Pudarnya Pesona Cleopatra
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating

Pudarnya Pesona Cleopatra

3.57 of 5 stars 3.57  ·  rating details  ·  2,376 ratings  ·  274 reviews
Tak terasa airmataku mengalir, dadaku sebak kerana rasa terharu yang teramat sangat.

Tangisanku mulai gugur dalam isak tangisanku, semua kebaikan Raihana yang selama ini mulai terbayang di benak fikiranku.

Wajahnya yang teduh bagaikan baby face, pengorbanan serta pengabdiannya yang tiada putusnya, dengan suaranya yang lembut, tangisannya yang mengalirkan perasaan haru dan...more
Paperback, 111 pages
Published 2004 by Republika
more details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Pudarnya Pesona Cleopatra, please sign up.

Be the first to ask a question about Pudarnya Pesona Cleopatra

Ayat-Ayat Cinta by Habiburrahman El-ShirazyKetika Cinta Bertasbih by Habiburrahman El-ShirazyKetika Cinta Bertasbih by Habiburrahman El-ShirazyAkira by Helvy Tiana RosaMuhammad by Tasaro G.K.
Novel FLP Terbaik
7th out of 115 books — 217 voters
Laskar Pelangi by Andrea HirataBumi Manusia by Pramoedya Ananta Toer5 cm by Donny DhirgantoroNegeri 5 Menara by Ahmad FuadiRonggeng Dukuh Paruk by Ahmad Tohari
Buku Indonesia Sepanjang Masa
135th out of 449 books — 1,548 voters


More lists with this book...

Community Reviews

(showing 1-30 of 3,000)
filter  |  sort: default (?)  |  rating details
Retno Palupi
Pudarnya Pesona Cleopatra

Identitas Buku:
a. Judul Buku : Pudarnya Pesona Cleopatra
b. Pengarang : Habiburrahman El Shirazy
c. Penerbit : Republika
d. Jumlah Halaman : 45/106
Sinopsis:
Lama belajar di Cairo, Mesir membuat tokoh ‘aku’ terobsesi dengan kecantikan wanita Mesir. Dia ingin sekali memperistri seorang wanita mesir. Namun, keinginannya itu sirna saat ia telah dijodohkan Ibunya dengan anak seorang sahabatnya. Dia pun setuju dengan perjodohan itu, karena dia ingin menjadi anak yang berbakti pad...more
Mirza Ifronziah
Buku Pudarnya Pesona Cleopatra ini menceritakan tentang seorang pemuda yang sangat mengagumi sosok Cleopatra sejak dia kuliah di Mesir. Dia mengidam-idamkan gadis mesir keturunan Cleopatra sebagai istrinya, namun karena ia harus mengikuti permintaan ibunya maka dia harus menikah dengan gadis Indonesia pilihan ibunya. Dengan terpaksa akhirnya dia menikah dengan gadis pilihan ibunya yang tidak dia cintai. Namun istrinya tetap setia mengabdi padanya, padahal dia belum bisa menghapus pesona Cleopatr...more
Wijayanto
Kali ini saya hanya ingin sedikit beropini mengenai buku yang merupakan cikal bakal novel Ayat-ayat Cinta. Karena, mungkin sebagian besar fansnya karya-karya tulis Kang Abik sudah tamat membaca 2 novel pendek yang tergabung dalam satu buku ini. Dan ada keraguan dalam diri saya untuk menceritakannya kembali dengan versi sendiri, alih-alih takut mengurangi daya psikologis yang dipancarkan oleh novel ini.

Sub judul yang dipakai oleh Kang Abik pada novelnya kali ini : Novel Psikologi Islami Pembangun...more
Qonita Salsabila
sebuah mininovel yang menyentuh jiwa..

