Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Bibbi Bokkens Magische Bibliothek” as Want to Read:
Bibbi Bokkens Magische Bibliothek
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Bibbi Bokkens Magische Bibliothek

3.66  ·  Rating Details  ·  1,724 Ratings  ·  234 Reviews
Nils tem doze anos e acaba de voltar das férias escolares de verão, passadas em companhia de sua prima Berit, na cidade de Fjærland, interior da Noruega. Para não deixar de se falar, os dois decidem escrever um diário e remetê-lo de uma cidade a outra pelo correio.
Já de início, porém, parece haver algo de misterioso no diário de Nils e Berit. Ao comprá-lo numa livraria, Ni
...more
Hardcover
Published (first published January 1st 1993)
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Bibbi Bokkens Magische Bibliothek, please sign up.

Be the first to ask a question about Bibbi Bokkens Magische Bibliothek

Community Reviews

(showing 1-30 of 2,836)
filter  |  sort: default (?)  |  Rating Details
Huda Yahya


هل فكرت يومًا أننا -نحن البشر الكائنات الوحيدة
القادرة على تبادل الأفكار والمشاعر والخبرات في الكون كله


كعادة جوستين جاردر رواية ممتعة بلا جدال

هذه المرّة ينقلك إلى عالم الكتب والمكتبات
ولأنه جاردر فتأكد أنه لن يكون عالما عاديا

إنها مكتبة ببي بوكن السحرية
حيث الكتب التي لم تكتب بعد مرصوصة بأناقة على الأرفف

وهل تستطيع أن تخمن كم عدد الكتب التي لم يكتبها أصحابها بعد
؟
إنه عدد لا متناه من الكتب
حيث كل كلمات الأبجدية تختبيء

إنها الحياة الأبدية

" أحسستُ بأن جميع الكتب تتطلع إلي
تحدق في وجهي كما لو كانت على قي
...more
Nenangs
"Buku terbaik mengenai buku dan budaya-baca yang ada saat ini."
-oldenburgische Volkszeitung

"Sebuah surat cinta kepada buku dan dunia penulisan"
-Ruhr Nachricht

Begitulah bunyi dua endorsement yang tertulis di bagian sampul depan dan belakang buku ini. Kedua kalimat itu juga yang terus terpikir saat membaca buku ini, bersama endorsement tambahan saya sendiri...KOK BISA?
Kok bisa dua endorsement yang nggak masuk akal itu nongkrong di sampul buku "aneh" ini?

Buku ini isinya melulu kecurigaan dan penyel
...more
Hippo dari Hongkong
Aug 10, 2008 Hippo dari Hongkong rated it really liked it  ·  review of another edition
Shelves: fiksi
Oke, ini adalah buku Jostein Gaarder pertama yang gue baca. Buku yang lumayan "unik" kalo gak mau dibilang "aneh". Unik/aneh karena buku ini hanya terdiri dari dua bab saja dari 294 halaman. Bab pertama bercerita tentang dua orang sepupu, Nils Boyum (12 tahun) dan Berit Boyum (10) yang saling berkirim surat berbentuk sebuah buku yang dikirim melalui pos bolak-balik antara Oslo dan Fjaerland. Unik/aneh karena buku ini memiliki dua sudut pandang dari seorang Nils dan Berit melalui surat-surat mere ...more
Endah
Jan 07, 2009 Endah rated it liked it  ·  review of another edition
Ini adalah novel kelima buah imajinasi Jostein Gaarder yang diterjemahkan (dari bahasa Jerman) ke dalam bahasa Indonesia. Empat yang lainnya adalah : Dunia Sophie (Mizan), Misteri Soliter (Jalasutra), Gadis Jeruk (Mizan), serta Putri Sirkus dan Lelaki Penjual Dongeng (Mizan). Jika diperhatikan, tampak jelas sekali satu hal yang selalu ada dalam kelima karya Gaarder tersebut, ialah tokoh kanak-kanak. Mengapa demikian?

Menyitir pendapat Andityas Prabantoro (editor novel-novel Gaarder edisi bahasa I
...more
Truly
Feb 20, 2012 Truly rated it it was amazing  ·  review of another edition
Repiu lengkap ada di:

http://trulyrudiono.blogspot.com/

http://www.facebook.com/note.php?save...

