Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Tuhan Izinkan Aku Menjadi Pelacur!” as Want to Read:
Tuhan Izinkan Aku Menjadi Pelacur!
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Tuhan Izinkan Aku Menjadi Pelacur!

3.15  ·  Rating Details  ·  431 Ratings  ·  66 Reviews
Dia seorang muslimah yang taat. Tubuhnya dihijabi oleh jubah dan jilbab besar. Hampir semua waktunya dihabiskan untuk sholat, baca al-qur’an dan berdzikir. Dia memilih hidup yang sufistik yang demi ghirah kezuhudannya kerap dia hanya mengkonsumsi roti ala kadarnya di sebuah pesantren mahasiswa. Cita-citanya hanya satu : untuk menjadi muslimah yang beragama secara kaffah.

Ta
...more
Paperback, 261 pages
Published 2006 by Scripta Manent (first published 2003)
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Tuhan Izinkan Aku Menjadi Pelacur!, please sign up.

Be the first to ask a question about Tuhan Izinkan Aku Menjadi Pelacur!

This book is not yet featured on Listopia. Add this book to your favorite list »

Community Reviews

(showing 1-30 of 1,397)
filter  |  sort: default (?)  |  Rating Details
Harun Harahap
”Beribadah itu pelan-pelan.. Jangan terburu-buru ingin melakukan segalanya. Yang penting kontinyu”(hal.29)

Pesan ini, menurut saya, telah mewakili keseluruhan buku ini. Jawaban ini juga yang akan saya berikan kepada Nidah Kirani,tokoh utama, jika saya bertemu dengannya. Saya tertarik membaca buku Muhidin M Dahlan ketika saya memandu sebuah diskusi pelarangan buku beberapa bulan yang lalu. Kebanyakan bukunya yang dihujat dan dilarang membuat rasa penasaran saya semakin besar.

Seminggu yang lalu akh
...more
nanto
Aug 10, 2008 nanto rated it liked it
Shelves: novel, nant-s-book
Direkomen kawan yang kerja di toko buku sejak masih di Bandung. Menghebohkan katanya. Ketemunya 1-2 tahun lalu.

Saya cuma ingat kawan-kawan di SMA. Kawan yang terlibat dengan organisasi yang ada dalam buku ini. Begitu mencintanya, namun entah yang apa yang dicinta. Yang ada adalah selain dirinya, semua nista. Beruntung kami akhirnya bisa berkarib kembali, menerima masing-masing dengan apa adanya.

Satu kalimat saya untuk meyakinkan seorang dari mereka untuk datang ke acara silaturahmi angkatan, "ya
...more
Wenny
May 14, 2008 Wenny rated it liked it
Melihat judul dari novel ini membuat aku tertarik untuk membacanya, apalagi setelah aku mengetahui bahwa novel ini adalah Sebuah kisah yang katanya merupakan kisah nyata perjalanan hidup seorang wanita sholehah yang akhirnya menjalani cerita hidup yang lain.
Cerita hidup yang dianggap begitu hina dan kotor oleh sebagian orang, yakni menjadi seorang pelacur.
Mmm..bingung komen apa yang harus diberikan untuk novel ini. bahasa novel ini begitu berani, sehingga membuat kontroversial.
Tapi yang pasti me
...more
Arifah
Nov 09, 2012 Arifah added it
bagi teman-teman yang pemahaman aqidah islamnya masih kurang, saya anjurkan tidak membaca buku ini karena bisa menyesatkan aqidah islam kita.. walaupun dibungkus dengan cerita islam, namun pemikiran tokoh utama di sini sangat liberal dan terlalu liar. bila dilihat dngan teori psichoanalisis, pergolakan batin tokoh utama dalam novel ini grafiknya sangat ekstrim, tiba-tiba naik tiba-tiba turun. proses pergolakan batin tokoh utamanya tidak dijabarkan dengan step by step, bnyk proses yang hilang seh ...more
Aida Radar
Butuh keberanian yang besar bagi saya untuk membaca buku ini. Bukan hanya karena judul dan isinya yang kontroversial, tapi juga karena saya butuh mempersiapkan diri untuk tidak terpengaruh dengan ide-ide yang mungkin melenceng dari nilai-nilai Islam.

Ya, ide-ide itu memang ada. Apalagi dengan kemampuan menulis Gus Muh yang keren. Kekerenan penulis ini sudah saya rasakan ketika membaca Aku, Buku, dan Sepotong Sajak Cinta, yang pernah diterbitkan kembali dengan judul Jalan Sunyi Seorang Penulis.

