Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Lelaki Terindah” as Want to Read:
Lelaki Terindah
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Lelaki Terindah

3.41  ·  Rating Details ·  731 Ratings  ·  132 Reviews
Cetak ulang cover baru + CD soundtrack

Kisah tentang cinta antara dua lelaki, Valent dan Rafky. Cinta yang menghadapi berbagai rintangan dan halangan dari keluarga dan masyarakat, dan terutama dari diri mereka sendiri. Apakah salah bila cinta tumbuh di hati dua lelaki?

Apa yg harus dilakukan saat cinta telanjur mekar dan bersemi? Sanggupkah mereka menghadapinya?
Paperback, 224 pages
Published July 2010 by Gramedia Pustaka Utama (first published 2004)
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Lelaki Terindah, please sign up.

Be the first to ask a question about Lelaki Terindah

This book is not yet featured on Listopia. Add this book to your favorite list »

Community Reviews

(showing 1-30)
filter  |  sort: default (?)  |  Rating Details
Siddha Malilang
Jul 22, 2012 Siddha Malilang rated it did not like it  ·  review of another edition
Premise yang cukup menarik mengenai kisah cinta sepasang lelaki membuat saya tertarik membeli buku ini. Sungguh sebuah premise yang unik bukan di tengah badai prejudice mengenai homoseksual. Apalagi banyak sekali yang memuji kekuatan Andrei Aksana dalam merangkai kata, menuliskan puisi-puisi romantis.

Tak dinyana, buku ini tidak mampu memuaskan ekspektasi yang sudah dibangun. Tidak ada penjelasan yang masuk akal di dalam plot mengenai tumbuhnya rasa antara Valent dan Rafky. Bagiku, Andrei Aksana
...more
Ririn
Jul 05, 2009 Ririn rated it it was ok  ·  review of another edition
Shelves: drama, indonesian, romance
Mungkin sebagian orang yang menyukai gaya bahasa poetic akan menyukai buku ini. Tapi sayangnya saya tidak. Penceritaan yang terlalu romantis, sedih2 berlebihan (tapi masuk akal), cara bicara yang seperti roman jaman dulu (ga ada salahnya lho), dan karakter tokohnya yang terlalu mellow, sensitif, nrimo... you're gay but you're still a man! be tough! kalau ada tokoh perempuan seperti ini saja saya sebal, ini laki2 pula! duuuuh, cape, gemess, keselll.

and of course, just blame your gayness to your
...more
Vilka Sinclair
Oke. Ini memang bukan pertama kali saya membaca sesuatu yang berhubungan dengan gay-ness or whatever.
Tapi menurut pribadi saya sendiri, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

Mengangkat tema yang kurang lazim memang perlu mendapat apresiasi tersendiri. Namun hal yang perlu saya tekankan disini, plot yang digunakan terkesan gamblang dan bagian akhir cerita yang predictable (dapat diprediksi). Masalah kata-kata memang dapat ditutupi dengan adanya puisi dan kata-kata puitis dan lainnya, tapi teta
...more
Shirae Mizuka
Dec 06, 2011 Shirae Mizuka rated it really liked it  ·  review of another edition
We fall in love with a person, not a gender.
-Darren Chris-
atau...
Aku mencintaimu, karena aku mencintaimu. Tak perlu alasan lain.

Rasanya 2 pernyataan itu cukuplah untuk menjadi alasan jika ada yang bertanya tentang apa yang terjadi antara Rafky dan Valent. Dua lelaki ini saling jatuh cinta. Mereka bukannya tidak berusaha menolak getaran terlarang dalam hati masing-masing. Tapi akhirnya keduanya memilih untuk saling jujur, menerima keadaan, memasrahkan pada garis takdir bahwa hati mereka memang te
...more
Ryan
Mar 11, 2008 Ryan rated it really liked it  ·  review of another edition
Thanx,.
Mungkin,... Tidak begitu berarti untuk semua pembaca yang bukan gay,. Mungkin hanya kisah dramatic dari sebuah hubungan yang kerap dicibir masyarakat,.
Tapi,. Lelaki Terindah adalah suara yang ikut meneriakan kepada telinga egois dunia,. bahwa kehidupan seorang manusia gay,. ataupun lesbian,. tidak berkutat pada Sex,. Banci,. Tomboy,.

