Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Sewindu” as Want to Read:
Sewindu
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Sewindu

3.73  ·  Rating Details  ·  173 Ratings  ·  39 Reviews
Sewindu, sebagai sebentuk ukiran-ukiran kata berjiwa seorang Tasaro GK dalam memaknai dan menghikmahi cinta, bertutur tentang kisah perjalanan hidupnya, mulai dari kehidupan pernikahannya, pergulatannya dengan dunia tulis-menulis, hingga pemaknaannya akan keluarga kecil dan keluarga besarnya. Bergaya tutur lugas, mengalir, dan santai ala cerpen. Keseluruhan kisah yang mera ...more
Paperback, 382 pages
Published 2013 by Tiga Serangkai
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Sewindu, please sign up.

Be the first to ask a question about Sewindu

This book is not yet featured on Listopia. Add this book to your favorite list »

Community Reviews

(showing 1-30 of 405)
filter  |  sort: default (?)  |  Rating Details
Stebby Julionatan
May 09, 2013 Stebby Julionatan rated it liked it
SEWINDU: PENGENALAN TASARO AKAN MAKNA CINTA


Pada suatu titik, Sewindu: Cinta Itu tentang Waktu mengubah pandangan saya tentang penulis, tentang profesi Penulis. Dalam benak saya selama ini terpacak sebuah dogma bahwa penulis yang benar-benar penulis (baca: penulis yang bagus secara kualitas), haruslah orang yang serba “hebat”. Lulus dengan nilai cumlaude dari sebuah perguruan tinggi negeri ternama, punya seabreg prestasi akademis yang menbuat nyinyir bibir siapapun, serta –prestasi sederhana yang
...more
Zahwa az-Zahra
May 15, 2013 Zahwa az-Zahra rated it really liked it
Shelves: pernikahan
Saya masih ingat, pertengahan tahun 2010 lalu, buku berjudul "Ini Wajah Cintaku, Honey" menemani perjalanan saya menuju Baluran, Jawa Timur. Buku fiksi karya Tasaro GK yang pertama kali saya baca itu saya pinjam dari seorang kawan. Bahasanya yang mengalir dan interaktif membuat saya dengan mudah menyelesaikan buku tersebut sebelum kereta sampai di tujuan. Hingga kemudian, cerita tentang oseng-oseng daun pepaya menjadi cerita favorit saya.

Ah, beruntungnya saya ketika mengetahui bahwa kisah yang t
...more
Kiki
Jan 23, 2015 Kiki rated it liked it
Mengalir dan sederhana. Begitulah setiap kata merangkai kalimat yg menyusun novel ini. Sesederhana kehidupan sang penulis, juga sesederhana makna cinta di kehidupan yang ia tuangkan dalam novel ini.

Novel sewindu ini bercerita tentang kehidupan sang penulis pada 8 tahun awal pernikahannya. Mulai dari perjuangan ia dan istrinya dalam bertahan sebagai keluarga baru di tengah keterhimpitan materi, perjuangan mencari tempat tinggal sendiri dan hidup mandiri sampai dengan masalah anak. Perjuangan yang
...more
Rahmia Lenisa
Dec 31, 2013 Rahmia Lenisa rated it liked it
Membaca buku ini seperti menyaksikan setiap kejadian penting dalam hidup Tasaro. Saya suka konsepnya yang memampangkan tulisannya apa adanya sesuai waktu ketika ia melaluinya. Maksud saya, dia (katanya siiih) tidak memugar kembali tulisan2nya saat awal2 menikah dg istrinya, atau saat2 susah ketika istrinya dinyatakan keguguran. Kesannya jadi lebih hidup.

