Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Salah Asuhan” as Want to Read:
Salah Asuhan
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Salah Asuhan

3.57  ·  Rating Details  ·  1,290 Ratings  ·  87 Reviews
The novel Salah Asuhan, translated here as Never the Twain, is among the most popular works of modern Indonesian fiction. First published in 1928, the book is still in print today.

Hanafi, the novel's protagonist, is madly in love with Corrie du Bussée, a beautiful Eurasian, though he has long been betrothed, to his cousin, Rapiah. Which woman should Hanafi marry: Corrie,
...more
Paperback
Published 2000 by Balai Pustaka (first published 1928)
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Salah Asuhan, please sign up.

Be the first to ask a question about Salah Asuhan

Laskar Pelangi by Andrea HirataBumi Manusia by Pramoedya Ananta Toer5 cm by Donny DhirgantoroNegeri 5 Menara by Ahmad FuadiRonggeng Dukuh Paruk by Ahmad Tohari
Buku Indonesia Sepanjang Masa
22nd out of 491 books — 1,732 voters
Bumi Manusia by Pramoedya Ananta ToerLaskar Pelangi by Andrea HirataAnak Semua Bangsa by Pramoedya Ananta ToerRonggeng Dukuh Paruk by Ahmad TohariNegeri 5 Menara by Ahmad Fuadi
Novel Indonesia Terbaik
42nd out of 342 books — 351 voters


More lists with this book...

Community Reviews

(showing 1-30 of 2,228)
filter  |  sort: default (?)  |  Rating Details
Adisti
Oct 10, 2007 Adisti rated it liked it
Ini buku adalah pencetus jawaban standar cewek jaman sekarang klo ditembak
"Tolong beri aku kesempatan untuk berpikir..."
Biruhati Syaheed
Oct 28, 2008 Biruhati Syaheed rated it really liked it
Shelves: indonesian
Salah satu novel karya sastrawan pelopor angkatan Balai Pustaka. Menggambarkan kisah seorang anak yang sempat durhaka kepada ibunya demi mengejar cinta dan materi. Cinta kepada gadis belanda dan ambisi menjadi orang kaya membuatnya lupa kepada adatnya. Sifat yang hadir karena sejak kecil ia sudah 'diasuh' oleh Belanda.

Bahkan masyarakatnya pun sudah menganggapnya 'menjadi Eropa' karena tindakannya sehingga tidak boleh dikuburkan di desanya.

Salah satu novel lama yang dicetak belasan kali hingga ki
...more
winda
May 07, 2009 winda rated it liked it
Shelves: family-library
Sekarang mungkin banyak orang yang seperti tokoh di novel ini, hanya saja orang tidak menganggapnya sebagai salah asuhan..
Honeypie
Apr 06, 2015 Honeypie rated it really liked it  ·  review of another edition
Recommended to Honeypie by: Republic Of Indonesia
Shelves: 2015
To be moved by a work of art, one needs life experience, so the problem of human existence that is evoked in the work can resonate in one's own heart. - Robin Susanto

---

I've been travelling quite a few times to other countries these past months for work; and I've recently had this want to acquire books, written by these countries' local artists, and preferably published locally, as well. And since I'm mostly bounded by work schedules, a kind of flexible/inflexible itinerary and highly-suggested
...more
Robert
Jul 02, 2009 Robert rated it it was amazing
Shelves: indonesian
Ingatan saya seperti kembali melayang-layang ke zaman kelas 3 SMP, saat menemukan buku ini di rak bawah perpustakaan sekolah. Saya ingat betul, warna sampulnya hijau dengan kertas yang sudah kuning kecoklatan serta tulisan-tulisan ejaan lama tercatat di atasnya.

Menurut saya ini adalah salah satu novel yang melampaui zamannya. Bercerita mengenai Hanafi, seorang putera Minangkabau yang bersekolah di Belanda, bergaul dengan orang-orang Belanda, berbahasa Belanda, dan jatuh cinta terhadap Corrie de
...more
Sandra dewi
Mar 11, 2010 Sandra dewi rated it really liked it
tentang hanafi yang...whuaaaahhhhh... AJAIB. cerita dengan background masa penjajahan belanda ini, masih tetap pas untuk masa sekarang. tentang anak muda yang merasa pintar secara ilmu tapi ga punya jati diri, jadinya ... tersesat deh....

