Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Kumpulan Cerpen Korea: Laut dan Kupu-kupu” as Want to Read:
Kumpulan Cerpen Korea: Laut dan Kupu-kupu
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Kumpulan Cerpen Korea: Laut dan Kupu-kupu

3.42  ·  Rating Details ·  76 Ratings  ·  17 Reviews
Penerjemah: Koh Young Hun & Tommy Christomy
Editor: Hamsad Rangkuti
392 pages
Published 2007 by Gramedia Pustaka Utama
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Kumpulan Cerpen Korea, please sign up.

Be the first to ask a question about Kumpulan Cerpen Korea

This book is not yet featured on Listopia. Add this book to your favorite list »

Community Reviews

(showing 1-30 of 769)
filter  |  sort: default (?)  |  Rating Details
Nida Fauzi
Mar 11, 2010 Nida Fauzi rated it did not like it
Ada 12 cerita pendek Korea yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Cerita-cerita itu mewakili perjalan cerpen Korea sejak zaman perang Korea tahun 1950, zaman industralisasi, gerakan rakyat nasionalis, hingga imajinasi baru abad 21.

Keduabelas cerita mampu mewakili masing-masing zamannya, sekaligus membuka cakrawala kita tentang kesusastraan Korea dan konsep cerpen sebagai representasi masyarakatnya.

Ada satu perbedaan jelas yang terciri. Dalam kesusastraan Indonesia, cerpen-cerpen yang meng
...more
Sancaka
Oct 26, 2009 Sancaka rated it did not like it
bintang satu bukan berarti karya-karya di dalam buku ini tidak bagus. sungguh, ini lebih pada lebarnya jurang antara kebudayaan korea (selatan) dan kebudayaan yang saya kenal. membacanya pun berasa meraba-raba dalam gelap untuk menemukan maknanya.
Shanti
Sep 09, 2012 Shanti rated it it was ok
ini merupakan kumpulan cerpen dari pengarang korea.
untuk masalah penterjemahan bener2 ga seperti yang kuharapkan, sehingga pas baca isinya malah ga dapet nuansanya. hanya ada beberapa cerita yang menarik seperti cerita pertama dan terakhir (aku lupa judulnya)
cerita yang pertama tentang seorang ayah yang cacat karena peperangan, dan si anak rupanya mengalami nasib yang tidak kalah menyedihkan.
cerita terakhir tentang hubungan laki-laki korea dengan seorang perempuan jepang. kedua negara ini mempu
...more
Anggrek
Jan 27, 2015 Anggrek rated it it was ok
Saya disuguhi pengetahuan baru tentang kebudayaan Korea Selatan, namun sayang saya merasa teknik penceritaannya sangat biasa sekali penceritaannya sehingga saya merasa bosan membaca cerita-cerita di dalam buku ini.
Della
Apr 08, 2015 Della marked it as to-read
so interesting
Nabila Dwi Yanti
Feb 06, 2015 Nabila Dwi Yanti rated it it was amazing
good
cindy
Pertama, saya suka gambar covernya. Air tenang yang permukaannya mencerminkan seekor kupu-kupu dan pagoda dan pohon di tengah sinar bulan. Unik. Cantik.

Setelah ini dikatakan, tentang isinya sendiri... yah... ini adalah kumpulan cerpen. Temanya beragam dan dimaksudkan untuk mencerminkan perjalanan kehidupan masyarakat Korea dari jaman perang hingga ke masa modern. Hanya saja, gaya penulisannya terkadang terasa limbung, gak bertautan. Namun, lumayan juga untuk mengintip kondisi negri sebelah.
Harun Harahap
Apr 14, 2009 Harun Harahap rated it it was ok
gw penasaran aj sama sastra korea..makanya gw beli buku ni..buku kumpulan cerpen2 korea..karya dari beberapa cerpenis asal korea..

cerpen2nya berkisahkan sekitar revolusi fisik, perang, gerakan buruh..yah pokoknya keadaan sosil..dan ada beberapa yg ga ngerti juga..yah kesimpulannya sih gw ga gitu terlalu suka yah..yah gw anggep cerpen2 indonesia lebih mantab lah gaya penulisan dan ide ceritanya..