Cinta tidak menahan langkahnya untuk hadir ditengah2 kaum gay dan lesbian,. Cinta hadir juga disana,.

Sedalam apa yang bisa dirasakan oleh hubungan pria-wanit
...more
Stephanie
Jan 16, 2010 Stephanie rated it really liked it  ·  review of another edition
Shelves: indonesia
gara2 lagi bosen baca karya pengarang luar, gw coba2 browsing pengarang negeri sendiri..

dan gw ini tadinya udah mau ngambil buku karya andrei aksana yang lain.. tapi entah kenapa gw malah akhirnya milih judul yang ini..

dan gw ga tahu kalau ternyata..

novel ini tentang gay (seharusnya gw liat dulu review temen gw yang cuma sebaris itu)

gw ga anti-gay sih..(tapi ga mendukung juga)

cuma ga nyangka aja (ini pengarang cowo lho!)

biasanya (ga berarti selalu) yang ngarang cerita tentang gay kan cewe..

tapi
...more
Ika Diyah
Feb 26, 2009 Ika Diyah rated it liked it  ·  review of another edition
Shelves: literacy
Jujur ya, sebelum baca buku ini aku tuh merasa harus men-setting pikiran dulu..gimana ya, prepared to read about something uncommon..yeah, "homosex topic" is still uncommon in my moral perspective. tapi karena aku menghargai tulisan cucu trah Pane ini, dan sangat ingin tahu gimana kualitas penerus sang maestro, aku baca deh novel romance ini.dah yah, Andrei Aksana memang sangat berbakat mengolah kata-kata penuh romansa.ceritanya ya tentang pertemuan dua lelaki yang saling jatuh cinta , saat mere ...more
S. Ayuna
Jan 21, 2016 S. Ayuna rated it liked it  ·  review of another edition
Shelves: romance-indo
This review has been hidden because it contains spoilers. To view it, click here.
Fhily
Mar 25, 2013 Fhily rated it really liked it  ·  review of another edition
Shelves: 4-stars, romance, reviewed
Kenapa saya suka? Kenapaaaahhh *ambilgarpu* -_-Y
Novel ini banyak metafora. Biasanya saya tidak menikmati cerita-cerita yang narasinya penuh metafora seperti ini. Tapi... kenapa yang ini malah saya suka (?) padahal temanya pun ga biasa tentang LBGT>Gay -_-
Di dalam cerita ini banyak terselip puisi-puisi yang saya suka juga. Baru pembukaannya sudah terasa nyes-nyesnya (?)

Sudah kualami perih karena kehilangan
Sudah kureguk kecewa karena ditinggalkan
Sudah ku didera luka karena dikhianati

Semuanya b
...more
Asriani
Tidak banyak buku GLBT yang saya lahap. Lelaki Terindah adalah buku ketiga setelah Gerhana Kembar karya Clara NG dan Boyfriends With Girlfriends milik Alex Sanche. Seperti para pendahulunya, buku ini juga gagal membuat saya mengerti bagaimana kisah cinta semacam ini terjadi.

Agak susah untuk merasakan emosi Rafki dan Valent ataupun sosok Aku. Bahkan ketika buku ini dipenuhi banyak kalimat yang ditulis dengan indah. Hampir semuanya terucap begitu saja tanpa ada ruh di dalamnya. Puisi singkat juga
...more
Bagus Tito
Sep 18, 2014 Bagus Tito rated it really liked it  ·  review of another edition
Anyway, lelaki terindah adalah novel bertema LGBT pertama yang saya baca. Saya selesai membacanya kurang lebih akhir tahun 2011 setelah sebelumnya susah payah mencarinya di toko buku.

