Orang-Orang Bloomington
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating

Orang-Orang Bloomington

3.94 of 5 stars 3.94  ·  rating details  ·  267 ratings  ·  32 reviews
Orang-orang Bloomington adalah karya penting Budi Darma. Kumpulan cerita ini merupakan salah satu karya Sang Maestro yang, berbeda dengan kebanyakan karyanya, tidak bertemakan hal-hal abstrak. Melalui cerita-cerita yang ditulis pada periode akhir 1970an ini, pembaca tidak hanya diajak menelanjangi pergolakan emosional para tokoh di dalamnya, tetapi juga menyelami berbagai...more
Paperback, 246 pages
Published 2004 by Metafor Intermedia Indonesia (first published 1980)
more details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Orang-Orang Bloomington, please sign up.

Be the first to ask a question about Orang-Orang Bloomington

Laskar Pelangi by Andrea HirataBumi Manusia by Pramoedya Ananta Toer5 cm by Donny DhirgantoroNegeri 5 Menara by Ahmad FuadiRonggeng Dukuh Paruk by Ahmad Tohari
Buku Indonesia Sepanjang Masa
80th out of 450 books — 1,556 voters
9 dari Nadira by Leila S. ChudoriKarena Kita Tidak Kenal by Farida SusantyRobohnya Surau Kami by A.A. NavisSeribu Kunang-kunang di Manhattan by Umar KayamKereta Tidur by Avianti Armand
Kumpulan Cerpen Indonesia Terbaik
9th out of 78 books — 138 voters


More lists with this book...

Community Reviews

(showing 1-30 of 509)
filter  |  sort: default (?)  |  rating details
indri
#2010-25#

SINTING!!

Tokoh 'saya' yang ada di sini semuanya benar-benar seseorang yang mau tahu saja urusan orang lain. Aku sendiri berusaha menghubung-hubungkan bahwa tokoh 'saya' ini benar-benar ada, dan semua cerita ini bertaut satu sama lain.

Pertama, sesudah ia mengamat-amati lelaki yang membawa senjata itu, lalu ribut mempertanyakannya, bahkan mencari tahu ke lingkungan sekitarnya, tanpa ia bertanya langsung pada si laki-laki ini. Kedua, dengan Joshua Karabish, yang meninggal dan meninggalkan...more
Bunga Mawar
Buku yang judulnya lumayan keren buat bekal ngantri di ruang tunggu dokter.

Konyolnya, sampe buku ini selesai dibaca, tidak satu pun dari dua dokter yang harusnya hadir menampakkan batang hidungnya! Artinya, setelah 3 jam, setelah berkenalan dengan semua orang di Bloomington, saya akhirnya pulang dengan kecewa pada petugas rumahsakit. Mbok ya petugas pendaftaran pasien woro2 gitu, jam berapa dokternya dateng, atau apa iya mereka bakal dateng, daripada kami dianggurin tanpa kabar, tanpa kue, tanp...more
Ani
Pertama kali kenal karya-karya Budi darma, jamannya kuliah. kalo pernah baca budi darma, beliau punya kesamaan dengan Ahmad Tohari. mereka sama-sama pendongeng yang hebat. Jika Tohari jago banget di setting cerita (you can smell and see everything) maka Budi darma jago banget di karakter. Dalam Orang-orang Bloomington, Darma memperlihatkan bahwa manusia memang berpusat di dalam dirinya sendiri. With less plot (place, time and people) you can sense their loneliness, fears and angry. Buat orang-or...more
Yasdong
Penelanjangan batin manusia hingga ke akar-akarnya dan kehidupan yang cuma sementara, hanya Budi Darma yang dapat melakukannya secara luar biasa.

Dalam buku Orang-orang Bloomington, Budi Darma melakukan eksplorasi terhadap tingkah polah manusia, tetangga-tetangganya, siapapun yang ditemuinya. Terbagi ke dalam 7 cerita, kumpulan cerpen ini menyorot kehidupan sunyi dan agak absurd antara jiwa manusia dan hubungan dengan sesamanya. Ada "Laki-laki Tua Tanpa Nama" yang mengaku sebagai veteran perang d...more
Rika
Oke, dengan ini secara resmi aku memutuskan bahwa diriku bukan penggemar Budi Darma. Beberapa cerpen di dalam buku ini memang cukup menarik, dan tak bisa dimungkiri, Budi Darma punya teknik yang sangat khas dalam bercerita, bangunan logikanya sangat terjaga, dan sangat menggugah (aku terkesan cerpen terakhir yang menyentil kesadaran tentang betapa tak berartinya manusia)
Tetapi, bicara soal selera, aku tak bisa menikmati gaya berceritanya. Aku berhasil (dengan susah payah) menyelesaikan buku ini...more
Fairynee
Tokoh "saya" dalam kumpulan cerpen ini sesungguhnya bukanlah orang yang jahat. Dia hanya tidak tahu bagaimana berinteraksi dengan sesama. Setiap cerpen menghadirkan tokoh "saya" dengan pribadi yang kaku, kesepian,pendengki dan pendendam, serta tidak puas dengan pencapaiannya dalam hidup (kosong?). Setiap tokoh saya dalam cermin ini merupakan simbol dari kesengsaraan. Terkadang saya sebagai pembaca merasa tokoh "saya" itu merupakan korban dari kejahatan lingkungannya, tapi sering kali pula keadaa...more
Anggi Hafiz Al Hakam
Oct 26, 2011 Anggi Hafiz Al Hakam rated it 4 of 5 stars
Recommends it for: Penikmat Sastra
Recommended to Anggi by: Anggi and The Alhakam
Kumpulan cerpen ini banyak bercerita tentang mereka yang hidup keterasingan dan perasaan teralienasi dari lingkungan sekitarnya, sementara tokoh si aku menjadi tokoh yang sangat manusiawi. Kadang punya empati walau kebanyakan selalu bertingkah sebagai tokoh yang bermain melawan arus.

