Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Namaku Hiroko” as Want to Read:
Namaku Hiroko
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Namaku Hiroko

3.48 of 5 stars 3.48  ·  rating details  ·  723 ratings  ·  54 reviews
Kali ini Nh. Dini bercerita mengenai wanita Jepang, Hiroko namanya. Seorang gadis desa yang mengadu untuk di kota besar. Mula-mula ia bekerja sebagai pembantu rumah tangga, kemudian beralih ke sebuah toko besar (pada siang hari) merangkap penari di sebuah kabaret (pada malam hari). Walaupun Hiroko banyak mengalami cobaan dalam mencapai cita-citanya, toh ia merasa puas deng ...more
Paperback, 247 pages
Published January 1986 by Gramedia Pustaka Utama
more details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Namaku Hiroko, please sign up.

Be the first to ask a question about Namaku Hiroko

Laskar Pelangi by Andrea HirataBumi Manusia by Pramoedya Ananta Toer5 cm by Donny DhirgantoroNegeri 5 Menara by Ahmad FuadiSang Pemimpi by Andrea Hirata
Buku Indonesia Sepanjang Masa
90th out of 477 books — 1,649 voters
Bumi Manusia by Pramoedya Ananta ToerLaskar Pelangi by Andrea HirataAnak Semua Bangsa by Pramoedya Ananta ToerRonggeng Dukuh Paruk by Ahmad TohariNegeri 5 Menara by Ahmad Fuadi
Novel Indonesia Terbaik
160th out of 166 books — 199 voters


More lists with this book...

Community Reviews

(showing 1-30 of 1,105)
filter  |  sort: default (?)  |  rating details
Imas
Sampai kepada buku ini,karya Nh Dini fave saya masih Keberangkatan,buku yg membuat emosi terbawa,air mata pun menetes..wah..wah..utk kisah Hiroko,seorang gadis dari udik di Jepang yang berjuang demi materi dan kesenangan.Dari bermacam profesi digeluti mulai dari pembantu,penjaga toko sampai penari striptease dilakoni dengan mudah saja. Kesan saya Hiroko ini tidak berfikir berat,enteng2 saja yg penting ada wang ada happy ayo aja..Sekalinya berfikir yg lebih dari biasanya hanya saat suami sahabatn ...more
Sandi
Saya seolah membaca sebuah biografi wanita muda dari daerah pertanian Jepang yang terpaksa "mengembara" di kota besar. Berkat kepandaiannya "bermain" dengan kehidupan, akhirnya kehidupan yang mapan bisa diraihnya.

Buku ini tidak menceritakan soal perempuan "suci" yang dekat dengan jalan Ilahi maka berhasil menggapai kenikmatan hidup. Tidak! Hiroko hanyalah wanita yang mengikuti sekaligus memilih jalan berkelok asalkan keluar dari penderitaan. Beberapa kali saya menemukan ia melucuti bajunya, mel
...more
Dwi Riswanandi
Hiroko adalah gadis Jepang berusia 16 tahun yang berasal dari desa Kyusu, Jepang. Kehidupan perekonomian keluarga Hiroko di desanya sangat memperhatinkan. Itulah sebabnya Hiroko berjuang bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya. Dia mempunyai 2 saudara laki-laki. Ibunya kandungnya sudah lama meninggal sehingga Hiroko diasuh ibu tirinya yang jauh lebih perhatian. Serta ayah kandungnya yang bekerja di sebuah ladang hanya bisa mencukupi kebutuhan keluarganya.

Hiroko menjalani kehid
...more
Anggi Hafiz Al Hakam
“Ya. Aku puas dengan kehidupanku. Hidup di tengah kota yang beragam. Dan aku tidak menyesali pengalaman-pengalamanku.” – hal. 242.

Bicara tentang Hiroko tentu tidak akan lepas dari segenap asal muasal latar belakang budaya yang membentuknya. Mendengar namanya, sudah tentu pikiran kita akan merujuk pada suatu negeri dimana sakura bermekaran pada musimnya. Saya mengenal Hiroko dari judul buku ini: Namaku Hiroko dan satu judul lagi yaitu: Jepun Negerinya Hiroko. Lantas, saya kerap menggunakan istila
...more
Moby F.
Seperti membaca diari seorang Hiroko.

Satu hal yang saya suka tentang Hiroko-- selalu mengutamakan kehendak dan kepuasan diri sendiri dari mementingkan perasaan orang lain.

