Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Jendela-Jendela” as Want to Read:
Jendela-Jendela
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Jendela-Jendela (Trilogi Jendela - Pintu - Atap)

3.15  ·  Rating Details ·  1,599 Ratings  ·  95 Reviews
In Jendela-Jendela (The Windows) the main character is June, a Javanese woman who has experience cultures outside her traditions. Tell a story how life is not like walking in the park, how marriage life is not a happily ever after story. More important, how things are different in other countries. Set in different places, such as Indonesia, Singapore and USA, this novel tr ...more
Paperback, 154 pages
Published July 2001 by PT Gramedia Widiasarana Indonesia (Grasindo)
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Jendela-Jendela, please sign up.

Be the first to ask a question about Jendela-Jendela

Community Reviews

(showing 1-30)
filter  |  sort: default (?)  |  Rating Details
Neeta
Feb 04, 2010 Neeta rated it did not like it
I tried to read it several times but still couldn't grab anything than a shallow reading. This is what i called a low quality novella. Takjub juga melihat buku dengan kualitas seperti ini mendapat pujian dari nama2 beken seperti Arswendo Atmowiloto dan Sapardi D. Damono...entahlah
Femmy
Jul 18, 2007 Femmy rated it did not like it
Banyak yang menyukai gaya bertutur Fira Basuki yang seperti mengobrol, tapi aku pribadi merasa tulisannya jadi melantur ke mana-mana, sehingga penceritaannya tidak fokus dan tidak padu.

Selain itu, aku risih juga membaca tentang tokoh cerita Indonesia yang mempraktikkan seks bebas, lalu berselingkuh pula, dan sepertinya tanpa penyesalan. Secara umum aku memang tidak menyukai cerita tentang perselingkuhan, meskipun ada juga satu-dua yang kusukai, jika ditulis dengan baik, seperti misalnya Supernov
...more
Prima Prima
Jun 16, 2016 Prima Prima rated it it was amazing
Lah ini baru buku Menyeramkan. Sedikit diksi membingungkan, mutlak orisinil. Perselingkuhan dan tetek bengek masalah keluarga mewarnai klimaksnya; ditengah-tengah entah mengapa mencoba mensisipkan falsafah mbah Ranggawarsita dan politik Indonesia pra-pasca reformasi yang menurut saya tidak penting sama sekali--tapi tetap saja buku ini Menyeramkan! Tidak sabar untuk melanjutkan Pintu dan Atap, tapi saya mohon maaf 1Q84 dan Pulang sudah saya endapkan terlalu lama "minta ditamatkan".

Novel Menyeramk
...more
Arif Ferdian
Dec 01, 2010 Arif Ferdian rated it liked it
Buku terbaik fira basuki menurut saya... pertama baca langsung suka, karena dijamannya masih sedikit pilihan buku indonesia yang bagus, kecuali buku2 remy silado, ayu utami dan beberapa yang lain nya [tapi gak banyak ya...... *lupa duluan fibas apa dee ya??]
sempat ga sabaran nunggu pintu dan atap, begitu baca pintu mulai kecewa, gak se'enak' jendela2, tetap beli atap dan saya bosen.... lanjut biru dan saya menyerah.... jadi dari 4 buku fira basuki yang saya baca, jendele-jendela jagoannya... sep
...more
Anastasia Cynthia
Mar 15, 2014 Anastasia Cynthia rated it really liked it
Semuanya bermula saat June. S menyapa langit Singapura. Kepindahannya ke HDB (Housing Development Board), rumah susun yang memang dibangung oleh pemerintah Singapura, membuatnya memperhatikan jendela-jendela para tetangga. June tinggal bersama dengan Jigme, suaminya yang seorang Tibet. Keduanya bertemu saat June menuntut ilmu di Pittsburg, negara kecil yang katanya akan terlibas dalam satu kerjapan mata. Mulanya June merasa hidupnya sempurna, baik, tidak seperti bayangan mamanya, tapi semenjak k ...more
Lila Cyclist
Jan 11, 2015 Lila Cyclist rated it it was ok
Pernah membaca buku absurd? Saya pernah beberapa kali. Pernah membaca buku aneh yang ditulis penulis terkenal? Baru kali ini. Membaca buku aneh oleh penulis baru, buat saya tak jadi soal. Tapi kalo yang nulis adalah pemilik nama kondang macam Fira Basuki, dengan endorser penulis beken Arswendo Atmowilo dan Sapardi Djoko D, disitu saya terkadang menjadi merasa aneh...

