Istana Kedua
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating

Istana Kedua

by
3.64 of 5 stars 3.64  ·  rating details  ·  449 ratings  ·  78 reviews
Mei Rose:
"Aku telah merampas sesuatu yang paling berharga dari hidupnya. Dan sangat wajar jika perempuan ini datang dengan segunung lahar api. Hm... koreksi. Aku tidak merampas apa pun, aku hanya memaksanya berbagi."


Arini:
"Jika cinta bisa membuat seorang perempuan setia pada satu lelaki, kenapa cinta tidak bisa membuat lelaki bertahan dengan satu perempuan?"


Dongeng yang re...more
Paperback, 248 pages
Published 2007 by Gramedia Pustaka Utama
more details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Istana Kedua, please sign up.

Be the first to ask a question about Istana Kedua

Community Reviews

(showing 1-30 of 733)
filter  |  sort: default (?)  |  rating details
sinta nisfuanna
Pinjam dari Mbak Novi
---

Jika cinta bisa membuat seorang perempuan setia pada satu lelaki, kenapa cinta tidak bisa membuat lelaki bertahan dengan satu perempuan?

Membaca Istana Kedua mengingatkan saya dengan cerpen Asma Nadia yang berjudul Sakinah Bersamamu. Secara alur dan plot cerita berbeda, tapi memiliki kesamaan pada tema yang diangkat [poligami] dan akhir cerita yang menyesakkan. Poligami, tema yang memang sering memancing kontroversi. Banyak yang kontra, tapi yang pro pun nggak kalah.

Arini,...more
M Mushthafa
URL: http://rindupulang.blogspot.com/2008/...

Asma Nadia dan Dilema Poligami

Beberapa bulan terakhir ini, di beberapa koran nasional terjadi perdebatan yang cukup sengit dan panas tentang kecenderungan beberapa sastrawan dalam merepresentasikan perempuan dan seksualitas dalam karya-karya mereka. Ada kalangan yang berdiri di titik ekstrem: menghujat atau membela, dan ada pula yang berusaha menengahi. Karya sastra yang kental dengan tema seksualitas pada tingkat tertentu identik dengan perempuan pen...more
N Mursidi
Potret Buram Perempuan dalam Poligami
(sumber: Surabaya Post, Minggu 27 Juli 08 dan Pemenang II Lomba Resensi Istana Kedua)

DI antara deretan perempuan penulis Indonesia, Asma Nadia memang pantas dicatat sebagai salah satu pengarang yang cukup produktif. Tak kurang dari 33 karya telah lahir dari buah pikiran kreatif pengarang satu ini. Dengan mengangkat beragam tema dan persoalan hidup kaum wanita, mulai dari cinta remaja, kekerasan terhadap perempuan, luka hati seorang istri (akibat pologami) sam...more
Nicegreen
Mungkin dongeng seorang perempuan harus mati, agar dongeng perempuan lain mendapatkan kehidupan.

Pernikahan bukanlah sebuah dongeng yang selalu berakhir dengan kebahagiaan. Tak jarang banyak perempuan yang dipaksa untuk berbagi kebagiaan dengan perempuan lain. Seperti halnya Arini, yang selalu menganggap hidup ini dongeng yang akan berakhir bahagia. Arini, ibu dari 3 orang anak (Nadia, Adam dan Putri) yang telah dengan setia mendampingi Prasetya selama kehidupan pernikahannya. Tiba-tiba hatinya l...more
Dhia Citrahayi
Hati adalah Raja di antara semuanya. Bagaimana bila sang Raja dipermainkan? Sudah dipastikan, orang itu bisa jatuh-sejatuhnya. Yang paling memegang kendali dalam diri manusia diinjak-injak, diremehkan, dianggap sebagai mainan anak-anak.

Bukannya sekarang banyak sekali orang-orang yang suka tebar pesona ke mana-mana? Berusaha merebut hati lawan jenis hanya untuk kemudian membuangnya begitu saja.

Memprihatinkan.