Tahukan Anda.....
1. Urutan Perpustakaan Universitas terbaik (berdasarkan jumlah koleksi adalah sebagai berikut:
1. Harvard University (16 million volumes)
2. Yale University (11 million volumes)
3. University of Illinois-Urbana Champaign (10 million volumes)
4. University of California-Berkeley (9 million volumes)
5. Ada beberapa perpustakaan yaitu:
- Columbia University (8 million volumes)
- Stanford Univer
...more
drg Rifqie Al Haris
Ini buku ketiga Jostein Gaarder yang saya baca setelah "Dunia Sophie" dan "Gadis Jeruk". Jika ketiganya digabungkan, maka ada beberapa poin kemiripan yang bisa dibilang: inilah ciri dari Jostein Gaarder. Pertama, ketiga buku itu memiliki tokoh sentral anak-anak. Dan kedua, ketiga buku itu juga berkutat dengan surat. Tapi jika di "Dunia Sophie" dan "Gadis Jeruk" masih memasukkan unsur filosofis, di buku yang berjudul "Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken" ini agaknya kesan filosofisnya tidak terlalu k ...more
Bunga Mawar
Nils Torgersen dan Berit Boyum dalam buku ini bergantian menulis di sebuah buku-surat yang mereka kirimkan melalui jasa pos. Bukan cuma kabar tentang keluarga, mereka juga bertukar ide gila dan imajinasi.

Oiya, Nils (cowok) dan Berit (cewek) adalah dua remaja bersepupu yang tinggal di dua kota Oslo dan Fjaerland yang tepisah ratusan kilometer di Norwegia. Buku-surat adalah ide mereka mengumpulkan "kata-kata dalam album, bukan foto". Semua hal mereka ceritakan bergantian, saling membalas dan bersa
...more
htanzil
Apr 22, 2009 htanzil rated it really liked it  ·  review of another edition
Sedikit orang yang mengetahui bahwa penulis novel Best Seller Dunia Sophie (1995) Jostein Gaarder pernah berkoloborasi dengan Klaus Hagerup dalam menulis fiksi remaja. Klaus Hagerup sendiri adalah salah satu penulis terkemuka Norwegia yang karya-karyanya banyak berjenis bacaan anak dan remaja. Mungkin salah satu kesamaan dalam hal menulis fiksi yang diperuntukkan bagi remaja inilah yang mendorong Gaarder dan Hagerup berkoloborasi dan melahirkan karya bersamanya yang berjudul Bibbi Bokkens Magisc ...more
Palsay
May 26, 2008 Palsay rated it liked it  ·  review of another edition
Recommends it for: gaarder's fans
Recommended to Palsay by: belidong.com
Shelves: light-philosophy
finally selesai juga bacanya..

anyway, dari awal saya sudah menduga ceritanya ttg apa, ...malah agak pusing dengan gaya bercerita "surat2an" gitu...mirip sekali dengan Sophie's world yang legendaris itu.

akan tetapi, mendekati ending, barulah terasa aura "cinta"nya jostein gaarder terhadap kepustakaan, terhadap incunabula, buku-buku bersampul kulit dan bertuliskan tinta biru dan merah besar-besar...buku pertama yang dicetak di norwegia, sistem kartotek yang membuat saya kangen dengan perpustakaan
...more
Azia
Jan 25, 2008 Azia rated it it was amazing  ·  review of another edition
Recommends it for: everyone
akhirnya beli buku ini juga....perpustakaan ajaib nya membuat takjub...dibangun dibawah terowongan...dari lantai hingga langit, buku semua....terutama incunabula....seru banget perpusnya....coba ada perpus yang seperti itu di jakarta..selain ada buku yang telah bertahun2 terbit, ada buku yang bakalan terbit juga...

Kisahnya juga dilengkapi petualangan dua sepupu...ala lima sekawan...misteri bermula dari seorang wanita tu yang "ngiler" liat buku...dan selalu mendapat kiriman pos buku dari seluruh
...more
Opat
Jun 01, 2016 Opat rated it liked it  ·  review of another edition
Shelves: from-the-library
Pada bab surat2 begitu mencekam. Saya nggak sabar banget mengungkap apa yang terjadi. Walaupun ada beberapa hal yang di luar ekspektasi, secara garis besar (kayaknya) dugaan saya benar tentang siapa si Bibbi Bokken ini.

Idenya yg menarik juga membuat kita belajar berfilsafat soal buku juga berbagai pengetahuan lainnya yg saya aja baru tahu :)

Direkomendasikan buat kamu siapa saja yang (sudah atau baru mulai atau baru niat) suka/cinta buku.
Marina Zala
** Books 148 - 2016 **

3,4 dari 5 bintang!