Banyak lagi yang ia ceritakan. Tentang suka duka menjadi penulis, tentang pengalaman tidak mengenakkan menjadi pembicara di salah satu univ yan
...more
Haniva Az Zahra
Feb 21, 2014 Haniva Az Zahra rated it liked it
Buku ini secara umum menceritakan tentang bagaimana penulisnya menjalankan pernikahan hingga tahun ke delapan. Beberapa bagian membuka mata saya dan membuat saya akhirnya sadar, bahwa kehidupan pernikahan adalah tentang perjuangan untuk saling memahami, sambil bekerja keras untuk kemapanan yang lebih baik dari waktu ke waktu. Membaca buku ini membuat saya semakin percaya, bahwa ada kekuatan besar yang selalu membantu kita ketika terjebak dan kesulitan, karena janjiNya yg bilang bahwa tidak ada k ...more
Dede Muharoom
Feb 21, 2014 Dede Muharoom rated it really liked it
Sewindu berisi tentang semacam catatan Tasaro selama sewindu pertama bersama istrinya.

Buku ini mengajariku bagaimana cinta itu begitu sederhana, bagaimana menemukan kebahagiaan di rumah tanpa gorden, nikmatnya tempe, sambal, dan lalap sawi, kebijaksanaan dalam pertengkaran, dan kehadiran anak diantara mereka.

Selain tentang istrinya, Tasaro juga bercerita tentang kehidupannya dalam dunia tulis menulis, impiannya membudayakan membaca di daerah kompleknya.

Kesenanganku memang membaca kisah hidup or
...more
Arief Bakhtiar D.
Mar 07, 2016 Arief Bakhtiar D. rated it it was amazing
SEWINDU

KALAU Anda diberi hidup sampai sebuah pernikahan yang berjalan sewindu (dan tentu, dengan kuasa Tuhan, masih akan terus), apa yang Anda pilih untuk diceritakan?

Tidak semua orang punya jawabannya, kecuali Tasaro. Pertengahan tahun ini ia selesai menulis Sewindu—biografi yang dicetak dalam halaman-halaman memikat oleh Penerbit Metagraf dari Tiga Serangkai.

Tasaro akan menjawab, pertama-tama, dengan kisah tentang seorang anak dari pegunungan gersang di selatan Pulau Jawa, yang membelah tomat
...more
Putri
Nov 17, 2015 Putri rated it liked it
Dapat berkah buku gratis setelah sebelumnya bertemu penulisnya langsung sehari sebelumnya itu rasanya bak dapat durian runtuh :D Apalagi setelah tahu bahwa buku ini cukup pricey buat kantong saya (meskipun masih di bawah 100 ribu), semakin bersyukur lagi :D

Anyway, dari cover dulu, buku ini dikemas dengan tema warna hijau (bahkan t-shirt promonya pun juga hijau) dengan gambar pohon, buat saya sih cukup menarik secara visual buat yang suka warna-warna cerah macam ini :)

Baca-baca di dalamnya, buku
...more
Swety Retna
Jun 06, 2013 Swety Retna rated it really liked it
Another great work of Tasaro GK :)
kenal Tasaro lewat bukunya Muhammad 1 dan 2, dan selalu menunggu triloginya. Sementara menunggu, buku ini terbit, dan entah karena saya pecinta true story/non fiksi atau memang karya ini brillian, saya suka banget. Menceritakan suka duka hidup pengantin muda, keluarga baru dengan segala kesederhanaannya. Kehidupan ala Tasaro yang baru aku tahu setelah membaca buku ini, bagaimana hiruk pikuknya mengelola keluarga kecil dengan uang seadanya, dan berhasil menempuh
...more
Dian
Apr 22, 2013 Dian rated it really liked it
Tamat!

Buku Sewindu : Cinta itu tentang waktu, karya Tasaro Gk.
Penerbit Metagraf – imprint Tiga Serangkai.

Buku ini menggonjang-ganjingkan hatiku. Bolak-balik perasaanku dimainkan.

Di halaman persembahan tertulis : “Untuk Alit Tuti Marta : Masih kutunggu oseng-oseng daun pepaya itu…” awalnya, tak memberikan reaksi apa pun padaku, kecuali berpikir “ini nama istri Tasaro, kah?”

Tapi, setelah menamatkan buku ini, maka membuka halaman pertamanya membuat aku cengar-cengir geli sendiri.

