Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Tango” as Want to Read:
Tango
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Tango

by
3.54  ·  Rating Details ·  187 Ratings  ·  35 Reviews
Nama lelaki itu Kang Jong Woon.
Selama dua tahun ini, artinya bagiku adalah pacar, teman, dan keluarga. Dia adalah lelaki muda dan tampan. Hari ini dia singgah di rumahku lagi. Ia terus memegang-megang barang-barang di tempatku, seakan sedang memastikan keberadaannya.
Jong Woon maju dua atau tiga langkah melewati depan kulkas yang berwarna putih sambil berteriak, “Step!” Jon
...more
Paperback, 309 pages
Published July 2012 by Ufuk Fiction (first published July 1st 2009)
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.
This book is not yet featured on Listopia. Add this book to your favorite list »

Community Reviews

(showing 1-30)
filter  |  sort: default (?)  |  Rating Details
Windya Faradisa
Aug 21, 2016 Windya Faradisa rated it it was amazing
Shelves: 5-stars
so amazing !!
can't stop when i read it..
i love this book so much
Yunita1987
Sep 26, 2012 Yunita1987 rated it really liked it
Ketertarikan aku ingin membaca buku ini karena banyaknya orang yang membeli buku ini, sehingga membuatku penasaran dengan buku ini, sempat terpikir kalau niat orang membeli buku ini dikarenakan sosok penulis yang adalah artis korea dan semua pecinta korea pasti tahu dengan penulis ini yang sempat buat heboh didrama Boys Before Flower sehingga awalnya aku tidak ada niat untuk membelinya. Tapi ntah kenapa, aku masih sangat penasaran, apalagi diGoodReads ratingnya cukup tinggi. So langsung pergi ke ...more
Amaya
Jan 04, 2014 Amaya rated it liked it
Book Title: TANGO

Author: Goo Hye Sun

Page: 309 pages

Year Published: July 2012

Publisher: Ufuk Fiction

Yun baru menyadari arti Jong Woon dalam kehidupannya setelah lelaki itu memutuskan hubungan mereka. Tango yang mereka tarikan telah menyakiti kaki masing-masing setiap kali mereka melangkah. Sedang mereka tidak bisa berhenti, karena langkah itu adalah kehidupan. Mereka tidak bisa saling menyakiti untuk selamanya. Yun yang pekerja keras dan senantiasa fokus pada pekerjaannya, yang juga melayani keb
...more
Siska Barendha
Jun 29, 2013 Siska Barendha rated it liked it
Perlu perjuangan untuk menyelesaikan novel ini, karena novel ini banyak percakapan berat tentang bagaimana tokohnya memandang kehidupan dan kenyataan. Terlepas dari percakapannya yang berat, sebenarnya novel ini punya tema dan konflik yang sederhana. Kalau saja tokoh2nya nggak terlalu sering berfilosofi mungkin novel ini akan lebih mudah dinikmati.

Eniwei, jadi sedikit bertanya2 apakah tingkat stres di Korea itu benar2 tinggi ya? Kalau emang begitu, rasanya ngerti kenapa banyak drama melankolis m
...more
Mufita ramadhina
Sep 30, 2012 Mufita ramadhina rated it liked it

Aku tidak minum kopi.

Tidak,aku tidak tahu caranya.itu adalah hal yang tidak perlu ku ketahui. Kopi yang ku seduh sama sekali tidak enak. Oleh karena itu,aku semakin tidak memahami kopi.

Aku tidak bisa menerima kenyataan seperti itu.

Kenapa aku?kenapa aku?

Hari ini aku brtanya lagi pada diriku sendiri. Kenapa aku harus terbiasa dengan rasa kopi yang pahit.
Kenapa aku harus terbiasa dengan kenyataan yang pahit?
Sampai rasa pahit yang lama-lama terasa tidak asing ini berubah menjadi manis.(Yun,h
...more
Stephanie
Nov 14, 2012 Stephanie rated it it was amazing
Shelves: korea, fiction
Sebuah kisah yang bagus dengan bahasa yang mendalam dan deskripsi mendetail. Dilengkapi dengan ilustrasi karya Goo Hye Sun hampir di setiap bab. Kisah cinta ini diramu dengan pembelajaran tentang hidup. Ada banyak pesan yang bisa kita ambil setelah membaca novel ini.

