Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Ketika Mas Gagah Pergi (Edisi Kedua)” as Want to Read:
Ketika Mas Gagah Pergi (Edisi Kedua)
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating

Ketika Mas Gagah Pergi (Edisi Kedua)

by
4.01 of 5 stars 4.01  ·  rating details  ·  1,530 ratings  ·  139 reviews
Kumpulan Cerpen dari Helvy Tiana Rosa ini ditulis tahun 1990-an dan diterbitkan pertama kali tahun 1997 oleh Pustaka Annida, mengilhami lahirnya genre baru yakni sastra islami kontemporer.

Pada cetakan kedua ini ditambah bonus novellet Gadis Bening yang bersetting Timor-Timur.
Paperback, 190 pages
Published 2000 by Syaamil Cipta Media (first published 1997)
more details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Ketika Mas Gagah Pergi, please sign up.

Be the first to ask a question about Ketika Mas Gagah Pergi

Rembulan di Mata Ibu by Asma NadiaKetika Mas Gagah Pergi by Helvy Tiana RosaMerajut Cahaya by Helvy Tiana RosaKetika Cinta Menemukanmu by Helvy Tiana RosaDialog Dua Layar by Asma Nadia
Kumcer FLP Terbaik
2nd out of 47 books — 28 voters
Magic America by C.E. MedfordSam Certainly Can by Bridgitte LesleyThe Great Gatsby by F. Scott FitzgeraldOf Mice and Men by John SteinbeckAnimal Farm by George Orwell
Best Short Novels
36th out of 50 books — 30 voters


More lists with this book...

Community Reviews

(showing 1-30 of 2,566)
filter  |  sort: default (?)  |  rating details
Helvy
Aug 16, 2011 Helvy rated it 5 of 5 stars  ·  (Review from the author)
Ini adalah kumpulan cerpen pertama saya. Berisi belasan cerpen yang semua ditulis antara tahun 1993-1996 di majalah fiksi remaja Annida.

Dua pengarang yang saya kagumi: Soekanto SA dan Ismail Marahimin memberi kata pengantar yang membuat saya geleng-geleng kepala. Saya tidak tahu bahwa buku yang terbit pertama kali tahun 1997 ini bisa membuat mereka memberi komentar yang begitu indah dan seru. Ketika saya tanya satu sampai lima bintang, berapa mereka beri untuk buku ini, Pak Soekanto bilang 4,5 d
...more
Helvy
Feb 01, 2008 Helvy rated it 5 of 5 stars  ·  (Review from the author)  ·  review of another edition
Ini adalah kumpulan cerpen pertama saya. Berisi belasan cerpen yang semua ditulis antara tahun 1993-1996 di majalah fiksi remaja Annida.

Dua pengarang yang saya kagumi: Soekanto SA dan Ismail Marahimin memberi kata pengantar yang membuat saya geleng-geleng kepala. Saya tidak tahu bahwa buku yang terbit pertama kali tahun 1997 ini bisa membuat mereka memberi komentar yang begitu indah dan seru. Ketika saya tanya satu sampai lima bintang, berapa mereka beri untuk buku ini, Pak Soekanto bilang 4,5 d
...more
Ryan
“Mas, Gita akhwat bukan sih?”
“Ya, insya Allah akhwat!”
“Yang bener?”
“Iya, dik manis!”
“Kalau ikhwan itu harus ada janggutnya, ya?!”
“Kok nanya gitu sih?”
“Lha, Mas Gagah kan ada janggutnya?”
“Ganteng kan?”
“Uuuuu! Eh, Mas, kita kudu jihad ya?” Jihad itu apa sih?”
“Ya always dong, jihad itu…”

Setetes, dua tetes air mataku kian menganak sungai. Kumatikan lampu. Kututup pintu kamarnya pelan-pelan. Selamat jalan Mas Ikhwan!Selamat jalan Mas Gagah!

................

Pada tahun 90-an, genre fiksi cerpen-dakwah s
...more
Desi Anita
Kumcer ini isinya bagus2 semua. Dulu Desi punya bukunya..
Tp sekarang entah kemana hiks..hiks..

Yg paling Desi suka dr kumcer ini Cerpen yg judulnya 'Lelaki Cahaya'klau ga salah abis dah lama. Apalagi pas ada penggalan2 dr QS. Ar-Rahman nya.. sampe sekarang klau inget masih suka terharu.. hiks..hiks..
Dulur.kajy
is good
Ronidin Sukat