Aku bersyukur T
...more
Fiza M.
Sep 01, 2013 Fiza M. rated it really liked it
Shelves: favorites
Terasa bertuah mendapatkan naskah ini. Mungkin kerana asalnya saya cuma merasa ini sebuah novel cinta klise yang biasa saja. Namun tatkala membelek-belek saya mulai tersedar yang buku ini sebenarnya kutipan kisah-kisah pendek yang disusun berangkai mengikut perjalanan hidup seorang Taufik Saptoto Rohadi- merangkumi pelbagai cerita tentang dunia kerja dan penulisan, keluarga dan sahabat, isteri dan anak-anak yang secara kasarnya diaduk dalam dua rasa- cinta dan rindu.

"Terlafaz hamdallah untuk seb
...more
Risna Ristiana
May 16, 2013 Risna Ristiana rated it really liked it

Tampaknya, cinta adalah satu-satunya hal yang tak pernah habis menjadi perbincangan sampai kapanpun. Termasuk bagi si juru dongeng dari Gunung Kidul, Tasaro GK. Pria kelahiran 1980 yang sempat berkarir sebagai jurnalis ini menginvestasikan perjalanan dan pengalamannya yang dihiasi berbagai macam wajah cinta dalam sebentuk buku kisah bertajuk “Sewindu: Cinta Itu Tentang Waktu”. Bagi Tasaro, cinta adalah energi pembangun yang mampu membuatnya mencoba hal-hal baru, bekerja berkali lipat lebih keras
...more
Ida Mawadah
Jun 13, 2013 Ida Mawadah rated it really liked it
Shelves: excellent, real-life
Dari beli bulan mei, dan selesai mbaca, baru sempat membuat reviewnya
Buku ini masih bertemakn umum, tidak jauh dari masalah cinta. Eits, tapi jangan diartikan klise dan disamakan dengan novel picisan. Cinta di sini oleh author di usung dari segi yang sedikit berbeda, yang tidak melulu tentang cinta-cinta pada umumnya, dan dijamin tidak membosankan dan bisa dijadikan refleksi (menurut saya)
Membaca buku ini, benar-benar menyentuh. Rasanya campur aduk. Benar-benar memberi banyak pelajaran tentang k
...more
Linda Satibi
Sep 05, 2013 Linda Satibi rated it really liked it
Boleh dibilang, buku ini komplet. Ia membuat tersenyum, tertawa, hingga berderai air mata. Meski ada beberapa bagian yang sepertinya tidak perlu ikut serta. Semisal tulisan yang diambil dari note facebook berjudul “Penulis! Glamour atau Bersahaja?”, “Pembicara, Fee, dan Panitia”, “Generasi Kedua”. Bukan tersebab buruk, toh di dalamnya tetap lebat hikmah yang ranum untuk dipetik, namun membuat bagian tersebut menjadi terlalu berpanjang kata. Soal urutan kisah pun terasa ada yang ngaclok. Kisah ke ...more
Khuzaima
Jul 24, 2014 Khuzaima rated it it was amazing
Sukaaa~
Waktu membeli buku ini agak ragu, tapi rekomendasi salah satu teman yang ngefans sekali (kayaknya) sama Tasaro membuat akhirnya membeli buku ini, dan saya tidak menyesal :)
Menceritakan kehidupan-perjuangan seorang Tasaro dan istrinya dalam mengarungi rumah tangga, mumbuat saya (yang belum mengarunginya) jadi belajar banyak hal tentang cinta :)
Dan bab terakhirnya, bikin senyum - senyum sendiri dengan kata - katanya, hahaha.
Happy reading :)
Faizah Aulia Rahmah
Feb 27, 2014 Faizah Aulia Rahmah rated it really liked it
Shelves: punya
inspire enough to wake my dreams up.
apa ya, banyak 'benang' tak terlihat yang menghubungkan, perjalanannya dari nol smpe kayak sekarang bisa jadi pelajaran bgt.
entah kenapa, emang universe ini konspirasi bgt ya. Allah ga sedang bermain dadu kalo ada yg berhubungan, ga ada yg kebetulan, pun ketika kita ngundang beliau kemaren dan tetiba tangan saya bawa buku ini ke kasir 2 hari yang lalu.
soon di blog (lagi) review ver lengkap hoho
Halida Hanun
Jun 05, 2013 Halida Hanun rated it really liked it
sewindu adalah sarana "perkenalan" saya dengan Tasaro GK. beberapa kali pernah membaca namanya di linimasa twitter tapi baru kali ini sempat berkenalan. itu pun karena saya kepincut sama cover buku ini, serta tagline-nya "cinta itu tentang waktu".