Ini adalah Buku Jostein Gaarder yang pertama kali saya baca! hahaha harusnya Sophie's World yah.. :p

Suka banget sama kisah petualangan Berit dan Nils yang melakukan korespondensi dengan buku harian sambil memecahkan kasus Perpustakaan ajaib Bibbi Bokken. Apalagi banyak sekali didalamnya pengetahuan mengenai pustakawan, buku-buku yang menarik mulai Anne Frank hingga Winnie the pooh di dalamnya. Tidak lupa juga ada selipan unsur filsafatnya juga

Tampaknya
...more
Nisa Rahmah
Mar 12, 2016 Nisa Rahmah rated it really liked it  ·  review of another edition
Shelves: adventure, children
Mulanya saya mengira novel ini akan berpola mirip dengan Dunia Sophie. Jadi, hal-hal absurd yang terjadi di bagian awal (mungkin untuk yang nggak sabar menyimak cerita ini akan bosan dan malas melanjutkan) saya terima saja sambil menebak-nebak maksud cerita. Tapi, saya kok kayaknya yakin penulis memiliki twist yang sama dengan si Sophie itu. Eh ternyata tebakan saya salah besar. Di bagian kedua, saya mulai menikmati alur cerita, apalagi informasi seputar buku, misalnya tentang Klasifikasi Dewey ...more
Ana
Aug 19, 2011 Ana rated it liked it  ·  review of another edition
Sebagai seorang yang mengaku suka membaca buku, menemukan sebuah buku yang bercerita tentang buku merupakan suatu kenikmatan tersendiri. Sewaktu saya membaca The Man Who Loved Books Too Much, meskipun tokoh utamanya digambarkan antagonis, namun saya bersimpati padanya. Simply because I know what it feel to be in his shoes. Saya tahu rasanya mendambakan sebuah buku sampai tidur tak nyenyak jika tak ada buku di samping kepala, atau bagaimana rasanya begitu mencintai buku walau hanya untuk dipajang ...more
Weni
Jul 09, 2009 Weni rated it really liked it  ·  review of another edition
Buku yang sdh cukup lama saya cari2 ini akhirnya saya dptkan di Gramedia Merdeka Bandung, diskon 20% hehe. Hanya ada 2 bab dalam buku ini, Bab 1: Buku-Surat dan Bab 2: Perpustakaan.

Buku ini bercerita tentang 2 orang sepupu, Nils Boyum yang tinggal di Oslo dan Berit Boyum yang tinggal di Fjaerland. Mereka bersurat2an menggunakan sebuah buku yang dikirimkan bolak-balik antara Oslo - Fjaerland. Nils yang pertama menulis kepada Berit. Di akhir surat, ia menceritakan pertemuannya kembali dengan perem
...more
Wahyu Novian
Hmm, I don't know whether because I read it in Indonesian (translated edition) or because I'm growing up and my 'palate' change (NOOOOOO!!!) or because I'm too childish, I almost feel sorry buying this book. I know, the idea of this book is great. This book explains a lot of important things about books and book/library culture. But hey, when I read the title and bought this book, I expected more. Where is the adventure behind magical world of book shelves? Where is the mysterious creatures that ...more
Evyta Ar
Jan 11, 2014 Evyta Ar rated it really liked it  ·  review of another edition
Novel ini memang unik. Apa saja keunikannya? Pertama, terjemahannya yang sangat bagus, nyaman dibaca dan mengalir apa adanya. Kedua, gaya penceritaan dua penulis tersebut memang cukup lugas dan sangat pas untuk pembaca anak-anak dan remaja. Saya tak tahu bagaimana harus mendeskripsikannya. Intinya sangat menyenangkan membaca gaya bertuturnya. Ketiga, ide ceritanya kreatif dan hebat; buku-surat, seputar dunia perbukuan dan bibliografi. Jarang-jarang buku anak memiliki tema yang terkesan ‘berat’ s ...more
Dinna Fitriyana
May 29, 2011 Dinna Fitriyana rated it really liked it  ·  review of another edition
Dear Master Gaarder,
You are the only reason I bought this book. I don't like the cover nor the title. It always you, your name and your magic that always fascinates me. And for the second time.. I was right! Yours spelled me.
Something across my mind while reading your books. Like I'm watching a television that shows me watching a television that shows me watching a television that shows... My lecture called it recursive. That's all I can say about "Perpustakaan Bibbi Bokken" ;)
Monsieur Gaarder,
...more
Teguh Affandi
Nov 17, 2014 Teguh Affandi rated it really liked it  ·  review of another edition
Ceritanya seru. Bentuknya juga unik, saling berbalas surat lewat buku surat dan "menggosipkan" seorang wanita Bibbi Bokken yang menurut mereka aneh.
Francesca Yupcat
Un libro davvero ben scritto da due autori norvegesi di tutto rispetto: il noto filosofo e scrittore Jostein Gaarder e Klaus Hagerup scrittore di libri per ragazzi.
Il risultato è una storia avvincente e coinvolgente ambientata in Norvegia che ha come protagonisti due ragazzi, alle prese con la soluzione di un intrigante mistero, ma soprattutto un libro che vuole celebrare la curiosità e l'amore per i libri.
Consigliatissimo ad adulti e ragazzi, a tutti coloro che amano leggere e possiedono una bi
...more
Luiza
Jul 07, 2014 Luiza rated it liked it  ·  review of another edition
Nunca tinha sido muito fã de Jostein Gaarder já que quando era menor havia lido "o Mundo de Sofia" como obrigação de escola. E isso não é nem perto de uma iniciação muito calorosa, o que me levou a não esperar muito desse livro de início. Foi então que entrei naquele mundo novo que me levou a loucuras. Eu estava adorando o livro e posso dizer que a maior parte do livro foi empolgante e não conseguia desgrudar do livro. Na verdade, já estava aponto de assumir ser um livro cinco estrelas antes mes ...more
Nur
Oct 20, 2015 Nur rated it it was amazing  ·  review of another edition
Recommends it for: orang yang nyari buku tentang buku, para pecinta buku, para pustakawan, kamu, kamu, kamu
Ini review suka-suka dari uruuchan! ^^
Dan ini adalah review pertamaku, aku memutuskan bahwa review pertamaku di sini haruslah sebuah buku yang "SANGAT" istimewa buatku :3 Sangat-sangat-sangat istimewa buatku.

