Lagak Jakarta: 100 'Tokoh' yang Mewarnai Jakarta
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating

Lagak Jakarta: 100 'Tokoh' yang Mewarnai Jakarta

3.94 of 5 stars 3.94  ·  rating details  ·  1,191 ratings  ·  113 reviews
Siapakah tokoh yang paling berpengaruh di Jakarta? Benny dan Mice mengajukan 100 tokoh yang paling banyak menyumbang dalam peri kehidupan Jakarta sehari-hari.

Bisa jadi, Anda lah salah seorang di antara mereka.
Paperback, 160 pages
Published 2008 by KPG
more details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Lagak Jakarta, please sign up.

Be the first to ask a question about Lagak Jakarta

Community Reviews

(showing 1-30 of 1,757)
filter  |  sort: default (?)  |  rating details
Ardita
Ini adalah kumpulan ilustrasi tentang profesi dan karakter di Jakarta, karya kartunis Benny dan Mice. Hasilnya adalah potret yang cukup jujur dalam melihat sekian banyak profesi dan karakter di Jakarta, mulai dari yang serabutan hingga permanen, mulai komentar positif hingga kritis.

Yang menarik, ada beberapa profesi yang sangat umum dan pasti pernah bersentuhan dengan sekian juta penduduk Jakarta, namun tidak mereka gambarkan.

Alasan Benny dan Mice, sekian banyak profesi dan karakter yang mereka...more
Rauf
Jun 15, 2008 Rauf rated it 4 of 5 stars
Recommends it for: Everyone
Recommended to Rauf by: some guy at that bookstore
Unlike the strips, which are kinda dull and garing (that's an Indonesian slang for 'not of good/disappointing quality' -- and dull is an English word usually used to describe an object that is not interesting), this work is superb! Great observational humor. I do see almost every people described here almost everyday in this down-to-hell town.


Oh.
Any of you non-Indonesians who want to go to Jakarta, I recommend you go to a local bookshop and get this book as a souvenir. Get your guide to transla...more
Virna
Baca buku ini rada2 jijik (maklum, style kartunnya ga bersih seperti Tintin hi3) tapi nge-demenin. Sejam juga bisa tamat, tapi kalo mo detil ngeliat kartun tiap halaman mungkin butuh waktu lebih.. Udah gitu bukunya terbit 5 tahun lalu, ada beberapa bagian yang udah ga relevan, misalnya taneman Anthurium.. Jangan kuatir, sebagian besar masih relevan kok, seperti pegawai kantoran, anggota Dewan, dan korban banjir.. Jadi, emang udah bertahun-tahun Jakarta dilanda banjir dan korbannya itu-itu juga t...more
Ancilla
Karya yang paling saya suka dari seri Benny & Mice!
Dina P.
Seperti terlihat pada judulnya, buku ini bercerita ttg 100 tokoh yang mewarnai jakarta.

Mulai dari abang2 tukang ojek, penjual kerak telor, anak2 gaul, sampe PNS dan anggota dewan, semua digambarkan dan didefinisikan secara lengkap.

Di sini juga ada sedikit cerita yang mengharukan tentang seorang pencari kerja yang putus asa. Dan demi kelangsungan hidup, akhirnya meletakkan ijazah dan sepatunya utk: mencari kodok!

Tokoh favoritku: Emak (entah kenapa, mungkin simbol sisa2 masa lalu)
Tokoh paling men...more
Aries Saputra
Buku satu ini gak kalah kocak dengan series sebelumnya. Dengan buku ini kita dapat memahami perilaku dan beragam karakter dan pekerjaan yang selama ini mewarnai Jakarta. Dengan sentilan-sentilan khasnya yang dikemas dengan ringan dan santai, menjadikan buku ini layak dibaca dan yang jelas bikin kita jadi sumringah...
Ernest Junius
Apr 05, 2011 Ernest Junius rated it 4 of 5 stars
Recommends it for: Jakartans, population of Jakarta, Jakarta enthusiasts
This book uniquely offers invaluable insight of the Jakartans. Wrapped in such a homy dialect of Jakarta, surely this is a kind of entertainment you wouldn't want to miss. I personally bought this book for office purposes (I work in advertising and this kind of book is very, very helpful) and it serves its purpose as inspiration.