Susunan plot dan penceritaannya bagus. Saya sedikit pun tidak bosan. Cuma tertanya-tanya jika Natsuko tahu akan hal sebenar tentang Yoshida dan Hiroko. Saya harap Natsuko tak akan cuba bunuh diri lagi.
lia
Tokoh utama dari buku "Namaku Hiroko" bukanlah tokoh yang mudah di sukai. Hiroko adalah perempuan muda yang ingin hidup dengan mudah dan akhirnya memilih untuk menjadi penari eksotis (baca:striptease) dan menemukan patron nya dari para pengunjung.

Karena keinginannya yang kuat untuk mendapatkan hidup yang lebih baik dari yang di jalani nya saat ini, Hiroko tega menjadi simpanan suami dari satu-satunya teman baiknya. Bahkan Hiroko pun dengan mudahnya berkhianat pada 'suaminya' ini ketika lelaki t
...more
Dila Putri
Tidak seperti buku-buku kebanyakan, di buku ini (kebetulan memang buku Nh Dini pertama yang saya baca), Hiroko sebagai karakter utamanya walaupun terkesan lugu dan bodoh merupakan peran antagonis dalam cerita. Bukannya membuat saya sebagai pembaca menyukainya atau setuju dengan segala keputusan yang diambilnya, sebaliknya malah sering kali membuat greget dan memancing emosi. Namun, tidak bisa saya katakan kalau saya tidak menyukai ceritanya.

Meski saya tidak sependapat, tetap saya salut dengan k
...more
Denik
Namaku Hiroko buku sastra pertama yang saya baca.Dan buku ini yang membuat saya menyukai karya sastra.Baik karya Nh.Dini maupun karya-karysa sastra lainnya.Membaca buku ini seperti melihat cermin kehidupan perempuan desa pada umumnya yang mencari penghidupan dikota untuk kehidupan lebih baik.Bagaimana Hiroko berpindah dari satu pekerjaan kepekerjaan lain dengan segala konfliknya diceritakan dengan sangat apik dan detail oleh Nh.Dini sehingga kita terbawa dan terhanyut ke dalam tokoh Hiroko ini.P ...more
Bambang Rahmantyo
[buat whiny anti-spoiler, review ini mengandung sedikit spoiler. jauh-jauh gih]

Ini adalah novel NH. Dini yang pertama kali saya baca, sebenernya karena dipaksa teman karena suatu proyek yang melibatkan NH. Dini. Yaudah deh, dengan harapan akan ditraktir teman itu akhirnya saya kesampingkan antrian bacaan untuk membaca buku ini lebih dahulu.

Namaku Hiroko ditulis dengan gaya memoir,tokoh utama (hiroko) sebagai sudut pandang pertama. Novel ini bercerita tentang seorang gadis jepang bernama Hiroko.
...more
Nia
Ini pertama kalinya saya membaca buku karangan Nh. Dini, padahal saya tahu karangan beliau merupakan bacaan wajib semasa sekolah bagi sebagian orang.

Pertama-tama sempat salut dengan sikap Hiroko yang ingin mencari penghasilan untuk membantu kedua orang tua yang jauh dari hidup berkecukupan. Segala cara dilakukan mulai bekerja sebagai pembantu rumah tangga, pelayan toko hingga penari di kabaret.

Dari pengalaman2nya tersebut, Hiroko sempat bergaul dengan beberapa orang. Hingga akhirnya dia berkena
...more
Sarwono
good
Farisa
Keinginan untuk hidup bebas, menurut saya, itulah hasrat Hiroko yang paling banyak dipaparkan dalam buku ini (selain seks). Masa kecil Hiroko dilalui sebagai bocah miskin yang kemudian bekerja sebagai pembantu rumah tangga. Lalu, peruntungan hidupnya mulai berubah ketika dia melamar bekerja di department store, tempat melihat tren fashion kesukaannya.

Alasan saya memberi tiga bintang, mungkin karena pesan moralnya yang gampang disalahartikan dan karakter Hiroko yang kurang saya sukai, terkesan s
...more
Laras Astuti
Hiroko bukanlah manusia sempurna. Ia hanya gadis biasa dari keluarga yang kekurangan yang karena itu memiliki keinginan untuk mendapatkan hidup yang lebih baik. Dalam mewujudkan cita-citanya, ia bahkan rela melakukan hal yang tergolong salah. Apakah saya jadi membenci karakter ini karena itu? Tidak.