Seperti banyaknya orang-orang disekeliling kita yang kehilangan jati diri, menganggap bahwa dunia barat itu pasti sudah lebih baik dari pada dunia timur kita yang kolot ini. dari hal yang paling sepele sampai dengan yang besar. dari masalah pakaian, sampai jalan
...more
Farissa Nuri
Sep 14, 2015 Farissa Nuri rated it liked it
Shelves: indonesian, classics
Saat sedang melihat-lihat bagian recomended di Goodreads ini, di situ saya melihat buku Salah Asuhan dan langsung berpikir hei sepertinya saya sudah pernah baca buku itu. Lalu saya melihat sinopsisnya dan memang saya sudah membacanya. Saat SMP sepertinya dan pinjam dari perpustakaan sekolah.

Detail ceritanya sudah agak lupa tapi saya ingat gambaran besar ceritanya.

Hanafi adalah seorang pemuda asal Solok. Dia mendapatkan pendidikan di sekolah Belanda di Betawi. Dia lebih banyak bergaul dengan or
...more
Gilang Permana
Apr 15, 2013 Gilang Permana rated it it was amazing  ·  review of another edition
Balai Pustaka merupakan salah satu penerbitan yang menjadi saksi perjalanan bangsa Indonesia sejak tahun 1908. Mewarnai dokumentasi bangsa melalui buku dalam berbagai jenis seperti sastra, pendidikan hingga bacaan umum. Tujuan awal berdirinya sendiri cukup mulia yakni mengembangkan bahasa bahasa daerah utama di Hindia Belanda seperti bahasa Jawa, Sunda. Namun seiring perjalanan waktu pada masa penjajahan justru menjadi media propaganda dengan membatasi ruang gerak penulis pribumi seperti Marah R ...more
Hafid
Nov 10, 2011 Hafid rated it it was amazing
buku ini menceritakan tentang kisah seorang pemuda pada tahun 20-an yang bernama hanafi. hanafi menyukai seorang gadis yang berbeda bangsa yang bernama corie namun tidak berani mengungkapkannya. hanafi yang merupakan bangsa pribumi yang sejak kecil hidup di kelilingi oleh orang-orang belanda tidak suka dengan keadaan dirinya sebagai bangsa pribumi. selain itu hanafi terpaksa menikah dengan wanita pilihan ibunya. namun karena tidak betah dia menceraikan istrinya dan meninggalkan ibu,istri dan ana ...more
Muhammad
Oct 02, 2011 Muhammad rated it it was amazing
Shelves:
Title: One Care
Author Name: Abdoel Moeis
Year of Publication: January 4, 1999
The Matter: 26 (twenty-six)
Publisher: Balai Pustaka
Thick book: 271 pages
Place of Publication: JAKARTA

"As high as high as we go to school, lest we forget the land where our starting point."
If, that is slah one message is written in the roman Moeis Abdoel this essay. Romance set in Solok, West Sumatra, and it tells about the life of the Betawi people a bit of Indonesia at the time of Dutch occupation.
After so many years th
...more
Sadam Husaen Mohammad
“Kawin campur itu sesunguhnya banyak benar rintangannya Corrie!”
Di zaman Balai Pustaka siapa yang tidak tahu dengan novel Abdoel Moeis yang berjudul Salah Asuhan, novel yang secara tematik agak mendobrak genre angkatan Balai Pustaka ketika pertama terbit karena Abdoel Moeis dengan berani mengambil tema yang luar biasa, yaitu perkawinan beda bangsa, yaitu antara Hanafi seorang bumipoetra dengan Corrie yang berbangsa Belanda. Tema yang sangat dahsyat karena ketika itu, novel atau roman yang muncul
...more
Randhy Nugroho
Buku yang ditulis pada tahun 1928 ini menceritakan tentang tragedi Hanafi, seorang Minangkabau yang jatuh cinta kepada Corrie du Busee, peranakan Prancis-Minangkabau pada zaman kolonial. Hanafi yang menilai bahwa adat Timur yang dipegang oleh kaum pribumi sangat ketinggalan zaman dan tidak berpendidikan, menjalani hidupnya dengan pola pikir dan perilaku ke-Baratan. Sampai Hanafi sendiri sudah dianggap orang 'Ulando' (bahasa Minang untuk Belanda) oleh orang kampungnya.

Plot yang disajikan sangatla
...more
Febry
Oct 01, 2007 Febry rated it it was amazing
Recommends it for: everybody
One of the best book in the Indonesian literacy, for all time.
Very famous, and always being recommended for students who wants to learn about Indonesian literacy.

This is the first novel that i read.