It is so good it doesn't feel enough. I think this desperately needs a sequel—like 200 more characters—because they haven't cover so many in this one (even 100 is consid...more
Refah
Oct 15, 2011 Refah rated it 3 of 5 stars
Recommends it for: penggemar komik kopas minggu, penggemar benny & mice, orang jakarta
Saya menemukan buku ini ketika sedang berjalan-jalan di Gramedia PIM. Benny Rachmadi merupakan salah satu kartunis komik favorit saya dan keluarga di Kompas Minggu: Benny dan Mice. Saya sangat menggemari Benny & Mice sampai-sampai hal pertama yang saya lakukan ketika menerima edisi Kompas Minggu adalah membaca edisi terbaru Benny & Mice.

Saya sudah punya beberapa antologi komik Benny & Mice yang lainnya seperti Talk About Handphone, Lost in Bali, Lost in Bali II, dst. Dan saya percaya...more
Edziardo
Lumayan lucu...Buku ini membuat kita sadar bahwa Jakarta penuh dengan berbagai macam tipe orang. Dari yang kita sering perhatikan, sampai yang tak pernah kita hiraukan. Dari yang lazim kita temukan, sampai yang bisa bikin kepala geleng-geleng. Gue sendiri agak shock saat mengetahui bahwa di Jakarta sendiri ada tipe orang 'exhibitionist'. Whew! Untung gue ga pernah ketemu orang macam ini...!

Tapi menurut gue, cerita yang diberikan di buku ini sangatlah sedikit. Buku ini lebih memfokuskan diri pada...more
Roos
Hasil NYOBA semalam juga nih....
Memang Jakarta adalah tempat segudang profesi...100 Tokoh yang menghias Jakarte nih cukup mewakili ribuan profesi dan lifestyle yang sebelumnya mustahil menjadi ada. Seperti JAMET alias Jawa Metal...whoahaha. Benar-benar deh gak kepikiran...Beny and Mice nih perlu berapa lama yah survey atawa nganalisa...Hebat, penggambaran dan pendeskripsiannya kok ya bisa pas dan ngocol habis. Ehmm salut deh....sayang aku gak masuk dalam 100 tokoh ini...*halah Ngarep gitu yak!!!...more
Galih
gila, gw ga sengaja liat ni buku di gramedia, saat itu gw cuma ngelirik doang, karna penasaran ama cover'y yang "rame", jd gw buka (saat itu emang tersedia buku yg udah dibukain bwt trial). Dari awal halaman pertama aja gw udah cekikikan sendiri pas baca, da gitu lanjut..lanjut..lanjut..oh no..keterusan boo....gw ga nyadar gw udah berdiri lama banget, dan gw udah ngabisin setengah halaman dari buku itu (total pages 160).
Gila deh pokoknya gokil abish, lo mesti baca deh ni buku, bener2 bwt nglepas...more
Dimas Kelana
Saya sudah baca hampir seluruh koleksi kartun beny and mice.. Bagus sekali, terutama yang Lagak jakarta dan koleksi kartun minggu kompas-nya. Bukan sekedar buku kartun biasa.. Benar-benar refleksi kehidupan kita sehari-hari yang memang benar.. It's simple, funny, entertaining and the most important : it's true ! Not just silly comedy..
Jika kita membaca buku ini, terasa akan sangat ironis. Hal-hal yang ditampilkan sangat lucu, realistis, dan dekat dengan kehidupan kita. Kalo kitas tertaa membacan...more
Amien Soehada
Padahal secara ga' sengaja gue nemuin ni buku. Tapi apa daya, mungkin takdir kali ya, gue kayak disantet buwat baca buku ini.
Wuiiih, untungnya takdir yang baek! Ga salah dweh, TOP bangetz!
Ancuuur! Kalo Jakarta Underground aja bisa, buku ini, LEBIIIH DEEH!
Menampilkan wajah-wajah warga ibu kota dengan profesi yang "BERGADO-GADO", juga sangat kumplit dalam menguak habis-habisan deskripsi dari setiap pekerjaan. Dari tukang becak sampe direktur kantor, artis ke pedagang, ampe WTS ama pejabat negara j...more
Uci
Beny dan Mice berhasil membuat pengamatan yang cermat tentang tokoh-tokoh dalam kehidupan Jakarta sehari-hari dan menuangkannya dalam kartun yang lucu, kadang miris, satir, bikin ketawa, dan bikin terharu. Walaupun ada juga yang agak kurang ajar dalam menggambarkan stereotipenya. Tapi yah, penafsiran orang kan beda-beda.