Ini buku yang ditujukan untuk remaja tapi memiliki nilai sastra yang sungguh tinggi. Setiap cerpennya bukan cerpen remaja biasa karena ditulis dengan serius, penuh makna dan tidak klise. Saya ingat buku ini muncul pertama kali tahun 1997 (sebelumnya cerpen2 ini dimuat di sebuah majalah remaja tahun 1993-1995). Buku ini saya kira menjadi salah satu tonggak penulisan karya sastra Islam Indonesia kontemporer. Sesudah ini banyak sekali penulis lain yang mencoba menulis seperti Helvy. Ada yang berhas
...more
Retno
AAAH! Aku lupa kapan aku baca buku ini? SMP kali ya? Soalnya begitu aku baca ceritanya yang Mas Gagah itu, aku juga jadi tergugah buat pake jilbab! Hihihi
Suka banget sama cerita Ketika Mas Gagah Pergi. Meski cuma cerpen, tapi mbak HTR berhasil bikin aku nangis! Terus terus ada Piranti Hati yang Retak juga keren. Aku lupa judulnya tapi ada juga satu kisah seorang cewek kota yang masuk pesantren karena nakal terus dapet hidayah. Subhanalloh, cerita-cerita mbak HTR itu nggak ada matinya deh! :D
Tamb
...more
Akhi Dirman Al-Amin
Buku ini yang pada akhirnya menemukan saya pada sesuatu yang entah bernama apa. Mungkin itulah yang dinamakan hidayah. Saya menangis. Sungguh-sungguh menangis dan merenungi perjalanan hidup saya.
yang lebih luar biasa, membaca buku ini membuat semangat menulis saya seperti api bertemu jerami.
Buku ini sungguh luar biasa!
Rahmadiyanti
Bisa dibilang ini tonggak tren fiksi Islami. Cerpen-cerpen di buku ini untuk masa itu (10 tahun lalu wuy--dari terbit buku, tapi di majalah Annida tahun 1993), sangat menggugah, menjadi inspirasi banyak orang. Bahkan jadi semacam lokomotif buat para cerpenis lain.
Wenwen Joelianty
sedih critanya, tentang kehilangan seseorang yg disayangi (Kakak) pas di hari ulang tahunnya dan ketika untuk pertama kalinya si adik memakai jilbab dan mau tunjukin ke kakak nya,tapi kakaknya keburu meninggal.. hiks..hiks.. suedih
Meidhita
Menurutku, buku pertama dengan tema dakwah islam yang okeh banget buat remaja. Cerita gadis yang mendapat hidayah dan penuh bumbu-bumbu khas teenlit. Lumayan banget buat rekomendasi adik-adik yang sedang beranjak remaja.
Elsya Meida
Pertama kali membacanya masih dalam bentuk cerpen di majalah annida. Sejak saat itu langsung suka dengan penulisnya dan terus berburu & menanti cerita2 berikutnya
Icha
Baca buku ini waktu SMP kalo ngga salah dikasih tante dan buku ini benar-benar membantu membentuk dan mengubah hidup saya, ngga lebay! Truly an inspiring novel.
Luk Luk
Asliii,,,,,, sempet sesak nafas karena sedih pas baca bagian cerita dg judul Ketika Mas Gagah Pergi dari kumcer ini.
Serasa mas gagah itu mas aku sendiri.
M. Sahid Sundana
Buku yang awalnya hanya kudengar judulnya,,dan ketika aku kuliah di UNJ akhirnya daku bertemu dengannya. Buku ini termasuk pelopor sastra islami Indonesia...
Michiyo 'jia' Fujiwara
pernah baca ini.. wkt masih smp/sd di TPA, sama cerita-cerita perang dari Bosnia punya guruku.
masih ada ga ya novel ini sekarang?
Astri  Nasthasia Videlia
God!!! This is the best Novel That I ever Read... I always dropped my tears every I read this book... Love this book so Much!!! ^^
Rian
ini buku pertama bunda helvy yang saya baca waktu sma. dan setiap kali baca pasti terharu. ingin rasana punya kakak seperti mas gagah.
Iir Ernawati
gara-gara mas gagah,banyak muslimah yg mendapat hidayah untuk menutup aurat...panen pahala buat mbak helvi...amin
Dewi
bagussss
Fadhilatul
Dec 02, 2008 Fadhilatul rated it 4 of 5 stars
Recommends it for: you
Recommended to Fadhilatul by: my sister (ulfa)
keren.. menggugah.
Solihin
mw baca dulu
Sumengholic
hiks..hiks.. loh ko sedih??? ya iyyalah.. buku ini nguras air mata, tapi bikin lega pas udah baca. hmmm.. saya buku ini, tepatnya meminjam buku ini pas kelas 6 sd menjelang masuk smp. tapi sampe sekarang masih melekat kuat ceritanya. 5 bintang bwt bu helvy! buku yang nyaris difilmkan tetapi ga jadi (knp ya??? ad yg tw??)bercerita tenntang kecintaan soerang kakak (mas gagah) yang sumpah kl nyata guanteng bgt tu orang! sm adeknya (hmmm... yg ini saya lupa namanya)
si ade yang punya sifat bertolak b
...more
Chiaki-chan
tau dong sama cerpen ini. iin baru nemu gratisannya di inet. yah, in tau niy udah lama banget ceritanya beredar, tapi iin baru nemu dan baru baca (ya maaph..).

