Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Indonesia X-Files” as Want to Read:
Indonesia X-Files
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Indonesia X-Files

3.71  ·  Rating Details  ·  185 Ratings  ·  29 Reviews
“Kamu gila. Ngelawan arus. Pulang tinggal nama entar." Begitu yang terlontar dari kolega dr. Abdul Mun’im Idries, ketika akhir 1993, dokter forensik ini berani menjadi saksi ahli kasus pembunuhan Marsinah. Kala itu, santer diyakini pejuang buruh ini dihabisi oknum militer—ketika militer paling ditakuti dengan penculikan senyapnya. Tapi berani-beraninya Mun’im mengusik tent ...more
Paperback, 359 pages
Published June 2013 by Nourabooks
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Indonesia X-Files, please sign up.

Be the first to ask a question about Indonesia X-Files

Community Reviews

(showing 1-30 of 598)
filter  |  sort: default (?)  |  Rating Details
htanzil
Jul 28, 2013 htanzil rated it liked it
Shelves: buntelan
Buku Indonesia X-Files karya pakar forensik Indonesia, dr Abdul Mu'nim Idries, Sp.F yang belum lama terbit ini ini tampaknya langsung menarik perhatian publik. Buku yang untuk pertama kalinya dicetak sebanyak 3000 eks laris manis diburu pembaca dan hanya dalam waktu 10 hari saja penerbit memutuskan untuk mencetak ulang sebanyak sebanyak 4000 eks.

Apa yang membuat buku ini banyak diincar orang?, judul yang menarik dan nama besar besar penulisnya, dr. Abdul Mun'im Idries yang dikenal sebagai dokter
...more
Jap Hengky
Oct 03, 2015 Jap Hengky rated it liked it
Jelas pentingnya peranan atau eksistensinya ilmu kedokteran forensik, baik di dalam proses penegakan hukum dan keadilan, upaya mengungkap misteri kejahatan, maupun pemeriksaan atas kasus - kasus yang diduga kuat merupakan pelanggaran HAM. Penulis menggambarkan rangkaian peristiwa dimana beliau terlibat sebagai dokter forensik. Sayang pada awal awal bab, penulisan nya masih kurang. EYD nya serasa tidak pas. Lalu, cerita yang digambarkan tidak terlalu detil memang isu isu yang dituliskan adalah ce ...more
Haris Wicaksono
Apr 08, 2014 Haris Wicaksono rated it liked it
Sebuah rekam jejak dari seorang ahli forensik kebanggaan Indonesia, almarhum dr. Abdul Mun'im Idries. Kata 'mayat' dan 'otopsi' terdapat hampir di tiap halaman. Hanya satu yg membuat buku ini PHP, pada kematian bung Karno dan Munir saya menyangka beliau terlibat langsung dalam aktivitas otopsi jenazah mereka sesuai dengan endorse yg ada pada sub judul. Harapannya akan ada informasi yg objektif atau bahkan informasi anti-mainstream dibalik kematian mereka. Ternyata beliau tidak terlibat. Tetapi h ...more
Anggi Hafiz Al Hakam
Nov 01, 2015 Anggi Hafiz Al Hakam rated it really liked it
Kebenaran, sedalam apapun disembunyikan ia akan menampakkan dirinya. Kesan itulah yang saya dapat dari pembacaa buku ahli forensik yang sangat berpengalaman mengolah berbagai kasus besar di Indonesia. Saya kagum, bahwa dengan kesibukannya beliau masih mampu menuliskan pengalamannya menangani kasus-kasus besar. Sebut saja Tragedi Trisakti dan Tragedi Semanggi. Lalu, mengenai kasus kematian aktivis HAM, Munir. Usaha beliau dalam menyibak fakta-fakta tersembunyi patut diacungi jempol dan diapresias ...more
Edy
Dec 27, 2013 Edy rated it liked it
Buku ini menguraikan tentang peranan kedokteran forensic dalam menyingkap fakta yang sifatnya scientific based untuk penegakan keadilan (baik dalam tahap penyidikan, penuntuttan dan pemeriksaan di pengadilan). Buku ini ditulis oleh dr. Abdul Mun’im idries yang merupakan pakar forensic yang sangat disegani di tanah air dan punya kredibilitas tinggi. Beliau mempunyai banyak pengalaman dalam melakukan berbagai otopsi dan menjadi saksi ahli dalam kasus Marsinah (aktivis buruh di Mojokerto), kasus Mu ...more
Kholee G.
Apr 11, 2014 Kholee G. rated it liked it
Shelves: sains, non-fiksi, misteri
Inilah sebuah buku yang memberikan kita peringatan tentang betapa pentingnya menulis itu...

