Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Istana Kedua” as Want to Read:
Istana Kedua
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Istana Kedua

by
3.78  ·  Rating Details ·  1,843 Ratings  ·  175 Reviews
Mei Rose:
"Aku telah merampas sesuatu yang paling berharga dari hidupnya. Dan sangat wajar jika perempuan ini datang dengan segunung lahar api. Hm... koreksi. Aku tidak merampas apa pun, aku hanya memaksanya berbagi."


Arini:
"Jika cinta bisa membuat seorang perempuan setia pada satu lelaki, kenapa cinta tidak bisa membuat lelaki bertahan dengan satu perempuan?"


Dongeng yang re
...more
Paperback, 248 pages
Published 2007 by Gramedia Pustaka Utama
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Community Reviews

(showing 1-30)
filter  |  sort: default (?)  |  Rating Details
Meta Morfillah
Apr 05, 2015 Meta Morfillah rated it really liked it  ·  review of another edition
Judul: Surga yang tak dirindukan
Penulis: Asma Nadia
Penerbit: AsmaNadia Publishing House
Dimensi: xii + 308 hlm, 20.5 cm, cetakan keempat Juni 2014
ISBN: 978 602 9055 21 4

"Jika cinta bisa membuat seorang perempuan setia pada satu lelaki, kenapa cinta tidak cukup membuat lelaki bertahan dengan satu perempuan?"

Apa artinya rumah yang selama ini kerap dianggap sebagai surga, jika tak lagi menjadi pelabuhan yang ramah dan tak lagi dirindukan oleh pemiliknya? Begitulah suasana yang ditampilkan dalam nove
...more
Petronela
Tertarik sama buku ini karena penggalan-penggalan quotesnya yang memang bagus. Tadinya, saya berharap ceritanya lebih rapi, mengingat ini versi cetak ulang dengan cover film. Saya nggak tahu gimana edisi sebelumnya, tapi versi cetak ulang ini pun terkesan kurang rapi timelinenya. Kadang bisa berbalik ke masa beberapa tahun lalu, lalu meloncat lagi ke masa sekarang.

Yang bikin gemes juga sosok Arini yang -ya, okelah, lembut, tapi nggak sepasrah itu juga. Atau mungkin saya bukan perempuan yang ter
...more
Andi Lintang
May 01, 2015 Andi Lintang rated it really liked it  ·  review of another edition
Shelves: indonesia, punya
the most painful ending that I ever read
Sinta Nisfuanna
Oct 12, 2011 Sinta Nisfuanna rated it liked it
Shelves: spiritual
Pinjam dari Mbak Novi
---

Jika cinta bisa membuat seorang perempuan setia pada satu lelaki, kenapa cinta tidak bisa membuat lelaki bertahan dengan satu perempuan?

Membaca Istana Kedua mengingatkan saya dengan cerpen Asma Nadia yang berjudul Sakinah Bersamamu. Secara alur dan plot cerita berbeda, tapi memiliki kesamaan pada tema yang diangkat [poligami] dan akhir cerita yang menyesakkan. Poligami, tema yang memang sering memancing kontroversi. Banyak yang kontra, tapi yang pro pun nggak kalah.

Arini,
...more
Marina Zala
** Books 238 - 2015 **

2 dari 5 bintang!

Saya bukanlah seorang yang baru dalam penikmat karya-karya dari Asma Nadia. Saya sudah mengikuti karya beliau sejak mulai duduk dibangku SMP dimulai dari perjalanan mengikuti kisah Aisyah Putri 1: Operasi Milenia lalu berlanjut kepada Rembulan di Mata Ibu hingga sampai novel ini dibaca ternyata sudah 15 buah buku Karya Asma Nadia yang sudah saya pernah baca sebelumnya.

Ada yang berubah dari cara penulisan beliau dan ada yang hilang dari novel2 Asma Nadia
...more
Sawitri
Novel ini mengangkat tema tentang poligami. Yang saya suka, dengan membaca buku ini, kita diberikan konflik yang berbeda yg mungkin saja dihadapi oleh pasangan suami istri. Bahwa ada banyak alasan yang membuat seorang laki-laki memilih untuk berpoligami, termasuk dengan niatan membantu. Meskipun, terdapat pernyataan di dalam novel ini kalau alasan laki-laki berpoligami ya karena ia jatuh cinta dengan perempuan itu. Titik.
Yah, bagi yang membaca silakan mempersepsikan makna poligami itu sendiri da
...more
M Mushthafa
May 15, 2009 M Mushthafa rated it liked it
URL: http://rindupulang.blogspot.com/2008/...

