Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Dua Tengkorak Kepala: Cerpen Pilihan KOMPAS 2000” as Want to Read:
Dua Tengkorak Kepala: Cerpen Pilihan KOMPAS 2000
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Dua Tengkorak Kepala: Cerpen Pilihan KOMPAS 2000 (Cerpen Pilihan KOMPAS #10)

3.44  ·  Rating Details  ·  85 Ratings  ·  9 Reviews
Berisi 16 cerpen pilihan yang terbit di harian Kompas pada tahun 2000.

Dua Tengkorak Kepala karya Motinggo Busye, cerpen terbaik
Anjing! karya Herlino Soleman
Santan Durian karya Hamsad Rangkuti
Lebaran ini, Saya Harus Pulang karya Umar Kayam
Usaha Beras Jrangking karya Prasetyo Hadi
Darmon karya Harris Effendi Thahar
Salma yang Terkasih karya Ratna Indraswari Ibrahim
Mawar, Mawar
...more
Paperback, 190 pages
Published 2000 by Kompas
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Dua Tengkorak Kepala, please sign up.

Be the first to ask a question about Dua Tengkorak Kepala

Community Reviews

(showing 1-30 of 161)
filter  |  sort: default (?)  |  Rating Details
Steven S
Oct 26, 2014 Steven S rated it it was ok
Semua cerpen di buku ini ceritanya baik.
Namun tidak semua bisa dinikmati oleh saya pribadi dengan baik. Ada yang terlalu panjang, cenderung membosankan. Beberapa cerita saya skimming tanpa dibaca lebih lanjut.

Membacanya dari belakang ke depan (cerpen yang dikomentari oleh Goenawan Mohamad) seperti Laba-laba, Dua Orang Sahabat. Kemudian dilanjutkan dari Cerpen pembuka. Dua Tengkorak Kepala karya Motinggo Busye menghadirkan kisah tragis bersetting sumatra utara yang khas. Ada judul Usaha Beras Jra
...more
Agustina Masito
Jan 08, 2015 Agustina Masito rated it really liked it
Siapa yang berani menganggap remeh kualitas cerpen pilihan Kompas ?

Rasanya nggak ada.

Karena Kompas punya sejuta kriteria dan penilaian, tentunya ajang ini no korupsi coy..hehe
Seluruh cerpen di sini tentunya memiliki semacam value, bahwa karya literasi tidak hanya tentang keindahan kata-kata tetapi juga misi cerita.

Ada banyak judul yang ditulis indah, yang menurut saya paling berkesan adalah "Telepon dari Aceh". Penulis memaparkan tentang seorang koruptor yang betapa tak punya hati. Ia bahkan me
...more
Farah
Jul 28, 2009 Farah rated it liked it
Semua cerita di dalam kumpulan cerpen ini adalah favorit gue. Ngga mengherankan sih, soalnya ini kan kumpulan cerpen. Jadi yang dipilih adalah cerpen-cerpen terbaik, walopun gue bukan fans berat dari Seno Gumira Ajidarma ataupun Bre Redana yang cerpen-cerpennya sering muncul di Kompas.

