Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Dalam Mihrab Cinta” as Want to Read:
Dalam Mihrab Cinta
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Preview

Dalam Mihrab Cinta

3.54 of 5 stars 3.54  ·  rating details  ·  1,790 ratings  ·  141 reviews
Siang itu, Pesantren Al Furqon yang terletak di daerah Pagu, Kediri, Jawa Timur geger. Pengurus Bagian Keamanan menyeret seorang santri yang diyakini mencuri. Beberapa orang santri terus menghajar santri berambut gondrong itu. Santri itu mengaduh dan minta ampun.

"Ampun, tolong jangan pukul saya. Saya tidak mencuri!" Santri yang mukanya sudah berdarah-darah itu mengiba.
"Ayo
...more
Paperback, 270 pages
Published 2007 by Republika - Basmala
more details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Dalam Mihrab Cinta, please sign up.

Be the first to ask a question about Dalam Mihrab Cinta

Community Reviews

(showing 1-30 of 2,835)
filter  |  sort: default (?)  |  rating details
Harun Harahap
buku ni terdiri dari tiga cerita..

cerita pertama berjudul tentang Takbir Cinta Zahrana yang berkisah tentang pencarian calon suami yang tepat buat dirinya sendiri,Zahrana..setelah menolak beberapa kali lamaran akhirnya ia menemukan calon suami yang tepat bagi dirinya..namun sayang nasib naas menimpanya..dan pada akhirnya Zahrana pun menikah..dengan sapa???dengan orang yang tak diduda tak dinyana tak disangka..halah...

cerita kedua berjudul Dalam Mihrab Cinta yang berkisahkan tentang Syamsul yang
...more
Seno Pamungkas
Aq beli buku ini utk membayar kekecewaan karena disaat pameran buku yang disitu ada ribuan buku. Tapi aq cari-cari KCB 1 sampe mbulet gak ketemu-ketemu. Akhirnya daripada aq datang percuma di pameran itu, lebih baik datang dengan membawa hasil. Akhirnya aq memutuskan utk membeli novel ini. Ya. Dalam Mihrab Cinta.
Buku ini berisi 3kisah. Banyak kesamaan dari ketiga kisah tersebut. The keyowrds : love, married, patient and give thanks to Allah, happy ending.
Kisah 1 : Takbir Cinta Zahrana. Zahrana y
...more
Adzki_lautner
Judul buku : Dalam Mihrab Cinta
Karya : Habiburrahman El Shirazy
Penerbit :Republika
Cetakan : Pertama, Juni 2007
Tebal : 270 halaman
Di Pesantren Al Furqon yang terletak di daerah Pagu, Kediri, Jawa Timur geger.dikarenakan salah satu santri yang bernama Syamsul dituduh mencuri sejumlah uang teman kamarnya, seketika itu semua santri dan kepala keamanan mengadili dia, Serta merta dua bogem melayang ke wajahnya seketika pula dia jatuh pingsan. Kemudian Ia dikunci di gudang pesantren yang dijaga bebera
...more
Sylvia
Terdiri dari tiga novelet.

Yang pertama berjudul Takbir cinta Zahrana. Tentang seorang perawan (yang dianggap) tua karena usia 30-an belum menikah. Tipikal masyarakat Indonesia yang mengharuskan wanita sudah menikah di usia muda karena nantinya kalo udah (dianggap) tua bakal sulit cari jodoh. Tapi Zahrana nggak mau terjebak dalam tuntutan masyarakat seperti itu. Dia tetap berhati-hati memilih jodohnya, karena siapa yang tahu ternyata jodohnya itu adalah orang yang dekat dan yang tak diduga-duga.
...more
Syifa Adiba
Sebenernya... Sebenernya, saya gak baca keseluruhan isi buku ini. Saya baca bagian dimana ada Syamsul, seorang pemuda dari keluarga pengusaha batik yang nekat ingin berguru di Pesantren daerah Kediri. Itupun saya baca di sela-sela wawancara dalam rangka UAS. Kasihan sekali ya, saya? TT_TT