Soal cerita, Lelaki Terindah berkisah mengenai Valent dan Rafky. Dua laki-laki yang dipertemukan di dalam sebuah pesawat tujuan Bangkok, Thailand. Pertemuan pertama yang kurang menyenangkan lantas membawa keduanya semakin dekat. Keduanya menginap di hotel yang sama, menghabiskan waktu untuk menyusuri kota Bangkok be
...more
Enny kadarsih
Apr 10, 2008 Enny kadarsih rated it liked it  ·  review of another edition
Shelves: novel
tertarik untuk membaca karena judulnya"terpikir bahwa isinya akan menceritakan tentang lelaki terindah yang hadir dalam hidup penulis or tokoh utama dalam buku ini" ternyata tidak...
isinya bercerita tentang kisah cinta seorang gay..
dapet undangan waktu launching buku ini,dateng bareng temen2,dengan dress code hitam,pas masuk sedikit kaget launching buku ini dengan menampilkan para lelaki dengan body six pack nya dengan bertelanjang dada...
Ya Allah..berasa salah kostum banget berada di acara laun
...more
Maya
Jul 06, 2008 Maya rated it it was ok  ·  review of another edition
Kisah cinta yang tentu saja tidak biasa bagi heteroseksual karena buku ini menceritakan lika-liku percintaan sepasang kekasih yang homoseksual. Kinda weird bagi saya tetapi buku ini membuka sedikit tabir tentang kehidupan kaum gay. Sebagai referensi saja tentunya. Setting ceritanya yang sebagian besar di Thailand cukup bisa membawa saya untuk mengubah aksara menjadi sebuah visualisasi. Rangkaian kata-katanya juga bagus dan banyak puisi-puisi indah yang sempat saya 'contek' buat kartu ucapan kepa ...more
feriin
Mar 13, 2010 feriin rated it it was amazing  ·  review of another edition
Recommends it for: everyone who loves YAOI or Gay relationship
Indonesian novel "the beautiful man". the stories about gay's life, forbidden relationship that they've made accidentally.
this book can told that 'gay' were not disgusting just like peoples negative thinks. the writer used a lot of beautiful Indonesian phrases, words and also the short pretty poets.
Riesna Zasly
Jun 05, 2016 Riesna Zasly rated it really liked it  ·  review of another edition
digarap dalam bahasa yang indah, melalui plot yang disusun menarik dan istimewa dalam membawakan tema luarbiasa.. seakan memberi nyawa dan kewajaran pada kelainan tema yang cuba di tonjolkan.. susur romantisme agak sarat dalam karya ini, meski agak kecewa dengan pengakhiran cerita yang begitu klise..
D. Wijaya
Dec 22, 2012 D. Wijaya rated it liked it  ·  review of another edition
Shelves: lgbt, adult
Baca novel ini pada akhir tahun 2010--kalau tidak salah. Tertarik untuk membaca karena tema sensitif yang diangkat oleh Andrei. Tipikal cerita yang mendayu-dayu. Memberi 3 bintang lebih untuk gaya menulisnya yang benar-benar puitis. Aku suka!
Heldi
Sep 23, 2007 Heldi rated it really liked it  ·  review of another edition
Shelves: touching
puitis, serasa di thailand. pilihan topik yg ga biasa
Irawan Irawan
Feb 05, 2008 Irawan Irawan rated it really liked it  ·  review of another edition
A book that redefine what the real love is regardless of sexes...
Hadiyanti Ainun
penyampaiannya lumayan oke. tapi kok sebenarnya stereotype ya? Valent dan Rafky itu karakter gay paling basic dalam dunia gay yang juga paling basic. saya nggak mengibarkan bendera tagar lovewins, novel ini naif banget. seolah2 isu lgbtq adalah sesuatu yang secara bulat harus didukung. kalau saya sih, cuma memandang lgbtq itu ham, betul. ham orang yang disorientasi seksualnya tersebut tidak bersilangan dengan agamanya. kalau nggak beragama, atau agamanya nggak melarang, ya, nggak apa-apa. jangan ...more
Muspitta
Aug 31, 2013 Muspitta rated it liked it  ·  review of another edition
Shelves: 1-kali-baca
(view spoiler) ...more
Joy Agustian
terua terang, kisah-kisah yang mengangkat topik LGBT seperti ini selalu mendapat perhatian khusus dari saya. terutama untuk memperbandingkan karya saya dan penulis-penulis lain yang menceritakan tema yang sama. dan tampaknya, Andrei Aksana berhasil menggugah keinginan saya untuk membacanya.