Ter
...more
Renee
Sep 16, 2008 Renee rated it really liked it
wwwwwuiihhh....buku ini kalau diliat dari judulnya aja udh serem banget..pas ngebacanya sempet berpikir dan berpikir..logika-logika yang dipaparkan bener hebat..kalau baca buku ini kalo nggak kuat iman bisa-bisa...buku ini benar2 dahsyat..
Rulyna
Feb 22, 2015 Rulyna rated it really liked it
Buku ini menggambarkan perjalanan hidup seorang wanita yang tadinya begitu spiritual berubah menjadi pemberontak. Sejumlah pertanyaan yang muncul dalam perjalanan hidup wanita bernama Nidah Kirani ini mewakili mereka yang berpikiran kritis dan logis dalam memilih kepercayaan yang dianut. Kehidupan beragama yang dikisahkan dalam buku ini memang bercerita mengenai satu agama. Namun kejadian yang dialami Kiran sangat mungkin terjadi pada manusia beragama lainnya. Jadi tidak sepatutnya kita mencela ...more
Angga  Priyambodo
Aug 06, 2015 Angga Priyambodo rated it really liked it
Menurut saya buku ini cukup bagus mengenai penggambaran jiwa seorang Nidah Kirani, Seorang wanita muda yang sangat berapi2 ketika dia sudah memutuskan apa yang akan dia lakukan. Mungkin adalah hal wajar jika seorang pemuda-pemudi melakukan perjalanan mencari jati diri, namun memang harus diikut dengan pikiran yang tenang dan jernih, karena api yang berkobar2 dalam hati akan membakar diri sendiri, dari ujung kaki hingga ujung kepala. Yang lebih menarik lagi, saya tidak memandang novel ini sebagai ...more
Meta Morfillah
Jun 03, 2015 Meta Morfillah rated it it was amazing
Judul: Tuhan, izinkan aku menjadi pelacur!
Penulis: Muhidin M. Dahlan
Penerbit: MELIBAS
Dimensi: 249 hlm, cetakan 2 november 2003
ISBN: 979 96336 14 9

"Dengan berat hati kukatakan: Aku tak punya alasan untuk mengabdi kepadaMu. Aku tidak punya alasan untuk sebuah penyerahan yang absurd." Nidah Kirani

Nidah Kirani, atau yang lebih dikenal dengan nana Kiran, awalnya adalah seorang muslimah yang taat. Berhijab dan berjubah besar, beribadah begitu khusyu', rajin salat, membaca Al Quran, berzikir dan berpua
...more
Jalul
Oct 07, 2011 Jalul rated it really liked it
This is the story of a woman named Nidah Kirani. A devout Muslim. Dihijabi body by a large robe and hijab. Love of religion made him choose to live sufistik. And his desire is only one religion is to become a Muslim who is kiffah.

In the spirit of religion as tit for tat when it received the doctrines that Islam in Indonesia today is not pure. Pure only in the Quran and the Sunnah of the Prophet. By definition, Islam is not religion. Dien Islam or the system that its laws laid out in the shari'a.
...more
Fitri Ap
Apr 26, 2014 Fitri Ap rated it it was ok
Kontroversi... 2 sikap yang bertolakbelakang oleh seorang tokoh dalam mencari "perhatian" Tuhan. Sitokoh utama, Kiran menyatakan bahwa betapa besar ia mencintai Tuhan dengan segala yang ia miliki. Ia merasa bahwa cintanya yang begitu besar disiasiakan dan diabaikan oleh Tuhan. Ia mempertanyakan kapasitas Tuhan yang tidak memperhatikan dan meninggalkan dirinya disaat seluruh dunia menyalahkannya. Ia marah kepada Tuhan yang telah menyianyiakan cintanya.

Sitokoh utama, Kiran ternyata hanyalah seora
...more
Liliyah
Feb 09, 2009 Liliyah rated it did not like it
Shelves: novel
saya bukan penulis yang baik...apalagi menulis buku...apalagi menulis buku sastra..tapi sebagai awam kebanyakan, menurut saya buku ini hanya menjual judul sensasional. Ada banyak kata yang lebih bijak untuk menyampaikan ide cerita yang sebenarnya sudah kuat itu. Dan setelah ditilik pada halaman awal....there's no editor ! oh, how come?!!
Rina
Jul 25, 2011 Rina rated it it was ok
"Biarlah aku hidup dalam gelimang api-dosa, sebab terkadang dosa yang dihikmati, seorang manusia bisa belajar dewasa" --> tapi endingnya ga oke, sama aja bergelimang dosa terooos, huh
Lamun Lamuna
Sep 25, 2009 Lamun Lamuna rated it liked it
Ni buku kontroversial. Logika-logikanya di luar kebiasaan.
Tapi, kalo kita buka pikiran kita dikit, kita bisa dapet maksud pengarangnya.
Dian Utami
Dec 26, 2011 Dian Utami rated it did not like it
Shelves: bacaan-minjem
yang ini saya baca sekitar tahun 2003/2004 kali yak? waktu SMA, pinjam punya temen kos.. novel yang 'sarat pesan'
Hasna
Sep 07, 2012 Hasna rated it really liked it
pencarian jati diri seorang muslimah, bener bener kereeeeeen..

