Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Diorama Sepasang Al Banna” as Want to Read:
Diorama Sepasang Al Banna
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Diorama Sepasang Al Banna (Al Banna #1)

by
3.81  ·  Rating Details ·  1,050 Ratings  ·  129 Reviews
Bagaimana jadinya ketika sepasang manusia berbeda cara pandang dalam memahami kehidupan sanggup bertautan, bergandengan dan hidup menggapai impian. Ataukah mereka justru saling berpaling, berpisah, dan saling menjauh?

Novel Islami yang unik dan sarat informasi ini menjadi karya terbaik kedua dalam "Sayembara Menulis Novel Remaja Islami Mizan 2002".
Paperback, 288 pages
Published 2003 by DAR! Mizan
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Community Reviews

(showing 1-30)
filter  |  sort: default (?)  |  Rating Details
Septa
Apr 01, 2011 Septa added it
Diorama Sepasang Albanna, yang menampilkan gambar seorang gadis berwajah agak Timur Tengah, yang menggunakan hijab. Bagi saya, buku itu tidak beda dengan buku-buku religius lainnya, yang isinya lebih banyak menggurui memenuhi hasrat penulisnya ketimbang pembaca bukunya.
Suatu malam, saat saya berkesempatan menyampul buku itu, saya mencoba untuk membaca beberapa halaman di bab 1 (dalam buku ini, bab disebutkan dengan persil yaitu bidang atau bagian,red). Halaman 10 terlewati, berlanjut ke halaman
...more
Desi Anita
Sep 10, 2007 Desi Anita rated it liked it
Shelves: novel, indonesian
cerita-nya udah kaya sinetron.. tp anehnya banyak yg suka ya?
rizka
Jun 17, 2010 rizka rated it it was amazing
Recommends it for: Yg ingin tau & penasaran arsitektur + penyuka novel islami; Maba Arsitektur
Recommended to rizka by: My Bestfriend
Buku ini merupakan salah satu dari banyak faktor yang berhasil menjadikan saya "terjebak" dalam dunia Arsitektur. :D
Ditawarkan oleh teman baik saya yang pada mulanya (gara-gara buku ini) tertarik bercita-cita menjadi untuk menjadi arsitek.
Saya membaca saat kelas 1 SMA, beberapa bulan sebelum tes minat& bakat dalam memilih jurusan lanjutan. Jadilah buku ini salah satu sumber survey saya dalam menentukan tujuan saya kedepannya ingin mendalami apa. Tak dinyana, hasil tesnya memang menyarankan s
...more
Sefryana
Dec 07, 2009 Sefryana rated it liked it
Siapa jodoh kita, hanya Allah Swt yang tahu. Tidak ada manusia, tidak juga SMS REG (spasi) JODOH itu.

Hal baru yang saya temukan dalam novel ini adalah bagaimana Mbak Ari Nur mengemas romance Islam dengan arsitektur yang digelutinya. Cukup berhasil, menurut saya. Ketika membaca bab-bab pertama, saya terbawa dalam pembicaraan tokoh-tokoh bernuansa Islam yang indah dan bahasa-bahasa arsitektur.

Saya mungkin tidak menemukan seseorang yang bersama saya sekarang (belum menjadi suami), karena dia adalah
...more
Zahwa az-Zahra
Jan 23, 2011 Zahwa az-Zahra rated it really liked it
Shelves: cumi-cuma-minjem
Kebiasaan saya tiap kali ke rumah/ kost-an teman adalah mengintip koleksi bukunya. (Berharap ada yang bisa diculik untuk kemudian dibaca di rumah, heheu...). Dan buku Diorama Sepasang Al Banna ini tersusun manis di rak buku di kost-an teman saya. Sudah sejak lama mendengar judul novel ini tapi baru berkeinginan untuk membacanya di tahun 2011. Jadi, harap maklum kalau saya memang masuk kategori telat dalam membaca karya fiksi, terutama novel.