Saya mengenal dr. Abdul Mun'im Idries,Sp.F (Alm) hanya lewat televisi semata; sebagai dokter forensik nyentrik yang paling sering masuk tivi. Mungkin pengetahuan saya yang terbatas itulah yang menyebabkan buku ini tidak langsung saya beli saat ia teronggok pertama kali di toko buku, walaupun saya menandai buku ini sebagai bacaan selanjutnya. Ceritanya menjadi lain saat bulan September 2013, ketika pak dokt
...more
Muhammad Abdul Aziz
Nov 23, 2013 Muhammad Abdul Aziz rated it liked it
Buku ini menceritakan berbagai kasus yang pernah ditangani oleh Abdul Mun'im Idries serta kasus-kasus lain yang dikomentari oleh beliau, tentu dengan sudut pandangnya sebagai dokter forensik yang nyentrik dan ceplas-ceplos. Beliau seperti ingin memperkenalkan dunia kedokteran forensik kepada masyarakat awam lewat kasus-kasus terkenal yang banyak diketahui. Sayangnya banyak istilah-istilah kedokteran yang tidak dijelaskan artinya sehingga sulit dimengerti oleh awam seperti saya.
Menurut saya buku
...more
Primadonna
May 25, 2014 Primadonna rated it liked it
Shelves: indonesian, mystery
Mungkin aku berharap terlalu banyak dari buku ini. Atau mungkin judulnya terlalu berlebihan. Beberapa misteri tetap menjadi misteri. Pembaca hanya bisa menduga-duga, siapa "dalang" dari banyak kasus di Indonesia.

Sebenarnya ini membuatku agak ngeri juga. Jadi bertanya-tanya kan, selama ini berapa banyak yang disembunyikan dari publik?
Nur'aini Tri Wahyuni
May 10, 2015 Nur'aini Tri Wahyuni rated it it was ok
saya pikir isinya beneran mengupas tuntas kasuskasu yang masuk dalam jajaran "X Files" tapi ternyata endingnya gantung, yaa mungkin penulis juga ga mau tergesatega ambil kesimpulan siih yaa tentang penyelesaian kasuskasus tsb meskipun mungkin beliau sudah mendugaduga siapa pelaku sesungguhnya.

sayang, sih. buku pertama ini meskipun dikasih label best seller ga ((belum)) bikin saya jadi kepengen baca buku keduanya :)
Adwina Ralston Cumberbatch
sayang setiap kejadian kurang dirinci, dan lebih ke opini publik mengenai kasus2 tidak terselesaikan daripada opini pribadi si penulis.

then again, Indonesia emang punya sejarah hitam mengenai hal yang berkaitan dengan HAM. dont get me started on what happened back in 1998.
Truly
Oct 22, 2013 Truly rated it really liked it
http://trulyrudiono.blogspot.com/2013...

Saya merasa tidak aman

Bukan salah buku ini juga, tapi mau bagaimana. Selesai menuntaskan buku ini saya merasa banyak hal yang patut diwaspadai Banyak konspirasi dan hal misterius yang terjadi di sekitar kita. Jadi tidak tahu mana kawan dan lawan mana yang benar dan yang salah, semua serba kabur. Bahkan berita di televisi hari menyatakan ada pihak yang tidak percaya pada hasil otopsi manager cantik yang meninggal di Bandung. Mereka meminta dr. Abdul Mun’im
...more
Aria Anggana
Jun 29, 2014 Aria Anggana rated it really liked it
Shelves: milik-sendiri
Membaca buku ini, membuat saya makin kagum akan dunia forensik. kagum sama dr. Mun'im :3



well, baca buku ini berasa banget ngerinya hidup di zaman orba. bekal untuk sekarang, mau orba jilid 2? aku sieh ogah *bukan kampaye hitam*
Karya
Jun 02, 2014 Karya rated it really liked it
Shelves: favorites
Saya sebenarnya penikmat novel (romance, young-adult) ketimbang buku yg seperti ini. tapi entah kenapa membaca buku ini saya nggak merasa mengantuk dan bahkan menyelesaikannya dalam satu hari. mungkin pembahasan mengenai hal yg belum pernah saya ketahui membuat buku ini menjadi menarik. Tentang prosedur autopsi gitu loh, gimana saya bisa merem.

hanya saja penjelasan yg berbelit-belit dan fokus yg diulang-ulang membuat saya menjadi sedikit kebingungan sehingga perlu membacanya dua kali.