Contohnya, waktu menggambarkan cewek jilbab gaul, wah sinis banget. Tapi waktu menggambarkan presenter, nggak ada lucu-lucunya sama sekali, cenderung takzim malah. Jadi agak jom...more
Vera Maharani
My favourite Benny & Mice's work so far (still hoping those two will collaborate again in the future...) Very thorough and funny observation as usual, never boring although I already read it several times. Love it!
Noor Titan
Brilliant, totally depicts life in Indonesian big cities.
Ardi Saputra
Saya selalu suka dengan gaya Beni dan mice yang sangat pas menyindir, tidak lebih tidak kurang.
Dan sindirannya sangat mengena dan bisa dipahami lintas golongan....

Guru saya pernah berkata, Lelucon yang paling tinggi nilainya adalah lelucon yang membuat orang menertawakan dirinya sendiri, dan Lelucon yang paling rendah nilainya adalah lelucon yang menjurus ke arah pikiran mesum....

Menurut saya gaya penceritaan mereka yang kocak merupakan lelucon tingkat tinggi yang membuat kita bisa menertawakan...more
Christo Adam
very funny books
A.Maya Purnamasari
Jun 05, 2008 A.Maya Purnamasari rated it 3 of 5 stars
Recommended to A.Maya by: Sulistyo Unggul
Siapakah tokoh yang paling berpengaruh di Jakarta? Benny dan Mice mengajukan 100 tokoh yang paling banyak menyumbang dalam peri kehidupan Jakarta sehari-hari. Bisa jadi, Anda lah salah seorang di antara mereka.

Akhirnya beli juga, setelah keduluan si adek.. hehehe... Beli di BBC hanya Rp.42ribuan! Hehehe.. (apa emang segitu dimana2 yah?)
Blum dibaca juga sebenanrnya tapi udah ngasih bintang2an, kebayang hampir sama lah ma Lagak Jakarta, secara penyajiannya juga sama bgt!
O iya, dapet hadiah poster...more
Selviana Rahayu
tadinya saya mikir 100 tokoh yang dinaksud adalah tokoh seperti pak fauzi bowo atau bang yos. tapi ternyata setelah saya baca, tokoh yang dimaksud di sini adalah tokoh dalam tanda kutip. saya juga baru ngeh hal tsb saat melihat judul buku ini. huehehe...

tokoh yang dimaksud adalah tokoh-tokoh seperti banci taman lawang, banci lampu merah, mahasiswa aktivis, enci-enci mangga dua, dll. seru untuk dibaca dan sangat akurat, sesuai dengan realita, hahaha... humor yang cerdas dan menggelitik
Harun Harahap
duh gw seneng banged nih melototin lagak jakarta yang eni..*nyang eni mang harus dipelototin..tidak sekedar dilihat..tapi tep dibacalah klo ad tulisannya..*..sumpah yg ini bagus banged..ni disebabkan detailnya okeh banged...semuanya terasa pas n nyata..semuanya ada di sekitar kita..jadi pas ngeliat langsung ngakak gila..*n dalem ati langsung bilang"eh iya dandannnya mang begini*..

ya udah ayo semua baca buku ni..dijamin okeh lah...

DETAIL IS EVERYTHING.....
mahatma
tajuk yang diangkat sih emang menarik: sehari-hari.
tapi caranya mengomikkan itu yang terlalu cerewet, banyak maunya, sehingga gambar tidak dibiarkan bicara sendiri tapi masih harus dibubuhi macem-macem keterangan. komik jadi kayak pamflet, penuh dengan 'keterangan-keterangan tambahan'.
apakah ini karena kelemahan visualisasinya? ataukah karena itu tadi: maunya banyak sehingga nggak tertampung semua via gambar?
baca sebentar punya teman sebelah meja.
dan sudah dikembaliin.
Fadilah
Jul 04, 2008 Fadilah rated it 4 of 5 stars
Recommended to Fadilah by: Aboy
Shelves: comic
Di sampul belakangnya ada gambar nenek-nenek ngomong: "Anak kecil gak boleh baca" kalo ga salah sekitar itu, laaah.. Aduh, padahal gue beli buat bareng-bareng di rumah. Mana adek2 gue masih sd, lagi... Emang ga semua komik buat anak kecil, tapi banyak yang ngira gitu. Buat Mas Benny ama Mas Mice, tolong jangan bikin gambar ato komik yang kemungkinan besar dibaca anak kecil dengan cerita yang "dewasa". Contohnya yang pasangan selingkuh sama mas-mas gila kolor.
Vidi
Salut untuk duo kartunis kita ini. Karya ini membutuhkan observasi yang serius dan terutama kepekaan sosial untuk memotret 'tokoh-tokoh' ini dalam sebuah kartun.