Dan kayaknya buku yang saya baca, The Romance merupakan full version dari bagian Syamsul tadi. Dimana pertemuannya bersama Zizi di stasiun Pekalongan dan berakhir dengan Syamsul yang menjadi murid di pesantren m
...more
Hanifnofear Ramadhani
baru kali ini baca buku yang intro ato pendahuluannya keren ... kang abik bilang sih buku ini kisah nyata... klo itu beneran, sumpeh deh tough!! bgt tokoh-tokoh yang ada di situ... sarat dengan pergolakan perasaan yang bikin saya menyelesaikan buku itu hanya dalam waktu 4 jam saja... waktu itu lagi liburan...
ada kisah tentang ketangguhan dan keikhlasan Zahrana yang ngga' asal da do..da..do milih pasangan hidup..
tapi sihh... kisahnya romance yang berbau serendipity alias kebetulan yang menyenangk
...more
Lily
bagus juga
walau yang diambil sebagai judul ternyata cerita kedua
dan sayangnya masih bersambung pula
cerita pertama soal wanita yang lebih mementingkan pendidikan dan karir daripada jodoh tapi tetap percaya bahwa walau umur sudah semakin tua, kriteria jodoh tetap nggak bisa sembarangan
cerita kedua, nanti aja ya kalo udah ada buku sendirinya^_^
cerita ketiga tentang pencarian jati diri beberapa orang pada saat menuntut ilmu di malaysia walau jauh dari rumah tapi iman tetap terjaga, kurang lebih sepe
...more
Diky
Novel ini boleh dikatakan yg paling realistik di antara karya-karya Habiburahman El Shirazy. Mungkin pengarang banyak menerima kritik dari novel2 sebelumnya yg seperti cerita2 di negeri awan.

Di dalam novel ini ada beberapa cerita yang saling lepas. Bersetting di Indonesia, konfliknya juga beragam bikin asik banget buat dibaca. Tp ada jg salah satu cerita yg bikin penasaran, cz pengarang tiba-tiba me"mati"kan karakter jahat bukan karena si tokoh melawannya. Jdnya seperti mengalah n menerima takd
...more
Desil
wow...cwritanya lumayan seru loc...
bayangin saja seorang Dosen dilamar sama mahasiswa yang ia bimbing untuk ujian skripsi...kebayang kagak tuh...apalagi nih seorang wanita "Zahrana" umur kira2 30_an deh..dilamar ma mahasiswa umur kira2 23 taon...
Doni S. Habil
novel ini memuat tiga kisah yang cukup menarik. bagaimanapun kenikmatan hidup yang amat dalam itu ditasbihkan untuk mereka yang menjalani hidupnya dengan memadukan antara iktiar, doa dan tawakal..
Rangga Fadhillah
Oct 06, 2007 Rangga Fadhillah rated it 4 of 5 stars
Recommends it for: semua
mantap!!

gw paling suka cerita kedua dari novelet ini. dan gw pasti tunggu novelnya "dalam mihrab cinta"
Firdia
bagus..banget......
dibaca deh...ga akan rugi...
Wijayanto
Novelet dengan 3 kisah berbeda ini saya beli hari Jumat yang lalu sekaligus untuk hadir dalam acara ‘Temu Penulis’ yang diadakan oleh pihak penerbit. Sekedar pingin tahu bagaimana penampakan sejatinya dari Kang Abik. Berbekal kamera digital dari rumah, namun akhirnya tidak terpakai karena ragu, sungkan, dan malu untuk mengambil foto sang penulis. Karya2 best-sellernya adalah alasan acara temu penulis itu ramai dipenuhi pengunjung.