overall, pe
...more
Siti Lady
Aug 18, 2013 Siti Lady rated it liked it
Tertarik buat beli buku ini karena berisi tentang pengungkapan kasus kejahatan di Indonesia lewat dunia kedokteran forensik. Awalnya antusias banget tapi lama kelamaan jadi bosen. Padahal penulis sepertinya ingin menyampaikan tulisannya untuk orang awam yang kurang mengerti tentang hubungan antara dunia kedokteran forensik dengan pengungkapan suatu kasus kejahatan, tapi cara penulisannya menurut saya masih agak susah dimengerti. Kasus yang paling menarik perhatian saya iaitu tentang kematian Mun ...more
Ariestanabirah Ariestanabirah
Saya suka dengan penuturan dr.Mun;im Idries mengenai kasus-kasus yang menyeret dokter forensik ~
Yuli Pritania
Hmmm... there is no something special here. Nggak ada sesuatu yang mengejutkan, nggak ada detail-detail mengerikan. Padahal ngarep banget ama buku satu ini, pengen dapet pelajaran2 forensik gitu. Tapi sayangnya harus menelan kekecewaan. Semua yg dibahas di buku ini udah saya ketahui semua, jadi nggak ada pengetahuan baru yang saya dapatkan (akibat keseringan baca novel2 detektif dan thriller). Bahkan saat menuju bagian akhir, saya berakhir ketiduran (siapa suruh baca di tempat tidur?) Tapi saya ...more
Afif Muzakky
May 11, 2015 Afif Muzakky rated it it was amazing
this book is very awesome
Nurul Inayah
Oct 21, 2013 Nurul Inayah rated it really liked it
Layaknya membaca diktat kuliah hukum, kedokteran, atau kepolisian (mungkin). Ini adalah wawasan yg sangat penting terutama bagi wawasan kebangsaan. Banyak hal yang baru saya tahu dari buku ini. Informasi ilmiah tentang kedokteran juga sangat berarti.
Kekuranganya cuma kurang struktural saja. Mana bagian yang sekarang, mana yg kutipan dari media masih bercampur.
Buku ini saya baca justru setelah kematian penulisnya. Ibarat surat wasiat saja..
Fatih
Apr 28, 2015 Fatih rated it liked it
Ditulis dengan rinci sesuai pengalamannya sebagai dokter forensik yang menjalani berbagai pengalaman menarik seputar identifikasi jenazah. Dibahas juga mengenai hukum-hukum yang berlaku dalam proses pengadilan dan sangkut-pautnya dengan ilmu forensik. Berbagai kasus ia kemukakan baik yang masih menjadi misteri maupun yang sudah selesai. Mulai dari pembeberan kasus" pelanggaran HAM, narkotika, hingga kejahatan seksual.
Syifa Adiba
Suka banget sama buku ini. Sarat darah, kekejaman, dan drama. Khas pembunuhan. Nggak disaranin buat ibu hamil dan orang yang punya ketakutan berlebih pada darah. Bisa pingsan *lebei* kalo baca nih.

Yang jelas, buku ini mungkin bisa jadi referensi novelis suspense atau genre pembunuhan untuk membuat atau mereka adegan pembunuhan. Sangat menarik!
Tantri Setyorini
Apr 21, 2014 Tantri Setyorini rated it liked it
Shelves:
Sayang juga sih, ternyata isinya nggak seheboh yang aku bayangkan. Bisa dibilang cukilannya yang dimuat di Intisari itu aja udah mewakili 75 persen dari isi bukunya sendiri.

Tapi tetep, makasih buat my girls udah ngadoin buku yang udah lama aku pinginin ini :)
Irene J.
Dec 07, 2013 Irene J. rated it it was ok
Technically speaking, this is a good book. It represented the author very well. But somehow I couldn't get any proper closure in some parts. Quite dissapointing for me.
Liz
Feb 29, 2016 Liz rated it really liked it
Menurut saya buku ini menarik, banyak ilmu pengetahuan yang bisa saya ambil dari sini.
Feber Kurniawan
Aug 12, 2013 Feber Kurniawan rated it liked it
jadi tau ternyata orang meninggal masih bisa meninggalkan pesan
Annisa MoeL
Feb 01, 2014 Annisa MoeL rated it really liked it
Wokeh akhirnya selesai juga. Buku yang berat. Hehe..
Johan
Oct 23, 2013 Johan rated it did not like it
Tidak ada X Files nya. Cuma kumpulan tulisan lama.
Diana Fithriah
Oct 15, 2013 Diana Fithriah rated it really liked it
Ngeri banget pas baca bagian Marsinah dan Munir....
Indah Threez Lestari
519 - 2013
mega
mega marked it as to-read
May 27, 2016
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 19 20 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Menikah Untuk Bahagia: Formula Cinta Membangun Surga di Rumah
  • The Escaped: Misteri Kuburan Adolf Hitler di Surabaya
  • Bekisar Merah
  • Versus: Selalu Ada Harapan di Antara Perbedaan
  • Generasi 90an
  • Rahasia Meede: Misteri Harta Karun VOC
  • Senja dan Cinta yang Berdarah
  • Metropolis
  • Teka-Teki Terakhir
  • Korea (Culture Shock!)
  • The Naked Traveler Anthology
  • Seratus Buku Sastra Indonesia yang Patut Dibaca Sebelum Dikuburkan
  • Kamu: Cerita yang Tidak Perlu Dipercaya
  • Murjangkung: Cinta yang Dungu dan Hantu-hantu
  • Bokis: Kisah Gelap Dunia Seleb
  • Remedy
  • Perjalanan Sunyi Bisma Dewabrata (versi EbookNovel)
  • Poirot Investigates Vol. 1

Share This Book