Apa nggak ada mainan lain yg bisa dimainkan selain perasaan? Adu strategi kek, main adu b...more
Ayu Zuraidah
sedang dibaca, bahasanya Asma indah sekali, bnr2 karya sastra.
dari awal kita dibawa u/ mengikuti bbrp kisah hidup pribadi2 yg berbeda, dgn bumbu sejarah, ttg iman, ttg ideologi, ras, spt membaca puzzle yang masih tercerai berai...teka teki yang membuat penasaran karena masing2 tokohnya seolah tak berhubungan. endingnya.....

i'll let you know once finished..
Esti Sulistyawan
Novel ini membidik permasalahan paling klasik di masyarakat kita, poligami. Poligami dilihat dari 3 kacamata tokoh utama, sang istri pertama, si suami, dan istri kedua. Pandangan-pandangan tentang poligami dan akibatnya terpapar dengan baik di novel ini.

Asma Nadia bisa menyampaikan isu poligami yang sudah umum dengan bahasa yang puitis. Bagaimana istri pertama memendam perasaan sakitnya, suami yang tampak jujur tapi menikam dari belakang serta istri kedua yang memiliki seribu wajah.

Satu pesan mo...more
Helvy
Brilliant!

Ini buku tentang poligami yg matang, bagus dan jauh dari klise. Di jalin secara indah dan cerdas. Karakter para tokohnya kuat. Alurnya mengalir--tidak linier, agak rumit tapi asyik--dan diimbangi dengan kelincahan yang lihai dalam menggunakan sudut pandang!

Ika
Nov 23, 2008 Ika added it
Ending yag tidak terduga. Bercerita ttg cinta segitiga, dan ketegaran seorang istri.
Sitty Asiah
“Mungkin, dongeng seorang perempuan harus mati, agar dongeng perempuan lain mendapatkan kehidupan.”

Arini, adalah seorang wanita yang tak pernah berhenti bermimpi. Ia sangat yakin bahwa suatu hari nanti akan ada seorang pangeran datang padanya untuk membawanya ke dalam kehidupan yang bahagia. Meminangnya, dan membangun istana mereka berdua.

Mei Rose, adalah seorang wanita keturunan Tionghoa yang tak pernah berani memiliki mimpi. Ia bahkan mengutuk semua mimpi indah yang tertera dalam setiap dongen...more
Penerbit Asmanadia
Harga Rp. 29.000

Mei Rose:
"Aku telah merampas sesuatu yang paling berharga dari hidupnya. Dan sangat wajar jika perempuan ini datang dengan segunung lahar api. Hm... koreksi. Aku tidak merampas apa pun, aku hanya memaksanya berbagi."


Arini:
"Jika cinta bisa membuat seorang perempuan setia pada satu lelaki, kenapa cinta tidak bisa membuat lelaki bertahan dengan satu perempuan?"


Dongeng yang retak-retak.

Peristiwa tragis dan e-mail aneh dari gadis bernama Bulan.

Sementara seseorang berjuang melawan Tuha...more
Sita
Mar 05, 2008 Sita rated it 4 of 5 stars
Recommends it for: those who are interested in poliginy
Shelves: indonesian
One of Asma Nadia's adult novels, this deals with the issue of poliginy as seen from all the primary characters, from the wife, husband, and the reluctant second wife.
She explores how this might happened, how though unintentionally, people get caught up in others and the resulting mess. And it is almost always a mess when it comes to having more than one wife.
What I like about it is that all the players are just ordinary people, they're not extremely good, nor are they extremely bad, they are...more
Mar

Judul cerita : Istana Kedua
Pengarang : Asma Nadia
Penerbit : PT. Gramedia Utama
Cetakan : I, 2007
Tebal : 243 halaman

Dongeng Retak-Retak

Arini sosok istri ideal di mata Pras. Cantik, cerdas dan menyenangkan. Suatu hari, Arini menemukan rekening tagihan listrik atas nama perempuan lain. Dan setelah ditelusuri melalui telepon di tagihan tersebut, Rini mendengar suara yang menjawab adalah perempuan yang mengaku istri dari suaminya.

Di bab selanjutnya, bercerita tentang sisi hidup lain dari seorang Mei...more
Azia
This review has been hidden because it contains spoilers. To view it, click here.
Niza
salah satu novel favorit yang lahir dari tangan Asma Nadia. campur aduk perasaan waktu baca ini. bahasanya yang rapi dan jalinan kisah yang nggak membingungkan walau gonta-ganti sudut pandang, plus keahlian Asma meracik kalimat yang membuat emosi teraduk-aduk, membuat novel ini really worth to read, terutama buat yang suka bacaan fiksi dengan tema gender :)

sempat frustrasi mencari buku ini selama dua tahun karena sudah tidak dicetak lagi, sampai akhirnya dapat kabar dari Asma Nadia Publishing Ho...more
Prente
Novel yang sangat bagus. Sampai-sampai tidak bisa menahan godaan untuk tidak men-stabilo kata2 yang menurutku bagus.