pada kisah pertama memaparkan kehidupan rumah tangga seorang Raihana yang teramat 'nrimo' berbakti, nurut pada suaminya, khas perempuan Jawa. penuh dengan cinta dan ketulusan. Namun, uniknya hingga sang istri mengandung anak pertama 6 bulan, sang suami belum juga tumbuh rasa cinta di hatinya, lantaran pernikahan itu terjadi atas dasar 'janji masa muda kedua ibu Raihana & laki-laki yg menjadi suaminya' masih ada saja bayang-bayang pesona gadis Mesir pada...more
Nandoo
Novel “Pudarnya Pesona Cleopatra” yaitu Novel Psikologi Pembangun jiwa, karangan Habiburrahman El Shirazy, Penulis Novel best seller Ayat-ayat cinta.kekurangan buku ini hampir tidak ada. dan kelebihannya bisa jadi renungan bagi kita bersama. Kadang dalam hidup, kita menginginkan sesuatu, tapi tidak baik menurut Allah SWT, dan kadang-kadang kita tidak menginginkan sesuatu, tapi baik menurut Allah SWT. Jadi hidup ini adalah biarlah Tuhan yang merencanakan kehidupan kita, sebab Tuhan lebih tahu dar...more
Miftahul Istifadah
Judul : Pudarnya Pesona Cleopatra
No. ISBN : 979-3604-00-x
Penulis : Habiburrahman El Shirazy
Penerbit : Republika
Tahunl terbit : 2005
Jumlah Halaman : 111 halaman
Berat Buku : -
Jenis Cover : Jay 'N
Dimensi(L x P) : 20.5x13.5 cm
Kategori Novel : Psikologi Islami Pembangun Jiwa
Bonus : -
Text Bahasa : Indonesia •

Resensi :

Buku ini menceritakan tentang sebuah pemaparan dimana penulis lebih menunjukkan bahwa sebuah kecantikan bukanlah segala-galanya, dengan bahasa yang penuh puitis dan majas yang memperind...more
icha
You don't know what you've got till it's gone...

kira2 itulah makna implisit dari kisah 'pudarnya pesona cleopatra'...kecantikan seringkali--even almost dominant-- tapi kecantikan sebenarnya seperti bunga yang merekah...cantik, tapi tak lama kan layu..
sedang kecantikan abadi yang diajarkan melalui 'inner beauty' versi islam yang mengagungkan kepribadian dengan ketaatan yang teguh, ketabahan tanpa batas, serta keikhlasan yang penuh....itulah pesona abadi...

Hilmy Nugraha
Aku selalu penasaran dengan tulisan-tulisan dari Kang Abik (panggilan akrab penulis). Kali ini adalah 2 novel mini dengan judul buku Pudarnya Pesona Cleopatra. Aku membelinya di Jogja Agency Purwokerto, salah satu toko buku favoritku karena selalu memberikan diskon 20% pada setiap buku yang kita beli. Pada 3 November 2006.
Cover halus, dengan balutan kertas doff. Didalamnya berisi 2 novel mini tentang cinta bernuansa religi yang sudah menjadi spesialis dari Kang Abik.
Novel pertama adalah Pudarn...more
Seno Pamungkas
Akhirnya novel ini ada digenggamanku. Setelah beberapa minggu menundanya karena dicari kemana-mana g ketemu. Giliran ada, duitnya ngepres. Alhamdulillah sebulan yang lalu waktu aq liat novel ini di togamas, novel ini terselip seorang diri diantara deretan buku-buku lainnya. Waktu itu keinginan kuat untuk beli, tapi kalo tetap nekat beli sama aja bunuh diri karena menggadaikan uang makanku T_T. Tapi, ternyata memang kalo udah rejeki gak akan kemana-mana......Alhamdulillah novel ini gak ada yang m...more
Anna Saiea
Sebuah novel psikologi islam pembangun jiwa karya Habiburrahman El-Shirazy. Menceritakan tentang seorang pria jawa lulusan dari Universitas Al-Azhar Mesir yang ingin mempunyai istri yang cantiknya seperti Cleopatra. Padahal ibunya telah menjodohkan ia dengan anak sahabatnya yang bernama Rihana. Untuk menghormati ibunya, akhirnya ia mau menikah dengan Rihana. Setelah beberapa bulan menikah, akhirnya Rihana hamil. Namun hal itu tidak membuat ia sayang terhadap Rihana. Akhirnya Rihana memutuskan u...more
Almaun T
Judul :Pudarnya Pesona Cleoparta
Penulis : Habiburrahman El-Shirazy
Penerbit : Author Publishing