Asma Nadia dan Dilema Poligami

Beberapa bulan terakhir ini, di beberapa koran nasional terjadi perdebatan yang cukup sengit dan panas tentang kecenderungan beberapa sastrawan dalam merepresentasikan perempuan dan seksualitas dalam karya-karya mereka. Ada kalangan yang berdiri di titik ekstrem: menghujat atau membela, dan ada pula yang berusaha menengahi. Karya sastra yang kental dengan tema seksualitas pada tingkat tertentu identik dengan perempuan pen
...more
Zamroni At-Tirmizi
Bingung.. Mau baca kok cuman discription..?
N Mursidi
Feb 27, 2009 N Mursidi rated it liked it
Potret Buram Perempuan dalam Poligami
(sumber: Surabaya Post, Minggu 27 Juli 08 dan Pemenang II Lomba Resensi Istana Kedua)

DI antara deretan perempuan penulis Indonesia, Asma Nadia memang pantas dicatat sebagai salah satu pengarang yang cukup produktif. Tak kurang dari 33 karya telah lahir dari buah pikiran kreatif pengarang satu ini. Dengan mengangkat beragam tema dan persoalan hidup kaum wanita, mulai dari cinta remaja, kekerasan terhadap perempuan, luka hati seorang istri (akibat pologami) sam
...more
Wit Wit
Dec 08, 2015 Wit Wit rated it it was amazing  ·  review of another edition
Novel Surga yang tak Dirindukan ini menceritakan tentang kehidupan rumah tangga seorang gadis yang selalu mengkhayalkan kehidupannya sama seperti dalam cerita dongeng, yang pada akhir ceritanya akan selalu hidup bahagia. Tetapi dalam kehidupan nyata justru berbanding terbalik dengan khayalannya tersebut.
Kisah ini berawal dari seorang gadis bernama Arini yang suka berkhayal bahwa kelak akan ada seorang pria tampan yang melamarnya dan hidup bahagia bersama selamanya. Akhirnya diapun menikah dengan
...more
Nicegreen
Jun 08, 2008 Nicegreen rated it it was ok
Mungkin dongeng seorang perempuan harus mati, agar dongeng perempuan lain mendapatkan kehidupan.

Pernikahan bukanlah sebuah dongeng yang selalu berakhir dengan kebahagiaan. Tak jarang banyak perempuan yang dipaksa untuk berbagi kebagiaan dengan perempuan lain. Seperti halnya Arini, yang selalu menganggap hidup ini dongeng yang akan berakhir bahagia. Arini, ibu dari 3 orang anak (Nadia, Adam dan Putri) yang telah dengan setia mendampingi Prasetya selama kehidupan pernikahannya. Tiba-tiba hatinya l
...more
Hestin Rahmania
Arini yang lembut, penuh keanggunan, dan nyaris sempurna, menjadi korban “poligami” si Pras (suaminya). Bisa digunakan sebagai pembelajaran bagi kaum perempuan, bahwa menikah itu bukanya tanpa resiko dan persiapan. Bukan saja kesiapan untuk ditinggalkan jika ajal pasangan tiba, tapi juga kesiapan jika pasangan jatuh cinta lagi dan meninggalkan istri pertama karena orang lain.

