sign up.

Be the first to ask a question about Merpati Tak Pernah Ingkar Janji

Laskar Pelangi by Andrea HirataBumi Manusia by Pramoedya Ananta Toer5 cm by Donny DhirgantoroNegeri 5 Menara by Ahmad FuadiSang Pemimpi by Andrea Hirata
Buku Indonesia Sepanjang Masa
80th out of 490 books — 1,720 voters
Bumi Manusia by Pramoedya Ananta ToerLaskar Pelangi by Andrea HirataAnak Semua Bangsa by Pramoedya Ananta ToerRonggeng Dukuh Paruk by Ahmad TohariJejak Langkah by Pramoedya Ananta Toer
Novel Indonesia Terbaik
308th out of 331 books — 320 voters


More lists with this book...

Community Reviews

(showing 1-30 of 960)
filter  |  sort: default (?)  |  Rating Details
Biondy
Maria, seorang gadis SMA yang telah diserahkan Ayahnya kepada Tuhan. Pilihan hidupnya telah ditentukan sejak awal. Dia harus menjadi seorang biarawati.

Maria yang dipingit dan tidak pernah bergaul tumbuh menjadi seorang anak yang kuper dan pemalu. Ketika dia dimasukkan ke sebuah sekolah khusus putri, Maria mulai bersentuhan dengan sebuah dunia yang belum pernah dia rasakan. Dari dunia itulah dia mengenal yang namanya persahabatan. Dari dunia itulah juga dia mengenal cinta. Tapi ketika ayahnya ber
...more
Alvi Syahrin
Feb 23, 2016 Alvi Syahrin rated it liked it
Membaca Merpati Tak Pernah Ingkar Janji rasanya seperti mendengar musik jaman dulu. Teramat apa adanya, lirik yang agak dramatis, dan, secara selera, bukan favorit saya.

Saya sangat suka awal ceritanya, juga menuju pertengahan, tapi, semakin ke belakang, semakin saya menemukan bahwa buku ini dan selera saya tak saling bertemu. Tetapi, itu bukan masalah. Saya tetap mengapresiasi buku ini karena bagaimana pun juga buku ini menjadi salah satu pengaruh bagi buku-buku Indonesia di masa depan (and now
...more
Natha
Mar 09, 2016 Natha rated it liked it  ·  review of another edition
This review has been hidden because it contains spoilers. To view it, click here.
Uci
Oct 25, 2009 Uci rated it really liked it
Setelah sekian lama...ternyata masih cukup termehek-mehek baca tuisan Mira W. Dialognya enak banget dan dramanya bikin nangis...apalagi bacanya sambil terngiang-ngiang lagu Paramitha Rusady :

"Kauuu kusayangi hanyalah dirimu di dalam hidup ini...
Oooh Tuhan karuniaMu mampukah kuterima semua cobaan inii..."
Linda
Feb 15, 2015 Linda rated it really liked it  ·  review of another edition
Sekali-sekalinya baca novel pengarang Indonesia (eh udah kedua kali ding...yang pertama Clara Ng), ketemu yang piawai seperti ini. Sangat memuaskan meskipun ceritanya pendek dan sederhana, dan kental banget nuansa remaja Indonesianya. Mungkin bakal saya kasih lima bintang kalau ceritanya ga diedit habis-habisan untuk disesuaikan dengan pembaca sekarang. Bukan cuma bahasa gaul, lokasi dan istilah yang diganti, tetapi ceritanya juga dipangkas dari adegan-adegan kecil yang sebenarnya bisa bikin pem ...more
Takinchi Purnomo
Feb 28, 2015 Takinchi Purnomo rated it it was amazing
Rasanya aku jatuh cinta.
Sama buku ini. Sama tulisan Mira W juga.

Ini adalah buku ke-2 dari Mira-sensei yang aku baca. Aku suka dengan cara menulis beliau. Lucu, segar, dan mengalir.