buku zaman kuliah dulu,yang pinjem balikiiiiin dunkz :(
Mel
Apr 09, 2016 Mel rated it did not like it
bukan hendak katakan perubahan Kiran adalah tak mungkin. semua sangat mungkin apabila peperangan dalam batin seseorang tak dituntaskan dengan benar. demikian pula dengan Kiran, seorang mualaf yang baru mengenal Islam, mendalaminya dengan 'terlalu terburu-buru', lalu menemukan hal-hal yang tak sesuai dengan diharapkannya, yang bertubi menimbulkan kekecewaan hingga menjatuhkannya ke jurang kehidupan liar. pelacuran. :|

tapi sudahlah... buku ini bukan jenis buku kesukaanku dan aku bersyukur tak perl
...more
syamatahari
Dec 17, 2010 syamatahari rated it liked it
Shelves: novel, islam
sekali lagi, jangan pernah melihat seseorang dari luarnya...
Ica Surjo
Feb 27, 2012 Ica Surjo rated it it was ok
Recommended to Ica Surjo by: Maya Safira
Shelves: memoir, islami, books, pinjam
Membaca judulnya saja bikin saya merinding sewaktu kawan kampus merekomendasikannya pada saya.

Saya lupa detail cerita novel ini. Seingat saya novel ini berdasarkan kisah nyata seorang mahasiswi cewek yang kecewa terhadap agamanya. Dia adalah mahasiswa yang alim yang nggak sengaja terperosok karena ajakan seorang kenalannya di kampus. Ia diajak ikut dalam organisasi islam -ia sampai menginap di pondokan yang katanya akan diajari agama secara detail- ternyata itu hanya kamuflase, saat ia di pondo
...more
Ochie Fauzie
Dalam pelik metropolitan sekarang ini, banyak kita jumpai orang-orang yang sedang berikhtiar akan impian dan cita-citanya. Tiap manusia tersihir akan segala kesibukan dunia alih-alih mempersiapkan masa depan masing-masing. Dengan sandaran keagamaan, tiap manusia melakukan segala aktifitas duniawinya itu dengan harapan akan tuhannya selalu bersamanya.

Saya melihat kisah Kiran adalah sebuah kisah mencapai impiannya. Ketika muncul titik krisis dalam hidupnya, ia tidak menemukan sandaran yang kokoh y
...more
Kerlip Bintang
Sore Kamis itu, sesampainya di Tobucil, saya kecewa berat karena ternyata kelas dibatalkan tanpa pemberitahuan. Jadi aku melunglai pergi dari situ. Bete langsung menyeruak begitu saja. Maklum punya sifat moody tingkat akut. Salah satu hal yang bisa mengurangi "bete barometerku" adalah pergi ke toku buku. Memborong buku. Jadi kayaknya aku lebih pantas disebut sebagai bookshopholic ketimbang kutu buku.

Kembali menyoal buku ini, sebetulnya buku Tuhan, Izinkan Aku Menjadi Pelacur! pernah menjadi per
...more
ice
Apr 15, 2008 ice rated it liked it
Judulnya pasti bikin tersentak, apalagi covernya adalah siluet wanita berkerudung. Karena tertarik saya pun membeli dan membacanya sekitar dua tahun lalu (2006).
Hasilnya, Muhidin M Dahlan berhasil menyihir saya untuk terus membacanya. Gus Muh memang piawai menyihir pembacanya untuk terus membaca dan membaca.
(Oya, buku ini pun dibaca oleh rekan saya (pimred Nyata), dan bos saya di Jawa Pos ternyata juga suka. Dia minta saya membelikan satu untuknya)
Saya terpesona dengan jalan pikiran tokoh utam
...more
Wulan
Mar 08, 2016 Wulan rated it it was ok
untuk perama kalinya pada saat anda membaca buku ini, anda akan benar-benar merasa dikejutkan (atau paling tidak inilah yang terjadi pada saya), bahwa apa yang ternyata terjadi pada yang kita anggap "kuat" dalam hal menggenggap kepercayaan, ajaran, dan iman, mampu membuat seseorang berubah sebegitu lainnya. sederhana saja alasannya, hatinya terlalu tak kuat menerima kenyataan yang dihadapinya, kecintaannya terlalu buta hingga ia tidak bisa berpikir secara jernih akhirnya.