When i was in highschool, my teacher in Indonesian Language class pick this one for me.
It took him about 10 seconds to think which book suits me and he pick this one.

It's hard for me to understand the "real" meaning of this book, but after awhile i understand.

So, this one is classic for me.


This book i
...more
Agnes
Oct 29, 2007 Agnes rated it really liked it
Recommends it for: para pecinta sastra
I read this book in my junior high school library, 11 years ago. But I still remember the story :)
The story is about Hanafi, a minangnese man who's grow with west culture. He become a smart person but stubborn and thinking that all member of his family and culture is so stupid, he fell in love with his schoolmate, Corrie, a beautifull & smart dutchwoman.
But his culture require him to marry a minangnese woman named Rapiah, they matched since a child.
Well, I think this is not a happy ending st
...more
Agus Isnaen
Mar 28, 2016 Agus Isnaen rated it it was amazing  ·  review of another edition
Tidak pernah terbayang ketika membaca novel ini akan menghadirkan begitu banyak rasa haru dan pilu. Sang Penulis berhasil menghantarkan sebuah cerita yang begitu kompleks dengan sangat apik -rapih dan halus, interaksi serta konflik yang terjadi dipaparkan di setiap-setiap bab yang ada, berurutan dari datar klimaks sampai antiklimaks. Walaupun tidak ada kejutan-kejutan yang dhadirkan tetapi novel ini mampu menghadirkan rasa getir, pilu yang menghasilkan sebuah cerita yang mengharu biru.

Novel ini
...more
Sirot Fajar
Jul 04, 2014 Sirot Fajar rated it liked it
Waktu SD mau baca ini dilarang bapak, "jangan baca buku itu dulu. Baca aja yang lainnya. Itu buku untuk orang dewasa..." Tapi tetap aja nyuri-nyuri baca. Namun butuh waktu yang lama, 1 bulan lebih untuk menamatkannnya, karena tidak terlalu tertarik dengan ceritanya (mungkin karena masih kecil). Tapi biarpun demikian banyak pelajaran yg bisa didapat dari roman ini.. Sepertinya zaman kini banyak orang yang 'salah asuhan', hehe..
Willy Akhdes
Mar 26, 2016 Willy Akhdes rated it it was amazing
Ini adalah salah satu karya terpeting zaman Balai Pustaka yang terbit pertama kali tahun 1920an selain Siti Nurbaya dan Layar Terkembang. Ditulis dengan tata bahasa Indonesia-Melayu klasik dengan indah dan megah oleh Abdul Moeis dengan alur cerita (plot) yang sederhana namun sangat padat dan kaya akan perlawanan nilai-nilai pada zaman itu. Cerita berpusat pada Hanafi, seorang pemuda minangkabau dan Corrie Du Bussee, seorang pemudi peranakan Eropa. Mereka telah menjadi sahabat dekat sejak remaja ...more
Ismadi
Sep 14, 2007 Ismadi rated it liked it
shock culture...tema yang diangkat dalam kisah ini.berlatar budaya lokal dan keadaan sosial dimasa kolonial cerita asmara, pertentangan gaya hidup generasi tua dan muda, kisah adat ditampilkan dalam komposisi kisah yang menarik...sarat makna dan filosofi hidup...