Namaku Hiroko memceritakan perjalanan hidup Hiroko sejak remaja hingga masa dewasanya saat ia telah menjadi ibu. Kita diperlihatkan perjuangannya dalam hidup, petualangannya--termasuk dalam mengenal s
...more
Mega Purnama
bahagia versi Hiroko beda sama org kebanyakan, bahagianya nggak lazim. Apa yg Hiroko jalanin "sebagai wanita simpanan" justru membuatnya bahagia, toh Hiroko memang nggak pernah merasa risih ataupun menyesal akan cap itu. (agak kesel juga sih saya liatnya..huhu)
Ditadelia
Gaya penceritaannya sebenarnya baik, penggambaran latar Jepang juga cukup detail, mungkin karena Nh Dini sendiri pernah tinggal di sana. Selain itu, karakter antagonis yg dijadikan tokoh utama novel ini, Hiroko, merupakan poin plus menurut aku, karena tidak mudah menjadikan tokoh yg radikal (melawan pandangan norma2 yang berlaku di masyarakat) sebagai tokoh utama sebuah cerita, di mana dunia digambarkan dari sudut pandangnya. Namun poin negatif yang membuat aku memutuskan hanya memeberi dua bint ...more
Irna Gayatri D. Ardiansyah
Ini bukan novel pertama Nh. Dini yang saya baca. Akan tetapi, novel ini telah meninggalkan kesan yang mendalam. Selain karena ini novel pertama yang saya analisis di bangku kuliah di Prodi Indonesia, novel ini memberikan gambaran yang menarik tentang perempuan Jepang. Hiroko, gadis desa yang datang ke kota untuk menjadi pembantu, pada akhirnya justru dapat meraih kepuasan hidupnya dengan menjadi penari telanjang dan istri simpanan suami temannya. Seperti novel Nh. Dini lainnya, Namaku Hiroko jug ...more
Evvi Giovani
Check my review about this book in my blog:
http://kisah-anak-kost-kikos.blogspot... (in Bahasa)
Ula
Hmm ini cerita tentang seorang gadis jepang yang memiliki cita-cita tinggi (ambisius) meskipun dia tidak mempunyai tingkat pendidikan yang tinggi. Hidupnya di mulai dengan menjadi seorang pembantu rumah tangga di sebuah keluarga kelas menengah di Jepang. Dan sejak itulah dia tahu bagaimana mendapatkan apa yang dia mau. Nothing can stop her. Saya sangat menyukai penokohan Hiroko, karena dia adalah seorang wanita yang tegar dan tahu apa yang dia inginkan. Tidak peduli betapa kerasnya hidup dan jal ...more
Aisa
Namaku Hiroko. O.K. I have to admit. I read it because it was my highschool reading project. :) Hehehe. At that time I had to write a synopsis for this story and it took me quite multiple reads before I could write a good synopsis. (O.K, maybe not GOOD, but it's alright). Mmmm. How to say this.. I read this in highschool. Later on, I read "Eleven Minutes" by Paulo Coelho... I have the feeling that the characters are similar. They are both passionate characters, started innocently than ... well, ...more
Dini
Inget banget nih, kapan pertama kali gw baca buku ini. Hanya karena pengarangnya sama dengan namaku. Nah.. pas tugas dari sekolah membaca salah satu novel Indonesia, jadinya gw pilih novel ini. Ceritanya sendiri gw udah lupa-lupa inget sama novel ini. Rada aneh sih bacanya waktu dulu, krn ada bumbu-bumbu percintaan yg tidak biasa dibaca anak smp lugu seperti gw saat itu hahahaha.... Yang jelas buku ini memori masa lalu yg masih teringat dlm hidup gw.
Manikmaya
Hiroko adalah tokoh yang mencerminkan sisi gelap seorang wanita desa yang sebetulnya hendak berjuang untuk sebuah kehidupan yang lebih baik. Tapi seperti layaknya seorang wanita cantik yang polos, banyak lelaki brengsek datang dan pergi hanya demi tubuhnya. Jujur saja, meski Hiroko bukanlah tipe tokoh baik-baik, tapi apa yang dialami Hiroko adalah realita sebagian wanita di dunia ini, yang terjebak dalam dunia prostitusi.
Adriany
Coba bayangin... Anak SMA bacaannya karya NH Dini..???
Itulah gue!!!
Novel ini adalah tugas pelajaran Sastra Indonesia sewaktu gue SMA dulu (nasib jadi anak kelas 3 Bahasa).
Baca buku ini memang wajib di sekolah waktu itu, tapi sekali baca novel ini, gue langsung jatuh cinta sama karyanya NH Dini.
Bahasanya itu sastra modern jadi nggak ngejelimet buku-buku sastra lainnya.

