Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Catatan Hati Pengantin” as Want to Read:
Catatan Hati Pengantin
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Catatan Hati Pengantin

3.92  ·  Rating Details ·  53 Ratings  ·  11 Reviews
Mbak, ternyata menikah itu susah, ya.
Baru tiga bulan, tapi rasanya tak ingin melanjutkan. (Lia, 24 tahun)

Sejak awal, istri tahu kalau saya anak sulung dan yatim. Tapi kenapa dia selalu cemberut setiap saya membantu ibu dan adik-adik? (Ardian, 31 tahun)

Dulu, sih, yang penting nikah aja, masalah di mana tinggal, nggak jadi soal. Tapi setelah tiga bulan tinggal di pondok me
...more
Paperback, 350 pages
Published March 2014 by AsmaNadia Publishing House
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Catatan Hati Pengantin, please sign up.

Be the first to ask a question about Catatan Hati Pengantin

This book is not yet featured on Listopia. Add this book to your favorite list »

Community Reviews

(showing 1-30)
filter  |  sort: default (?)  |  Rating Details
Anggi Hafiz Al Hakam
Nov 05, 2014 Anggi Hafiz Al Hakam rated it really liked it
Harus saya akui bahwa membaca buku bertema pernikahan adalah satu persiapan yang baik bagi calon pengantin. Melalui buku ini, pembaca diajak menyelami gambaran perjalanan kehidupan pernikahan. Segenap jatuh bangun usaha, turun naik gelombang kehidupan, pasang surut kasih sayang, dalam keseharian pernikahan digambarkan disini.

Ada beberapa nama yang saya kenal yang berkontribusi dalam kumpulan cerita ini. Sebut saja, Novia Syahidah, penulis buku "Titip Rindu Buat Ibu" dan Sinta Yudisia yang juga
...more
Annisa MoeL
Jul 08, 2015 Annisa MoeL rated it really liked it
Pengelompokkan kisah berdasarkan kesamaan tema, lalu tips mba Asma Nadia di setiap kelompok tersebut, bener-bener ok. Tentang finansial, kerabat yang agak mengganggu, tempat tinggal, bahkan orang ketiga. Lalu, seorang wanita harus bisa mandiri, tangguh, kalau sewaktu-waktu suaminya ga bisa berfungsi seperti biasanya atau bahkan ternyata meninggal.

Tapi ada komen di belakang bukunya, Lia 24 tahun, saya cari-cari ceritanya di dalam buku ga ada ya, padahal saya sangat penasaran dengan pengalamannya
...more
Dina Ulvia
Apr 20, 2016 Dina Ulvia rated it it was amazing
Shelves: pinjam
Mengutip dari kata pengantar dalam buku ini yg (bagi saya) cukup menarik dan patut direnungkan. "Barangkali benar, tidak ada yang bisa menyiapkan diri kita lahir batin sebelum memasuki gerbang pernikahan. Karena memang tidak pernah ada institusi pendidikan yang membekali seseorang untuk benar-benar siap mengarungi bahteranya.
Kita hanya bisa belajar dari dari kehidupan sebagai sebaik-baiknya bekal. Dalam kehidupan kita belajar bersabar, belajar berempati, belajar toleran. Dalam kehidupan pula kit
...more
Anggraeni Purfita Sari
Jun 02, 2014 Anggraeni Purfita Sari rated it really liked it
Buku ini saya baca baru2 ini, pas saya lagi mempersiapkan pernikahan. Berdasarkan pencerita di buku ini, sesuai sih sama kata Ibu saya bahwa pernikahan itu ngga selalu indah. Wow banget lah baca cerita tentang tantangan dalam pernikahan orang lain pas saya lagi seneng2nya menyambut hari bahagia itu. Intinya ialah bagaimana cara membuat masalah yang pasti hadir dalam setiap pernikahan menjadi pemanis yang membuat kita semakin mengenal pasangan, hingga menjadi pengantin baru setiap waktu.

