Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Islam: Doktrin dan Peradaban” as Want to Read:
Islam: Doktrin dan Peradaban
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating

Islam: Doktrin dan Peradaban

4.23 of 5 stars 4.23  ·  rating details  ·  118 ratings  ·  20 reviews
Islam semakin diharapkan tampil dengan tawaran-tawaran kultural yang produktif dan konstruktif, serta mampu menyatakan diri sebagai pembawa kebaikan untuk semua, tanpa eksklusifisme komunal.
Orang muslim harus secara otentik mengembangkan paham kemajemukan masyarakat (pluralisme sosial), dituntut pula kesanggupan mengembangkan sikap-sikap saling menghargai antar sesama angg
...more
Paperback, 626 pages
Published 1995 by Paramadina (first published 1992)
more details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Islam, please sign up.

Be the first to ask a question about Islam

This book is not yet featured on Listopia. Add this book to your favorite list »

Community Reviews

(showing 1-30 of 502)
filter  |  sort: default (?)  |  rating details
nanto
Bukunya tebal. Bagian pembukanya buat saya cukup mengena. Saya kutipkan dibawah ini:

"Pembahasan dalam makalah-makalah Paramadina diusahakan sejauh mungkin tidak hanya bersifat normatif, dalam arti tidak hanya menekankan apa yang seharusnya menurut ajaran, tetapi dikaitkan dengan segi-segi peradaban islam yang berkaitan. Jika mungkin sebagai pembuktian historis perwujudan norma-norma dalam ajaran itu. Dengan perkataan lain, ketentuan-ketentuan normatif normatif diusahakan dapat dilihat dalam kemu
...more
erry
dari judulnya bikin gw tertarik. Cak Nur banget...Pandangan2nya tentang Islam, Liberalisme, Peradaban, globalisasi, dll. Islam bukanlah sebuah doktrin. walaupun bagi sebagian kelompok islam menjadi sebuah doktrin. Terorisme adalah salah satu contoh dan akibat dari persepsi yang berbeda thd ajaran agama. Dan disini agama menjadi sebuah doktrin yang tak terbantah. agama sebagai sebuah'the way of life' berbeda dengan pengertian agama sebagai doktrin. Islam bukanlah sebuah tempok penghalang perkemba ...more
Pera
Buku tebal ini sebenarnya "wajib" dibaca semasa jadi aktivis mahasiswa dulu. Tapi memang sangat sulit mencari buku ini di toko buku kota ku.
Setelah sekian lama, akhirnya berjodoh juga di tanganku. Buku yang selama ini kudengar sebatas judul,akhirnya diberi kesempatan untuk membuka lembarannya. Meskipun begitu, tebalnya tetap saja membuatku enggan memulainya. Apalagi sekelas buku non fiksi, berat euuy...

Isinya adalah kumpulan pemikiran Cak Nur tentang Islam, doktrin dan peradaban..*hehehe...mema
...more
Misbah


Agama sering menjadi aspek penting yang menentukan maju-mundurnya sebuah peradaban dalam sejarah manusia. Manusia modern kemudian mengenal betapa banyak dan beragamnya agama serta klaim kebenaran dari agama-agama tersebut. Masing-masing agama juga menjanjikan keselamatan untuk para pengikutnya.

Agama sebagai pedoman langit bagi manusia bumi, pada tahap selanjutnya memasuki wilayah antropologis yang multi tafsir. Kondisi ini terkadang menjadikan kebenaran agama sebagai sesuatu yang relatif, bahkan
...more
Maulida Sri Handayani
Terorisme dari kalangan Islam terjadi salah satunya karena ketimpangan yang terjadi antara nilai yang dianut pelaku teroris itu dengan perkembangan peradaban dunia.

Selama ini banyak orang Islam yang sukar beranjak dari fundamentalisme kitab suci, dengan melupakan bahwa kitab itu terbit lebih dari 1400 tahun lalu.

Buku Nurcholis ini meyakinkan pembacanya bahwa ajaran Islam pun mendukung modernitas. Tak bisa umat ini berkembang bila masih bersikap kolot. Jadi, kalau kamu orang Islam, bacalah Quran
...more
Ghi Ghi
ebagaimana dikatakan oleh Kitab Suci, manusia adalah makhluk Tuhan yang paling tinggi. Manusia juga merupakan puncak kreasi Tuhan. Hal ini menunjukkan bahwa manusia mempunyai harkat dan matabat kemanusiaan yang sangat luar biasa. Namun demikian, manusia juga memiliki potensi untuk terdegradasi menjadi sangat rendah.