bercerita tentang anak ABG yang punya seorang abang (medan banget yak) yang udah kuliah. ceritanya niy abangnya baru aja jadi ikhwan (itu lho yang biasanya jenggotan, hah?), dan si ABG (namanya Gita) ngerasa abangnya ini, si mas gagah ini, berubah. berubah dari yang dulunya modis dan dandy jadi lebih kalem pake koko dan celana semi baggy
...more
Oza
Diantara beberapa cerita pendek yang ditulis mbak Helvy di buku ini, favorit saya adalah "Ketika Mas Gagah Pergi" (sesuai dengan judul cover kumcer ini). Dan hanya satu kata yang pas untuk menggambarkannya : Mengharukan!

Pada beberapa lembar terakhir, mata saya sukses berkaca-kaca, terharu menahan tangis. Tadinya, saya pikir, mas Gagah disini adalah sosok seorang suami, well, saya pikir ceritanya bakal seputar kehidupan suami-istri, gak taunya, mas Gagah adalah sosok seorang abang atau kakak, leb
...more
Mia
buku yang selalu membuat kesan mendalam...
awalnya dipinjemin ma teman yg berjilbab lebar dan rapat di SMU dulu. ga terlalu tertarik buat baca. tapi karena dipinjamkan oleh seorang teman yg menurut ana amat sangat baik, jadiiii iya aja waktu ditawarin..
baca halaman satu masih ga penasaran dan berpikiran paling juga ntar endingnya biasa aja. baca disela2 jam.istirahat sekolah ma bimbel
lanjut ke halaman berikut dan berikut lagi dan berikut lagi seperti "disentil", ana cinta ga sih ma islam? kalo c
...more
winda
Banyak orang yang terinspirasi memakai kerudung, ketika membaca cerita pendek ketika mas gagah pergi. Termasuk salah seorang teman ketika SMA.
Kisah ketika mas gagah pergi memang terasa nyata karena menggambarkan cerita sehari-hari, cerita tentang sang Kakak yang bernama Gagah dari sudut pandang sang adik.

Adiknya merasa dekat sekali dengan Kakaknya sampai dewasa merasa lebih dekat lagi, seringkali menghabiskan waktu luang bersama, sosok Kakaknya adalah sosok ideal, yang serba segalanya. Namun, ad
...more
Norma
Saya terinspirasi untuk mengenakan jilbab salah satunya karena membaca cerpen ini.

Cerpen ini berkisah tentang perubahan seorang Mas Gagah dari yang kurang mendalami ilmu agama islam, menjadi seseorang yang senang mempelajari islam serta mengamalkan setiap ilmu yang diperolehnya.

Perubahan ini membuat Gita, sang adik, terkejut. Bagaimana bisa sang kakak yang dulu periang, humoris, senang jalan, suka nongkrong, dan suka nonton ke bioskop, sekarang menjadi lebih pendiam, dan jadi males pergi kemana
...more
Dina Rifdalita
Sebelum kumpulan cerita 'KMGP..dan kembali' keluar, saya sudah membaca cerpen yang berjudul (hampir) sama, Ketika Mas Gagah Pergi. Seorang sahabat men-sharing-nya di akun facebook-nya saat awal-awal memutuskan untuk istiqomah berhijab. Jujur, cerpen ini membuat saya menangis berderai air mata. Mas Gagah, kakaknya Gita, yang dahulunya hobi mendengar musik masa kini tiba-tiba berubah mendengar lantunan nasyid. Sebelumnya Mas Gagah teman yang asyik dan gaul, sampai-sampai teman-teman Gita banyak ya ...more
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 85 86 next »
topics  posts  views  last activity   
ketika mas gagah pergi 2 19 Aug 12, 2013 08:33PM  
  • Aisyah Putri 2: Chat On-Line!
  • Pingkan: Sehangat Mentari Musim Semi
  • Diorama Sepasang Al Banna
  • Nadya: Kisah dari Negeri yang Menggigil
  • Muhammad: Lelaki Penggenggam Hujan
  • The Road to the Empire: Kisah Takudar Khan, Pangeran Muslim Pewaris Mongol
  • Hafalan Shalat Delisa
483298
Helvy Tiana Rosa is widely recognized for her works in Indonesian literary and for her relentless efforts to encourage people, especially the young, poor and women, to write and publish their own works.

She is a beloved writer and has written 50 books, ranging from short stories, novel, literary reviews, poets and drama scripts. Helvy often represents Indonesia in literary events, both at home
...more
More about Helvy Tiana Rosa...
Ketika Mas Gagah Pergi... dan Kembali Bukan di Negeri Dongeng Akira: Muslim Watashi Wa Manusia-Manusia Langit Hingga Batu Bicara

Share This Book