buku yang cukup menarik
...more
Poetcatz
Feb 09, 2016 Poetcatz rated it liked it
gue rogoh kocek gue utk beli buku ini jaman kuliah dulu (sekitar tahun 2007-2008) karna penasaran . kenapa penasaran? karna ni buku pernah disebut-sebut buku yang "destruktif" dan dilarang baca sama kakak mentor rohaniah gue. ehh, skrg tu buku entah dimana rimbanya jg ga tau. kayaknya dibuang sm ortu :-D
Susyi Illona
Mar 23, 2016 Susyi Illona rated it liked it
Tertarik dengan judulnya, namun beberapa tahun melewatkan begitu saja buku ini. mencari tapi tak sebenar-benarnya mencari.

baru mendapatkan buku ini di tahun 2015. Suka dengan ceritanya meski waktu membaca masih diselingi dengan rasa bosan.
win
Apr 24, 2016 win rated it liked it
Keimanan memang harus selalu diuji, ujian orang beda-beda. Keimanan itu menenangkan kalau masih tak tenang harus selalu diuji-uji, diuji dengan logika dan nalar yang sehat.
Untuk penulis dan Kira , semoga berkah menyertai.
Niratisaya Niratisaya
Dec 12, 2010 Niratisaya Niratisaya rated it really liked it
kira2 3/4 tahun lalu saya membaca buku ini, berkat salah seorang saudara sepupu saya.
tidak terlalu banyak yang bisa saya ingat, tapi kesan mendalam itu masih tersisa hingga saat ini.
mulai dari pencarian jati diri dan kerinduan seorang perempuan terhadap entitas tertinggi dalam hidup ini, Tuhan, hingga kekacauan batin yang didapatkannya karena kerancuan atas pencariannya.

one of the best book I've read, karena M. Dahlan berhasil membangun dunia dengan telanjang, tentang agama/ilmu sebagai jalan te
...more
echyrosalia
Feb 04, 2009 echyrosalia rated it it was ok
pas di recommend ma temen soal dasyatnya ni buku, aku sempat penasaran bgt. secara saat itu pas lagi heboh2nya buku bergenre sejenis!
kenapa aku cuma bilang "it was OK", cz aku sempat berfikir kalo sosok kiran ini seperti orang jatuh ketiban tangga! sakitnya 2x...
jadinya mirip senetron yang tokohnya bakalan menderitaaaaaaaa terus! ndak ada break senengnya sama sekali! makanya itu aku rela buku ini di pinjem temn2 ku!!!! dan gak minat bgt mo tak baca ulang!

paling tragis, itu pas bab tubuhku pun te
...more
Indah
Oct 14, 2012 Indah rated it liked it  ·  review of another edition
"Oh Tuhan, izinkan aku mencintai-Mu dengan cara lain..Sayangi aku dalam pekat Anugrah-Mu, Aku tak punya apa-apa selain hati yang akan selalu menunggu sapa-Mu" Aku,Nidah Kirani. (hal 253)

Kalimat diatas menggambarkan kekecewaan seorang muslimah Nidah kirani dalam menuju terang cahaya-Mu. Sebuah perjuangan yang dia lakukan dijalan benar-Mu tidak terjamah oleh sapa-Mu, dan sebagai bentuk kekecewaan itu, dia mencintai-Mu dengan cara yang "lain". Sebab dengan cara "lain" seorang manusia bisa belajar d
...more
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 46 47 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Dadaisme
  • Jilbab
  • Lampuki
  • Cinta Dalam Sepotong Roti
  • Islamku Islam Anda Islam Kita: Agama Masyarakat Negara Demokrasi
  • Tao of Islam: A Sourcebook on Gender Relationships in Islamic Thought
  • A.M.S.A.T - Apa Maksud Setuang Air Teh
  • Pergolakan Pemikiran Islam
  • My Jihad: The True Story of An American Mujahid's Amazing Journey from Usama Bin Laden's Training Camps to Counterterrorism with the FBI and CIA
  • Paradigma Islam: Interpretasi untuk Aksi
  • Mahabbah Cinta Rabiah Al-Adawiyah
  • Lingkar Tanah Lingkar Air
  • Tiga Venus
  • From Beirut to Jerusalem
  • Negara Kelima
  • Notes from Qatar 2
  • Codex: Konspirasi Jahat di Atas Meja Makan Kita
  • Saksi Mata
716929
Muhidin M Dahlan lahir di Donggala, Sulawesi Tengah, pada tahun 1978. Sempat beberapa waktu mengampuh ilmu di Teknik Bangunan Insitut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Jogjakarta dan Sejarah Peradaban Islam IAIN Kalijaga Jogjakarta. Kedua-duanya tak selesai. Mantan aktivis Pelajar Islam Indonesia (PII), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI-MPO), dan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII).

Menulis
...more
More about Muhidin M. Dahlan...

Share This Book