Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Amelia” as Want to Read:
Amelia
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Amelia (Anak-anak Mamak #01)

by
4.2  ·  Rating Details ·  1,040 Ratings  ·  131 Reviews
Amelia, si bungsu, anak yang paling kuat. Buku pertama sekaligus terbit terakhir dari Serial Anak-Anak Mamak.
Paperback, 390 pages
Published November 2013 by Penerbit Republika
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Community Reviews

(showing 1-30)
filter  |  sort: default (?)  |  Rating Details
Fizah
Nov 05, 2013 Fizah rated it really liked it
Akhirnya setelah menunggu sekian lama, Amelia terbit juga.. Segera setelah ada pemberitahuan pada Facebook Tere Liye, langsung pesan online. Dan mumpung kemarin hari libur, selesai pulalah Amelia..

Ada satu comment penting, yaitu cover bukunya.. Haduh, tidak menarik sama sekali. Jika tidak tahu Tere Liye itu siapa, dan belum baca karya2 Tere Liye mungkin tidak akan fizah lirik buku ini.. :D

Menurut fizah, dibandingkan dengan serial kakak2nya Amelia inilah yang paling menarik, dia yang paling penur
...more
Aina Dayana Hilmi
Jan 13, 2016 Aina Dayana Hilmi rated it it was amazing
Bismillahirrahmanirrahim.

Berjaya di dunia perlukan ilmu.
Berjaya di akhirat turut perlukan ilmu.

Amelia, si anak bongsu yang mempunyai semangat tinggi dan sabar merencana pelan untuk mencapai kejayaan.
Didik Ismawanto
Dec 08, 2013 Didik Ismawanto rated it it was amazing
Shelves: fiction
Ini adalah novel pertama dari serial anak-anak mamak yang kubaca. Dulu, aku mengira serial ini bercerita tentang dunia anak-anak. Ternyata memang benar. Hanya saja mereka anak-anak yang spesial.

Jika dilihat dari sisi jalan cerita, boleh dibilang novel ini --dan mungkin beberapa novel lainnya-- sebenarnya memiliki cerita yang sederhana. Tapi entah kenapa, aku selalu menyukainya. Dan dari cerita yang sederhana itu, Tere Liye selalu mampu menyelipkan hal-hal baik yang sudah sepantasnya kita resapi
...more
Rina Rakhmawati
Dec 15, 2013 Rina Rakhmawati rated it it was amazing
Lagi-lagi, bang Tere sukses menampar, menohok dan meremas-remas ruhiyahku yang akhir-akhir ini memang sedang kacau-kacaunya. Jadi boleh dibilang, cerita tentang si bungsu dari empat bersaudara ini, gue banget!

Bagaimana si bungsu Amel harus bersikap dewasa memahami kasih sayang si sulung Eli, meski secara kasat mata, selalu saja menyuruh-suruh, cerewetnya sudah mirip mamak saja

bagaimana Amel bersikap bijak dan sabar hingga akhirnya, dengan ijin Tuhan, berhasil menguliti tabiat buruk Chuck Norris,
...more
Gita Asapuri
Dec 24, 2013 Gita Asapuri rated it really liked it
Ini buku kedua dari Tere Liye yang akhirnya tamat aku baca setelah Sunset Bersama Rosie. Awal mula ngeliat cover buku ini sih kurang menarik, bahkan ibu saya bilang itu buku apa, buku cerita? hehe, tapi kenapa saya tertarik karena saya baca sinopsis di belakang buku sungguh menggugah hati saya.

Dan begitu baca bukunya, ga nyesel, cerita Amelia ini mengingatkan saya pada cerita saya sendiri dimana selalu dapat barang lungsuran dari kakak saya sehingga ketika sd sampe sma saya tidak pernah merasak
...more
Cik Aini
Feb 26, 2014 Cik Aini rated it really liked it
Oh berbaloinya penantianku selama beberapa tahun. Hanya untuk buku terakhir dari serial anak-anak mamak ini. Dari bersifat keanak-anakan dipenuhi lelucon dari Burlian, Tere Liye berjaya menasimilasikan dari dunia kanak-kanak yang hanya bermain kepada anak-anak yang cerdas berfikir.