awalnya saya kira buku ini berisi tentang puisi atau prosa-prosa nan puitis. tapi pas sampai rumah, saya baca lagi sinopsisnya ternyata tentang kisah penulis selama 8 tahun berumah tangga. saya suka isinya. terutama bagian satu yang menceritakan tahun p
...more
Simpul Hati
Jun 05, 2014 Simpul Hati rated it really liked it
Membaca dunia kepenulisan. Buku ini memberikan kita banyak pemahaman. bahwasanya menulis bukan tentang siapa dan apa yang ditulis. menulis adalah seutuhnya tentang hati. Hatilah yang tergerak dan terpanggil untuk menulis.

dan resapilah hasil karya hati dari seorang Tosaro

4 bintang untuk buku ini.

Nice Story
Lorien
Apr 10, 2015 Lorien added it
Sebab mencintai pada tingkat yang solid adalah komitmen. Terkadang, rasa terombang ambing dan membuat bimbang. Ada waktunya kata-kata mesra sudah terkunci dan sulit dikeluarkan lagi. Namun, ketika komitmen itu terjaga. Keinginan untuk membangun kehidupan yang berarti terus dijalani, itulah cinta...
Erna Yuli
Jun 23, 2013 Erna Yuli rated it really liked it
Tasaro yang terkenal lewat trilogi Muhammad baru saya kenal lewat buku ini..
Buku ini termasuk gress sekali ya, terbitan 2013..
Buku ini berisi tentang kisah anyata kehifupan pribafi seorang Taufik..
Hihihihi, iya saya baru tau klo nama asli Tasaro adalah Taufik..

Kisah perjuangan hidup nya mampu menginspirasi..
Prmikiran dan idealismenya menyemangati..
Keterbukaaannya akan pemahaman agama melecut semangat saya..
Kesederhanaannya mampu mengingatkan saya..
Penggambaran sosok pribadi dari sudut pandangnya
...more
Syifa Luthfianingsih
Lebih mudah dicerna dibanding karya Tasaro yang lain. 3,5 stars!
Merpati98
Feb 24, 2015 Merpati98 rated it really liked it
Karena pada akhirnya... cinta itu memang soal waktu.
Akmal Zacky
pengalaman yang luar biasa
Gazette
Jun 21, 2013 Gazette rated it liked it
akhirnya selesai juga baca buku ini. saya dapat 'Sewindu' dari teman yang sama-sama suka Tasaro. awalnya saya kira ini novel barunya, ternyata ini kumpulan catatannya selama sewindu berumahtangga.
dari buku ini saya mengenal sosok wanita yang menjadi istri Tasaro, semakin membacanya jadi semakin menyukai sosoknya, makanya waktu ada catatan lain yang bercerita selain sosok istrinya itu saya jadi agak ga sabar pengin cepat-cepat kembali ke cerita tentang istrinya.
Abdul Ahkam
Jan 10, 2014 Abdul Ahkam rated it really liked it
saya beli buku ini tanpa melihat dulu resensi dari internet. Awalnya kukira buku ini adalah kumpulan kisah - kisah manis yang difiksikan oleh tasaro. Ternyata isinya tentang perjalanan cintanya dan perjalanan karirnya. :)
potrehkoneng
Jun 12, 2013 potrehkoneng rated it really liked it
buku ini dibagi menjadi dua bagian. entah kenapa saya lebih suka yang bagian-bagian pertama. ketawa-ketawa sendiri di kamar. sambil bilang oooo... jadi gini ya kehidupan orang-orang di awal nikah. dan marakke pingin segera nikah. eh. hehe.