Gua membayangkan akan menemukan kembali buku ini 20 tahun yang akan datang dan membuka kembali. Gua akan tertawa seperti melihat album foto tua, inilah potret sosial Jakarta di awal abad ke-21. Suatu gambaran yang akurat sekaligus nyeleneh. Good work....
Riizky Ppnj
This review has been hidden because it contains spoilers. To view it, click here.
Abi Ghifari
Kartun ini adalah sebuah potret metropolitan, ibukota, dan juga pusat budaya. Benny dan Mice sangat cerdas, cerkas, dan cermat 'memotret' para tokoh yang mewarnai ibukota, mulai dari pedagang ikan sampai tukang ojek, dari politikus hingga banci Taman Lawang. Anda akan menemukan diri Anda tertawa tergelak, takkan sirna dari halaman depan hingga akhir!!
Melon Manis
Kumpulan kartun yang realistis banget!
Sewaktu melihat para tokoh-tokoh di buku ini, sering tercetus di benak gw, "Wah ini temen gw banget...", "Ini tetangga gw!", "Ih, gw sering ketemu orang macam ini.", dan seterusnya.

Asli menarik ^^
Dari 100 tokoh ini ada berapa orang yg bisa kamu kenali sebagi orang-orang yg biasa kamu temui sehari-hari? *grins*
an
tokoh" lokal yg ditampilkan cukup menggelitik, tapi sayang ada beberapa tokoh yg belum sempet termuat di dalam na.

deskripsi yg umum tapi diungkap dengan gaya yg bbeda. hanya saja karena tokoh yg tlalu bny (100) dg kartunis yg hny 2 org jd tampak terkesan ada gambar yg dicopy trus ganti kostum doang pdhal pose na tetep sama.

wajar lah...

anis Ahmad
buku ini sebagai pelengkap dari kartun-kartun lagak jakarta yang diterbitkan sekitar 10-11 tahun yang lalui itu. seperia dalam kartun-kartunnya beny dan mice menggambarkannnya dengan bahasa emosi yang menggambarkan kesan lugas, sederhana, dan jujur. inilah keunggulan dari kartun mereka. bagi penggemar kartun beny dan mice, harus baca buku ini, ok
Bubbleteagirls
walau tinggal di pinggiran jakarta...tp gw ngerasa gw termasuk salah satu gambaran tokoh yang ada di buku ini...
mereka menggambarkan tokoh dengan sangat2 lucu dan menarik..kalo ga pelan2 bacanya+liat gambarnya lo bakal kehilangan bebrapa kelucuan+penyindiran dr apa yang mo disampein...
keren deh!!!nyesel kalo ga megang...lho???
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 58 59 next »
topics  posts  views  last activity   
bantuin donk 1 20 May 12, 2008 02:11AM  
  • Hidup Itu Indah: Kumpulan Komik Opini
  • Hai Miiko! 2
  • 33 Pesan Nabi: Jaga Mata, Jaga Telinga, Jaga Mulut
  • Generasi 90an
  • Dilarang Menyanyi di Kamar Mandi
  • Mafalda 1
  • Candy Candy Volume 1
  • Aku Ingin Jadi Peluru (Kumpulan Puisi)
  • My Stupid Boss: Impossible We Do! Miracle We Try! Bersakit-sakit di Gue, Bersenang-senang di Lo
  • Tan Malaka: Bapak Republik Yang Dilupakan
  • Kedai 1001 Mimpi: Kisah Nyata Seorang Penulis yang Menjadi TKI
  • Harimau! Harimau!
  • Burung-Burung Manyar
786275
Benny Rachmadi adalah seorang kartunis. Bersama dengan Muhammad Misrad, alumni Institut Kesenian Jakarta ini membuat strip komik Benny & Mice yang berisi tentang kriti-kritik sosial.
More about Benny Rachmadi...
Kartun Benny & Mice: Lost in Bali Kartun Benny & Mice: Talk About Hape Kartun Benny & Mice: Jakarta Luar Dalem Kartun Benny & Mice: Jakarta Atas Bawah Benny & Mice: Lost in Bali 2

Share This Book