Eksklusif. Mungkin itu kesan yang didapat ketika mengamati buku in
...more
Riska
Apr 14, 2011 Riska added it
Syamsul Hadi, seorang pemuda 20 tahunan. Ia bertekad menuntut ilmu disebuah pesantren. meningalkan semua kehidupan yang paling nyaman.Di sini ia bertemu dengan Zizi pemilik pondok pesantren. Untuk menyempurnakan agamanya Syamsul hijrah ke Kediri, tepatnya di pesantren Al-Furqon. Tetapi kehidupannya tak seindah yang ia bayangkan. Teman dekatnya Burhan memfitnah Syamsul dengan tuduhan mencuri. Didepannya ia tampak baik, ternyata dibelakang??? menjadi sebuah pertanyaan. Syamsul memutuska utuk pergi ...more
Umi Mar'atussholihah
"DALAM MIHRAB CINTA"

Terinspirasi dengan dua novel yang lain, dalam mihrab cinta dan mahkota cinta. Takbir cinta Zahrana menyajikan kegalauan sang tokoh utama Zahrana. Saat dia tidak kunjung mendapatkan jodoh di usia yang sudah terlalu matang bagi ukuran wanita Indonesia. Sebuah usia yang bagi masyarakat umum adalah aib dan berhak mendapat predikat perawan tua jika belum mempunyai pendamping hidup.

Segudang penyesalan ia gumamkan, terutama kenapa dahulu dia lebih memilih untuk menempuh pendidikan
...more
Muhammad_Taufiq

Dalam Mihrab Cinta The Romance: Shine Your Positive [+] Energy!

Review by Muhammad Taufiq

“Ya, Allah, semua orang kini menganggapku sebagai orang baik. Engkau Mahatahu bahwa hamba bukan orang yang baik …” [Syamsul Hadi, Dalam Mihrab Cinta: The Romance, hal. 150]


Sinopsis:

Cerita bermula dari sebuah senja di stasiun Pekalongan. Zizi (Zidna Ilma), seorang gadis yang tengah berduka karena baru mendengar kabar tentang kepergian selamanya ayahanda tercinta. Ia memasuki stasiun untuk naik kereta api yang
...more
Bintan
Dalam Mihrab Cinta, Kisah seorang pemuda yg di fitnah maling sampai benar-benar mencoba menjadi maling dan sukses meraih cita-citanya sebagai muballigh muda. Si gondrong Syamsul Hadi namanya. Meskipun terlihat seperti orang jahat karena berambut gondrong, pemuda asal pekalongan ini akan menimba ilmu di pesantren yang cukup jauh dari kota kelahirannya, yaitu di Pesantren Al-furqon Pagu Kediri, Jawa Timur.
Suatu hari Syamsul Hadi di suruh sahabatnya Burhan untuk mengambilkan dompet di lemarinya. S
...more
Anna
Apr 02, 2011 Anna added it
Sebuah novelet pembangun jiwa karya Habiburrahman El-Shirazy yang tebalnya 328 halaman dan didalamnya terdapat 3 novelet, yakni Takbir Cinta Zahrana, Dalam Mihrab Cinta, dan Mahkota Cinta. Novelet "Dalam Mihrab Cinta" menceritakan tentang kisah seorang santri Pesantren Al-Furqon yang terletak di daerah Pagu, Kediri, Jawa Timur. Santri tersebut bernama Syamsul, ia difitnah oleh santri lain yang bernama Burhan. Syamsul dijadikan kambing hitam oleh Burhan untuk menutupi kejahatannya sebagai pencuri ...more
Difa Fikriyyah
May 08, 2013 Difa Fikriyyah is currently reading it
Syamsul si tokoh utama ialah seorang yang sangat senang dengan tantangan. Sifat itu mendorong ia melanjutkan studi ke pondok pesantren setelah dua tahun lulus SMA. Ia merasa tertantang dengan cerita seorang seniman bahwa belajar di pondok sangat sulit. Syamsul memutuskan masuk ke pondok Al-Huda yang kemudian ia ketahui pondok itu milik ayah seorang gadis yang telah ia tolong di kereta sebelumnya. Gadis yang menyantri di Pekalongan itu bernama Zizi.Syamsul sangat rajin belajar di pondok sehingga ...more
Ulfi Suwandari
Siang itu Pesantren Al.Furqon yang terletak di daerah Pagu, Kediri, Jawa Timur geger. Pengurus Bagian Keamanan menyeret.seorang santri yang .diyakini mencuri. Beberapa orang santri terus menghajar santri berambut gondrong itu. Santri itu mengaduh dan minta ampun.
“Ampun, tolong jangan pukul saya. Saya tidak mencuri!” Santri,yang mukanya sudah berdarah-darah itu mengiba.
“Ayo mengaku. Kalau tidak kupecahkan kepalamu!” Teriak seorang santri berkopiah hitam dengan wajah sangat geram. “Sungguh, bukan
...more
Ayatul Saidah
judul buku :Dalam Mihrab Cinta
penulis :Habiburrahman El Shirazy
penerbit : 1.Republika Jakarta
2.Pesantren Basmala Semarang
cetakan :pertama,juni 2007
jumlah halaman :328 hal

