Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Sengsara Membawa Nikmat” as Want to Read:
Sengsara Membawa Nikmat
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Sengsara Membawa Nikmat

3.56  ·  Rating Details  ·  542 Ratings  ·  33 Reviews
Paperback, 192 pages
Published 2004 by Balai Pustaka (first published 1929)
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Sengsara Membawa Nikmat, please sign up.

Be the first to ask a question about Sengsara Membawa Nikmat

Community Reviews

(showing 1-30 of 1,142)
filter  |  sort: default (?)  |  Rating Details
Hasanuddin
Jul 14, 2008 Hasanuddin rated it really liked it
Shelves: fiksi
Ini novel pertama yang aku review. Aku ingat banget, waktu itu masih kelas 5 SD ada tugas akhir catur wulan (kalo sekarang pake semester) membuat ringkasan dan pendapat dari isi buku yang ada di perpustakaan sekolah. Aku tanya ke sana kemari gimana caranya ringkas dan buat pendapat tentang isi novel. Hasilnya? Seneng banget, hasil ringkasan dan komentar ku dibacakan di depan kelas.
Michiyo 'jia' Fujiwara
Novel yang dibuat tahun1929 bahkan sebelum Indonesia merdeka, dengan cover warna orange cerah, warna yang sangat mencolok dan salah satu warna favoritku..dengan wajah sepasang pria dan wanita muda belia bertatap mesra berlatar rumah gadang ala cover novel romance..romance ala Indonesia.

Kisah dimulai disebuah kampung atau nagari di Bukittinggi Sumatra Barat, tentang permusuhan Midun dan Kacak, Midun si protagonis dan Kacak sang antagonis, dipermulaannya kita akan disungguhkan betapa benci dan de
...more
Tidar Rachmadi
Jan 10, 2011 Tidar Rachmadi rated it really liked it
Pertama baca kelas 6 sd, tp karena 'gak kuat' n kebosenan cuma selesai setengahnya aja. Waktu kelas 2 sma, dibaca kembali untuk keperluan tugas membuat film dari karya sastra. Akhirnya beneran, saya remake novel ini menjadi karya film dengan jalan cerita yang diadaptasi untuk lebih 'kekinian'. Seru!!! Tokoh Kacak saya bikin bener2 jahat dan Midun pun merubah kesengsaraannya menjadi kenikmatan melalui kontes Indonesian Idol, hahaha. Waktu itu tahun 2005, kontes semacam itu lagi naik daun. Buku in ...more
Jenny Indarto
Dec 02, 2015 Jenny Indarto rated it really liked it
Membaca ulang buku ini, seperti flashback zaman SMP, minjem bukunya di perpus sekolah... Ah selalu suka baca karya sastra zaman dulu. Jadi inget si Midun versi Sandy Nayoan sebelum dia melebar :)
Ariefmai Rakhman
Oct 23, 2012 Ariefmai Rakhman rated it really liked it
Yang kebayang itu ingatan sama tentang kecantikan Desi Ratnasari sang pemeran Halimah, dalam adaptasi novel ini di serial TVRI tahun 90an, walaupun waktu itu masih kecil (sd) tapi rasanya ceritanya begitu membekas dalam ingatan.

harusnya dibuat film barunya, dengan versi modern, cocoknya yang jadi midun itu Iko Uwais dan Halimah hmmmmm tetep Desi Ratnasari lol
Elvira
Oct 18, 2015 Elvira rated it really liked it
“Tidakkah Tuan tahu, bahwa menurut agama Islam terlarang memperbungakan uang?" (hal. 163)

Sejak Maulid Nabi, Kacak merasa iri pada Midun. Banyak orang di kampung yang menyukai Midun, rakyat biasa yang berakhlak mulia itu. Kebencian Kacak semakin menjadi-jadi saat bermain sepak raga, saat Midun menolong perempuan yang akan diserang orang gila, juga saat Midun menolong istri Kacak yang nyaris tenggelam.

Kacak ingin membalas dendam kepada Midun. Akhirnya Midun dihukum penjara atas sesuatu yang bukan
...more
Abdika
Nov 06, 2013 Abdika rated it it was amazing
Sebuah roman yang sangat banyak nasehatnya bagi para pemuda. ditulis dengan gaya bahasa minang yang diterjemahkan ke Indonesia. Banyak petatah petitih yang mungkin sudah terasa asing bagi pemuda minang kebanyakan. Ingin segera kembali menonton filmnya yang diangkat ke layar lebar pada tahun 1990an.
Ryan
Feb 22, 2014 Ryan rated it liked it
Satu dari segelintir karya sastra era Pujangga Lama yang selesai kubaca. Ceritanya lumayan juga, mengisahkan seorang pemuda luhur budinya yang terpaksa mengalami serangkaian kejadian 'sengsara' akibat iri dan dengki dari pemuda lain, namun akhirnya menjadi orang sukses berkat kebaikan hatinya dan keuletannya.

Kata-kata yang digunakan memang seringkali membuat kening berkerut dan kepala mendadak pusing, terutama untuk kita yang sama sekali tak pernah kenal dengan sebagian besar kosakata yang digu
...more
Nura
Reading Challenge #12: A book based on or turned into a TV show

Buku ini dijadikan serial di TV pada 90-an, zaman TVRI masih berjaya. Saat sinetron masih langka. Gak inget ceritanya, cuma inget yang jadi Midun tuh Gusti Randa dan Halimah diperankan Desy Ratnasari. Jadi saat lihat buku ini di Pustaka Kelana, langsung kepikir kenapa nggak? Tulis Sutan Sati mungkin ga pernah mengira kalo bukunya bakal dijadiin sinetron saat pertama kali menerbitkannya pada 1929. Wow... empat belas tahun lagi buku in
...more
Guguk
Oct 30, 2015 Guguk rated it really liked it  ·  review of another edition
Biarpun bukan tugas sekolah, dulu aku iseng minjem ini~ (^o^)/ ceritanya bagus!