"Pernikahan bukan hanya bertemunya dua hati, dua raga, dua keluarga. Tapi pernikahan juga penandatanganan perjanjian. Nasibku atas nasibmu, umurku atas umurmu, senang dan susah, tawa dan air mata, ada dan tiada"

Sebuah istana perkawinan yang indah, tiba2 harus runtuh karena kesalahan dari sang suami. Istana yang dibangun oleh cinta, dipelihara oleh kasih sayang, dihiasi oleh keperca...more
ais ariani
baca buku ini pas lagi di tengah-tengah kegalauan mau diajak serius sama seseorang.
daaaan jreeeengg.

pointnya adalah: kita sebagai manusia bisa berrencana, tetapi hanya Allah yang menentukan. dan kata-kata: "Mungkin, dongeng seorang perempuan harus mati, agar dongeng perempuan lain mendapatkan kehidupan" - ada benarnya juga. kok begitu? Let's find the anwer in this book.

Asma Nadia itu pengarang yang cukup produktif loh. Produktif banget malahan, dari jaman saya masih SMA dan masih deket sama tem...more
Rusyda  Fauzana
It's heartbreaking. Saya berharap banyak hal baru yang bisa dilakukan setelah konflik yang berkepanjangan. Hanya saja, cerita ini terlalu sedih dengan alur perubahan cerita sangat cepat, tidak linear dengan penyelesaian masalah yang dilakukan. Artinya, perubahan konfliknya cepat, tetapi resolusinya minim atau terbilang stagnan.
Fatma
Ceritanya aku baca kisah ini sepotong dari sebuah majalah. Karena aku ga langganan majalah itu, maka kisahnya aku baca sepotong2. Pas jalan2 di toko buku, aku melihat buku ini. Menarik.

Kisahnya benar2 menggores2 perasaan perempuan. Bagaimana mungkin sebuah rumah tangga yang "tidak kekurangan" apa2, ternyata sang suami melakukan poligami hanya karena kasihan.. Dan perasaan itu meningkatkan ego kelelakiannya..

Potret poligami ini dilihat dari berbagai sisi, Suami, Istri (korban) dan Si Istri Kedua....more
Thaajah
ngeliat ni cover terpajang manis di gramedia lippo karawaci, aku langsung bilang ke mamah "Kayaknya bagus ya, mah? aplgi yang bikin kak Asma Nadia, aku boleh beli ya mah!!"
trus kata mamah, "Ini terlalu dewasa buat kamu,"
tapi aku bersih kekeuh buat beli . sampe di hoz aku buka plastiknya dengan ganas dan ngebaca tanpa lihat ucapan terima kasih dari mba Asma [biasanya hal pertama yang aku lakukan ketika mo baca buku adalah liat ucapan terima kasihnya, tau de bwd ap ..] dan ..

HWWAAAAAAAAAAAAAAA!!!!...more
Kesti Cantika
sedih.. disaat keadaan mengharuskan untuk memiliki istri kedua,, sangat mengharukan tp saya tetap tidak setuju dengan poligami hehe
Bai Ruindra
Saya berani menjamin, buku ini merupakan salah satu karya terbaik Asma Nadia!
Aeron Tomino
May 17, 2011 Aeron Tomino rated it 5 of 5 stars
Recommends it for: Every one
Recommended to Aeron by: Helvy Tiana rosa
Sebuah Novel yang sangat brilliant. Sangat pintar membentrokan perbedaan karakter dari masing - masing tokoh cerita untuk menggugat poligami. Dengan setting serta Alur cerita yang melompat - lompat dengan halus, membuat Novel ini mempunyai konflik yang sangat besar, membuat penasaran membacanya untuk mengetahui akhir cerita.

Arini bikin gemas.., Prass bikin penasaran, Mei Rose dahsyat dan Tragis....