Benar, saya tidak pernah mengalami kehidupan anak yang susah seperti anak-anak mamak, namun tulisan ini membuatkan saya rasa teharu bercampur aduk seolah-olah berada di dunia mereka. Cerita yang dapat membawa saya mer
...more
Ratih Ramadhanti
Jan 13, 2017 Ratih Ramadhanti rated it it was amazing
Menurut saya, penggambaran latar, tokoh, dan diksinya pas untuk mewakili cerita anak-anak. Selain itu, cerita dan nilai kehidupannya juga cocok untuk dinikmati orang dewasa. Banyak hal yang akan kita pelajari dari buku ini. Hal-hal sepele pada saat kita mengalami fase kanak-kanak, namun berpengaruh pada kehidupan kita kelak. Satu hal yang terpenting, saya membayangkan latar tempat dan kehidupan dalam cerita ini tidak jauh berbeda dengan tempat saya PKL. Saya pikir cerita ini merepresentasikan te ...more
Ryan
Nov 08, 2013 Ryan rated it really liked it
Shelves: koleksi-pribadi
buku-buku Tere Liye ini selalu bagus, dan Serial Anak-Anak Mamak ini adalah favorit saya. Penuh pelajaran.
Denisa Saraswati
Jan 26, 2017 Denisa Saraswati rated it really liked it
Mengajarkan bahwa tiada hasil yang mengkhianati usaha, dan kerja keras dalam hidup amatlah penting.
Diya
Oct 16, 2014 Diya rated it it was amazing
Buku ini mengisahkan cerita keseharian seorang anak perempuan bernama Amel atau Amelia. Ia tinggal di sebuah kampung di Sumatra Selatan. Amel adalah anak bungsu dari empat bersaudara. Yang pertama Eliana atau biasa dikenal sebagai Eli si Pemberani. Yang kedua Pukat yang disebut Pukat si Jenius. Yang ketiga adalah anak paling jahil sedunia, Burlian. Yang terakhir Amel sendiri, si bungsu yang paling disayang.
Tetapi, Amel tidak senang menjadi anak bungsu, yang berarti ia harus mengkuti tradisi ‘me
...more
Vanda Kemala
Sep 25, 2014 Vanda Kemala rated it really liked it
Pasca baca Eliana yang lebih banyak seriusnya, baca Amelia ini menyenangkan sekaliiii!!!

Anak bungsu yang dibanggakan, sekaligus disebut paling kuat di keluarga. Yes, she is! Kuat banget perjuangin mimpi buat kemajuan desanya, kuat ngadepin Norris yang (sempat) menyebalkan, kuat ngadepin omelan-omelan Kak Eli, juga sindiran Kak Pukat dan Burlian perkara "anak bungsu itu anak penunggu rumah"... kuat semuanya!

Gaya cerita yang gambarin Amelia sebagai anak bungsu, nyaris tanpa cela. Kadang mikir juga
...more
Dhani
Nov 17, 2013 Dhani rated it it was amazing
Ada buku- buku tertentu yang saya baca lebih dari satu kali, sementara ada juga buku yang hanya saya baca beberapa halaman. Buku ini termasuk bagian pertama. Kisah tentang Amelia, si bungsu di keluarga Syahdan ini memang luar biasa.Dan Tere-Liye berhasil menyajikannya dengan baik. Cara berceritanya mengalir lancar, tidak membosankan.Mengulik tentang kearifan dan hal- hal baik yang dilihat dari kaca mata seorang bocah, yang cara berpikirnya jauh melampaui umurnya.Penulis juga menyelipkan banyak p ...more
Merpati98
Feb 05, 2014 Merpati98 rated it liked it
Oke, pertama-tama... saya mau ngelampiasin emosi yang mengganjal sejak pertama melihat bentuk buku ke-satu dan terakhir serial ini, "Siapa yang punya ide genius ngeganti style desain covernya jadi ekren kayak gini, haaaaah!!?" *ROAAARRR!!*

oh goat.. berasa liat ilustrasi di buku pelajaran Bahasa Indonesia dulu. Buat satu cerita. Buat satu contoh potongan adegan. Tapi buat cover...? My eyes... you poor things... (/A\)

Ditambah dengan premis, "Halo semua, kenalkan, namaku Amelia." yang bikin saya ge
...more
M_agunngh
Feb 17, 2017 M_agunngh rated it it was amazing
Tapi, emang dasarnya semua buku Tere liye tentang anak, selain enak dibaca...hampir semua cerita – cerita yang ada dalam buku “Amelia” ini mampu saya imajinasikan dan gambarkan dengan baik, karena juga ngalamin.