Pudarnya pesona Cleopatra merupakan novel mini pertama karya Habiburrahman El-Shirazy. Novel ini bercerita tentang seorang lelaki yang sangat berbakti pada ibunya karena berbaktinya itu setelah ia lulus kuliah dari Mesir. Ia rela untuk dijodohkan oleh ibunya denga anak teman karibnya saat ibunya di Pesantren dulu, ibunya dan temannya telah berjanji kalau nanti punya anak berlainan jenis akan dijodohkan,...more
Nicegreen
Kali ini Kang Abik menulis dua buah novel mini yang mengharu biru. Dalam buku ini ada 2 buah novel mini. Novel mini yang pertama berjudul Pudarnya Pesona Cleopatra. Yang bercerita tentang seorang wanita bernama Raihana yang mempunya akhlak yang baik, shalehah, hafal Al-qur'an, tulus dan ikhlas mencintai suaminya. Walaupun suaminya sama sekali tak mencintainya. Karena mereka menikah dijodohkan oleh orang tua mereka. Suami Rahaina bermimpi dapat memperistri gadis cantik seperti Mona Zaki, bintang...more
Lily
Tak terasa air mataku mengalir, dadaku sebak kerana rasa terharu yang teramat sangat. Tangisanku mulai gugur dalam isak tangisanku, semua kebaikan Raihana yang selama ini mulai terbayang di benak fikiran ku.

Begitu yang tertulis disampul belakang buku Pudarnya Pesona Cleopatra terbitan M'sia. (rasanya gak jauh beda bahasa M'sia dan bahasa Indonesia)

Aku membeli buku PPC di Malaka. Buku ini di Indonesia pertama kali terbit th 2005.Kemudian diterbitkan untuk pertama kali di th 2007 oleh salah satu p...more
Restinyadayat
akhirnya bisa juga baca nie buku...Terima kasih kepada Gramedia Grand Indonesia yang baru aja buka cabangnya sehingga memberikan diskon 30% dan bisa membuat gw untuk membeli buku ini. Buku ini berisikan 2 novel sederhana and mini. walaupun begitu, cerita di dalamnya sangat menyentuh hati. cerita pertama tentang ketulusan dan bakti seorang istri yang bernama Raihana. Novel pertama ini menunjukkan kasih, bakti , ketulusan dan cinta sejati..hiks..benar2 sosok yang sempurna sedangkan sang suami yang...more
Febrilina Pramudiyanti
Pudarnya Pesona Cleopatra.
Sungguh cerita yang menginspiratif. Tokoh aku (suami Raihana) terpaksa menikah dengan orang yang tidak dia sukai, Raihana. Sejak dalam kandungan, dia telah dijodohkan dengan anak sahabat karibnya itu, jika anak mereka berlainan jenis. Tak adil memang dan sangat terpaksa dia menikahinya. Demi membahagiakan ibunda tercinta.

Raihana seorang yang sabar, berjilbab, sarjana pendidikan dan hafal Alquran. Sedangkan tokoh aku seorang lulusan Mesir dan menjadi dosen di salah satu...more
Lqyana
Mamah suka buku-buku yang ber-genre religi, jadi ketika ada salah satu book shop online yang menawarkan buku ini saya langsung membelinya dan menjadikannya kado untuk ulang tahun Mamah bulan lalu. Kata Mamah ini buku pembangun jiwa yang bagus dan itu membuat saya tertarik untuk membacanya. Benar saja, ini adalah buku pembangun jiwa yang bagus.


Mini novel ini sangat tipis, hanya 111 halaman, dan itu hanya membutuhkan waktu kurang lebih setengah jam untuk saya menyelesaikannya. Pudarnya Pesona Cle...more
Thurfah Azmi
Sekapur sirih:
"Buku ini adalah kado buku pertama yang kudapat dari sahabat kecilku. Waktu itu aq masih kelas 2 SMA atau tepatnya saat umurq menginjak 17 tahun. Aq sekolah SMA di kotaku sedangkan sahabatku nyantren di Jombang. Meskipun kita sudah berpisah sejak lulus SD, namun hal yang tak pernah terlupa dari persabatan ini adalah kita selalu berkirim kado tiap pertambahan umur kita. Dan hal itu tetap berlangsung sampai sekarang."