Pras,tipe lelaki yang diidamkan para perempuan. Lelaki yang “lurus”, namun tetap punya kelemahan. Rasa kemanusiaan dan nia
...more
Nadia Syafiqoh
Jul 26, 2015 Nadia Syafiqoh rated it really liked it  ·  review of another edition
Shelves: novel, islami
Dulu Penasaran banget pengen baca waktu judulnya masih Istana Kedua, tapi gak juga pernah nemu novelnya... cuma baca cuplikan-cuplikan aja sebagian isinya. Baru tau kalau sudah berganti judul saat sudah mulai tayang filmnya. Tapi saya lebih tertarik untuk baca novelnya dulu daripada nonton filmnya, dan novel barunya dengan cover film pun sudah berhamburan di toko buku.
Dan ternyata, saya benar-benar bisa menyelesaikan baca novel ini dalam waktu singkat, yang berarti penulisannya memang menarik b
...more
Nur Qadariah
Honestly, saya lebih dulu tau jalan ceritanya dari review-review filmnya. Jadi, begitu bukunya ada di genggaman, saya bacanya sambil ngebayangin adegan-adegannya. Setelah saya bandingkan antara buku dan filmnya, endingnya berbeda. Jika di film klimaksnya di solved sampai tuntas, sedangkan ending di buku dibiarkan menjadi ending terbuka, pembaca dibebaskan untuk memberi ending seperti apa. Sayangnya, banyak yang salah menafsirkan bahwa buku ini seolah 'menantang' hadist tentang poligami, padahal ...more
Nono
Sep 11, 2015 Nono rated it really liked it  ·  review of another edition
Buku karya Asma Nadia dari dulu selalu penuh pelajaran berharga deh..
walaupun dikemas dalam bentuk novel, nilai-nilai yang disampaikan tetap tidak hilang.
Pelajaran dari Novel Surga yang tidak dirindukan ini salah satunya adalah bagaimana harus bersikap ketika mengetahui ternyata pasangan kita tidak hanya memiliki kita sebagai istrinya. Tidak harus diselesaikan dengan labrak melabrak ala ala drama sinetron (walopun sih nggak bakal semudah membalik kan telapak tangan). yaaah sabar memang nggak gam
...more
Ayu Zuraidah
Oct 09, 2007 Ayu Zuraidah rated it it was amazing
sedang dibaca, bahasanya Asma indah sekali, bnr2 karya sastra.
dari awal kita dibawa u/ mengikuti bbrp kisah hidup pribadi2 yg berbeda, dgn bumbu sejarah, ttg iman, ttg ideologi, ras, spt membaca puzzle yang masih tercerai berai...teka teki yang membuat penasaran karena masing2 tokohnya seolah tak berhubungan. endingnya.....

i'll let you know once finished..
Ririen N
May 03, 2015 Ririen N rated it really liked it  ·  review of another edition
nice book satu lagi dari bunda Asma Nadia =)
meskipun agak gak sreg sama endingnya, tapi aku suka alur ceritanya, konfliknya.
satu hikmah yang bisa diambil dari cerita novel ini, selalu ada hal yang patut disuyukuri setiap saat meskipun masalah besar sedang datang menghampiri..
Hairi
Jul 24, 2015 Hairi rated it liked it  ·  review of another edition
naik satu bintang dari yang pertama dibaca dulu waktu masih berjudul Istana Kedua. Yang disayangkan seolah-olah semua laki-laki semuanya mendua. Pras, ayahnya Pras, ayahnya Arini, suami sahabat2 Arini, teman-teman Pras. hufff.... review lengkap mungkin akan tayang di blog. belum ditulis :p
Helvy
Jan 24, 2008 Helvy rated it it was amazing
Brilliant!

Ini buku tentang poligami yg matang, bagus dan jauh dari klise. Di jalin secara indah dan cerdas. Karakter para tokohnya kuat. Alurnya mengalir--tidak linier, agak rumit tapi asyik--dan diimbangi dengan kelincahan yang lihai dalam menggunakan sudut pandang!

Ika
Nov 23, 2008 Ika added it
Ending yag tidak terduga. Bercerita ttg cinta segitiga, dan ketegaran seorang istri.
Zeana Winano
Inspiration
Laras
Saya hanya suka membaca bagian Mei Rose. Hanya di bagian itu plot terasa bergerak maju, padahal sebagian besar narasi Mei Rose ada di masa lalu. Sedangkan bagian Arini terasa jalan di tempat, minim cerita, nyaris tanpa plot, hanya berputar-putar di sekitar kebingungan dan kemarahan Arini pada suaminya yang dengan bodohnya dipendamnya saja. Selain itu, di bagian-bagian awal terasa ada perpindahan seting waktu yang tidak mulus, latar waktu berubah mendadak tanpa penanda: tidak dengan tambahan spas ...more
minky_monster
Apr 23, 2014 minky_monster rated it liked it
Novel yg bertema poligami, atau lebih tepatnya, suami yg menikah lagi secara diam-diam tanpa memberitahu istri.
Diceritakan melalui 3 POV karakter utamanya. Arini, si istri. Mei Rose, istri kedua. Dan Pras, si suami.

Arini yg selama 10 tahun pernikahannya dengan Pras berlangsung bahagia dan sakinah, dengan 3 anak sebagai pelengkap hidup mereka, hingga akhirnya menemukan adanya seorang wanita lain yg mengaku Nyonya Pras. Walaupun hanya lewat telepon, dan belum menanyakan lebih lanjut, Arini kebur
...more
Azia
Feb 26, 2012 Azia rated it really liked it
This review has been hidden because it contains spoilers. To view it, click here.
Nur Hafizzah
Jan 02, 2017 Nur Hafizzah rated it really liked it  ·  review of another edition
Quotenya indah, bila difilemkan juga indah, realiti tak seindah angan-angan, buku yang menjejak dan berpijak di bumi nyata.
Mar
Jul 11, 2009 Mar rated it it was amazing

Judul cerita : Istana Kedua
Pengarang : Asma Nadia
Penerbit : PT. Gramedia Utama
Cetakan : I, 2007
Tebal : 243 halaman

Dongeng Retak-Retak

Arini sosok istri ideal di mata Pras. Cantik, cerdas dan menyenangkan. Suatu hari, Arini menemukan rekening tagihan listrik atas nama perempuan lain. Dan setelah ditelusuri melalui telepon di tagihan tersebut, Rini mendengar suara yang menjawab adalah perempuan yang mengaku istri dari suaminya.