Secara menyeluruh emang bacaan bagus untuk anak-anak hingga remajayg gini nih...
Muhammad Syamsul Muin
Jan 20, 2017 Muhammad Syamsul Muin rated it really liked it
Terima kasih untuk Amelia yang mengajarkan untuk teguh hati, selalu berusaha dan menjadi pionir perubaha. :"))
Wit Witha
Dec 03, 2015 Wit Witha rated it it was amazing
“Kau tidak terlalu kecil untuk melihatnya, Amel.  Kau lebih cepat mengerti dibanding kakak-kakakmu soal memahami kebaikan. Tetapi jelas kau terlalu keras kepala untuk menerimanya. Kak Eli menyayangi kau. Tidak ada orang yang begitu cerewet, sering mengingatkan kalau dia tidak sayang. Justru ketika orang lain memutuskan mendiamkan, maka saat itulah dia sudah tidak peduli lagi, tidak sayang lagi.” 
Penggalan paragraf di atas merupakan nasihat bapak kepada Amel dalam novel ini. Salah satu novel kary
...more
Hairi
Nov 15, 2013 Hairi rated it liked it
Serial terakhir anak-anak Mamak. Amelia si bungsu.

Sebagai sesama anak bungsu saya merasa punya kedekatan dengan Amelia. Apa yang Amelia rasakan itu juga lah yang saya rasakan. Hey, kalian anak sulung dan anak tengah, siapa bilang jadi anak bungsu itu enak? Hahahaha... Baca dunk curahan hati anak bungsu di Amelia.

Tentang anak bungsu yang selalu dapat barang lungsuran dari si kakak itu saya bangeeet nget nget. Walaupun sebenarnya saya lebih baik dari Amelia, karena kedua kakak saya laki-laki, jad
...more
R. Maryana
Mar 30, 2014 R. Maryana rated it really liked it
Amelia tinggal di desa yang subur tanahnya. Ladang kopi di mana-mana. Kebanyakan bertani, sisanya mencari ikan dan membuat kerajinan. Ia dan yang lain tinggal dengan keserhanaan. Tidak menggunakan listrik dan segalanya masih menggunakan apa yang ada. Seperti setrika arang misalnya.

Tapi Amel dan yang lain tidak pernah berhenti berjuang untuk mewujudkan desa yang maju. Berusaha membuat agar keadaan mereka berubah. Tidak lagi terkurung dalam keterbatasan.

Amel mempelajari banyak hal diusianya yang m
...more
Ira Nadhirah
Dec 17, 2013 Ira Nadhirah rated it it was amazing
So inilah pengakhiran Serial Anak-Anak Mamak. Akan merindui mereka. Dalam Amelia, aku imagine dak Liya #rhyme. Sebab anak bongsu. Dan sebab memang dia penunggu rumah 18 tahun. Bahagian paling terkesan adalah bahagian bila Kak Eli dihantar ke kota kabupaten untuk melanjutkan pelajaran. Mamak tak menangis masa hantar dia. Pada hakikatnya, menangis hanya dengan Bapak. Sebab taknak anak-anak susah hati nak pergi belajar. I wad once left at boarding school at the age of thirteen. It was hard to leave ...more
Denilasari
Sep 30, 2016 Denilasari rated it really liked it
Berkali-kali di buku ini disebutkan, "kau anak kuat Amelia"
Ya, Amelia, si bungsu adalah anak yang kuat, dia mempunyai keteguhan hati.

Amelia adalah serial anak-anak mamak pertama yang aku baca. Aku gatau urutan yang bener yang mana, tapi liat di goodreads kira2 Amelia lah yang jadi buku pertama. Setelah baca bukunya, aku gak yakin Amelia bener2 buku pertama, tapi untungnya gak mengganggu sama sekali atau membocorkan cerita di serial anak2 mamak lainnya.

Sudah lama aku pingin baca serial ini, akhir
...more
Suvi Tan Antara
Jun 04, 2014 Suvi Tan Antara rated it really liked it
Suka sekali dengan buku ini, meskipun saya masih lebih menikmati membaca Burlian. Tere Liye selalu punya cara untuk mengingatkan kita berbuat baik, melalui karakter-karakter di dalam buku ini.