Tidak ada kepuasaan dalam ending cerita ini bagi saya selain dibuatkan sekuel kedua dan ketiganya...more
Hafizh Fauziyah
“apakah perempuan dilahirkan hanya untuk merelakan hati mereka disakiti?”
“bukankah kejujuran yang pahit itu akan lebih sulit kalian terima? tidakkah perempuan lebih mencintai kebohongan yang indah, meski itu semu dan jauh dari realitas?”
"jika cinta bisa membuat seorang perempuan setia pada satu lelaki, kenapa cinta tidak bisa membuat lelaki bertahan dengan satu perempuan?"

mengharu biru membaca novel ini, berasa jadi Arini yang dipoligami, entah, bagaimana hancurnya hati Arini yang sesungguhnya,...more
Wahyu Awaludin
sangat feminin ceritanya
Rahmadiyanti
Udah baca saat dimuat sebagai cerbung di Ummi, tapi kata Mbak Asma ada revisi plus penambahan. Baru beli di IBF kemarin, tapi belum sempat dibaca ;)
=====
Udah baca lagi. Aku pikir ada revisi di ending, karena waktu dimuat di Ummi, endingnya kurang jelas (bukan menggantung). Tapi ternyata revisi lebih banyak di awal *menggali ingatan waktu baca di Ummi*

Yang jelas, novel ini menarik karena mengangkat poligami dari sudut pandang suami, istri pertama, dan istri kedua.
Asmira Fhea
Ini novel yang sebenarnya diperuntukkan pada dewasa, tapi aku penasaran dan akhirnya memutuskan baca.
Ceritanya soal poligami yang diambil dari sudut pandang istri pertama-suami-istri kedua.
Tehnik kepenulisan Asma Nadia udah gak dihiraukan lagi deh. Gesit banget! Padahal di novel ini ia mengambil sudut pandang 3 org sekaligus, 2 POV yang berbeda dengan kadar bagian ceritanya yang sama.
Novel ini mengaduk-aduk emosi bgt! Saya sempat kena euphoria lebih dari sehari! (Paraaah
Hairi
Yang salah suaminya itu.. si Pras. Udah tau kan kalau dua2an itu yang ketiganya adalah setan.. ihh... masih aja dua2an. Kenapa? Mau sok jadi pahlawan? Kalau memang mau bantu Mei rose buat belajar Islam seharusnya Pras ga mesti turun tangan sendiri. Bilang, nanti sy kenalin sama istri sy, atau sy kenalkan dengan siapaaa gitu.. yg sesama wanita tempat buat Mei Rose belajar Islam. Agar kesalahan itu tidak terjadi.

Lah? kok sy jadi esmosi????
Yudith Fabiola
Ini merupakan Novel terbaik Asma Nadia yang pernah saya baca. Asma Nadia sukses membangun karakter yang kuat pada setiap tokohnya. Saya merasa mereka -Arini, Pras dan Mei Rose- bernyawa dan memainkan peranannya dengan nyata dihadapan saya. Dan mba Asma dengan kepiawaiannya merajut kata dan memilin alur cerita berhasil mengaduk-ngaduk emosi saya ketika membacanya.

Isinya? Baca sendiri aja deeh :)
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 24 25 next »
topics  posts  views  last activity   
keren!!! walau belum baca :( 3 8 Jan 28, 2013 12:00AM  
  • Bukan di Negeri Dongeng
  • Diorama Sepasang Al Banna
  • Galaksi Kinanthi: Sekali Mencintai Sudah itu Mati?
  • Gadis Kretek
  • Rojak
  • Riyadhus Shalihin Jilid 1
  • Negeri van Oranje
  • Notes From Qatar
  • Pukat (Serial Anak-anak Mamak, Buku 3)
  • Jalan Cinta Para Pejuang
  • Ketika Cinta Berbuah Surga
688171
Asma Nadia
Education: Bogor Agricultural University (IPB, 1991)
Home FAX: +622177820859
email: asma.nadia@gmail.com

Working Experiences: I was working as a CEO of Fatahillah Bina Alfikri Publications, and Lingkar Pena Publishing House, before starting AsmaNadia Publishing House (2008)

Writing residencies: in South Korea, held by Korean literature translation institute (2006) & and in Switzerland h...more
More about Asma Nadia...
Catatan Hati Seorang Istri Jangan Jadi Muslimah Nyebelin! Sakinah Bersamamu Catatan Hati di Setiap Sujudku Aisyah Putri 1: Operasi Milenia

Share This Book

No trivia or quizzes yet. Add some now »