Jujur ya,
...more
Yuni Ananindra
Jul 19, 2014 Yuni Ananindra rated it really liked it
Seperti yang tertulis dalam buku ini, meski menikah bukan perkara yang mudah, tak ada sekolah yang bisa menyiapkan seseorang memasuki gerbang pernikahan. Ini adalah buku yang bagus untuk calon pengantin maupun yang sudah menikah. Dari kisah-kisah dalam buku ini, kita bisa belajar bagaimana mengatasi beberapa masalah yang dihadapi menjelang maupun ketika sudah menikah. Adanya ilustrasi dan puisi membuat buku ini menjadi tambah manis.:)
Muhammad Aldo
Jul 26, 2014 Muhammad Aldo rated it it was amazing
Menurut saya yang dalam proses pemantasan diri sebelum dipertemukan dan menikah sama jodoh saya, buku ini ngasih gambaran apa apa aja yang perlu disiapin untuk menikah. Kuisioner yang ada bener bener membantu lebih mengenal pasangan, jadi bisa lebih kenal, dan waktu pacaran engga main tebak-tebakan.

Dilengkapi juga sama kisah-kisah pembaca lain, jadi menambah gambaran setelah menikah itu gimana, masalah pekerjaan, tempat tinggal, penyakit, sampe masalah orang ke 3
Muhammad Syaifuddin
Dec 28, 2014 Muhammad Syaifuddin rated it liked it
Tiap bab dari buku ini penting untuk diketahui oleh orang-orang yang mempersiapkan diri untuk menikah. Buku ini membahas poin-poin yang berpotensi menjadi masalah selama pernikahan. Persiapan pernikahan tidak melulu tentang masalah finansial, namun lebih dari itu, masalah mental, keluarga, kesehatan, dan hal-hal lain yang sering luput dari perhatian.
Asri
May 09, 2014 Asri rated it really liked it
Lewat buku ini kita bisa belajar biar mantap memilih pasangan hidup dan melihat kemungkinan masalah2 yang bisa timbul serta cara mengatasinya. Hingga nanti ga kaget..hihi..goodbook for calon pengantin
ANDI AINUR AKBAR
Jan 09, 2015 ANDI AINUR AKBAR rated it really liked it
Buku buat memantapkan hati untuk menikah, hehehe. Ditambah pembahasan masalah yang kemungkinan besar dialami sesudah menikah, agar lebih yakin lagi dalam menentukan penyelesaian atas masalah tsb ;)
Erna
Erna rated it really liked it
May 17, 2016
Ila Rizky Nidiana
Ila Rizky Nidiana rated it really liked it
Dec 25, 2014
Nova
Nova rated it really liked it
Mar 29, 2015
Swety Retna
Swety Retna rated it liked it
Apr 27, 2014
Fauziah Aini
Fauziah Aini rated it liked it
May 13, 2014
Deen Sylvia
Deen Sylvia rated it really liked it
Sep 24, 2014
Nia Febrianti
Nia Febrianti rated it liked it
Oct 08, 2015
Hernatio
Hernatio rated it liked it
Jun 25, 2014
Riza Maulana
Riza Maulana rated it it was amazing
Sep 13, 2014
Thomas Utomo
Thomas Utomo rated it really liked it
Sep 24, 2014
Ita Aprilia
Ita Aprilia rated it liked it
Aug 01, 2015
Renti Susanty
Renti Susanty rated it really liked it
May 04, 2015
Febi
Febi rated it it was amazing
Mar 25, 2015
Fitria Mayrani
Nov 08, 2014 Fitria Mayrani rated it liked it
Shelves: 2014
Sebagai pengantin baru, buku ini cukup memberikan "pelajaran".
Soraya Putri Aprilla
Soraya Putri Aprilla rated it really liked it
Mar 14, 2016
Quraeni
Quraeni rated it liked it
Oct 19, 2015
Fayruz Rahma
Fayruz Rahma rated it really liked it
Mar 30, 2016
Julie Septy
Julie Septy rated it it was amazing
Apr 24, 2015
Arini Rusda
Arini Rusda rated it it was amazing
Sep 07, 2014
Rina Rinz
Jun 06, 2014 Rina Rinz rated it really liked it  ·  (Review from the author)
Dewi Zul
Dewi Zul rated it really liked it
Jun 12, 2014
« previous 1 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
688171
Asma Nadia
Education: Bogor Agricultural University (IPB, 1991)
Home FAX: +622177820859
email: asma.nadia@gmail.com

Working Experiences: I was working as a CEO of Fatahillah Bina Alfikri Publications, and Lingkar Pena Publishing House, before starting AsmaNadia Publishing House (2008)

Writing residencies: in South Korea, held by Korean literature translation institute (2006) & and in Switzerland h
...more
More about Asma Nadia...

Share This Book