Di bab selanjutnya, bercerita tentang sisi hidup lain dari seorang Mei
...more
Andina Sholekhah putri
Ya ampun.....bisa dibilang, saya merasa kasihan dan serba salah kalau di posisi Arini. Bukan salah Pras, hanya saja saat itu Pras lah yang berada dalam kondisi yang bisa dikatakan 'sulit'. Karena Pras juga tidak tega apabila harus meninggalkan Mei rose yang kecewa setelah selama hidupnya mengalami kekecewaan, yatim-piatu dan harus ikut salah satu kerabat dekat keluarga ayahnya yang jahatnya minta ampun. Mei rose kecil harus bekerja ekstra keras sepulang sekolah untuk bersih-bersih rumah Bude nya ...more
Dhia Citrahayi
May 29, 2014 Dhia Citrahayi rated it did not like it
Shelves: novel, perenungan, sastra
Hati adalah Raja di antara semuanya. Bagaimana bila sang Raja dipermainkan? Sudah dipastikan, orang itu bisa jatuh-sejatuhnya. Yang paling memegang kendali dalam diri manusia diinjak-injak, diremehkan, dianggap sebagai mainan anak-anak.

Bukannya sekarang banyak sekali orang-orang yang suka tebar pesona ke mana-mana? Berusaha merebut hati lawan jenis hanya untuk kemudian membuangnya begitu saja.

Memprihatinkan.

Apa nggak ada mainan lain yg bisa dimainkan selain perasaan? Adu strategi kek, main adu b
...more
Sitty Asiah
Jun 28, 2009 Sitty Asiah rated it really liked it
“Mungkin, dongeng seorang perempuan harus mati, agar dongeng perempuan lain mendapatkan kehidupan.”

Arini, adalah seorang wanita yang tak pernah berhenti bermimpi. Ia sangat yakin bahwa suatu hari nanti akan ada seorang pangeran datang padanya untuk membawanya ke dalam kehidupan yang bahagia. Meminangnya, dan membangun istana mereka berdua.

Mei Rose, adalah seorang wanita keturunan Tionghoa yang tak pernah berani memiliki mimpi. Ia bahkan mengutuk semua mimpi indah yang tertera dalam setiap dongen
...more
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 next »
topics  posts  views  last activity   
keren!!! walau belum baca :( 3 9 Jan 28, 2013 12:00AM  
  • Dilatasi Memori
  • Cahaya di Atas Cahaya: Catatan Perjalanan Spiritual Oki Setiana Dewi
  • Khilafah: Bukan Hanya Pemimpin Yang Amanah, Tapi Juga Sistem Kepemimpinan Yang Amanah
  • Mata Ketiga Cinta
  • Islam Liberal 101
  • Balada Si Roy 3: Rendez-Vous
  • Jodoh Dunia Akhirat
  • Fatimah az-Zahra: Kerinduan dari Karbala
  • Makelar Rezeki: Rahasia Penyalur Energi Sukses dan Mulia
  • Open Your Heart, Follow Your Prophet
  • Athirah
  • Tuan Direktur
  • Over The Rain
  • Robohnya Dakwah di Tangan Dai
  • A Week to Forever
  • Notes from Qatar 2
  • Man Shabara Zhafira
  • Lapis-Lapis Keberkahan
688171
Asma Nadia
Education: Bogor Agricultural University (IPB, 1991)
Home FAX: +622177820859
email: asma.nadia@gmail.com

Working Experiences: I was working as a CEO of Fatahillah Bina Alfikri Publications, and Lingkar Pena Publishing House, before starting AsmaNadia Publishing House (2008)

Writing residencies: in South Korea, held by Korean literature translation institute (2006) & and in Switzerland h
...more
More about Asma Nadia...

Share This Book



“Sesaat setelah mengalami kisah cinta, aku pun mencarimu, tanpa tahu bahwa itu tidak perlu.” 2 likes
More quotes…