*MENGENAL KOREANYA LEWAT TV SERIES AJ DEH KLO GITU..HIAHIAHIAHIA*
Ficky
Feb 22, 2008 Ficky rated it it was ok
Shelves: fiction
Kumpulan cerpen-cerpen terjemahan asal Korea dari beberapa era: perang tahun 1950, industrialisasi, gerakan rakyat nasionalis, hingga generasi abad ke-21. Membacanya, seperti membaca kisah-kisah rakyat, sangat membumi dan sederhana. Kekoreaannya terlihat lewat gaya bahasa yang spontan dengan dialog pendek-pendek dengan cerita yang dramatis. Beda, memang.
Algulto
Oct 06, 2011 Algulto rated it did not like it
belinya karena suka liat covernya.. jg krn penegn tau tentang sastar korea..
meneurutku ceritanya mewakili periode waktu di korea, sekaligus mengangkat kondisi sosial politik lapisan masyarakat di negeri tsb.. cukup informatif .. :)
Teguh Affandi
Jun 21, 2013 Teguh Affandi rated it really liked it
sebelum k-pop mewabah, buku ini sudah ada di rakku. Dan benar, sejarah setiap negara memang indah untuk dipelajari dari manapun. Bahkan dari sastra pendek (red: cerita pendek)
Atique euqita
Mar 12, 2015 Atique euqita rated it liked it
Shelves: fiksi
sudah pernah baca 2-3 cerpen depannya..baca ulang sampai habis..malah tidak menarik.. 2.5*
Norma
Aug 11, 2008 Norma rated it did not like it
bingung....
cerita atau percakapan yang ditulis.......?
Pandita
pertama kali nih baca karya sastra korea
Sigit  Raharjo
Mar 16, 2008 Sigit Raharjo rated it liked it
Shelves: novel-terjemahan
cerita korea emang aneh....
Nasya Ekaputri
Nasya Ekaputri marked it as to-read
Sep 21, 2016
Ismy210
Ismy210 is currently reading it
Sep 20, 2016
Desyfaw
Desyfaw marked it as to-read
Sep 18, 2016
Gita Purnama
Gita Purnama marked it as to-read
Sep 18, 2016
Rizkita
Rizkita marked it as to-read
Sep 15, 2016
Anindhita Nabilah
Anindhita Nabilah marked it as to-read
Sep 15, 2016
Ngoto Nuryega
Ngoto Nuryega is currently reading it
Sep 10, 2016
Angelasiti28yahoo.Co.Id
Angelasiti28yahoo.Co.Id marked it as to-read
Sep 08, 2016
Marsya Faiha
Marsya Faiha marked it as to-read
Sep 02, 2016
Salma
Salma marked it as to-read
Sep 01, 2016
Nada Larasati
Nada Larasati marked it as to-read
Sep 01, 2016
Lilissetiani
Lilissetiani marked it as to-read
Aug 31, 2016
Dita Cristiana
Dita Cristiana marked it as to-read
Aug 31, 2016
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 25 26 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Smokol: Cerpen KOMPAS Pilihan 2008
  • Laki-laki Lain dalam Secarik Surat
  • Patch Adams
  • HOEGENG: Oase Menyejukkan Di Tengah Perilaku Koruptif Para Pemimpin Bangsa
  • The Last Window Giraffe - Hari-hari Terakhir Sang Diktator
  • Dark Pursuit (Menggapai Cinta)
  • Being Ing
  • Sabda Palon 2: Roh Nusantara dan Orang-orang Atas Angin
  • Firebelly
  • The Calligraphers' Night
  • Andy's Corner: Kumpulan Curahan Hati Andy F. Noya
  • Boulevard de Clichy (Agonia Cinta Monyet)
  • Shadow of the Swords: An Epic Novel of the Crusades
  • First Love Forever Love
  • Relevankah Aku di Hatimu? a.k.a Radha
  • Menikah Untuk Bahagia: Formula Cinta Membangun Surga di Rumah
  • Petualangan di Kurdistan
  • The Road to the Empire: Kisah Takudar Khan, Pangeran Muslim Pewaris Mongol

Share This Book