Asli kisah ini ngiris ati.
I'm crying like a fool in the middle of the night.
Sedih banget sama keadaan Maria. Bapaknya asli psikopat!
Lebih sedih lagi saat Maria nggak dapet happy endiing. Aku nggak bermaksud bilang pilihannya salah, cuman, setelah semua kesedihan itu... Aku sungguh berharap Ayahnya bakalan minta maaf at
...more
Regina
Ini salah satu romansa lama yang berkenan banget di kepala. :)
Vindy Putri
Jan 25, 2016 Vindy Putri rated it really liked it
Bagus! Aku suka sekali gaya Mira W bercerita. Ringan dan menarik sekali. Aku gak bosan bacanya. Beberapa logika agak ganjil sih, dan beberapa juga terlalu cepat alurnya tanpa dialpg/deskripsi yang berarti. Tapi kisahnya membuat aku nambah wawasan tentang pilihan hidup gadis yang sejak lahir suda diserahkan oleh Ayahnya menjadi Biarawati. Bayangkan saja gadis belia harus menahan segala godaan untuk tetap suci. Konfliknya keren! Karakter menyebalkan Ayahnya bikin jengkel beneran! Serius!
Agatha
Mar 01, 2014 Agatha rated it really liked it
Novel pertama yang saya baca (kalau nggak salah waktu itu saya SMP kelas 1), dan sejak itu saya tertarik untuk membaca karya2 Mira W yang lain... Merpati Tak Pernah Ingkar Janji awalnya membuat saya agak kaget, apalagi ketika adegan Maria yang datang ke sekolah putri... mulai dari gaunnya yang kusam, dan (mohon maaf) Maria yang tidak mengenakan bra (waduh,saya rasa ini sangat aneh, walaupun mengingat ia dibesarkan hanya oleh ayahnya... tapi kan bisa dibilang bra itu salah satu kebutuhan penting ...more
Dottie
Jan 22, 2016 Dottie rated it liked it
meskipun di publikasikan pertama kali di thn 90an tapi novel novel mira w memang tak lekang dimakan waktu. tema yg diangkat merpati tak pernah ingkar janji ini jg Bkn tema yg biasa yg ada di novel jaman skrg. mengangkat tema keteguhan hati maria utk menjadi biarawati meski di awal ms mudanya maria jg sempat merasakan indahnya cinta ms muda. keren deh mira w
Hanna Purba
Dec 24, 2014 Hanna Purba rated it liked it
Shelves: romance
bagus sih ceritanya, nuansa pengejaran cinta guntur ke maria ala ala bad boy ketemu cewe baik banget tp bukan cara penceritaan kacangan yang buat novel ini menarik
Khurin wahyuni
Apr 18, 2014 Khurin wahyuni rated it liked it
sukses membuat saya larut dg critanya tp endingnya menurut saya ngegantung wkt maria bertemu lg dg guntur d rumah sakit
Yaoushii
Mar 26, 2016 Yaoushii rated it really liked it
baru pertama kali baca buku karya mira. w
Agak kaget, kirain tebel, ternyata nggak. tapiii... kereen banget.
Gusnisa Siswayu
Nov 07, 2014 Gusnisa Siswayu rated it it was ok
Janji tetaplah sebuah janji. Ia adalah janji..


#spending time #one friday afternoon
Nadiyah
Feb 25, 2016 Nadiyah rated it it was amazing
suka endingnya. seolah-olah gak ada yang antagonis. teenlit jaman dulu bagus banget ya...
Tricn
Apr 11, 2013 Tricn rated it it was amazing
Awalnya maria ialah seorang gadis remaja SMA yang tak pernah mengenal dunia luar. Ia gadis polos karena semenjak kecil ia dipingit oleh ayahnya untuk dijadikan suster.
Saat awal baca novel ini agak sedikit membosankan dan klise. Tapi ketika menjelang klimaks dari kisah ini sampai endingnya sangat bagus. Akhirnya Maria dapat menepati janjinya untuk mengabdikan dirinya kepada Tuhan. Ia berjanji jika nyawa Guntur dapat diselamatkan ia akan mengabdikan seluruh hidupnya untuk Tuhan. Maria menepati ja
...more
D'oenyeella
Oct 26, 2014 D'oenyeella rated it it was amazing
T O P
Vie Olyvia
Jul 01, 2012 Vie Olyvia rated it liked it
udah lupa sama jalan cerita nh buku abis baca nya pas jaman SMP sh hahaha
yg aku inget buku ini mengajarkan kita bahwa anak itu bukanlah boneka orang tuanya. sebagai orang tua seharusnya menjadi pedoman untuk anaknya seharusnya mengajari yg mana yg baik dan yg salah bukan memaksakan kehendaknya hanya karena kesalahan yang dy perbuat di masa lalu