Berhubung saya lebih dulu membaca Facebook on Love, mak
...more
Nicegreen
Apr 29, 2008 Nicegreen rated it it was amazing
Ketika pertama kali membaca buku ini, aku merasa seperti membaca diari pribadiku. Dari persil (bab) 1 ke persil berikutnya aku semakin terhenyak dengan isi ceritanya. Loh kok sama seh, gak jauh beda sama yang kualami. Sempat kuhentikan membaca buku ini karna membuat hatiku semakin gusar dan gelisah tak karuan. Karena saat itu kondisiku sedang labil.

Dua hari yang lalu baru kulanjutkan melahap isi buku ini. Aku semakin terhanyut dengan jalan ceritanya. Alur cerita yang disajikan oleh penulis yang
...more
Femmy
3,5 -- Aku baca buku ini sudah lama, jadi sudah agak lupa-lupa. Kesan yang tertinggal adalah bahwa novel ini utamanya kisah cinta, yang lumayan romantis juga. Paruh awal novel tentang pertemuan kedua tokohnya, paruh kedua mengisahkan kehidupan pernikahan mereka. Seingatku, penuturannya lancar, konfliknya wajar dan realistis keseharian.

Aspek yang paling menarik dari novel ini adalah unsur-unsur arsitektur islami yang diselipkan di dalam cerita, karena tokohnya memang bekerja di perusahaan arsitek
...more
Ayuti Fathmarany
Jun 04, 2013 Ayuti Fathmarany rated it it was amazing
Plotnya menarik di 1/5 -3/5 bagian 4/5 agak membosankan (waktu rani berusaha buat biro sendiri) tapi 5/5 menarik lagi. Penggambaran karakter yang unik, dan membuat saya pribadi positive thinking ttg pernikahan
Ariefmai Rakhman
May 05, 2010 Ariefmai Rakhman rated it liked it
Shelves: not-mine
Aku menyukai buku ini saat aku masih menunduk ketika melihat wanita, sekarang ? entahlah mungkin ngerasa kalau orang-orang yang masih melakukan itu sebenarnya berbohong.
Vionica
Jul 07, 2010 Vionica rated it really liked it
Sweet....
Nicegreen
Apr 29, 2008 Nicegreen rated it it was amazing  ·  review of another edition
Ketika pertama kali membaca buku ini, aku merasa seperti membaca diari pribadiku. Dari persil (bab) 1 ke persil berikutnya aku semakin terhenyak dengan isi ceritanya. Loh kok sama seh, gak jauh beda sama yang kualami. Sempat kuhentikan membaca buku ini karna membuat hatiku semakin gusar dan gelisah tak karuan. Karena saat itu kondisiku sedang labil.

Dua hari yang lalu baru kulanjutkan melahap isi buku ini. Aku semakin terhanyut dengan jalan ceritanya. Alur cerita yang disajikan oleh penulis yang
...more
Yusi Yustanti
Jul 25, 2013 Yusi Yustanti rated it it was amazing  ·  review of another edition
Shelves: sekedar-sharing
Aku beli buku ini di November 2006 dengan cover lama(warna orange)...Awalnya hanya sekedar tertarik liat sedikit ulasan di cover belakangnya.Tapi begitu mulai membaca persil demi persil...hhmmm,jadi lebih tertarik lagi pengen tau kelanjutannya.Apalagi pas ternyata ada buku keduanya,jadi pengen beli juga.
Mulai dech kurekomendasikan ke temen yg juga hobi baca,coba kupinjamkan..ehh tertarik juga dia.Dari situ mulai cari waktu luang buat hunting buku keduanya,dan akhirnya dapet juga di 26 Maret 2007
...more
Yusi Yustanti
Aku beli buku ini di November 2006 dengan cover lama(warna orange)...Awalnya hanya sekedar tertarik liat sedikit ulasan di cover belakangnya.Tapi begitu mulai membaca persil demi persil...hhmmm,jadi lebih tertarik lagi pengen tau kelanjutannya.Apalagi pas ternyata ada buku keduanya,jadi pengen beli juga.
Mulai dech kurekomendasikan ke temen yg juga hobi baca,coba kupinjamkan..ehh tertarik juga dia.Dari situ mulai cari waktu luang buat hunting buku keduanya,dan akhirnya dapet juga di 26 Maret 2007
...more
Linna - Adlina Haezah -
Entah apa yang dulu membuatku sangat menyukai buku ini. Padahal kalau dipikir-pikir sekarang, aku sudah lupa dengan ceritanya hehe..