Awalnya saya pikir ini adalah tulisan seputar pengamatan si aku di buku ini tentang para tetangga dari kacamatanya yang dilihat dar
...more
Ica Surjo
Dec 05, 2012 Ica Surjo rated it liked it
Recommended to Ica Surjo by: Nemo
Shelves: fiction, novels
jen.de.la / jendela / n 1 Lubang yang dapat diberi tutup, umumnya berbentuk segi empat, dan berfungsi sebagai tempat keluar masuk udara; tingkap; 2 Lubang angin. (KBBI)

Novel Jendela-jendela ini merupakan bagian pertama dari trilogi "Jendela-Jendela", "Pintu", dan "Atap". Bercerita tentang pasangan muda beda kewarganegaraan yang tinggal di Singapura, mereka adalah Jigme dan June. June adalah wanita Indonesia yang menikah dengan pria Tibet. Hubungan mereka terjalin semenjak June memutuskan transfe
...more
Khatlya
Again. I borrowed this book from my high school library, and only read about 50% of the content. I read the english version, easy to read for me (for the diction) as my english is not really good.

This book tells a story of Indonesian woman (I forget the name) whom studied in Wichita and then in Pittsburg, US. Then she met a humble and nice Tibetan guy then married him. (She had used to love a rich Indonesian guy, but then broke up because something that made her uncomfortable to be with). Then
...more
Darnia
Feb 17, 2015 Darnia rated it it was ok
Entah karena baca duluan, gw lebih suka Pintu daripada buku pertama ini. Karena
1). gw gak gitu paham dengan analogi jendela di sini. Apakah jendela yg dimaksud June menggambarkan apartemen dan suasana hati serta konfliknya saat dia tinggal di sana? Entahlah. Mungkin kebegoan gw yg bikin gw gagal-paham akut

2.) affair dan kehidupan free sex June. Ok, gw tau kalo yg kayak gitu emang hak masing-masing orang. Tapi, nggak nyaman aja mbayanginnya.

3). penuturan dalam buku ini suka melebar kemana-mana
...more
Yusrina Nur Dini
Jun 22, 2014 Yusrina Nur Dini rated it it was ok
Saya membaca Jendela-Jendela karena saya suka Astral Astria. Saya kira ceritanya akan seperti 'apa'. Ternyata 'tidak apa-apa'. Saya pikir ceritanya akan 'bagaimana'. Ternyata 'tidak bagaimana-bagaimana'.

Pertama, saya tidak mengerti hubungan antara judul dengan isinya. Mungkin cuma saya yang tidak mengerti, tapi entahlah. Memang setiap pindah tempat tinggal, June membicarakan jendela. Tapi sebentar dan selewat saja. Mungkin cuma saya yang tidak mengerti, tapi entahlah.

Kedua, saya lebih suka jika
...more
Kiki
May 17, 2008 Kiki rated it it was ok
Recommended to Kiki by: ira
Setelah trilogi jendela, pintu dan atap, plus sedikit rojak...akhirnya saya menyerah dan "mutung" dengan karya-karya Fira Basuki (maafkeun ya mbak Fira).

Sejak buku pertama, saya membatin apa yang salah dengan perasaan saya terhadap buku ini? karena sebenarnya cara F.B bercerita cukup mengalir dan runut. jadi, meskipun agak bosan di awal-awal, saya paksakan diri untuk berjuang menyelesaikannya. tapi, semakin ke belakang rasanya makin tidak fokus. Rasanya ada yang nggak pas dengan penokohannya. B
...more
Maltal
Jan 05, 2015 Maltal rated it really liked it
Hari ini ketika saya menenggelamkan diri di toko buku, saya temukan sebuah paket trilogi milik Fira Basuki. Setelah berdebat dengan batin sendiri, akhirnya saya memutuskan untuk membelinya. Setelah itulah kisah bermula.