Tapi cerpen yang paling berkesan buat gue adalah tentang keluarga koruptor. Duh Gusti, gue lupa judul dan penulisnya. Dan.. gue males nyari bukunya. Pasti buku ini ada di tumpukan buku-buku yang udah di debuin deh.
...more
Kardo
Feb 02, 2015 Kardo rated it it was ok
Cuma dua yang bisa dinikmati. Mungkin faktor habis baca Chekhov juga.
Wisnuardi17 Dewoto
Feb 14, 2008 Wisnuardi17 Dewoto rated it it was ok
Cerpen dengan judul "Dua tengkorak Kepala" emang pantes jadi juara satu di cerpen pilihan Kompas thn 2000, tapi cerpen2 yang lainnya di buku ini gk kalah bagusnya kok. Emang sulit menentukan yang the best dari kumpulan cerpen terbaik ini, salut buat para juri yang sudah memilih "Dua tengkorak kepala" jadi juaranya.
Tini Bohang
Dec 11, 2013 Tini Bohang rated it really liked it
Saya paling suka cerpen karangan SGA berjudul 'Telepon dari Aceh', latar belakang di rumah seorang koruptor dan berisi perbincangan keluarga koruptor tersebut pada suatu malam. Ditulis dengan sangat bersahaja namun emosional. Berkesan sekali.
Teguh Affandi
Oct 30, 2013 Teguh Affandi rated it it was amazing
Selain cerpen yang dijadikan judul "Dua Tengkorak Kepala" yang berkisah tentang DOM dan GAM di Aceh, satu lagi cerpen yang nempel adalah "Santan Durian"
gonk bukan pahlawan berwajah tampan
beli baru2 ini pas kompas gramedia fair di gramed expo suroboyo, lumayanlah cuman 10rb hehehe...
dunt buy d book by its cover, price of course...hahahaha
Edy
Nov 29, 2007 Edy rated it liked it
Lumayan untuk sekedar selingan berpikir.
Airy
Airy marked it as to-read
Aug 14, 2016
Iwankribopamungkas
Iwankribopamungkas marked it as to-read
Jul 25, 2016
Daniels Stephanus
Daniels Stephanus marked it as to-read
Jul 19, 2016
Bramantio Bramantio
Bramantio Bramantio rated it liked it
Jul 14, 2016
A.R Zani
A.R Zani rated it it was amazing
Jul 12, 2016
Adia Fadillah
Adia Fadillah marked it as to-read
Jul 12, 2016
Umi Setyowati
Umi Setyowati marked it as to-read
Jul 12, 2016
Ely
Ely marked it as to-read
Jun 05, 2016
Defi
Defi added it
May 28, 2016
Adinda
Adinda rated it really liked it
May 25, 2016
Prisana
Prisana marked it as to-read
May 12, 2016
Akbar
Akbar added it
May 03, 2016
Desi Setyani
Desi Setyani marked it as to-read
Apr 28, 2016
Nurul Fikria
Nurul Fikria marked it as to-read
Apr 09, 2016
Mega Dhamayanti
Mega Dhamayanti marked it as to-read
Mar 21, 2016
Natasha Claudyna
Natasha Claudyna marked it as to-read
Mar 16, 2016
Linda
Linda added it
Mar 14, 2016
Paskal As Al-Habib
Paskal As Al-Habib marked it as to-read
Feb 25, 2016
Tety Munawaroh
Tety Munawaroh marked it as to-read
Nov 10, 2015
« previous 1 3 4 5 6 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
673698
Motinggo lahir dari pasangan Djalid Sutan Raja Alam dan Rabi'ah Ja'kub yang berasal dari Minangkabau. Ibunya berasal dari Matur, Agam dan ayahnya dari Sicincin, Padang Pariaman. Setelah menikah, mereka berdua pergi merantau ke Bandar Lampung. Disana ayahnya bekerja sebagai klerk KPM di Kupangkota, sedangkan ibunya mengajar agama dan Bahasa Arab. Ketika usianya mendekati 12 tahun, kedua orang tuany ...more
More about Motinggo Busye...

Other Books in the Series

Cerpen Pilihan KOMPAS (1 - 10 of 25 books)
  • Dua Kelamin bagi Midin: Cerpen KOMPAS Pilihan 1970-1980
  • Riwayat Negeri yang Haru: Cerpen KOMPAS Terpilih 1981-1990
  • Kado Istimewa: Cerpen Pilihan KOMPAS 1992
  • Pelajaran Mengarang: Cerpen Pilihan KOMPAS 1993
  • Lampor: Cerpen Pilihan KOMPAS 1994
  • Laki-Laki yang Kawin dengan Peri: Cerpen Pilihan "KOMPAS" 1995
  • Pistol Perdamaian: Cerpen Pilihan Kompas 1996
  • Anjing-Anjing Menyerbu Kuburan: Cerpen Pilihan KOMPAS 1997
  • Derabat: Cerpen Pilihan KOMPAS 1999
  • Mata yang Indah: Cerpen Pilihan KOMPAS 2001

Share This Book