-----

"Rasa pahit kopi. Orang yang membuat kopi tidak akan tahu itu. Hanya orang yang minum kopi yang tahu rasa pahit itu. Orang yang memiliki cangkang tidak akan tahu. Tidak akan tahu tentang batu penderitaan yang keras. Penderitaan
...more
Sobat JO
Sep 17, 2015 Sobat JO rated it really liked it
Shelves: rabuku
Untuk yang hobi nonton Korea pasti pernah dengar tentang buku yang satu ini. Tapi Mimin rekomendasikan buku ini bukan karena novel ini ditulis oleh artis Korea, melainkan karena novel ini memang menarik. Cerita yang ditawarkan oleh Tango sangat filosofis. Kalimat-kalimatnya pun terasa dalam dan indah ketika kita meresapinya.

Membaca Tango membuat Mimin merasa seperti sedang melihat sebuah lukisan.

Tango bercerita tentang seorang perempuan muda naif yang merasa hidup itu harus bahagia dan ia ingi
...more
Niratisaya Niratisaya
Saya tertarik pada novel ini lebih pada sekilas rangkumannya, saat saya membaca wawancara Goo Hye Sun. Seketika itu saya menunggu-nunggu kehadirannya, yang alhamdulillah, dihadirkan Ufuk Publisher di Indonesia :D

Novel sepanjang 309 halaman ini menceritakan kehidupan wanita muda bernama Yun. Digambarkan terjebak di antara idealismenya dan lingkungan sosialnya - yang menurut saya diwakili oleh sosok Jong Woon, kekasihnya. Meski keduanya menjalin hubungan namun tak bisa dibilang sebagai sepasang ke
...more
Sulis Peri Hutan
Jun 01, 2015 Sulis Peri Hutan rated it it was ok
Shelves: koleksiku, buntelan
penuh perjuangan baca buku ini, sempet ketiduran karena alurnya lambat banget, ngomongin g suka kopi aja 20an halaman, nyritain perbedaan dan kenapa pacarnya mulai berubah pulugan halaman. intinya cuman satu: move on dari mantan pacar. masih g ngerti kenapa buku ini bestseller, mungkin karna talenta penulisnya yang juga membuat saya tertarik pada buku ini. ada lukisan yg disisipkan sama penulis, walau g ngerti artinya apa tapi terlihat keren. ketiga kali baca buku terjemahan korea, kali ini ...more
Olenka Tiara Siregar
Nov 28, 2013 Olenka Tiara Siregar rated it really liked it
Awalnya beli ini buku karena iming2 "laku sekian ratus ribu kopi hanya dalam waktu beberapa hari". Goo Hye Sun beneran aktris multi-talented. Gak hanya sebagai aktris, tapi juga sebagai sutradara, pelukis, dan sekarang novelis. Tango ini sebenernya bagus banget ceritanya, tapiiii....bahasanya terlalu puitis dan terlalu "sastra" sampe2 aku gak ngerti, wakakakakakakakak......salut buat Goo Hye Sun
Tendry
Aug 11, 2015 Tendry rated it really liked it
"Setiap orang pasti rumit, tapi sepertinya aku telah menjadi orang rumit yang aneh karna dirinya."
Rista Afriyanti
Feb 09, 2014 Rista Afriyanti rated it really liked it
Suka novel ini Goo Hye Sun pinter nulis novel yaa
Anastasia Cynthia
Aug 03, 2012 Anastasia Cynthia rated it it was amazing

“Aku tidak minum kopi. Tidak, aku tidak tahu caranya. Itu adalah hal tidak perlu kuketahui. Kopi yang kuseduh sama sekali tidak enak. Oleh karena itu, aku semakin tidak memahami kopi.” –Yun.


