Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Karmila” as Want to Read:
Karmila
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Karmila

3.59 of 5 stars 3.59  ·  rating details  ·  536 ratings  ·  27 reviews
Karmila seorang mahasiswi kedokteran yang masih hijau dalam suatu pesta gila tertimpa malapetaka.

Akibatnya, rencana studi, bahkan seluruh rencana hidup kacau-balau. Hati Karmila terkoyak antara ikatan yang tak dikehendakinya dengan pemuda yang telah mencemarkannya di satu pihak dan kesetiaan pada tunangan yang masih tetap mencintainya di lain pihak.

Dengan gaya bahasa yang
...more
Paperback, 432 pages
Published 1990 by Gramedia Pustaka Utama (first published 1973)
more details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.
Laskar Pelangi by Andrea HirataBumi Manusia by Pramoedya Ananta Toer5 cm by Donny DhirgantoroNegeri 5 Menara by Ahmad FuadiSang Pemimpi by Andrea Hirata
Buku Indonesia Sepanjang Masa
207th out of 479 books — 1,668 voters
Bumi Manusia by Pramoedya Ananta ToerLaskar Pelangi by Andrea HirataAnak Semua Bangsa by Pramoedya Ananta ToerRonggeng Dukuh Paruk by Ahmad TohariJejak Langkah by Pramoedya Ananta Toer
Novel Indonesia Terbaik
114th out of 168 books — 237 voters


More lists with this book...

Community Reviews

(showing 1-30 of 1,004)
filter  |  sort: default (?)  |  rating details
Pammie
Nonton sinetronnya dulu sih (dulu yang maen paramitha rusady sama teddy syah) lalu baru jatuh cinta sama bukunya.
Ceritanya baguss, walaupun bisa dibilang sinetron banget (drama, drama, drama).
Two thumbs up buat marga T, karena setelah baca Karmila, saya jadi jatuh cinta (beneran) sama Faisal. Perasaan saya bisa jungkir balik sama Faisal, dari pertama saya benci dia karena tingkahnya yang begajulan dan penganut free sex.
tapi cara-caranya dia meluluhkan karmila dan trus berubah jadi suami idaman
...more
DuniaFriskaIndah
Pertama kali tertarik u/ baca ni buku karena nonton filem lepasnya (film jadul) yang gw ga tau siapa pemeran utamany karenagw nonton pas esde kelas 5 ato 6. Langsung suka dengan sosok Faisal yang bisa mencintai Karmila walopun dia bisa dapat cewek dengan gampang...
Cara Faisal u/ mendapatkan hati karmila dan kerendahan hatinya u/ mengubahnya benar2 menyentuh hati.
Gw ga punya ni buku, pas kul di Jogja, banyak bangat t4 peminjaman buku (rental buku).. nah gw pinjam deh....

Mary
Saya penggemar berat Marga T., tp khusus buku- bukunya yg dr jaman baheula. Entah kenapa karya-karyanya yg terakhir terasa sangat hambar buat saya.

Dari semua karya-karyanya, Karmila merupakan buku favorit ke-2 setelah Tesa.

Ini bacaan kesukaan saya semasa SMA. Dengan setting usia kuliah, membuat saya membayangkan masa-masa kuliah yg sudah saya tunggu- tunggu sejak SMP.
Biondy
Judul: Karmila
Penulis: Marga T.
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Halaman: 432 halaman
Terbitan: 1997 (terbitan pertama tahun 1973)

Karmila, seorang mahasiswi kedokteran yang alim dan lugu. Tak pernah dia sangka bahwa masa depannya akan berantakan ketika dia pergi ke sebuah pesta. Suatu tragedi menimpa dirinya. Akibatnya kuliahnya berantakan dan dia merasa gamang menatap masa depannya.

Feisal, seorang pemuda dari keluarga kaya. Akibat perbuatannya dia telah menodai seorang gadis yang masih hijau h
...more
Lelita P.
Sepertinya akan agak susah me-review Karmila dengan benar-benar objektif ... karena saya tidak yakin bagaimana bisa me-review novel populer suatu zaman dari kacamata orang yang hidup pada zaman berbeda, ketika nilai-nilai, tren cerita, dan sebagainya sudah banyak bergeser.