Senang sekali rasanya mendapat buku ini. Buku ini adalah buku perta...more
Luthfi
Dec 27, 2007 Luthfi added it
Novel Mini yang sarat makna dan pelajaran. Bagi para pelajar a-Azhar University khususnya, membaca novel ini bisa memberikan peringatan untuk tidak macam-macam atau tidak mencari urusan dengan titisan-titisan Cleopatra masa kini. hehehe...Secara fisik orang Mesir emang cakep-cakep, cantik-cantik, tapi lom tau juga bagaimana hatinya...Yang Jelas, jangan sampai kita bernasib seperti Pak. Qalyubi (salah satu tokoh yang ada di Novel Pudarnya Cleopatra Bag. Empat)...
CuT ALma
Aku baca buku ini diperpustakaan di UI. Waktu itu capek banget nyari2 dimana gedung pasca sarjana-komunikasi UI, secara aku gak tau jalan dan gak pake kendaraan. Sebenarnya waktu aku ngelewatin perpustakaan itu, cuma pengen numpang duduk sambil istirahat.. tp akhirnya lumayan lama juga krn nyambi baca buku ini. aku pribadi sebel sama ending bukunya. gak asik banget. walaupun berakhir dengan penyadaran, tapi cerita2 yang berakhir sad end, aku gak suka...UGh!
Kidnovice
Buku ini mengajarkan kita agar jangan terlalu silau dengan keindahan yang bisa kita lihat dengan mata karena keindahan itu sifatnya sesaat. Saat kecantikan itu bukanlah dari hati namun dari appearance saja, saat itulah kita akan terlimit oleh waktu untuk keindahan tersebut. Dan saat kita terpana olehnya ternyata ada keindahan lain yang lebih indah tercipta untuk kita namun saking sibuknya kita terpana, kita mengabaikannya
Ti3wi3
Subhanallah. cerita yang mengharukan… beruntung Raihana memiliki keimanan yang sangat kuat, sehingga ketika dia mengalami semua ini dia hadapi dengan tegar dan semua dikembalikan kepada ALLAH SWT…

Jadi inget salah satu hadist Rasulullah SAW...

Dari Abdullah bin Amr r.a bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Dunia, seluruhnya adalah kesenangan. Dan sebaik-baik kesenangan dunia adalah wanita yang sholehah”. (HR. Muslim)
lingga ambarita
kang abik berlebihan sekali dalam menggambarkan karakter lelaki yang tergila-gila dengan gadis mesir. tanpa ada latar belakang yang jelas kenapa lelaki itu begitu menginginkan gadis mesir yang menjadi istrinya. Sangat tidak masuk akal... hingga perjalan rumah tangga pun menjadi benar-benar tidak berarti, padahal dikisahkan lelaki tersebut orang yang solih dan educated tentu.
Emillia
Mar 18, 2009 Emillia rated it 3 of 5 stars
Recommends it for: pencinta novel dan para suami
Recommended to Emillia by: myself
Shelves: novel
matanya terpesona pada keindahan wajah yang umpama cleopatra..tidak mahu menghargai yang ada di depan matanya..yang lebih memahaminya..yang selalu menghormatinya sebagai suami..yang menahan pedihnya bila dilayan umpama orang gaji..waktu yang berlalu tidak lagi kembali..
Ahmad
gue baca buku yang masih terbitan flp. khas flp banget! nggak ada yang mengejutkan, datar, tapi tetap mempesona. sayangnya, ujungnya selalu dibuat simpel. yang satu nikah, yang satu lagi meninggal. kenapa nggak 'cleopatra'-nya datang ke indonesia?? bakalan lebih seru...
Heni Haniah
Awesome! Kumpulan kisah pengorbanan Cinta!
rinda
Ow.. OW.. Ow.. buku ini menceritakan tentang penyesalan seorang lelaki karena telah menyia-nyiakan istrinya yang menurutnya tak secantik cleopatra.