Cak Nur menegaskan bahwa dalam kenyataan historis, perjuangan memperoleh dan mempertahankan harkat dan martabat kemanusiaan merupakan ciri dminan manusia sebagai makhluk sosia. Sebab
...more
Sonny
Oct 15, 2008 Sonny added it
wooooo..

bocah umur 15 tahun baca buku 300-an halaman

yah, kecuali ide sekularisasi & teologi inklusif nya gw setujuh dg Cak Nur.
M Mushthafa
Buku "ilmiah" pertama yang saya beli. Saya beli pada tanggal 17 September 1993 di sebuah toko buku di Pamekasan.
Luqman rimadi
Caknur Menjadikan buku ini sebagai Nilai- dasar perjuangan bagi para kaum muslim modernis
Farihaa
this's book a reference to student all,
Fahlevi R
i think this is very importan for my education
Melinda
sangat menginspirasi! Maju terus pak !
Iqbal
wah,saya punya ini malah sering dibaca berulang kali. intinya sih bagaimana kita sebagai muslim memahami apa makna Islam itu. bukunya sih kumpulan dari makalah saat KKA. tapi dijamin,kalo udah baca buku ini,pikiran kita bakal kerasa 'ketonjok' (atau istilahnya ada 'psychological striking force'). gak bakal nyesel baca buku ini :)
Aristoteles Keadilan
This review has been hidden because it contains spoilers. To view it, click here.
Tohirin Hasan
luar biasa, mencerahkan, renyah, dan layak dibaca bagi siapapun yang ingin bersentuhan dengan Islam Indonesia. Baca aja, ga bakal nyesel koq....
Puji
buku ini sangat menarik :-)
Syahid Arsjad
comprehensive islamic view
Irawan Bambang
Irawan Bambang marked it as to-read
Nov 24, 2014
Alan Sumarlan
Alan Sumarlan marked it as to-read
Nov 21, 2014
Janette
Janette marked it as to-read
Nov 20, 2014
Indri
Indri marked it as to-read
Nov 20, 2014
Deydideyvied
Deydideyvied marked it as to-read
Nov 18, 2014
Hendra
Hendra added it
Nov 16, 2014
Bayu Eka
Bayu Eka is currently reading it
Nov 15, 2014
Shiny Ane el'poesya
Shiny Ane el'poesya marked it as to-read
Nov 10, 2014
Dona Pratama
Dona Pratama marked it as to-read
Nov 10, 2014
Aulia
Aulia marked it as to-read
Nov 10, 2014
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 16 17 next »
topics  posts  views  last activity   
Tawhid Dan Emansipasi Harkat Manusia 1 2 Oct 04, 2014 06:48AM  
  • Pergolakan Pemikiran Islam
  • "Membumikan" Al-Quran
  • Korupsi
  • Mahabbah Cinta Rabiah Al-Adawiyah
  • Aksi Massa
  • Ketika Jurnalisme Dibungkam Sastra Harus Bicara
  • Sokola Rimba: Pengalaman Belajar Bersama Orang Rimba
  • Mangan Ora Mangan Kumpul
  • Nusantara: Sejarah Indonesia
  • Catatan Pinggir 3
  • From Beirut to Jerusalem
  • شفاء العليل في مسائل القضاء والقدر والحكمة والتعليل
  • Tao of Islam: A Sourcebook on Gender Relationships in Islamic Thought
  • Manusia Indonesia (Sebuah Pertanggungan Jawab)
876841
Nurcholish Madjid (Cak Nur) merupakan ikon pembaruan pemikiran dan gerakan Islam di Indonesia. Gagasannya tentang pluralisme telah menempatkannya sebagai intelektual Muslim terdepan, terlebih di saat Indonesia sedang terjerumus di dalam berbagai kemorosotan dan ancaman disintegrasi bangsa.

Sebagai tokoh pembaharu dan cendikiawan Muslim Indonesia, seperti halnya K.H Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Nurh
...more
More about Nurcholish Madjid...
Pintu-pintu Menuju Tuhan Islam, Kemodernan, dan Keindonesiaan Khazanah Intelektual Islam Islam Agama Peradaban: Membangun Makna dan Relevansi Doktrin Islam dalam Sejarah Tidak Ada Negara Islam: Surat-Surat Politik Nurcholish Madjid-Mohamad Roem

Share This Book