Aku hanya ingat ketika membacanya aku merasa seperti tidak bisa berhenti membaca. Kisah cintanya pun di awal nggak terlalu di ekspos karena yaah... karena kan buku ini menjunjung islaminya jadi nggak bisa menye-menye kalo belum ada hubungan apa-apa.

Entah jatuh cinta pada pandangan pertama atau apa, kemudian si bos akhirnya ngelamar tokoh ceweknya disini. Dan barulah
...more
Ryan
Apr 08, 2008 Ryan rated it really liked it
Recommended to Ryan by: Mas Syahid
Shelves: islam, great-fiction
Akhirnya! Setelah lama mencari ketemu juga novel ini. Ada dua alasan saya membaca karya Ukhti Ari Nur : pertama, HTR memuji novel yang juga juara ke-2 sayembara penulisan mizan, sebagai kisah dengan setting arsitektur yg cukup baik. Kedua, dan ini yang terpenting tentu saja, "penokohan-nya" :D

Secara umum novel ini cukup bagus. Mengisahkan pernak-pernik kehidupan pra dan saat berumah tangga dua insan yang sama-sama mencintai "Al Banna". Ari, sang penulis benar2 memanfaatkan latar akademisnya untu
...more
Mizuki Arjuneko
Jan 23, 2015 Mizuki Arjuneko rated it really liked it  ·  review of another edition
Dah lama baca ini. Pas SMA. Pinjem dari temenku. Aku suka sama ceritanya yang berlatar belakang arsitektur. Kelihatan lebih bervolume saja. Dan pasangan ini diceritakan tetap fokus dengan kiprahnya sampai akhir. Jadi latar arsitektur ga cuma jadi warna sampingan cerita aja.

Temenku yang minjemin buku itu sampai terobsesi buat nikahin arsitek kaya Ryan XD *krik Dia sempat nesu pas aku cerita sepupuku yang arsitek nikah sama arsitek juga. Haiyaaah XD

Tapi menurutku Ryan lebih cute di Dilatasi Memori
...more
Aprilia Hartami
Mar 30, 2013 Aprilia Hartami rated it it was amazing
Saya baca buku ini sekitar tahun 2006-an, tapi masih terkenang hingga sekarang... Gara-gara buku ini saya jadi tahu seluk beluk dunia arsitektur..Imajinasi tentang arsitektur2 Gaudi pun terbangun.
Buku ini mengisahkan cinta sepasang sejoli yang cukup realistis, diwarnai konflik, humor, dan hal-hal yang menantang. Karakter tokoh-tokohnya juga realistis. Rani yang begitu idealis, tapi kadang juga lugu apa adanya. Ryan yang begitu cerdas juga memiliki banyak kekurangan.