Jendela-jendela membawa saya kembali kepada masa silam. Tahun 1997, ketika usia saya masih sangat muda. Tokoh June yang menjadi fokus cerita punya kisah yang menarik untuk diikuti. Kehidupannya di Pittsburg, Jakarta, dan Singapore sangat menarik. Kisah cintanya dengan para laki-l
...more
Maria Tarisa
Sep 27, 2012 Maria Tarisa rated it really liked it
Hari ini ketika saya menenggelamkan diri di toko buku, saya temukan sebuah paket trilogi milik Fira Basuki. Setelah berdebat dengan batin sendiri, akhirnya saya memutuskan untuk membelinya. Setelah itulah kisah bermula.

Jendela-jendela membawa saya kembali kepada masa silam. Tahun 1997, ketika usia saya masih sangat muda. Tokoh June yang menjadi fokus cerita punya kisah yang menarik untuk diikuti. Kehidupannya di Pittsburg, Jakarta, dan Singapore sangat menarik. Kisah cintanya dengan para laki-l
...more
Nia
Aug 26, 2008 Nia rated it liked it
Shelves: novel
Sebel sama tokoh June...tidak yang seperti saya harapkan :-(
Diawal-awal, sih suka. karena orangnya nerimo dengan keadaan suami, Jigme yang sangat sederhana.
Ditambah lagi ternyata Jigme mulai memperdalam agama Islanm dengan mengikuti pengajian dan bekerja keras untuk membahagiakan June. Tapi June malah bermain selingkuh dengan teman baik suaminya, Dean...

Dan June baru menyadarinya ketika ia dicampakkan begitu saja oleh Dean dan menderita sakit pada lehernya. Hingga akhirnya dia pulang ke tanah ai
...more
Vini Hujan
Dec 07, 2014 Vini Hujan rated it it was ok
Awalnya sangat tertarik sekali membaca buku ini justru setelah membaca buku Fira Basuki yang lain seperti '140 Karakter' dan 'Fira-Hafez', tapi karena sulit mencari versi yang boxset agak terlupakan juga sih. Sampai secara mengejutkan suami memberikan boxset novel ini sebagai hadiah.

Setelah membaca satu dua halaman ternyata jauh sekali dari ekpektasi saya terhadap novel ini. Saya kira ceritanya 'berat' ternyata ringan sekali dan mudah dipahami. Meskipun begitu saya suka gaya bercerita Fira yang
...more
Nana
Nov 13, 2008 Nana rated it liked it
Shelves: fiction
pertama-tama agak sedikit membingungkan sih baca buku ini (mb fira mau cerita apa&siapa ya?)...tapi setelah selesai membacanya, aku baru paham maknanya.
ternyata menikah dengan orang bukan dari negeri kita sendiri alias orang luar ternyata tak selalu hidup serba kecukupan&selalu bergaya hidup mewah, ya salah satunya june dalam tokoh ini dia menikah dengan orang warga kebangsaan Tibet..june mendapatkan pengalaman yg unik,bahagia,sedih,menyusahkan saat hidup di negeri seberang,bahkan affair
...more
Ipeh Alena
Jan 21, 2014 Ipeh Alena rated it liked it
Baiklah ini kesalahan yang ke-sekian. Saya tidak ingat lagi karena membeli buku trilogi namun memulainya dari buku kedua. Tidak begitu tertinggal jauh memang, tapi setelah itu saya penasaran dengan kelanjutan Mr. X-Men.

Saya suka dengan narasi Fira Basuki, tidak begitu bertele-tele, namun menyajikan banyak kosakata yang simple namun mudah dicerna.