saya menuntaskan buku ini dalam lima jam non-stop. mencoba menggerayangi satu demi satu kata sekaligus aksara pada setiap halamannya. berkenalan dengan Rafky, Valent, dan tokoh-tokoh di dalamnya. mengenali sep
...more
Elsa Puspita
Tema LGBT ini semacam guilty pleasure buatku. Aku tertarik sama cerita tentang orientasi seksual selain hetero, sanggup baca artikel tentang LGBT, tapi pas disodorin adegan benerannya, aku gak terlalu pengin lihat/ngebayangin. Kadang kepalaku otomatis jadi mode 'straight' selama baca/nonton, terutama pas adegan fisik ._.

Dulu aku homophobic. Banget. Di mataku, mereka aneh. Nyari-nyari dosa. Balik ke jaman jahiliah.
Tapi sekarang udah gak. Pelan-pelan ngurangin sih. Bukan berarti mau mendukung juga
...more
Silviana Maya
Eww... tidak bisa begitu menikmati. Sebut saja saya sebagai salah satu dari kaum yang menentang percintaan sejenis, jadi bagaimanapun kisah ini diceritakn dengan manis, saya tidak serta merta dapat merasakan emosi dari kisah Valent dan Rafky... so sorry to say.


Well, benar... Setiap orang punya pilihannya masingmasing. Memiliki haknya sendiri untuk mencinta pada sesiapa. Hanya saja... bahkan setiap kebebasan tetaplah memiliki batasan.

Berawal dari pertemuan tak sengaja di antara keduanya di pesa
...more
Budi Winawan
"Aku mencintaimu karena aku mencintaimu".
emang ini keren. kamu kalo cinta sama orang yaaa karna dia yang kamu cintai adalah dia! bukan karna dia laki laki, bukan karna dia perempuan. cinta yaaa cinta aja!
tapi sayangnya kisah di buku ini klise BANGET dan gampang ditebak. penggambaran tokoh gaynya pun ternyata adalah gay kayak yang ada dipikiran orang awam (lebih tepatnya heterosexual)
1. Rafky mikir Valent memiliki keindahan seorang wanita. ini bisa sangat offensive buat beberapa orang gay. gay a
...more
Rachael Seow
Nama Andrei Aksana sudah sangat terkenal sebagai salah satu penulis sastra pop Indonesia. Gue sudah membaca dua atau tiga bukunya sebelum membaca novel ini. Gue belum pernah membaca novel dengan tema pure LGBT seperti Lelaki Terindah.

Ciri khas Andrei adalah menyelipkan puisi dalam karyanya. Kadang gue membaca dengan seksama, kadang gue skipped karena nggak mood baca puisi.