Saya sangat suka dengan ilmu
...more
Dona
Dec 30, 2008 Dona rated it really liked it
Actually, the story is quite ordinary. It's about a young woman's life before and after marriage. The woman comes from a simple family, but very smart. She starts her career from scratches right after she finishes her college, n then marries her boss. Then the story talks about their lives after the marriage.The couple has gone through big changes n experiences the roller coaster of life.
The setting is good.Somehow, you were dragged into d story.
It's just awesome! you have to read it yourself.
Simbahenom
Jun 25, 2012 Simbahenom rated it it was ok
Shelves: minjem
Udah agak lupa ceritanya gimana, baca pas jaman kuliah dulu. Kalo ga salah sih kisah cinta cowok cakep dan cewek cantik *ditoyor* ^^

Wanitanya seorang arsitek, sedangkan yang pria adalah bosnya. Udah ga inget juga di buku satu ini udah sampek nikah apa belum, soalnya akhirnya nikah dan punya anak *apa di buku 2 ya?? #hadehhh

Bener-bener lupa, tapi sumpah pernah baca kok

*ga jelas

*abaikan

...
Dian Shinta
Dec 21, 2015 Dian Shinta rated it really liked it
Yak! akhirnya memberikan empat bintang untuk Diorama ini. Sempet mikir buat ngasih dua bintang aja tapi berhasil digagalkan karena endingnya itu.... :))

Sayangnya, menurutku tanda baca disini kurang pas. Okelah itu kalimat perintah, tapi terlalu banyak yang penempatannya kurang pas. Trus kurang dikasih penjelasan latar untuk beberapa bagian, jadinya diriku ngga menjiwai deh. Eh? Atau karena wawasan Islam gue yang cetek?
Susanti Susanti
Apr 05, 2016 Susanti Susanti rated it really liked it
Salah satu novel yang dibaca di jaman awal-awal SMP yang masih agak diingat sampai sekarang. Novel yang selesai dibaca bikin pengen ketawa, sedih, seneng, ketawa-ketawa gak jelas, juga gemes saking gregetannya. Pingin Ryan ya Allah.. (sang tokoh utama)

"Mas, tikus apa yang kakinya dua?"
"Apa ya?"
"Mickey Mouse lah."
"Hahahaha.."
"Bebek apa yang kakinya dua?"
"Donald bebek.."
"Lah, kan semua bebek kakinya emang dua.."
Putra Harahap
Oct 04, 2013 Putra Harahap rated it really liked it
Awalnya saya kaget dg cerita di buku ini... Judulnya mengecoh saya, kirain biografi atau buku perjuangan dan semacam itu, ternyata.... Btw, saya salut dg penulis yg masih muda (saat menulis buku ini) tapi udah bisa bikin cerita yg komplit menggabungkan cerita arsitektur, intrik2 perkantoran, melodrama cinta yg ngga cengeng, dan juga keberanian penulis menceritakan sedikit cerita dewasa... recommended!
Ulfah Uswatun
Jan 08, 2013 Ulfah Uswatun rated it it was amazing  ·  review of another edition
Ini novel pertama yang membangun karakterku. Saya membacanya sewaktu SMA. disitu saya menemukan sosok yang menjadi idaman bagi saya :shy:. Heheee.. sosok yang cool, calm, and confident. Ar royan fikri. Setelah baca tu novel, novel apapun tetep terkalahkan oleh sosok itu ryan. Bahkan fahry dalam novel ayat-ayat cintu tu lewat, apalagi azzam dalam ketika cinta bertasbih. Sekali ryan tetap ryan. hahaaa
Rizki
Apr 11, 2012 Rizki rated it really liked it
I read this book when I was 19 or 20. Since I read this book, I always fall in love with Ryan Fikri. Compared each man to Ryan Fikri. Searched Ryan Fikri's name on Facebook (what a fool..lol). Dreamt about a man who is architecht. And crazy of man who wear glasses. I did all though I know he's not real :D
Ayu Zuraidah
Oct 01, 2007 Ayu Zuraidah rated it it was amazing
Wonderfull!!
Ari Nur benar2 bisa membaca yang ada di pikiran para muslimah. Hehe. Novel berisi muatan ringan yang patut dibaca, ceritanya mengalir dan menghanyutkan yang membaca, mungkin kadang membius ya karena kehidupan berumah tangga di novel nya ini digambarkan begitu sempurna dengan penokohan yang sempurna pula. Tp ttp ok kok!
Buat ukhti2, mungkin bisa dijadikan referensi.. :)
caniea
Mar 15, 2008 caniea rated it liked it
woWW.......
bukunya seRru, mengalir lancar dan perlahan seperti rintik hujan yg menaburkan kesejukan. novel ciamik! ari berani menggabungkan unsur2 arsitektur yg ia geluti dicampur dg nuansa islami dn...... romantis euy..
bUut, baca buku ini mesti sabar2 aj, coz gaya berceritanya ga seradak seruduk. heE...~_^
Biruhati Syaheed
Karakter Ryan yang sangat kuat, idealisme seorang Rani, sikap si kecil Rifki yang ngegemasin, pertautan hati antara Ryan dan Rani yang begitu menggugah perasaan dan kisah cinta yang mereka rajut, telah membuat cerita DIORAMA SEPASANG ALBANNA & DILATASI MEMORI menempati ruang yang spesial di hati pembacanya.
Dina Octivina
Dec 23, 2013 Dina Octivina rated it really liked it
Shelves: indonesian-novel
baca ini ketika kuliah dulu. kebetulan kuliah di jurusan arsitektur juga, jadilah tau banget rasanya hal hal yg diceritakan dalam novel ini, tidur dgn kalkir berserakan, ga sempat mandi, dll, sesampainya mau asistensi sama "boss" (setelah begadang abis2an),disuruh revisi :D

