Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Notasi” as Want to Read:
Notasi
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Notasi

by
3.96  ·  Rating Details ·  684 Ratings  ·  138 Reviews
Rasanya, sudah lama sekali sejak aku dan dia melihat pelangi di langit utara Pogung.
Namun, kembali ke kota ini, seperti menyeruakkan semua ingatan tentangnya; tentang janji yang terucap seiring jemari kami bertautan.

Segera setelah semuanya berakhir, aku pasti akan menghubungimu lagi.

Itulah yang dikatakannya sebelum dia pergi.
Dan aku mendekap erat-erat kata-kata itu, menant
...more
Paperback, 294 pages
Published May 2013 by GagasMedia
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Notasi, please sign up.

Be the first to ask a question about Notasi

Community Reviews

(showing 1-30)
filter  |  sort: default (?)  |  Rating Details
Hidya Nuralfi Mentari
Jul 10, 2013 Hidya Nuralfi Mentari rated it it was amazing
Pertama kali baca ulasannya digoodreads ataupun media review lainnya, aku tahu novel ini memiliki 'kasus' yang sama dengan FORGIVEN. Kalau FORGIVEN lebih ke sci-fi, NOTASI like a...historical fiction--genre fiksi cerdas yang akhir-akhir ini menarik perhatianku dibandingkan dengan kisah romance yang 'biasa-biasa aja'.

But, fortunately, yet. Kenapa endingnya juga harus kayak gini:''') ini seolah menguak luka lamaku atas Will. Hingga akhirnya berpikir, bahkan sampai Nino pun nggak kesampean:') this
...more
Nay
May 21, 2016 Nay rated it it was amazing
Shelves: favorites
Novel yang indah. Ya ampun, sepertinya aku akan susah melupakan cerita dari novel ini. Tentang kisah cinta mahasiswa teknik elektro dan mahasiswi kedokteran gigi UGM. Tentang permusuhan dua kubu BEM fakultas. Tentang perjuangan sekelompok mahasiswa menggulingkan orde baru. Tentang mahasiswa-mahasiswa yang menghilang pasca tragedi Mei 98.

Ada beberapa bagian dalam novel ini yang membuat sesak. Jadi tolong jangan tanyakan padaku tentang endingnya. Aku menyukai ending seperti ini dan membencinya sek
...more
auliafina
Rasanya, sudah lama sekali sejak aku dan dia melihat pelangi di langit utara Pogung.

Ini cerita cinta yang terjadi sebelum dan saat peristiwa Mei '98.

Namun, kembali ke kota ini, seperti menyeruakkan semua ingatan tentangnya; tentang janji yang terucap seiring jemari kami bertautan.

Tentang Nalia, mahasiswi Kedokteran Gigi UGM, yang menjadi ketua panitia untuk sebuah acara BEM Fakultasnya, dan akan meminta bantuan publikasi dari sebuah radio mahasiswa Teknik Elektro.

Di sana, dia bertemu Nino, mahas
...more
Fakhrisina Amalia
May 22, 2013 Fakhrisina Amalia rated it it was amazing
Ketika menulis, aku selalu membayangkan buku-buku hebat yang aku suka, bermimpi untuk menjadikan tulisanku sebagai salah satu dari buku-buku hebat itu. Dan, tentu saja, aku bermimpi untuk bisa menjadi salah satu dari penulis yang bukan sekedar menulis, tapi memberikan sesuatu yang kadang -aku juga tidak tahu apa itu pada pembacanya.

Aku sudah pernah cerita di review terdahulu mengenai Forgiven, bahwa novel itu berhasil menumbuhkan lagi semangat bacaku yang terpangkas selama bertahun-tahun di masa
...more
miaaa
Dec 29, 2015 miaaa rated it really liked it
Best part of being a reader, you'd notice how certain author, especially when you read them since their first works, keep growing in writing department as much as your reading experince.

I'm no fan of physics or something like that, but Morra's stories and me, we're on the same wavelength!

***

Cerita di karya ketiga ini menarik, apalagi buat yang tidak merasakan sendiri bagaimana sejarah reformasi 98 terjadi. Yang kuingat di saat kerusuhan mulai menyebar di beberapa kota, saat itu aku baru lulus S
...more
Puput
Jul 05, 2013 Puput rated it really liked it
Shelves: 4-stars, indonesia
Satu efek dari baca novel ini: MERINDING.