Dan, ketika aku memikirkan tentang sebuah buku yang istimewa buatku, pikiranku langsung tertuju ke buku ini; perpustakaan ajaib bibbi bokken. Aku punya cerita pribadi berkenaan dengan buku ini :") Pertama kalinya aku baca buku ini pada tahun 2013, saat aku masih duduk di bangku SMA. Waktu ak
...more
Septyo Uji Pratomo
Sebuah buku luar biasa untuk membuka tahun 2015. Berisi tentang kisah dua anak remaja yang saling berbalas surat, dituliskan dalam sebuah buku. Surat yang mereka tuliskan dan saling berbalas bercerita tentang seorang perempuan pecinta buku bernama Bibbi Bokken. Ia adalah perempuan misterius yang menggiring Berit dan Nils Boyum, dua anak remaja tersebut, untuk menumbuhkembangkan fantasi mereka tentang Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken.

Buku ini adalah sebuah cerita berbingkai tentang cerita detektif
...more
Bracari.iris
Aug 20, 2011 Bracari.iris rated it really liked it  ·  review of another edition
I liked the way this book was written, alternating between Nil's and Berit's point of view. The ending was predictable to me only because I already knew the formula.
It was clear to me that Lilli was actually a good person. I loved the way she planted all the clues for the cousins to find them and somehow I could only imagine River Song while reading her reactions and lines.
Overall it was a nice book that I had been promising myself to read for ages. I am glad I did so.
Vinia
Jul 27, 2016 Vinia rated it really liked it  ·  review of another edition
Dua anak yang saling berkirim buku-surat dan menemui suatu kejanggalan dan terus berasumsi mengenai kejanggalan tersebut. Hingga kejanggalan itu lambat laun mengerucut menjadi kenyataan dan mau tak mau kedua anak itu mengalaminya sendiri. Asumsi yang dipikirkan kedua anak itu ternyata secara tidak langsung dikendalikan oleh seorang wanita yang menjadi tokoh sentral dalam buku-surat mereka. Ia menginginkan sesuatu dari dua anak penulis buku-surat (Nils dan Berit) itu yang berkaitan dengan dunia p ...more
Mochamad Efendi
Jun 30, 2016 Mochamad Efendi rated it really liked it  ·  review of another edition
Pada awalnya saya agak kesulitan untuk menemukan sebuah ketertarikan dalam buku ini, karena plot development di awal yang cukup lambat, menurut saya. Karena selalu percakapan antara Nils dan Berit dalam bentuk buku surat. Hal itu berubah ketika sudah masuk bab berikutnya, bab usai komunikasi via buku surat itu usai. Petualangan jadi menarik.

Buku ini mengajarkan saya bahwa ada permainan unik terkait point of view. Sekalipun point of view yang dipakai adalah orang pertama, kombinasi Nils dan Beri
...more
Ayuaara
Jul 30, 2015 Ayuaara rated it liked it  ·  review of another edition
Shelves: children
"Yang kutahu hanyalah bahwa sebagian besar buku belum ditulis dan ada banyak hal yang tersembunyi dalam dua puluh enam huruf, bahkan lebih banyak daripada yang tersimpan di dalam otak seorang manusia di dunia ini." - Nils

Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken adalah karya pertama Jostein Gaarder yang aku baca.