Perempuan itu bernama Yun, baginya kopi tak ubahnya kolam penderitaan. Berbeda dengan Kang Jong Woon—pria yang kerap bertandang ke rumah Yun selama dua tahun terakhir. Pria itu menanggap kopi, rokok, dan alkohol sebagai kenyataan; seperti halnya makan nasi, minum air, dan ke toilet yang merupakan kebiasaan me
...more
Yunita
Apr 14, 2014 Yunita rated it it was ok
Novel Korea pertama yang aku baca karena sejujurnya aku bukanlah penggemar hal2 berbau korea, kecuali fashionnya yang girly :). Saat membaca novel Tango ini pun aku perlu konsentrasi penuh untuk bisa memahami isi ceritanya.

Penulisnya banyak menggunakan kata kiasan dan filosofi di hampir semua bab. Seperti pernyataan bahwa Yun tidak menyukai kopi esspreso yg pahit dianalogikan sebagai kenyataan hidup yg pahit, namun Yun tak bisa menerima itu, seperti halnya ia tak bisa menerima kebiasaan Jong Wo
...more
Rahayu Adriani
Nov 18, 2014 Rahayu Adriani rated it did not like it
Shelves: novel
Saya sampai ngerengek minta dibeliin edisi asli novel ini dari Korea sama paman yang ada di sana. Alasannya? Karena novel ini jadi best seller di Negara asal sang penulis yang notabene adalah artis wanita favorit saya, Goo Hye Sun.
Walau novel aslinya sudah pasti berisi huruf hangeul yang -sangat- tidak saya mengerti artinya apa, bagi saya tidak apa. Asal bisa mengoleksinya ^^

Selang dua tahun kemudian, akhirnya novel ini diterbitkan di Indonesia dengan translate Bahasa Indonesia tentunya.

Dan eng
...more
Asti Wijaya
Jul 20, 2016 Asti Wijaya rated it liked it
Hal yang paling menarik dalam novel ini adalah proses yang dijalani oleh Yun untuk melepas rasa kesepian, kepahitan dalam suatu hubungan. Proses tersebut adalah serangkaian pertanyaan yang dimiliki Yun selama menjalin hubungan bersama Jong Woon. Proses Instropeksi diri dan mempelajari kesalahan pada sebuah hubungan dan melakukan koreksi. Proses tersebut terkadang memang membuat hati terasa pahit dan hampa, namun tidak seharusnya terus-menerus diterpa dengan serentetan fakta dan terus menyalahkan ...more
Mochammad
Jul 30, 2016 Mochammad rated it did not like it
Kalau bisa disimpulkan Tango adalah Roman Picisan biasa dengan retorika-retorika kalimat puitis. Awalnya saya merasa ini sebuah cerita coming of age, namun tidak ada konflik selain konflik hubungan romansa, sepertinya berlebihan bila disebut drama coming of age. Kecewa sih iya, namun saya tetap hormat pada Hye-sun karena posisinya sebagai agen kebudayaan dari salah satu agensi besar dunia hiburan Korea.

Ngomong-ngomong, setelah jagat literasi Indonesia ramai membicarakan The Vegetarian - Han Kang
...more
Noviati Wani
ketika membaca di awal seperti sedang membaca tulisan anak TK. Mengingat novel ini menggunakan sudut pandang pertama tokoh utama, agak aneh dan memang tidak biasa. Sedikit kecewa karena preview dan isi novel agak kurang match, dimana biasanya preview menggambarkan setidaknya 40 persen isi cerita ternyata sebaliknya.

terlepas dari segala kekurangan, Hye Sun berhasil mengait hati pembaca di halaman-halaman tengah dengan berbagai filosofi-filosofi hidup yang unik dan mengesankan. Selain itu, Hye Su
...more
ana
Dec 11, 2014 ana rated it liked it
"Aku ingin mencobanya. Dua orang yang tidak saling mengenal akan bersikap lebih hati-hati. Tentu saja kita akan merasakan kekecewaan saat semakin mengenal pasangan kita. Tapi karena pasangan kita tidak mengenal kita sebelumnya, kita akan lebih percaya diri untuk menciptakan kita yang baru untuk pasangan kuta, walaupun tentu saja kedua belah pihak juga harus saling berusaha."