Sebagai mahasiswi, walaupun ga pernah terlibat dalam acara-acara orasi atau demonstrasi, baca cerita kaya gini tuh emm apa ya namanya, kerasa banget semangat mahasiswanya. Kehidupan kampus teknik dan kedokteran yg beda banget itu juga bener banget, setiap aku ke fakultas teknik geologi di kampus, berasa banget out of place. Hahaha. Tokoh Nino juga bikin jatuh cinta banget Anak teknik, ganteng, kalem, pinter, siapa sih yg nolak?hehehehe.

Awalnya kurang su
...more
Alvi Syahrin
Jun 29, 2013 Alvi Syahrin rated it it was amazing
Shelves: favorit
Akhirnya, saya menemukan novel favorit pertama saya di tahun ini. Saya suka sekali novel ini dan saya tidak segan-segan menyematkan bintang lima. Pertama, karena ide ceritanya yang nggak biasa. Saya benci pelajaran sejarah, tapi suka banget konflik reformasi itu, seru banget membayangkan mereka demo. Kedua, karena gaya bahasanya yang 'cerdas' dan enak dinikmati. Ketiga, karena suasana kuliahnya kerasa banget, dan nyata. Saya jadi pengin ke kampus terus rasa-rasanya. Btw, saya juga anak Teknik ...more
Desty
Jun 08, 2013 Desty rated it really liked it
suatu hari aku akan kembali


Nalia, mahasiswi Kedokteran Gigi UGM tidak menyangka jika kedatangannya sore itu ke Fakultas Teknik akan mempertemukannya dengan Nino, salah satu mahasiswa Teknik Elektro. Sore itu dia datang untuk mengajukan penawaran iklan kegiatan BEM Fakultas Kedokteran Gigi untuk disiarkan lewat radio mahasiswa buatan anak-anak Elektro, Jawara FM. Sayangnya harga yang terlalu mahal membuat Nalia mengurungkan niatnya. Masih ada stasiun radio mahasiswa lainnya, di D3 Teknik Elektr
...more
Nisaul Lauziah
Jul 09, 2013 Nisaul Lauziah rated it it was amazing
Saya tidak tahu apa makna Notasi yang menjadi judul dari novel ini. Tapi lupakan saja hal itu, karena isi dari novel ini sungguh lebih bermakna. Saya memilikI ekspektasi yang tinggi untuk membaca novel ini saat melihat review2 yang bilang bahwa novel ini bagus. Hingga saya membelinya. Saya suka sekali pada covernya. Kotak kayu warna hijau berisi radio tua dan mainan replika kuda. Dan dua benda itu sungguh tak asing bagi cerita dalam novel ini. Di mana plot dibuat maju mundur dengan sangat rapi. ...more
Sinta Nisfuanna
Dec 21, 2015 Sinta Nisfuanna rated it really liked it
Notasi termasuk #timbunanbuku terbitan gagasmedia yang saya pertahankan, alasannya karena penulis menampilkan latar tragedi Mei 1998 dalam sebagian plotnya. Yea, novel se-roman apapun akan kupertahankan dalam timbunan, asalkan ada unsur sejarah di dalamnya.

Mungkin roman dalam Novel karya Morra Quatro ini tidak akan terlalu menarik bagi saya, jika tidak ada unsur sejarah dan latar belakang kampus teknik di dalamnya. Penuturan deskripsi kehidupan kampus tekniknya berhasil membuat saya kangen denga
...more
Tiara Orlanda
Jun 02, 2013 Tiara Orlanda rated it really liked it
Shelves: gagasmedia
i love this book !
Berangkat dari cover , suka parah sama warnanya, gambarnya, teduh. Cuma masih belum ngerti kenapa dkasih judul NOTASI.