Rafky, seorang lelaki straight, bertemu dengan Valent di pesawat menuju Bangkok. Terjadi chemistry diantara mereka yang berla
...more
Nur Jayadi
Aug 11, 2015 Nur Jayadi rated it it was amazing  ·  review of another edition
Shelves: favorite-book, glbt, gay
Di hari sabtu yang membosankan,menjelang pukul 16,35 aku segera buru-buru mandi,berpakaian pantas casual,menyampirkan tas selempang ukuran sedang berisi dompet dan ponsel lalu mengambil kunci motor dan langsung kabur ke toko buku di sebuah mall,menemui kekasihku yang membuat hatiku berdebar-debar seolah-olah ia baru saja pulang dari tempat jauh,naik ke lantai dua ambil satu buku bekas dari karya pena Kim Dong Hwa "Sepeda Merah" sebagai penutup muka novel yang ingin kubeli dan sangat membuatku k ...more
Muhammad Ilhamsyah
Well, sebenarnya sudah lama saya menyelesaikan novel fenomenal ini namun ceritanya dan kesan-kesan saya atas novel ini masih membekas di benak saya. Novel dikisahkan oleh teman si tokoh utama ini--seperti yang diungkapkan oleh judulnya--mengangkat tema yang berhubungan dengan 'lelaki'. Tepatnya sepasang lelaki yang tengah jatuh cinta dan tentu saja tidak akan mendapat sambutan yang baik di negara yang 'what-so-called-homophobic'. Plot cerita sebenarnya tidak terlalu istimewa, hanya berkisah meng ...more
Nur Fauziah
Yang menarik dari novel ini ya cuma puisinya aja sama bahasa yg dipake penulis (dibeberapa bagian kerasa agak lebay ya?).
Aku bukan penggemar tema lesbian atau gay. Tapi setelah membaca Hujan dan Teduhnya Wulan dEWATRA sama Gerhana kembar nya Clara Ng, ternyata tema lesbian atau gay bisa jadi sebuah bacaan yg menarik. Dan saat meminjam buku ini utk dibaca dari teman, harapanku akan mendapat sebuah bacaan yg menarik juga. Tapi ternyata nggak. Aku merasa karakter Rafky dan Valent nggak relevan deng
...more
Anastasia Ervina
Salut yang pertama saya ucapkan kepada Andrei Aksana yang berani menuliskan kisah cinta sesama jenis seperti ini. Yah, walaupun saya bukanlah orang yang begitu alergi dan mengutuk para pecinta sesama jenis, namun sayang saya tidak begitu menikmati perjalanan kisah cinta antara Valent dan Rafky dalam novel ini.

Saya dapat sedikit mengerti apa yang dirasakan Valent ketika menyadari perasaan yang muncul dalam dirinya terhadap sesama jenisnya adalah keliru. Tapi ia ingin menyalahkan siapa? Perasaan s
...more
Helen
Sep 26, 2011 Helen rated it it was amazing  ·  review of another edition
cerita tentang 2 orang pria dewasa yang normal dan bahkan telah memiliki pasangannya masing2 dan bahkan sudah ke jenjang serius, tapi apa yang terjadi ketika mereka bertemu di bangkok yang menunjang kenormalan mereka sebagai pria normal menjadi 'aneh'. sebenarnya mereka berdua ga tau tepatnya kapan mulai sedikit berubah perasaannya satu sama lain, tapi yang pasti antara mereka sudah ada saling menjaga dan menyayangi walau sebenarnya mereka tidak mau..

Waduh susah untuk diceritakan, yang pasti kar
...more
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Dimsum Terakhir
  • Cinta Andromeda
  • April Cafe
  • Nyonya Jetset
  • Falling
  • Kening
  • Pria Terakhir
  • Before Us
  • Sunset Holiday
  • Bintang Bunting
  • Test Pack
  • Perang Bintang (Trilogi Zona, #2)
  • Three Days Cinderella
  • Kembar Keempat
  • Jendela-Jendela
635008
Andrei Aksana pertama kali memulai debutnya sebagai penulis novel di tahun 1992, dengan meluncurkan Mengukir Mimpi Terlalu Pagi. Ia adalah cucu pujangga Sanoesi Pane dan Armijn Pane, dan merupakan anak kedua novelis Nina Pane dan Jopie Boediarto. Kakek buyutnya adalah Sultan Pangurabaan Pane, pendiri surat kabar Surya di Tapanuli, penulis roman Tolbok Haleon, dan pengelola kelompok musik tradision ...more
More about Andrei Aksana...

Share This Book



“Aku mencintaimu, karena aku mencintaimu.
Tak perlu alasan lain...”
13 likes
“Ketika cinta tak memilih jenis kelamin, Cinta pun menjadi terlarang.
“Aku mencintaimu, karena aku mencintaimu. ”
7 likes
More quotes…