Tapi issu tentang wanita yang berselingkuh dan sebagainya ini, sedikit meresahkan. Merasa takut sendiri tiba-tiba. Karena nothing's immpossible in this
...more
Angdamdewi
Mar 12, 2010 Angdamdewi rated it liked it
Overall it was ok, tapi saya sebagai perempuan agak mikir aja ko ada ya perempuan sesetia Putri yang meski Bowo udah pergi jauh dan bukan cuma pergi tapi sempet ketemu perempuan lain dan akhirnya mau nikah. Hebat sih, he he. Mungkin saya punya pikiran kaya gini karena saya belum nemuin orang yg bisa bikin saya punya perasaan kaya Putri. Soal tema yaa memang tentang cinta sih tapi yang saya suka dari Fira Basuki adalah sisipan traveling nya, he he! Setting di novel-nya yang ngambil banyak tempat ...more
Irene Angelina
Oct 17, 2012 Irene Angelina rated it it was ok
Menceritakan tentang June, wanita Indonesia yang tinggal di Singapura bersama suaminya yang berasal dari Tibet. Awalnya terasa sedikit monoton karena berkisar tentang kehidupan sehari-hari yang dibumbui masalah rumah tangga pada umumnya. Konflik mulai terjadi saat Junr berselingkuh dengan sahabat suamninya sendiri. Sempat membuat heran karena sebagai novel sastra, dimana letak kesusasteraannya saya tidak merasakan. Akhir cerita menggantung, karena tidak diketahui siapa yang mengirimkan ilmu hita ...more
Denna
Jan 05, 2014 Denna rated it it was ok
Menemukan buku ini di salah satu rak di Perpusda Yogyakarta dan secara impulsif mengambilnya lalu membacanya sampai tuntas dalam waktu tiga jam saja. Seperti rating dari saya, it was ok... Sebenernya belom terlalu ngerti korelasi judul buku ini sama isi ceritanya. Apakah jendela-jendela di sini itu maksudnya masing-masing menceritakan fragmen hidup June atau bagaimana, entahlah. Tetapi kalau untuk sekedar mengisi waktu luang seperti yang saya lakukan, ya masih terbilang lumayan lah. Ceritanya ya ...more
Adek
Jul 10, 2013 Adek rated it liked it
Ringan. Fira begitu lancar bercerita. Meski ini adalah urutan pertama dari trilogi Jendela-Pintu-Atap, tapi gw baca ini sesudah Pintu.

Jika di Pintu, cerita dari sisi Mas Bowo, di sini, Fira bercerita dari sisi June. Dan kenapa penokohan June mirip sekali dengan kehidupan Fira: sekolah dari SMU hingga kuliah di Amerika dan kehidupannya di Singapura.

Seperti halnya Pintu, Jendela punya kisah cinta yang hampir mirip dengan novel sebelumnya itu: drama keluarga, ada cinta, bosan, hingga affair.

Moral o
...more
Hilwy Al Hanin
Feb 20, 2012 Hilwy Al Hanin rated it liked it
Ini buku pertama Fira Basuki yang saya baca. Kesan pertama... mengalir dengan cerita kehidupan sehari-hari. June--tipikal manusia sejati. Kerap melakukan kesalahan, tapi akhirnya luluh dengan perhatian dan cinta kasih dari orang yang mencintainya. Lupa sejenak pada Tuhan, dan ingat sepenuhnya ketika mendapat kesulitan. Hidup dengan tidak bersyukur dan terus-menerus tidak puas dalam sesuatu. Bukankah itu wajah kita? Mbak Fira menuliskannya dengan sangat wajar.

Saya juga suka mbak Fira menuliskan
...more
Dhini
Dec 02, 2008 Dhini rated it liked it
membaca kisah dalam buku ini, memang seperti saat "membuka jendela"..- paling tidak menurutku, tentu - ada bentangan cakrawala yang terlihat begitu luas, kesibukan arak2 awan, atau lalu lalang burung2 yang terbang tinggi..

nah gambaran seperti itu, terwakili oleh suasana kehidupan rumah tangga baru di Singapura yang diceritakan dari kacamata June Subagyo, dengan sesekali mengenang masa-masa kuliahnya di kota kecil Wichita di USA..

Dita
Sep 20, 2007 Dita rated it liked it
Saya bukan penggemar Fira Basuki, walaupun hampir semua bukunya saya baca. Entah ini perasaan saya saja, atau apa, tapi hampir semua ceritanya mirip dengan kisah hidupnya. Ya gapapa sih. Setting, emosi sampai ke cara bertuturnya yang renyah. Dia pintar mengajak ngobrol pembaca. Tapi mungkin saya lebih suka pembicaraan yang penuh humor. Hehe. Dari semua karya Fira Basuki, saya palig suka Jendela-jendela. Buku ini.
Pulung
Aug 09, 2007 Pulung rated it liked it
Ini buku pertama karya Fira Basuki yang saya baca. Lumayan, kok. Ringan tapi nggak kosong.