Ia dan istrinya menikah karena dijodohkn. Setelah pernikahan berlangsung, ia menyadari bahwasanya ia sama sekali tak mencintai istrinya. Ia menginginkan seseuatu yang lebih dari wanita yang menjadi istrinya yaitu kecantikan bak Cleopatra. Hal itu tidak ada di wajah istrinya yang _kalau tidak salah_ bersuku Jawa. Ia lantas tak pernah menggauli istriny...more
Mabrur Muhammad
jangan sia-siakan cinta yang udah ada.
Kadang dalam hidup, kita menginginkan sesuatu, tapi tidak baik menurut Allah SWT, dan kadang-kadang kita tidak menginginkan sesuatu, tapi baik menurut Allah SWT. Jadi hidup ini adalah biarlah Tuhan yang merencanakan kehidupan kita, sebab Tuhan lebih tahu dari kita. Tugas kita adalah berusaha yang terbaik, dan selalu menerima keyakinan dengan lapang dada, kalau pilihan Tuhan, pasti terbaik.

Membaca novel mini ini, rasanya saya tidak bisa melepas buku sebelum a...more
Dayat
Sep 22, 2009 Dayat rated it 5 of 5 stars
Recommended to Dayat by: Kak Yang
Shelves: fiksyen
Pudarnya Pesona Cleopatra (PPC) adalah novel awal Ustaz Habiburahman El Shirazy sebelum karya fenomenalnya Ayat-ayat Cinta. Novel yang walaupun pendek sangat mengesankan bagi ku.

Kisah yang benar-benar menyentuh jiwa.

Kisah seorang rijal lulusan Al-Azhar yang berkahwin atas dasar ketaatan dan kecintaan kepada ibunya. Rijal itu memperisterikan gadis mulus Raihana lulusan agama dan hafizah Al-Quran.
Pemuda itu cuba mencintai Raihana isteri pilihan ibunya namun apa yang ditemuinya adalah kehampaan, ci...more
Vienna Yunistia Sasmita
Judul : Pudarnya Pesona Cleopatra
Pengarang : Habiburrahman El-Shirazy
Format : Ebook, 50 halaman

"Terkadang kita baru menyadari betapa berartinya seseorang, setelah orang itu pergi meninggalkan kita."

Bercerita tentang seorang pria yang terpaksa mau dijodohkan dengan wanita pilihan ibundanya karena tidak mau dianggap sebagai anak durhaka. Ia bahkan rela mengorbankan perasaannya dengan menikahi wanita yang sama sekali tidak dicintainya. Baginya, kecantikkan perempuan-perempuan Mesir yang bak Ratu Cl...more
Ummu Auni
Review baru:

Novel ini biasa-biasa sahaja.

Review lama:

Sekarang masa untuk mengulit novel fiksyen. Kemerdekaan sementara dari kuliah dan peperiksaan, mampu membuatkan saya sedikit lega.

Namun, perjalanan ke KL Sentral turut memberi saya peluang membeli buku Habiburrahman yang lain. Kali ini, Pudarnya Pesona Cleopatra.

Ini lagi sebuah karya Habiburrahman El Shirazy yang sangat menyentuh hati. Buku ini mengandungi dua mini novel berjudul 'Pudarnya Pesona Cleopatra' dan 'Setitis Embun Cinta Niyala'. N...more
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 99 100 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Ketika Mas Gagah Pergi (Edisi Kedua)
  • Dilatasi Memori
  • Bidadari Bidadari Surga
  • Meminang Bidadari
  • Agar Bidadari Cemburu Padamu
  • Pingkan: Sehangat Mentari Musim Semi
  • Di Bawah Lindungan Ka'bah
  • Negeri 5 Menara (Negeri 5 Menara, #1)
489970
Kang Abik, demikian novelis ini biasa dipanggil, adalah sarjana Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir dikenal sebagai dai, novelis, dan penyair. Karya-karyanya banyak diminati tak hanya di Indonesia, tapi juga negara-negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dan Brunei. Karya-karya fiksinya dinilai kental nilai Islaminya dan mendorong semangat para pembacanya.

Selama di Kairo, kang Abik banyak menul...more
More about Habiburrahman El-Shirazy...
Ayat-Ayat Cinta Ketika Cinta Bertasbih Ketika Cinta Bertasbih: Episode 2 Bumi Cinta Dalam Mihrab Cinta

Share This Book