Suka sama isi cerita buku ini. Karakternya, temanya, suka ! Buku ini ngebahas kerusuhan Mei, 15 tahun lalu. Jujur saja, belum pernah baca novel terbitan gagasmedia yang membahas topik ini. Baca buku ini bikin aku ikut menggebu-gebu terbawa semangat mahasiswa dan para demonstran lainnya. Ikut merasa takut, membayangkan suasana mereka waktu itu. Buku ini bikin aku
...more
Ifnur Hikmah
Jul 25, 2013 Ifnur Hikmah rated it liked it
Notasi merupakan buku pertama yang dibaca oleh Reight Book Club untuk dibaca bulan Juli. Apa itu Reight? Silakan lihat di sini.
Notasi:
Rasanya, sudah lama sekali sejak aku dan dia melihat pelangi di langit utara Pogung.
Namun, kembali ke kota ini, seperti menyeruakkan semua ingatan tentangnya; tentang janji yang terucap seiring jemari kami bertautan.
Segera setelah semuanya berakhir, aku pasti akan menghubungimu lagi.
Itulah yang dikatakannya sebelum dia pergi.
Dan aku mendekap erat-erat kata-kata i
...more
Sulis Peri Hutan
Aug 21, 2014 Sulis Peri Hutan rated it really liked it
Shelves: koleksiku
Agak sulit mau memulai darimana saya akan bercerita, buku ini adalah buku ketiga yang saya baca dua hari terakhir ini, dalam rangka maraton buku baru yang datang kemaren, saya sudah tidak sabar ingin membacanya. Buku terakhir setelah Restart dan Bangkok yang entah kenapa saya langsung ingin menuliskan reviewnya. Saya jarang langsung menulis review setelah membaca, yang seharusnya sangat tepat dilakukan karena masih teringat jelas isi yang habis kita baca, biasanya saya akan langsung memulai ...more
Danis Syamra
May 28, 2013 Danis Syamra rated it really liked it
Shelves: my-own-reading
Karya terbaru dari Morra Quatro. Novel yang mengambil tema reformasi dari sudut pandang mahasiswa diluar Jakarta (Jogjakarta). Secara umum novel ini hampir satu 'jenis' dengan karya Morra Quatro yang pertama, yaitu Forgiven. Alur penceritaan yang dominan mundur, seorang tokoh lelaki yang sedikit misterius dengan sifatnya yang tenang, sederhana dan pintar, tokoh utama perempuan yang pintar dan cantik-sepertinya. Gaya penulisan Morra di novel ini sangat khas. Apabila yang sudah baca Forgiven pasti ...more
Mujias Arai Asmani
Sep 25, 2013 Mujias Arai Asmani rated it really liked it
Saya selalu kagum dengan penulis yang bisa menggabungkan fakta sejarah dan fiksi dengan begitu indah dan tegas. Nalia dan Nino, jujur mereka ini sweet banget... Tapi bukan itu point yang saya dapat dari novel ini. Justru saya lagi-lagi dipaparkan fakta tragedi era reformasi. Dan saya masih saja merasa wow... Menjadi mahasiswa di era itu adalah kebanggaan. Merekalah mahasiswa yang sesungguhnya. Benar-benar menanamkan Sumpah Pemuda yang sejati. Membela rakyat tanpa takut aparat, membela negara ...more
Rizky
Jun 20, 2013 Rizky rated it liked it
Shelves: koleksiku
Ini novel ketiga penulis yang kubaca dan masih seperti novel penulis sebelumnya baik Forgiven dan Believe, ada yang masih mengganjal, aku kurang begitu suka dengan ending yang diambil disetiap novel penulis. Mungkin itu ciri khasnya kali ya, ah jadi bete rasanya ^^

Notasi mengambil tema tentang kekasih yang terpisah karena peristiwa reformasi tahun 1998/1999, masa peralihan orde baru yang cukup membuat ingatan kita melayang jauh ke belakang. Peristiwa demi peristiwa runtuhnya kekuasaan militer or
...more
Joy Agustian
Sep 24, 2013 Joy Agustian rated it really liked it
Berhasil menandaskan buku ini hanya dalam waktu lima jam -nonstop- tidak lama setelah kepergian mas kurir pengiriman barang.
Buku ini membuatku merasa dicemplungkan ke dalam cerita campur aduk yang nyata. Aku nggak bisa berdusta bahwa aku menahan napasku ketika membacanya, berpikir; apa yang akan terjadi pada Nino dan Nalia, ada apa di antara Nino, Ve, dan Naila, ada tragedi mencekam apa di twist berikutnya, dan peristiwa macam apa yang akan mereka hadapi – tragiskah, atau menyenangkankah?
Itulah
...more
Ameliana
Jun 05, 2013 Ameliana rated it it was amazing
Ada kumpulan awan-awan kecil di sudut utara
Seberkas pelangi melengkung di antaranya
Lalu Nino tersenyum lagi padaku
Ia juga melihat apa yang kulihat saat itu