Ceritanya sederhana, soal anak muda Indonesia yang belajar hidup mandiri di negeri tetangga dengan keadaan penuh perjuangan.

Saya sedang mencari kesempatan untguk membaca buku Fira Basuki yang lain, tapi belum rejeki, belum ketemu bukunya. He he he...

(Kecuali kalo saya lupa bahwa sudah membaca suatu buku, yang ternyata karyanya Fira Basuki)

-Ria-
Indah Threez Lestari
Jun 05, 2011 Indah Threez Lestari rated it it was ok
Shelves: indonesian, punya
583rd - 2011

Sejak membaca novel Danielle Steel yang berjudul Perfect Stranger, paling sebal sama tokoh utama cewek, istri dari laki-laki yang sangat baik, tapi malah selingkuh, dengan alasan apapun yang kadang tidak bisa diterima akal sehat. Hm... selingkuh memang biasanya nggak melibatkan akal sih.

(Weh, kalau suaminya bukan laki-laki yang baik, memangnya tokoh utama boleh selingkuh?)

Triwido
Apr 17, 2016 Triwido rated it really liked it
Dalam buku ini, tokoh June lebih mendominasi.

Dalam jendela, membuka wawasan tentang perjuangan hidup di negara negara maju. Pada akhirnya, hidup adalah perjuangan karena di mana pun hidup, kesulitan pasti akan ada.

Dalam buku ini pula, dijabarkan apa arti cinta dan bagaimana menemukan cinta. Cinta adalah ketenangan dan kenyamanan.

Buku ini membuat kita terbawa bahwa segala sesuatu sudah ditetapkan opeh Gusti Allah dengan rencana dan jalanNya yang sangat sempurna, bagaimana pun kondisinya.
Fajar Nugraha
Apr 17, 2008 Fajar Nugraha rated it liked it
I was switchless.read this after Pintu,hoho..still got the connection though.June's experiences was little bit easier to understand than her brother has.The "wet bed" journey,Jigme ,Tibet had been some highlights in this book.Junes really a hard working wannabe mother,thats one point from jendela-jendela.
Imas
Oct 12, 2009 Imas rated it it was ok
Buku pertama Fira Basuki yang aku baca, buku ini merupakan buku pertama dari trilogi Jendela-jendela, Pintu, dan Atap. Menceritakan tentang June dan suaminya dengan kisah-kisah diseputar lingkungan tempat tinggal mereka. Hubungan antar manusia dan perbedaan kebudayaan menjadi beberapa hal yang banyak diungkapkan.
Stella Fiona
Pertama kali baca buku ini ketika saya masih kuliah .. cukup "tertohok" dengan gaya hidup si tokoh utama dan cara penulisan Fira Basuki.
Namun ..
Fira Basuki bisa membawa sesuatu yang kebanyakan orang akan menilai itu salah menjadi sesuatu yang patut untuk dipertimbangkan lagi case by case(cth: selingkuh).
In overall.. I recommend this book :)
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Travelers' Tale, Belok Kanan: Barcelona!
  • Indiana Chronicle: Blues
  • Cintapuccino
  • Tarian Bumi
  • 23 Episentrum
  • Si Parasit Lajang: Seks, Sketsa, & Cerita
  • Drakuli Kuper
  • Supernova: Akar
  • Kok Putusin Gue?
  • Kau Memanggilku Malaikat
  • Nayla
  • 東京タワー ~オカンとボクと、時々、オトン~
  • Jalan Menikung
  • Linguae
  • Rumah Bambu: Kumpulan Cerpen Pertama dan Terakhir
486195
Fira Basuki (born June 7, 1972) is a well-known Indonesian novelist. Arguably her most famous work is her trilogy debut consisting of Jendela-Jendela (The Windows), Pintu (The Door) and Atap (The Roof). The trilogy concerning the journeys of Javanese brother and sister Bowo and June; from graduating high school, studying abroad in the US, their meta-physical experiences (especially Bowo's "second ...more
More about Fira Basuki...

Other Books in the Series

Trilogi Jendela - Pintu - Atap (3 books)
  • Pintu
  • Atap (Trilogi Jendela - Pintu - Atap #3)

Share This Book