Amelia, anak yang kuat
Burlian, anak yang spesial
Pukat, anak yang pintar
Eliana, anak yang berani

Semuanya memiliki keunikan masing-masing, julukannya terus diulang-ulang, mengingatkan saya bahwa hal itu merupakan doa. Kedua orang tua mereka pun begitu hebat, membesarkan keempat anaknya dengan adil, berbeda pe
...more
Afri Andeska
Dec 13, 2015 Afri Andeska rated it really liked it
"Karena kau harus tahu, air mata dari seseorang yang tulus hatinya, justru adalah bukti betapa kuat dan kokoh hidupnya. Tidak ada yang keliru dengan tangisan kau, Amel."
.
.
Tidak beda jauh dengan novel sebelumnya, novel ini sarat makna dengan kehidupan anak2nya. Bagaimana kasih sayang seorang ibu? bagaimana menghargai pertemanan? bagaimana menghargai lingkungan dan masyarakat sekitar?
.
Amelia, sosok anak bungsu yang harus menghadapi dilema sebagai "penunggu rumah". Menjadi "korban" kejahilan kakak
...more
Bayu Sadewo
Nov 21, 2013 Bayu Sadewo rated it liked it
Akhirnya update goodreads juga setelah vacum karena suatu kesibukan baru *hah yakin lo?*

Well, akhirnya novel ini keluar juga setelah penantian saya bertahun-tahun di-PHP-in pernerbitnya. Bahkan sampai nge-email Bang Tere, dan neror abang-abang Republikanya. Ossshhh~ bayangkan saja man! Bertahun-tahun man di-PHP-in dari jadwal yang dijanjikan. Okay, sekarang semua berakhir, akhirnya ini novel berhasil terbaca sehari dengan tuntas.

Mulanya saya pikir buku ini akan menyajikan sesuatu yang luar biasa
...more
Aas Nuraisiyah
Nov 06, 2015 Aas Nuraisiyah rated it really liked it
Ah, Mamak kau itu pastilah paham sekali. Cinta itu tidak harus memiliki, tidak harus mengekang. Karena dengan begitu kita justru membuat arti cinta itu jadi dangkal. Semua orangtua selalu bersedia melepas anak-anaknya pergi, meski itu membuatnya sedih, kehilangan." -Wak Yati; hlm 268.

Dari bagian seperempat buku ini udh sukses bikin gue nangis tertahan.
Kemudian berlanjut dibagian pertengahan sampai halaman terakhir buku ini bikin air mata gue keluar dengan sendirinya.

Buku ini sederhana. Kisahnya
...more
Hidayah
Dec 13, 2013 Hidayah rated it liked it
Bungsuuu... Ragiiil....buku ini memanggil, apakah kau anak bungsu?? iya aku anak bungsu, well ia yang identik dengan si penunggu rumah, yang selalu menjadi terakhir dalam segala urusan, yang selalu disuruh ini itu, diteriaki kakak-kakakmu, buku ini seakan menguatkan pemahaman yang sudah ada bahwa Sederhana saja. Kau rubah-rubah sedikit saja hati kau. Sedikit saja, dari rasa dipaksa menjadi sukarela, dari rasa terhina menjadi dibutuhkan, dari rasa disuruh-suruh menjadi penerimaan. Maka bungsu ada ...more
Sri
May 25, 2014 Sri rated it it was amazing
Serial Mamak adalah favorit saya dari semua novel Tere Liye yang pernah ada.
Amelia, si bontot ini, menjadi penutup serial yang apik. Kehadirannya yang ditunggu-tunggu sejak 2013, ternyata baru muncul di tahun 2014. Mungkin Tere Liye membutuhkan tenaga lebih untuk merampungkan karyanya yang satu ini.