Novel Nini berkisah tentang romansa mahasiswi Kedokteran Gigi UGM dengan mahasiswa Teknik Elektro UGM di era tahun 98. Semua dimulai ketika Nalia mejadi ketua pelaksana sebuah kegiatan yang membutuhkan jasa publikasi radio jawara milik fakultas teknik, khususnya teknik elektro. Dari saat itu semua konflik terbuka, mulai dari gengsi antara fa
...more
Jee Jee
Sep 25, 2013 Jee Jee rated it it was amazing
Shelves: favorites
"... rumah yang akan kita beli dengan angusran dari seseorang yang sudah bosan tinggal di Jalan Kaliurang. Sebuah fiat lama, atau Peugeot tahun sekian yang akan kubeli second. Seeekor golden-retriever yang akan kita bawa berjalan-jalan di bulevar saban Minggu. Mungkin dengan stroller berisi bayi laki-laki. Atau perempuan, aku tak terlalu peduli. Aku akan mengajar di universitas swasta, bukan menjadi offshore-engineer seperti yang dicita-citakan ayah (karena itu aku membayangkan angusran rumah ...more
Zachira Indah
Nov 12, 2013 Zachira Indah rated it really liked it
Saya termasuk yang beli novel ini karena mengharapkan kisah yang menyentuh seperti yang pernah saya suka di bukunya Morra Quatro sebelumnya, Forgiven.

Seperti halnya Forgiven, di Notasi ini juga menggunakan setting kota Yogyakarta. Bahkan lebih kental. Kisahnya mencampurkan unsur true story dan fiksi. Tentang sejarah berdirinya radio Swaragama FM, bahkan nama foundernya juga dijadikan tokoh di novel ini. Radio yang dikelola mahasiswa Teknik Elektro UGM ini melatari kisah di balik reformasi yang d
...more
Dewi
Jul 02, 2015 Dewi rated it it was amazing
Shelves: favorites
Gara gara Novel ini saya jatuh cinta sama yang namanya Teknik Elektro.( :D )


Ini novel kedua karya mbak Morra yang saya baca setelah Forgiven.
Saya punya ekspektasi tinggi sama semua novelnya Mbak Morra, dan itu tidak mengecewakan dalam novel notasi ini.

awalnya setelah baca review dr sahabat goodreads tentang novel ini yang pada bilang "sad ending" saya cukup malas untuk membacanya, karena jujur saya kurang suka sama novel novel yang sad ending tapi entah mengapa karena ekspektasinya tinggi untuk
...more
Amanda Putri
May 07, 2015 Amanda Putri rated it really liked it
Shelves: already-have
Saya engga tahu bagaimana cara mereview yang bagus, tapi saya mencoba:)

Hati-hati mungkin mengandung spoiler

Buku ini bercerita tentang seorang perempuan yang menunggu kedatangan seorang laki-laki yang ia cintai.

Menunggu tanpa kepastian. Karena semakin lama, hanya janji-janji dan harapan yang tak pernah ditepati. Ia menunggu di kursi yang berlumut itu.

Bagaimanapun hidup harus tetap berjalan, hingga suatu hari ia menemukan seorang pria yang mencintainya, pria yang dikenalnya tanpa sengaja dan mer
...more
Ainu Athifah
Jul 10, 2013 Ainu Athifah rated it really liked it
4.5 bintang, sebenernya.

Awalnya, saya berniat ke toko buku itu untuk beli London:Angel, tapi ternyata belum ada disana. Kemudian, saya pun melihat ke rak-rak buku dan menemukan buku ini. Awalnya ga tertarik, tapi terus saya ambil dan lihat pengarangnya. Wah ternyata Kak Morra ngerilis novel baru. Saya pun menemukan buku yang segelnya sudah terbuka, dan membacanya. Oke, kata 'Fakultas Teknik UGM' berhasil menarik penasaran saya. Kemudian saya buka halaman tengah, dan ternyata kisah ini mengangkat
...more
Kurnia
Aug 31, 2016 Kurnia rated it it was amazing
Shelves: favorites
This review has been hidden because it contains spoilers. To view it, click here.
Oktabri
Jul 21, 2013 Oktabri rated it really liked it
Meski di akun Goodread-ku tertera tanggal 10 Juli, aku baru mulai benar-benar melahap habis Notasi ini seharian kemarin.