Goo Hye Sun. 2012: 155
Sylvia
Just wondering, apa dalam bahasa aslinya, cerita ini memang sulit dimengerti ya?
entah memang karena translationnya ato memang dr sono ny seperti itu, tp jujur aja aku agak2 ngga ngerti ceritanya. mostly sih krn bahasanya berbelit-belit menurutku. untung di bagian akhir cerita akhirnya aku nangkep mksd ceritanya. walopun (sekali lagi) kecewa karena endingnya tak sesuai dengan yang diharapkan.
Vie Olyvia
Sep 11, 2012 Vie Olyvia rated it really liked it
novel ini bener" menceritakan tentang kejatuhan seseorang. patah hati lalu bertemu lagi dengan orang yg ia sukai namun ternyata orang tersebut pun meninggal dunia.
tragis memang tp inilah hidup

Tango, saya kira ini adalah kisah romantis yg manis namun ternyata saya keliru
4/5 star buat ceritanya yg menarik :)
Rizky
Nov 03, 2013 Rizky rated it it was ok
Mengapa aku hanya bisa ngasih 2 bintang?

Karena aku benar-benar tidak bisa menikmati novel ini, dan entah terjemahannya yang memang kaku atau memang dari bahasa aslinya novel ini agak berat. Dan ternyata aku memutuskan untuk tidak melanjutkan novel ini lagi ^^
githaz
Nov 19, 2012 githaz rated it it was ok
Yakin pasti edisi asli buku ini lebih bagus daripada terjemahannya yang memusingkan, boros kata-kata. Goo Hye Sun banyak mencurahkan pikirannya di buku ini. Membaca buku ini seperti membaca diary Goo Hye Sun sendiri, karena ditulis mendalam dan personal.
ABO
Jun 18, 2015 ABO rated it really liked it
Wow, buku yang keren. Bukti bahwa Goo Hye Sun memang berbakat dalam berbagai bidang. Untuk reviewnya kunjungi blog saya :)

http://ariansyahabo.blogspot.com/2012...
Khoiri Nugraheni
Dec 19, 2012 Khoiri Nugraheni rated it it was amazing
I have read this book for 3 hours. This book have different point of view for her problems that made me feel dizzy to read it.
Richa Elf
Jan 17, 2013 Richa Elf rated it liked it
awalnya tertarik cuma karena pengarang'a GHS..
tp pas udah baca..
ternyata bisa bikin kangen untuk dibaca lagi..
Deena
Sep 06, 2013 Deena rated it liked it
Goo Hyesun seperti sedang melukis kata-kata di dalam buku ini. Dan aku hanyut dalam arus ceritanya.

Gomapseumnida Goo Hyesun.
Sitikurniaty Rasyad
Jun 07, 2016 Sitikurniaty Rasyad rated it really liked it
I read this book in Indonesian version. The story is simple but beautiful. Full of abstract ideas about life. However, I hate the translation, it feels strange.
Ratna Zhang
Mar 02, 2013 Ratna Zhang rated it really liked it
Penulisnya berbakat dan multi talenta, penulis juga membuat lukisan abstraknya di beberapa halaman dalam buku ini.
Jessenia Jauw
Jessenia Jauw rated it it was ok
Jun 11, 2013
« previous 1 3 4 5 6 7 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Winter Dreams
  • Kambing & Hujan: Sebuah Roman
  • Hai Miiko Cilik
  • The Final Note: A Novel
  • 86
  • Seoul Cinderella
  • 23 Episentrum
  • Percaya
  • Tokyo Tower   Mom And Me, And Sometimes Dad [In Japanese Language]
  • The Moon that Embraces the Sun 2
  • Kekasih: Hanya Kau Yang Kumau
  • After the Wedding
  • 18 vs 29: Loving You Forgetting You
  • ROMA: Con Amore
  • Sweet Melody 2
  • The Dead Returns
  • After D-100
  • XX
6441172
Ku Hye-sun (Korean: 구혜선, born November 9, 1984) is a South Korean actress. An admirer of Leonardo Da Vinci, also dabbles in directing, writing, illustrating, singing and composing.
She is best known for her role as Geum Jan-di in the hit TV show Boys Over Flowers.
More about Goo Hye Sun...

Share This Book



No trivia or quizzes yet. Add some now »