dan di bagian buku dua terharu baca tulisan tentang sahabatnya tasaro sejak jaman smu-kuliah-bahkan sampe kerja juga bareng.

sekian. nanti dilanjut di blog saja yang review versi panjang.
Siti Lutfiyah
May 09, 2013 Siti Lutfiyah rated it it was amazing
Keren...
Itu kata pertama yang saya ucapkan setelah membaca buku ini. Maklum aja, biasanya saya membaca buku karya Tasaro kalau buku tersebut berbau sejarah.

Buku ini bagus banget buat belajar lebih tentang mengenal dan mewujudkan berbagai emosi cinta di kehidupan kita. Silakan langsung baca resensi yang saya buat disini :) ->> http://sitilutfiyahazizah.wordpress.c...
Kumala Desi
Feb 27, 2014 Kumala Desi rated it really liked it
Sewindu, Cinta Itu (Akhirnya) Tentang Waktu
Ini bukan sekedar cinta yang berbunga, namun kudapati perjuangan, keberanian untuk memutuskan, penantian, kerinduan, kehilangan, dan keseriusan untuk menjadi keluarga yang bernilai. Bernilai untuk masyarakat, bernilai untuk peradaban.
Memamntapkan hati, bahwa setiap orang bisa memberikan kontribusi, menjadi batu bata penguat peradaban.
Annisa Dewi
Mar 29, 2014 Annisa Dewi rated it liked it
This book... Ah. I have no words except fabulous to describe this book.
Something i want to tell you after reading this book is... I wanna find the right man and marry as soon as possible.

I love the way Tasaro G.K tell readers how he loves his wife, his family and of course his job. Its nice story with a lot of lesson to learn.

Lets read and share what u get!
Hairi
Apr 19, 2013 Hairi rated it really liked it
Bagus banget.

Inspiring.

Setiap pernikahan punya tantangannya masing-masing. Tapi jangan juga takut melangkah dalam sebuah pernikahan. Hehehehe... Nikah itu asyik kok. Enelan :)

Membaca buku ini rasanya nano-nano. Aku terkikik geli, tersenyum, serasa ditampar juga mewek dan kemudian tersedu2 sendiri. Wkwkwkwk... Lagi mellow aja sih waktu itu :)
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 13 14 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Perkara Mengirim Senja
  • Pada Suatu Hari Nanti & Malam Wabah
  • Life Traveler
  • Long Distance Love
  • Baju Bulan: Seuntai Puisi Pilihan
  • Menatap Punggung Muhammad
  • Indonesia Mengajar 2
  • Dalam Dekapan Ukhuwah
  • Muhammad Al-Fatih 1453
  • Ayah...: Kisah Buya Hamka
  • Sokola Rimba: Pengalaman Belajar Bersama Orang Rimba
  • Mata yang Enak Dipandang
  • Garis Batas: Perjalanan di Negeri-Negeri Asia Tengah
  • Tahta Mahameru
  • Surat Dahlan
  • Totto-chan's Children: A Goodwill Journey to the Children of the World  (Anak-Anak Totto-chan: Perjalanan Kemanusiaan untuk Anak-Anak Dunia)
  • Teman Imaji: Tentang Anak Kota Hujan
  • Berjalan di Atas Cahaya
475407
Tasaro (akronim dari namanya, Taufik Saptoto Rohadi, belakangan menambahkan "GK", singkatan dari Gunung Kidul, pada pen-name nya) adalah lulusan jurusan Jurnalistik PPKP UNY, Yogyakarta, berkarier sebagai wartawan Jawa Pos Grup selama lima tahun (2000-2003 di Radar Bogor, 2003-2005 di Radar Bandung). Memutuskan berhenti menjadi wartawan setelah menempati posisi redaktur pelaksana di harian Radar B ...more
More about Tasaro G.K....

Share This Book



No trivia or quizzes yet. Add some now »