Jujur, aku sedikit bosan di bab-bab awal. Simpatiku hampir tak terpancing di beberapa lembar pertama. Tapi menjelang pertengahan bab, emosiku tergugah. Perhatianku tercuri oleh kisah yang terjadi di sana. Meski sebenarnya aku baru masuk sekolah dasar di tahun yang sama, cerita yang disampaikan Mbak Morra tentang kerasnya kehidupan mahasiswa untuk membuat pemerintah membumi lagi
...more
Rizky Monita
Jun 03, 2013 Rizky Monita rated it really liked it
Buku pertama yang menjadi sasaran saya untuk mereviu di goodreads ini.

Dan hasilnya? Memuaskan.

+1 buat covernya. Siapapun yang mendesain cover buku ini, saya berterima kasih, saya sangat suka.
+1 buat ide cerita novel ini sendiri. Mbak Morra bisa mengembangkan cerita tentang masa-masa reformasi tahun '98 di bawah pimpinan Presiden Soeharto tanpa membuat saya bosan. Karena jujur, saya sangat membenci pelajaran sejarah.
+1 buat ide brilian dari ending cerita tersebut.
+1 karena Mbak Morra bisa 'konsis
...more
Falin
May 30, 2014 Falin rated it it was amazing
Shelves: novel-indonesia
Sungguh, saya sangat menyukai karya2 Morra Quatro. Saya sudah membaca dua karyanya, dan semuanya tidak mengecawakan. Saya menyukai kisah yang tidak tertebak akhir ceritanya. Novel2 yang dibuatnya sangat realistis. Memang, tidak semua kisah berakhir sesuai keinginan kita.
Novel ini berlatar belakang di Yogya, tepatnya di kampus UGM pada era reformasi. Saat itu saya masih berusia sekitar 6 atau 7 tahun, dan saya tidak terlalu tahu mengenai hal itu, namun membaca novel ini, seakan saya ikut masuk ke
...more
Thika.
Jun 18, 2013 Thika. rated it really liked it
novel notasi karya kak morra ini bagus kok. mengambil tema tentang kerusuhan tahun 1998 tahun yang sama dengan lahirnya saya cukup membuat saya berpikir apa yang terjadi pada tahun tersebut. dengan bahasa yang cukup mudah dipahami. alur ceritanya mengalir seiring dengan kita membaca dan merasa terhanyut dengan karakter nalia.
Dinur Aisha
Dec 02, 2015 Dinur Aisha rated it it was amazing
too much beauty and sadness and pain and love in one book. my heart goes out to those who were taken away from their families in that era. wether you are still missing or not, or in heaven, youre all 'heroes'.
Puspita Sanri
Sep 10, 2016 Puspita Sanri rated it it was amazing
Originally posted: afteanoon.

Kisah ini berawal dari kedatangan Nalia ke kampus UGM, Yogyakarta setelah tiga belas tahun lamanya. Kunjungannya ke kampus tersebut kembali mengingatkannya akan kenangan seseorang yang ada dihatinya selama bertahun-tahun, kenangan akan peristiwa besar yang terjadi pada masa itu, peristiwa yang nantinya akan selalu dikenang bahkan oleh seluruh masyarakat Indonesia, Tragedi Mei 1998. Peristiwa yang ia alami sendiri bersama teman-temannya yang juga berjuang untuk keadil
...more
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Bangkok: The Journal
  • Versus: Selalu Ada Harapan di Antara Perbedaan
  • Restart
  • Interlude
  • Evergreen
  • The Chronicles of Audy: 4R
  • Rhapsody
  • Unfriend You: Masihkah Kau Temanku?
  • Melbourne: Rewind
  • Pintu Harmonika
  • Beauty Sleep
  • Camar Biru: Cinta Tak Selalu Tepat Waktu
  • Teka-Teki Terakhir

Share This Book



No trivia or quizzes yet. Add some now »

“Saat-saat istimewa dalam hidup kita selalu datang tanpa peringatan.” 20 likes
“It's gonna be fine in the end. If it's not fine, it is not the end.” 15 likes
More quotes…