Saya baca Karmila karena skripsi saya. Jangan salah paham--skripsi saya bukan tentang novel ini kok. :)) Skripsi saya ada kaitannya dengan bidang sastra, dan buku-buku referensi sastra yang saya baca banyak menyebutkan novel in
...more
Titrin Hanif
Kisah tentang seorang mahasiswi kedokteran bernama Karmila yang nyaris sempurna. Cantik, pintar dan mempunyai tunangan yang sangat mencintainya. Tetapi suatu peristiwa traumatis menimpanya ketika dia menghadiri pesta ulang tahun temannya. Peristiwa yang mengubah hidupnya untuk selamanya. Seorang pria bernama Faisal memperkosanya di pesta itu. Ketika dia berusaha bangkit dari petaka itu, dia harus menerima kenyataan bahwa dia mengandung anak dari laki-laki yang dibencinya. Laki-laki yang telah me ...more
Utrie
sebelum baca buku ini, udah tau ceritanya sih... kalo ga salah pernah diterbitkan di koran gitu (????)...yang pasti ada sinetronnya. Ceritanya bagus....hm....sebenarnya agak-agak lupa sih ceritanya gimana. yang pasti banyak karya Marga T yang udah kubaca....tapi bukan ini yang paling favorit.
Karya beliau (Marga T) menarik, karena antara satu judul dengan judul yang lain saling berkaitan dengan sorotan tokoh yang berbeda.... dan yang paling bikin ku suka adalah....pada umumnya cerita tentang keh
...more
sari
Baca buku ini berulang kali, gak pernah ngebosanin, tapi memang susah kalo bahasanya jadul gt
aku koleksi buku ini, dari cerita orang tuaku juga, katanya bagus habis (belum sempat nonton sinetronnya jg filmnya)
gak sia-sia aku beli, ceritanya emang bagus, mengalir dan sangat alami, benar-benar drama indonesia!
aku terkesan dengan tokoh Karmila dan Faisal
Eunike Aginta
i like this book so much and the charateristic of karmila, feisal and the other . but sometimes i didn't understand about the story. maybe because with the difficult word for ex : "menyiduk".. but i like it... but i'm so sad because it's difficult to buy this book, i didn't find it in gramedia :( so i just borrow from school library. :(
Margareth
Tertarik untuk baca setelah secuplik ceritanya (bagian Karmila mau berangkat ke luar negri menemui tunangannya, namun batal karena anaknya sakit) di buku pelajaran bahasa Indonesia pas SMU kls 1.

Ga rugi beli. Ceritanya lumayan, khas ala Marga T, jalan cerita dan dialog2nya alami.
Lingga
Perkenalan aku dengan novel karya2 Marga T dimulai dari Karmila. Keren ceritanya en gaya bertutur Marga T mengalir jd bacanya langsung mulai dr awal sampe tutup buku deh ^^ mulai dr sini aku mengkoleksi karya2 dari Marga T.
Dei sha ta mar
Duh, seharusnya sih nih buku bagus dan harusnya gw suka. Tapi berhubung udah lama banget bacanya dan memori otak sudah agak melupakannya, jadi gw lupa sebagus apa nih buku. Harus dibaca lagi nih!
Thata
My first indonesian novel that I love when I was young (high school) is this one.

I read it 3 times. I love this author. She's a great Indonesian author in my opinion only
Rika
Sep 06, 2012 Rika added it
Bosa dibilang novel cinta2an dewasa di awal2 era remaja gw. Terkesima sama cara marga t nulis. Pas sama era gw padahal ditulisnya jaman gw blm lahir kali yah.
Claudia Von Nasution
Klasik! Tapi suka :)
Kata-katanya banyak yang jadul bikin bingung tapi amaze di saat yang bersamaan karena "ooh ini artinya itu toh" seperti itu.
Tantri Setyorini
Baca untuk ke-2 kalinya..hehehe. Dulu aku baca buku ini loncat-loncat jadi kurang menghayati. Sekarang baca yang serius. Aku suka feisal.
Amel Armeliana
Salah satu buku favorite ku. Walaupun gaya bahasanya udah jadul, tp tetep gak bosen baca ulang :)
Shirley
Read this twice when I was in high school. Good love story I guess? High school material, haha..
Sayo
wah ini buku novel indonesia pertama yang gue pertama kali baca..udah ga jelas lagi bentuknya..
Ika Karunia Purnamasari
novel pertama genre dewasa yang gw baca, setelah lupus dan lima sekawan ;)
Hanidhani siregar
terlalu banyak konflik tetapi bisa dijadikan pandangan kehidupan tempo dulu.
Rahma
yang pasti enakan baca bukunya timbang nonton filmnya..
Anne
Jul 18, 2014 Anne rated it 4 of 5 stars
Shelves: owned
One of Marga T original and the most memorable. Loved it!
Putu
Minjem dari koleksi ibu
Nidjiyuyu
MAU TAHU AJA
Ariska
Ariska marked it as to-read
Jul 28, 2015
Jennifer
Jennifer marked it as to-read
Jul 28, 2015
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 33 34 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Masih Ada Kereta Yang Akan Lewat
  • Rumah Mungil di Lereng Bukit
  • Bidadari Bersayap Biru
  • Namaku Hiroko
  • Genesis (Ther Melian, #4)
  • Sandal Jepit
  • Girls
  • Cinta 24 Jam
  • Promise Me a Rainbow
  • Honey Trap
5758093
Marga Tjoa (born 27 January 1943) is an Indonesian popular romance and children's literature writer better known by the pen name Marga T. One of Indonesia's most prolific writers, she first became well-known in 1971 for her serial Karmila that was published as a book in 1973 and later made into a film.
More about Marga T....
Badai Pasti Berlalu Bukan Impian Semusim Tesa Kishi (Saskia-Kishi-Oteba Trilogy, #2) Saskia (Saskia-Kishi-Oteba Trilogy, #1)

Share This Book

No trivia or quizzes yet. Add some now »