Recommended banget!!! ^O^
Cita
waaah, ini novel jaman baheula yang saya sama temen saya temuin di perpustakaan sekolah. bukunya udah lapuk. warna kertasnya udah kuning.
saya jujur udah lupa ceritanya. tapi entah kenapa saya bangga sama diri saya sendiri karena udah baca buku ini. buku sastra karya N.H Dini yang cuplikan bab-nya ada di buku paket Bahasa Indonesia kelas 12.
Shara Zayn
Sosok Gadis Desa dari Jepang yang mencoba peruntungan di kota besar.
Mendapatkan banyak pengalaman baru yg menyenangkan maupun menyedihkan.
Dari sosok gadis polos menjadi wanita seutuhnya yang mengetahui kebutuhan lahir bathin

Bukunya bagus, tapi kalau untuk Indonesia,
jangan ditiru pekerjaan yang di geluti tokoh utama :)
Bania Cahya
sempat bingung mau ngasih bintang tiga atau dua. antara "biasa2 aja" dengan "bagus,kok"
paparan tentang kehidupan di Jepang pada masa lampau sebenarnya oke. gimana 'tunduk'nya anak perempuan sama orang tua, pergaulan di kota, bisa nambah pengetahuan. cuma, agak ngebosenin juga dengan tampilan halaman-halamannya..
A. Moses Levitt
Nh.Dini kelihatannya senang membawa kisah dan setingnya ke luar negri...pasti dengan alasan tertentu. Tidak terlepas dari itu, Dini memberikan "repetisi" pada nama Hiroko yg menjadi PSK...yang tentu saja lebih berotak dr pd PSK yg pernah gw liat dan gw ajak bicara...
Rika
rating empat untuk kesan yang kudapat sewaktu aku membacanya, yaitu sekitaran usia sltp. Meski kalau bacanya sekarang..ngga tau juga. Tapi NH dini dulu selalu berhasil menyeret imajinasiku memasuki dunia yang dia tuturkan, atau lebih tepatnya mungkin, dia ciptakan
Ni3w
Nov 12, 2007 Ni3w rated it 4 of 5 stars
Shelves: roman
buku tentang perjalanan hidup hiroko.. mulai pergi dari desanya, menjadi pembantu sampai akhirnya menjadi seseorang.... mengharukan..perjuangan hidupnya bisa dicontoh walaupun tidak semua hal bisa jadi halal buat menopang hidup..
kurasa banyak juga cerita nyatanya...
Chaniago
Dec 26, 2009 Chaniago rated it 4 of 5 stars
Recommends it for: Orang-orang yang ingin nikah dengan pria Jepang
Namaku Hiroko memberikan gambaran kepada saya tentang makna perempuan di mata pria Jepang padai tahun 80-an. Hiroko, gadis polos yang kemudian menjadi nyonya di rumahnya ini menggugah saya bagaimana perempuan di Jepang ditempatkan dan diperlakukan.
Pipa
buku nh dini yg pertama kali gw baca
masih inget banget, buku yg gw baca dipinjem dr perpust japan foundation
kisah hiroko yg berjuang dalam hidupnya
bukan jalan yg lurus, yg orang anggap baik yg dia pilih
menarik untuk dibaca, tapi ini untuk dewasa
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 36 37 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Rara Mendut: Sebuah Trilogi
  • Sitti Nurbaya: Kasih Tak Sampai
  • Perburuan
  • Jalan Tak Ada Ujung
  • Layar Terkembang
  • Saksi Mata
  • Ronggeng Dukuh Paruk (Dukuh Paruk, buku 1 - 3)
  • Salah Asuhan
  • Seribu Kunang-Kunang di Manhattan
  • Atheis
  • Olenka
  • Pengakuan Pariyem: Dunia Batin Seorang Wanita Jawa
  • Robohnya Surau Kami
  • Badai Pasti Berlalu
  • Anak Bajang Menggiring Angin
824284
Nh. Dini (Nurhayati Sri Hardini Siti Nukatin) started writing since 1951. In 1953, her short stories can be found in most of national magazines like Kisah, Mimbar Indonesia, and Siasat. She also writes poems, radio play, and novel.

Bibliography:
* Padang Ilalang di Belakang Rumah
* Dari Parangakik ke Kampuchea
* Sebuah Lorong di Kotaku
* Jepun Negerinya Hiroko
* Langit dan Bumi Sahabat Kami
* Namaku
...more
More about Nh. Dini...
Pada Sebuah Kapal Padang Ilalang di Belakang Rumah Langit dan Bumi Sahabat Kami Sebuah Lorong di Kotaku Sekayu

Share This Book

No trivia or quizzes yet. Add some now »