Amelia berhasil mematahkan anggapan bahwa "Si Bungsu itu tak boleh pergi jauh dari rumah, hanya boleh dekat-dekat orang tua saja. menjaganya." Nyatanya, si Amel tetap pergi jauh dari rumahnya, untuk m
...more
Dyan Eka
Aug 08, 2014 Dyan Eka rated it it was amazing
Shelves: novel-indonesia
Setelah baca amelia, aku jadi tahu bagaimana pemikiran seorang adek kalau disuruh-suruh kakaknya, hahahaha.
Aku baca novel serial anak-anak mamak itu sedikit malu, eh, mungkin juga banyak. Salah satunya, amelia kelas 3 aja udah ikut bantu masak, bantu-bantu mamak walau cuma sedikit. Cara berpikirnya tidak seperti anak kelas 3, ya walopun kadang muncul juga sifat anak-anaknya.


Cerita yang paling membuat haru saat amelia tahu gimana perasaan seorang ibu saat anak-anaknya merantau, walopun dekat. Ak
...more
Asti
Feb 08, 2015 Asti rated it it was amazing
Buku ini memang pantas menjadi penutup serial anak mamak.
Amelia, yang di buku-buku lain tampak sebagai anak bawang yang kurang berarti, memang memiliki kekuatan yang luar biasa.
Tapi tentu saja buku ini bukan melulu mengenai Amelia dan kehebatannya.
Tema buku ini adalah perubahan. Dan seyogyanya, memang anak-anak lah yang akan membawa perubahan di dunia. Anak-anaklah yang lebih cepat menerima dan beradaptasi. Anak-anak lah yang lebih terbuka pikirannya dan lapang hatinya. Terutama anak-anak yang m
...more
Heryanti Julia Anggraeni
"Dalam kitab suci, jelas perintah soal ilmu ini. Ketika seseorang tidak mengetahui sebuah urusan, tidak paham, tidak mengerti, maka bergegaslah bertanya kepada orang yang tahu ilmunya. Jangan malas, jangan keras-kepala, jangan bebal, apalagi hingga sok tahu mengerjakan sesuai pemahaman diri sendiri. Itu bisa menjadi kekeliruan besar. Apa susahnya bertanya? Bukankah jika kita tidak tahu jalan, bertanya pada yang tahu mencegah kita tersesat. Jika kita tidak mengerti menghadapi binatang buas, berta ...more
Asri
Dec 12, 2013 Asri rated it really liked it
Shelves: novel-favorit
Buku pamungkas dari serial cerita anak-anak mamak ini aku beri 4 bintang, karena memang variasi ceritanya menarik dam diselipi kata2 bernas, salah satunya tentang "sabar" menurut tere liye juga bagian dari suatu usaha. Tokoh yang buat ku menarik adalah Pak Bin dan Paman Unus (keren nih paman). Amelia bercerita tentang posisi dia sebagai anak bungsu tuh ga enak sekali, tapi pada akhirnya dia bisa menerima posisi itu dari berbagai kejadian yang dikemas menarik, salah satunya tentang usaha menyakin ...more
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Rantau 1 Muara (Negeri 5 Menara, #3)
  • When Life Lights Up
  • Tomodachi (SCHOOL, #2)
  • Galaksi Kinanthi: Sekali Mencintai Sudah itu Mati?
  • Sabtu Bersama Bapak
  • Apa Pun selain Hujan
  • Sepatu Dahlan
  • Garis Batas: Perjalanan di Negeri-Negeri Asia Tengah
  • Montase
  • Ayah
  • Ibuk,
  • Pulang
  • Semusim, dan Semusim Lagi
  • Api Tauhid
  • 23 Episentrum
  • Gelombang
  • Open Your Heart, Follow Your Prophet
  • Winter Dreams
838768

"Jangan mau jadi kritikus buku, tapi TIDAK pernah menulis buku."

"1000 komentar yang kita buat di dunia maya, tidak akan membuat kita naik pangkat menjadi penulis buku. Mulailah menulis buku, jangan habiskan waktu jadi komentator, mulailah jadi pelaku."
More about Tere Liye...

Other Books in the Series

Anak-anak Mamak (4 books)
  • Burlian (Serial Anak-Anak Mamak, Buku 2)
  • Pukat (Serial Anak-anak Mamak, Buku 3)
  • Eliana (Serial Anak-Anak Mamak, Buku 4)

Share This Book



No trivia or quizzes yet. Add some now »

“Terkadang cinta tumbuh dengan cara yang amat ganjil dan di tempat yang keliru” 25 likes
“Karena kau harus tahu, air mata dari seseorang yang tulus hatinya, justru adalah bukti betapa kuat dan kokoh hidupnya” 21 likes
More quotes…