Detail adalah bagian penting dari suatu karya. Dalam kumpulan cerpen ini, pembaca tentu akan merasakan suatu pengalaman tentang detail cerita. Orang-orang Bloomington bisa saja dibuat sebagai kumpulan cerpen singkat....more
Roos
Jul 17, 2008 Roos rated it 5 of 5 stars
Recommends it for: Amang
Recommended to Roos by: Windry
Shelves: furious, favorites
Termasuk buku langka karena susah nyarinya boo..dapat dari seorang teman baru yang baru ketemu juga...Thanks yah Windry...Wah bisa sering-sering nih Win...belum todongan minta ditraktir nih...hehehehe.
Sorry belum baca sepenuhnya, baru nyolong baca Prolognya Budi Darma doang...

Update 18 July 2008:

Membaca buku ini serasa memasuki petualangan dunia baru yang ANEH, dunia yang membuat diriku tertantang untuk terus membacanya dengan memahami Orang-orang Bloominton yang saling berinteraksi dengan cara...more
Felly
Sungguh menyebalkan membaca semua karakter orang yang ada di dalam cerpen ini.
cerita pendek pertama berhasil membuatku terkagum-kagum akan kepiawaian Budi Darma sang maestro sastra Indonesia Modern. Ada kalanya jadi teringat gaya bercerita The Catcher in the Rye termasuk satu paket orang2 sinting dalam kumpulan cerpen ini.

Entah bisa jadi simpati dengan tokoh utama pada tiap cerpen atau malah jadi jengkel.
si protagonis bisa jadi antagonis di dalam cerpen ini.

hubungan antar sesama manusia dengan...more
Sian
Jun 13, 2010 Sian rated it 4 of 5 stars
Shelves: novel
Terima kasih buat Indri yang membelikan buku ini, terima kasih buat Felicia yang dititipi buku ini dan mengirimkan secara gratis ke rumah :-D

Buku yang muram, penuh agresi, tapi membuat kita bercermin bahwa selalu ada sisi gelap di diri setiap orang, disamping sisi malaikat. Baca ini sering mendentingkan lonceng dalam diri yang membuat kita ingat tentang diri, tentang orang-orang yang kita kenal. Seyogianya setiap ornag menyadari sisi-sisi dirinya, yang terang, yang gelap, yang malaikat, yang ibl...more
Phelphel
Jul 28, 2008 Phelphel rated it 4 of 5 stars
Recommended to Phelphel by: SEPATU TUA
seperti membaca tentang kemuraman.
kadang, kemuraman terlalu kental untuk dirasakan. maka, coba baca buku tentang kemuraman, kemuraman yang nyata seperti cerita-cerita dalam kumpulan cerpen orang-orang bloomington ini.

akan terjadi beberapa kemungkinan:
1. TERUS BERKUBANG DALAM KEMURAMAN, KARENA MEMBACA BUKU INI SERASA DITEMANI dan tetap melanjutkan kemuraman.
2. melihat realitas keseharian dengan lebih ceria, karena mengakui bahwa kehidupan nyata kita tak lebih absurd daripada kehidupan keseharian...more
Patty
Lagi liat-liat koleksinya Jaja eh nemu buku ini. Gw baca buku ini udah lama banget dan ini salah satu buku berkesan buat gw (tp ga tau kenapa gw lupa masukin ini ke goodreads dari dulu). Cerita tentang freaks, outcast, dan berbagai jenis manusia. Powerful banget gaya penceritaannya dan simpel ga bribet tapi dahsyat. Buku ini kaya buku psikologi buat gw, buat belajar macam2 karakter manusia dan latar belakang kelakuan mereka. Sayangnya ilang, musti cari lagi nih!
Kiki
May 22, 2008 Kiki rated it 5 of 5 stars
Recommended to Kiki by: Abe
buku yang sungguh indah, dalam dan tajam menguliti berbagai sisi kemanusiaan dan kemanusiawian seorang manusia. diuliknya segala detail emosi yang dialami oleh setiap tokoh dalam cerpen-cerpennya : mulai dari amarah, kesedihan, rasa penasaran, rasa mengalir, kebahagiaan, semuanya terasa nyata, akrab dan menyatu dengan diri kita sendiri.
thanks to Abe- Blocknot Yogya yang telah mengenalkanku pada buku ini.
kinu triatmojo
barang langka, dapat masih disegel rapat pulak.
betapa beruntungnya... lirik lagu itu memang betul tampaknya *that's what friend are for :D *