nover MIra w selalau bisa membuat aku lupa keadaan di sekitar kadang bisa ketawa kadang bisa nangis sendiri kalau baca buku Mira w
bid tumbs dh buat ka mir
...more
Dewi
Jan 22, 2013 Dewi rated it it was amazing
Bingung antara pnh baca ato hanya nonton filmnya?? Hehe tapi asli bgus bangeet...sedih bangeet, walau ga happy ending (kynya seingatku maria jd biarawati) tp ceritanya bner2 menyentuh hati bangeet...dari sekian bnyak novel mira W aku suka banget novel ni
Benjalang
Jul 11, 2011 Benjalang rated it really liked it
Entah kenapa, saya selalu saja menyukai hampir semua karya Mira W. Seperti disini, kita dibawa dalam sebuah cerita yang cukup dekat dengan kita -- janji. Apa benar merpati itu tak pernah ingkar janji :'(
Lintang Indira
excellent
Indah Threez Lestari
646 - 2013

Novel roman klasik yang diupdate demi kepentingan pembaca masa kini.
Lily Zhang
Aug 21, 2011 Lily Zhang rated it it was amazing
selalu menggugah "feel" saat membacanya.
Ri2
Aug 12, 2008 Ri2 rated it liked it
Sudah lama bacanya...he eh jd lupa reviewnya
Dewayanie prasetio
Jan 27, 2010 Dewayanie prasetio rated it really liked it
salah 1 novel favorit saya ....
Rahma
Aug 16, 2008 Rahma rated it liked it
seneng baca buku ini...,
Puput Puluhulawa
Puput Puluhulawa rated it it was amazing
Apr 29, 2016
Mega Nurcahyani
Mega Nurcahyani marked it as to-read
Apr 25, 2016
S Wahyudi
S Wahyudi marked it as to-read
Apr 20, 2016
Marcellonoel
Marcellonoel marked it as to-read
Apr 19, 2016
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 31 32 next »
topics  posts  views  last activity   
inviter 1 2 Sep 21, 2011 10:37AM  
salam kenal semuaa..... 1 2 Sep 21, 2011 10:32AM  
  • Badai Pasti Berlalu
  • Rumah Bambu: Kumpulan Cerpen Pertama dan Terakhir
  • Namaku Hiroko
  • Seperti Bintang
  • Negeri Para Peri
  • Kau Memanggilku Malaikat
  • Nagasasra Sabukinten
  • Deru Campur Debu
  • Orang-Orang Bloomington
  • Jalan Tak Ada Ujung
  • Bekisar Merah (Bekisar Merah, #1)
  • Heaven
  • Being 20 something is hard!
  • I Love You; I Just Can't Tell You
681236
Terlahir sebagai Mira Widjaja, seorang dokter lulusan FK Usakti (1979) dan penulis novel yang begitu aktif. Karyanya begitu banyak. Yang terlaris Di Sini Cinta Pertama Kali Bersemi mencapai oplah 10.000, dan mengalami lima kali cetak ulang.

Sejumlah karyanya sudah difilmkan: Kemilau Kemuning Senja, Di Sini Cinta Pertama Kali Bersemi, Ketika Cinta Harus Memilih, Permainan Bulan Desember, Tak Kuperse
...more
More about Mira W....

Share This Book