gaya-gaya pujangga masa lampau kental dalam penceritaannya...
Cinita Nestiti
Feb 24, 2016 Cinita Nestiti rated it really liked it
Suka sekali dengan perkembangan tokoh-tokohnya x)
Diana Liudin
May 05, 2016 Diana Liudin rated it it was amazing
Shelves: favorites, novel
Novel karya Abdoel Moeis ini yang mengupas tentang permasalahan perbedaan adat sudah mengalami sedikit perubahan pada bagian akhir untuk memenuhi tekanan Balai Pustaka yang saat itu dikuasai oleh Pemerintah Belanda. Terlepas dari perubahan tersebut, novel ini merupakan karya sastra yang melampaui zamannya. Sampai saat ini sosok Hanafi masih hidup ditengah-tengah kita dan sering dipakai untuk melukiskan mereka yang seperti kacang lupa kulitnya, lupa akan siapa dirinya sendiri dan akarnya. Hanafi- ...more
Bunga Mawar
Hihihi... buku jadul, tapi saya baru membacanya kemarin... :).
Sore ini cari pinjaman buku jadul lagi ah...
Bening Pertiwi
Feb 17, 2014 Bening Pertiwi rated it it was amazing
ada yg berpikir ini novel jadul?
jadul dibuatnya
tapi pesan yg ada tetap sesuai zaman
Koera
Jan 12, 2016 Koera rated it really liked it
Baca buku ini jadi tau di tahun segitu ada "persamaan hak" orang melayu jadi belanda, jadi tau kalo ribetnya birokrasi (rumahsakit) ternyata warisan belanda juga, trus bnyak orang2 belanda yang benci sama politik etis.
Novel taun 1920-an aja masih relevan banget buat kondisi sosial jaman sekarang, mengkritisi ambivalensi dan mimikri pemuda kaum timur yang kebarat-baratan
overall keren bnget, tapi secara struktural sih biasa aja, walaupun ada twist yang kocak, saat Hanafi durhaka sama ibunya dibera
...more
Ayu Palar
Sep 05, 2009 Ayu Palar added it
Shelves: abandoned
Bahasanya bikin mabok -_- ntar dulu deeehhh.
Gara Pradnya
Apr 24, 2013 Gara Pradnya rated it really liked it
Sebuah masterpiece sastra Indonesia yang, kalau saja disajikan dengan bahasa "modern", tak kalah dengan fiksi-fiksi metropop yang tenar belakangan ini. Terlebih, dengan konvergensi budaya kawula muda Indonesia yang kini cenderung bergaya ke-"timur"-an (dalam arti Korean wave dan negara yang berdekatan dengannya), Salah Asuhan menemukan relevansi barunya dalam memberi pandangan tentang konvergensi dan jurang budaya. Sisi positif lainnya adalah, di beberapa bagian, Abdoel Moeis tak urung memberi k ...more
Mike
Mar 20, 2013 Mike rated it really liked it  ·  review of another edition
Overall, a charming novel (take that as to mean what you will) of young Hanafi who falls in love with a beautiful girl whom he cannot possibly have because he is already promised, in the custom of his people, to another woman (his cousin, no less). So it's your typical star-crossed lovers tale, but also is of merit as one of the undisputed classics of modern Indonesian fiction. I would recommend it to those who are interested in either Bali, pre-modern Indonesian life, or romances and want somet ...more
Lailis Sa'adah
Apr 01, 2011 Lailis Sa'adah rated it it was ok
this novel wrote by Abdoel Moeis, and published by Balai Pustaka Publisher in 1928.This novel tells us about a young man, namely Hanafi who failed his studies in Europe, returned to his village in west Sumatra. Start a conflict between his habit in Europe with local custom. Hanafi put hearts on Corrie du Bussee (Ruth Pelupessy), Peranakan lady of France. This relationship is challenged parents respectively. Hanafi was paired with Rapiah (Rima Melati), Corrie 's father did not want her son to mar ...more
Dwi Yuniarti
Buku yang selalu menemani saat istirahat siang di Perpustakaan SMA dulu. Lekat dengan nilai moral dan unsur pelajaran hidup yang baik. Karakter yang dibangun menjadi khas dari buku ini dari jaman ke jaman.
Sakinah Mariz
Dec 27, 2014 Sakinah Mariz rated it really liked it
Buku-buku angkatan Balai Pustaka memang penuh dengan pesan kehidupan. Salah Asuhan adalah buku yang menguras air mata. Gaya bahasanya indah dan mudah dipahami, baik dibaca oleh anak maupun orangtua.
Esya Kusumaning
Apr 23, 2014 Esya Kusumaning rated it really liked it
sebelumnya saya gak pernah membaca buku Indonesia yang dibuat di bawah tahun 2000. tapi, saya totally suka dengan jalan ceritanya. and I can't help but hate Hanafi (the main character) so much.
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 74 75 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Sitti Nurbaya: Kasih Tak Sampai
  • Layar Terkembang
  • Sengsara Membawa Nikmat
  • Azab dan Sengsara
  • Harimau! Harimau!
  • Atheis
  • Belenggu
  • Namaku Hiroko
  • Dari Ave Maria ke Jalan Lain ke Roma
  • Rara Mendut: Sebuah Trilogi
  • Di Bawah Lindungan Ka'bah
  • Arus Balik: Sebuah Epos Pasca Kejayaan Nusantara di Awal Abad 16
  • Robohnya Surau Kami
  • Salah Pilih
  • Para Priyayi: Sebuah Novel
  • Ca Bau Kan: Hanya Sebuah Dosa
  • Merahnya Merah
  • Entrok

Share This Book



No trivia or quizzes yet. Add some now »