Sungguh, sebuah kumpulan cerita yang terendap cukup lama di kepala. Karakter2nya unik. Jalan ceritanya menarik. Dan kerennya, ini sudah ditulis 27 tahun lalu. Masih sangat jarang sahaya menemukan kumcer yang seluruh ceritanya begitu mengusik.
Aklam Panyun
Karya menarik yang patut dibaca pecinta sastra di Indonesia. Ada semangat baru yang diangkat Budi Darma dalam merekam pergolakan emosional tokoh-tokohnya. Tanpa harus menyajikan kisah-kisah aksi yang pretensius, balutan kejadian sehari-hari pun ternyata cukup menyajikan kisah hebat jika mengikutsertakan perasaan dan gejolak emosioniil tokoh-tokoh di dalamnya.
Jason Abdul
Suka banget sama karakter-karakter di buku ini. Karakter-karakter yang jelas dan kuat. Aneh tapi sangat masuk akal!

Walaupun pertama kali terbit puluhan tahun lalu, aku yang bacaannya masih dikiiit banget ini, merasa buku ini lebih modern daripada buku-buku zaman sekarang. Hahaha!


Begitulah perasaanku. :p

Nurenzia
I felt comfort as I read this book. Not only because of the writing style which reminds me of my childhood, the comfort of being a child, and the found memory of me and my mom's novels collection; but also because the stories are so natural and very likely to happen in the small American city I am currently living at
Niratisaya
4.5 setelah saya baca untuk kesekian kalinya. Baru memahami apa dan dimana kekuatan setiap cerita di dalam Orang-Orang Bloomington. It's simple but in the simplicity hides the source of the story that will always surprise me. Like life. Like human. Served in the sharpest condition
Ahmad
Ini buku kumpulan cerpen terbaik dari Budi Darma. Ditulis saat ia tinggal di Bloomingtoon, ia berhasil mendeskripsikan watak-watak kelap tokoh-tokoh dalam karyanya ini, tanpa kehilangan sentuhan dengan realitas setempat.
Natnat
(Dipinjemin mbak Endah... :D)

Kumpulan cerita pendek yang ceritanya aneh semua... Kurang bisa menikmati yang ini nih. Beda banget kesannya sama Olenka.
Fera
Jun 23, 2008 Fera added it
..gw blom bs komen krn blom baca..tp gw bakal baca..doain gw biar deadline gw cepat berlalu..heheheheehehhehehehe
Triwahyudi
miris tapi lucu...
you'll completely "got" this book if you've seen what is Bloomington looks like.
Palsay
Selalu amazed setiap habis baca bukunya pak Budi.

Hebat lah bapak ini, ngefans abis saya.
Winna
It's quite interesting.

Masih ngebaca kisah kedua jadi blom bisa komentar.
Mikael
its like reading flaubert except bds even more nihilistic and even of a bitch
Agung
cerpenis realis sejati Indonesia! tp kurang suka karya yang ini...
Dei sha ta mar
Godd, isinya sangat depresif. Tapi kerenn!! haha..
khoer jurzani
This review has been hidden because it contains spoilers. To view it, click here.
Masperdika
kynya sich buku bgs,,,
cuma aku blom baca,,,
he....he..
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 16 17 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Seribu Kunang-Kunang di Manhattan
  • Penembak Misterius: Kumpulan Cerita Pendek
  • 9 dari Nadira
  • Burung-Burung Manyar
  • Rahasia Selma: Kumpulan Cerita
  • Pengakuan Pariyem: Dunia Batin Seorang Wanita Jawa
  • Hujan Bulan Juni
  • Negeri Para Peri
  • Ziarah: Sebuah Novel
  • Anak Bajang Menggiring Angin
  • Ronggeng Dukuh Paruk (Dukuh Paruk, buku 1 - 3)
  • Aku Ingin Jadi Peluru (Kumpulan Puisi)
  • Canting
  • Tanah Tabu
669979
Budi Darma lahir di Rembang, Jawa Tengah, 25 April 1937. Semasa kecil dan remaja ia berpindah-pindah ke berbagai kota di Jawa, mengikuti ayahnya yang bekerja di jawatan pos. Lulus dari SMA di Semarang pada 1957, ia memasuki Jurusan Sastra Inggris, Fakultas Sastra dan Kebudayaan, Universitas Gadjah Mada.

Lulus dari UGM, ia bekerja sebagai dosen pada Jurusan Bahasa Inggris—kini Universitas Negeri Sur...more
More about Budi Darma...
Olenka Rafilus Laki-laki Pemanggul Goni: Cerpen Pilihan Kompas 2012 Laki-laki Lain dalam Secarik Surat Fofo dan Senggring: Kumpulan Cerpen

Share This Book