Intinya sih: "Berakit-rakit ke hulu, naik speedboat kemudian~" U^皿^U
*gugukgakbisarenang* ()#))<<
...more
Fierdus
Benar aku mulai baca kelas 1 smp diperpustakaan sekolah, setiap uari bolak balik ke perpus cuma buatbaca buku ini... dan buku2 populer lainnya.
Ben Rumimbo
Nov 06, 2015 Ben Rumimbo rated it it was amazing
Saya suka ceritanya, ringan dan sarat pesan belum lagi kalimat-kalimatnya yang indah penuh sajak dan pantun melayu yang indah. Amboi sastra lama nan elok !
Indah Threez Lestari
Oct 15, 2014 Indah Threez Lestari rated it liked it
Shelves: indonesian
813 - 2014

Dibaca dalam rangka membuat ripyu untuk Posbar BBI bulan Oktober 2014.

Fernanda Rochman Ardhana
Jan 09, 2016 Fernanda Rochman Ardhana rated it really liked it
Seorang Padang menemukan tambatan hatinya pada Gadis Jawa, sangat menarik.
Leo Marta Lay
Sep 14, 2015 Leo Marta Lay rated it liked it
Novel klasik Indonesia yang sudah lama ingin dibaca dan baru kesampaian 2 hari terakhir ini. Kisah cerita ini ternyata berbeda dengan bayangan saya berupa kisah cinta tragis seperti Siti Nurbaya, tetapi mengenai kisah permusuhan antara dua lelaki yang hidup sekampung. Permusuhan yang membawa sengsara yang sangat kepada Midun, tokoh utama dalam cerita ini. Hanya saja, selama membaca kisah ini, saya tidak begitu merasakan sengsara dalam Midun ini. Selain itu jalan ceritanya juga sudah bisa ditebak ...more
Gilang Permana
May 25, 2014 Gilang Permana rated it really liked it
karya angkatan balai pustaka yang filmable
Abieffendi
May 12, 2014 Abieffendi rated it really liked it
Ceritanya bagus, menarik untuk diikuti.
Bangquito
Apr 25, 2015 Bangquito rated it it was amazing
Shelves: favorites, roots
Kok, gokil sih.
Zulfa Nasir
Feb 06, 2008 Zulfa Nasir rated it liked it
buku ne juga an baca pas SMA. nemu di perpus sekolah juga. an dah lupa critanya kaya apa. yang jelas an suka banget baca buku sastra begini. menarik, gaya bahsa nya itu loh...memikat banget.
53173 ^_^
dah lama banget sebenarnya baca buku ini.

lumayan banyak menawarkan pelajaran moral bagi kita para generasi penerus bangsa. aku suka sastra dan ini merupakan salah satu dari koleksi favoritku.
Ivany Atina
Jul 15, 2013 Ivany Atina rated it really liked it
Lucu memang membaca bahasa minang yang dibahasa indonesiakan, tapi dengan begitu kita bisa ngerti pantun dan kiasan minang yg mungkin sebelumnya sulit bwt dimengerti.
SaNoZuKe
Oct 07, 2007 SaNoZuKe rated it liked it
beuh sengsara membawa siti nurbaya ini mah...

ehehehe... it was very good story...
strong characteristic

mantab lah,...

ada jiwa nasionalisme juga melawan belande...
cindy
Nov 08, 2008 cindy rated it liked it
Yang berkesan dari buku ini, malah bukan bukunya, tapi sinetronnya. Yang main Sandy Nayoan dan Desy Ratnasari. Ada yang masih ingat?? ^_^
Allwin
Nov 18, 2008 Allwin rated it liked it
Sumpah...ini buku betul2 bikin otak ngayal terus...
selama kesengsaraan itu belum terasa nikmat.
Heheheheh

Tapi bagus kok...:D
Henny Sari
masa-masa baca-baca buku dari perpustakaan SD dulu. Girang banget pas ada adegan audiovisualnya? (film televisinya) di RCTI.
Vea Rachmawati
Halimah ditenganh-tengah Midun vs Kacak. Kebaikan selalu bisa mengalahkan kebaikan...Betulkah
Farras Hasna
Nov 12, 2013 Farras Hasna rated it liked it
Gaya bahasa yang berbelit namun puitis a la melayu lama, lugas dan sesuai dengan realita kehidupan!
Dewi Aminaturrokhiyah
Menarik dengan latar budaya yang kental. Indonesia banget.
Desi Anita
Sep 10, 2007 Desi Anita rated it liked it
Shelves: novel, indonesian
dah lama bgt baca ini. Klo ga salah waktu itu masih smp
romy
Oct 01, 2007 romy rated it it was amazing
buku jadul sih, tapi keren. sampe ada filmya..
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 38 39 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Sitti Nurbaya: Kasih Tak Sampai
  • Layar Terkembang
  • Salah Asuhan
  • Bekisar Merah (Bekisar Merah, #1)
  • Dari Ave Maria ke Jalan Lain ke Roma
  • Harimau! Harimau!
  • Azab dan Sengsara
  • Arus Balik: Sebuah Epos Pasca Kejayaan Nusantara di Awal Abad 16
  • Belenggu
  • Di Bawah Lindungan Ka'bah
  • Burung-Burung Manyar
  • Dilarang Mencintai Bunga-bunga: Kumpulan Cerpen
  • Atheis

Share This Book