Buku ini terdiri dari dua bab, bab pertama berisi buku-surat Nils dan sepupunya, Berit. Inti dari buku-surat mereka adalah dugaan mengenai Bibbi Bokken dan tokoh-tokoh lain yang berkaitan, serta p
...more
Aveline Agrippina
Oct 29, 2011 Aveline Agrippina rated it really liked it  ·  review of another edition
Ternyata ada seni untuk menikmati buku ini. Saya termasuk orang yang lambat untuk menyelesaikan buku ini.

Awalnya biasa saja, setelah melintasi bagian kedua, barulah terasa setiap fragmen begitu bergetar meski diceritakan oleh dua bocah yang ingin serba tahu tentang Bibbi Bokken dan perpustakaan rahasianya itu.

Amat sayang bila Anda yang mengakui diri pecinta buku tetapi belum pernah kenal dengan buku ini.
Ryan
Jun 08, 2008 Ryan rated it it was amazing
Shelves: great-fiction
Garder pintar sekali! Yang dia inginkan sebenarnya memantik kobar budaya baca. Yang tercipta justru racikan lezat tentang teori buku, perpustakaan, dan konspirasi. Dengan gaya bahasa detektif ala Lima Sekawan, Astrid Lindgren, ditambah plot komikal Winnie the Pooh. Tetap saja yang terbaik dari seluruh karya Garder adalah : endingnya :D.
Buku wajib pencinta buku!
eti
Feb 10, 2013 eti rated it really liked it  ·  review of another edition
#10 - 2013

Namun pada saat itupun aku tahu bahwa setiap kali membuka sebuah buku, aku akan bisa memandang sepetak langit. Dan jika aku membaca sebuah kalimat baru, aku akan sedikit lebih banyak tahu dibandingkan sebelumnya. Dan segala yang kubaca akan membuat dunia dan diriku sendiri menjadi lebih besar dan lebih luas. ~hal.229
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 94 95 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Saga no Gabai Bachan (Nenek Hebat dari Saga)
  • The Firework-Maker's Daughter
  • Fantasy Fiesta 2010: Antologi Cerita Fantasi Terbaik 2010
  • Totto-chan's Children: A Goodwill Journey to the Children of the World  (Anak-Anak Totto-chan: Perjalanan Kemanusiaan untuk Anak-Anak Dunia)
  • The Beautiful Days of My Youth: My Six Months In Auschwitz and Plaszow
  • Hansel and Gretel
  • Linguae
  • Sepeda Merah Vol. 1: Yahwari
  • Burung-Burung Manyar
  • Bukavu
  • Iblis Menggugat Tuhan - The Madness of God & The Men Who Have The Elephant
  • The Boy Who Ate Stars
  • Tobias e o Anjo
  • Orang-Orang Tanah
  • Clair de Lune
  • Dua Belas Pasang Mata (Twentyfour Eyes)
  • Atheis
  • Tawanan Benteng Lapis Tujuh: Novel-Biografi Ibnu Sina (Sajin Qal'ah al-Aswar as-Sab'ah)
1388082
Jostein Gaarder is a Norwegian intellectual and author of several novels, short stories and children's books. Gaarder often writes from the perspective of children, exploring their sense of wonder about the world. He often uses metafiction in his works, writing stories within stories.

Gaarder was born into a pedagogical family. His best known work is the novel Sophie's World, subtitled A Novel abou
...more
More about Jostein Gaarder...

Share This Book



“Aku berjalan menyusuri rak-rak perpustakaan. Buku-buku tersebut memunggungiku. Tak seperti manusia yang ingin berjarak denganku, buku-buku itu malah menawarkan diri untuk memperkenalkan diri mereka. Bermeter-meter jajaran buku yang yang tak akan pernah mampu kubaca. Dan aku tahu; apa yang ada disini adalah kehidupan yang merupakan pelengkap kehidupanku, yang menanti untuk dimanfaatkan. Tetapi hari-hari berlalu, dan kesempatan itu tetap tak tergapai----terabaikan. Salah satu buku ini mungkin benar-benar bisa mengubah hidupku. Siapakah aku sekarang? Siapakah sebenarnya aku?” 8 likes
“Siapa yang bisa menemukan buku yang tepat, akan berada di tengah-tengah teman terbaik. Di sana kita akan berbaur dengan karakter yang paling pintar, paling intelek, dan paling luhur; di sana kebanggan serta keluhuran manusia bersemayan.” 7 likes
More quotes…