romantis dan lucuuuuu... really like it :)
4 stars!
Lina
Oct 23, 2010 Lina rated it it was amazing
I read this book 7 years ago. I found that it affects me in real life since the day I finished it till now on.

I can say it's a good book. Ari successfully brings the reader-especially me- to be in. The way she describes everything is so perfect. I can imagine every single persil. The architectural atmosphere is blended in the books-living the narrative so much.
Vivi
Nov 19, 2008 Vivi rated it really liked it
ya.. githu deh.. romantiss..
tumben sih buat saya baca2 novel yg romantis, biasanya gk asik. tp novel yg satu ini bisa membuat sy bertahan membacanya, even ke sekuel nya yg kedua.
Pesan : hati2 buat yg baca buku ini, napa?? jadi pengen married..
Maksudnya itu berarti nih buku emang bisa membawa pembacanya untuk masuk dan bergabung dengan tokoh2 di dalamnya..
hehehe.. i guess..
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Ketika Mas Gagah Pergi (Edisi Kedua)
  • Setitik Kabut Selaksa Cinta
  • Pesantren Impian
  • Pingkan: Sehangat Mentari Musim Semi
  • De Winst
  • Ketika Cinta Berbuah Surga
  • Hafalan Shalat Delisa
  • Galaksi Kinanthi: Sekali Mencintai Sudah itu Mati?
  • Facebook On Love
  • Metropolis
763224
Books:
1. Diorama Sepasang Albanna
2. Dilatasi Memori
3. Pengantin Baru
4. Sketsa
5. Rumahujan

facebook: http://facebook.com/arinurutami.frenari
twitter: http://twitter.com/arinur13
More about Ari Nur...

Other Books in the Series

Al Banna (2 books)
  • Dilatasi Memori

Share This Book



“Diriwayatkan oleh Ibnu Mas'ud RA, Rasulullah SAW bersabda :

Nabi SAW membuat gambar empat persegi panjang. Di tengah-tengah ditarik satu garis sampai keluar. Kemudian beliau membuat garis-garis pendek di sebelah garis yang ditengah seraya bersabda: Ini adalah manusia dan empat persegi panjang yang mengelilinginya adalah ajal. Garis yang diluar ini adalah cita-citanya, serta garis yang pendek adalah hambatan-hambatannya. Apabila ia dapat menghadapi hambatan yang satu, maka ia akan menghadapi hambatan-hambatan yang lain. Dan apabila ia menghadapi hambatan yang lain, maka ia akan menghadapi hambatan yang lain lagi..”
9 likes
More quotes…