Buku ini dapat digolongkan bacaan pembangkit jiwa.Didalamnya terdapat tiga novelet.Novelet pertama berjudul "takbir cinta Zahrana" disini pembaca diajak mempelajari tentang indahnya ketegaran dan keyulusan di jalan Allah SWT.
Novelet yang kedua berjudul "Dalam Mihrab Cinta"..Novel ini mengajak para generasi muda untuk optim
...more
Dian Khumairok
Judul : Dalam Mihrab Cinta
Penulis : Habiburrahman El Shirazy
Penerbit: Republika
Cetakan : Pertama, Juni 2007
Tebal : 328 halaman

Dalam Mihrab Cinta

Jujur Pasti Mujur. Inilah yang disampaikan Dalam Mihrab Cinta. Kejujuran akan membawa kita pada kebahagiaan. Kebahagiaan yang benar-benar nyata adanya. Hal ini tergambar pada kisah Syamsul, seorang pemuda yang sholeh dan jujur. Sekalipun ia difitnah dan dikeluarkan dari pondoknya ia tetap kekeh pada kejujurannya. Selain dikeluarkan dari pondoknya, Syam
...more
Rezpect Takterkalahkan
Tittle : Dalam Mihrab Cinta
Jumlah Halaman : 270
Nama Pengarang : Habiburrahman El Shirazy
Penerbit : Ihwati Publishing Desember, 2010.
Syamsul Hadi adalah seorang pemuda lulusan SMA yang ingin menyungsung takdirnya sendiri untuk menjadi orang yang sukses. Dia belajar di Pesantren Al Furqon terletak di Pagu. Dengan semangatnya, dia ingin mengkhatamkan kitab kuningnya dengan waktu yang dipercepat. Tetapi ditengah semangatnya belajar di Pesantren, dia difitnah temannya bernama Burhan mencuri dompetny
...more
Alisyah Samosir
Seperti buku-buku El Shirazy yang lain, buku ini mencoba berdakwah melalui kisah-kisah hidup manusia. Mulai dari kehidupan sehari-hari, keluarga, hingga percintaan. Sayangnya saya merasa dakwahnya kurang. Rasanya buku ini lebih kuat ke arah percintaan dan kehidupan santri. Gambaran kehidupan santri pun mengenaskan. Coba baca bagian dimana Syamsul difitnah mencuri. Para santri menggebukinya, demikian juga satpam. Juga dicaci-maki. Anehnya hal itu disaksikan pengurus pesantren. Kemudian baca lagi ...more
Dwi Cahyo
nama buku : dalam mihrab cinta
pengarang : habiburrahman el shirasy
tebal : 328


novel ini menceritakan seorang yang ingin menjadi seorang santri ,saat di tengah perjalanan saat naik sebuah angkutan ,dia duduk di sebelah seorang putri yang berjilbab dan setelah beberapa lama ternyata ada perampok dan dia menolongnya tetapi di terluka dan di tolong oleh perempuan tadi yang duduk bersebelahan denganya dan ternyata setelah dia tiba di pondok ,perempuan tersebut adalah seorang anak dari ustadz yang me
...more
Evi diana (al-laili)

JUDUL : Dalam Mihrob Cinta
PENERBIT : Ihwah Publisher
PENULIS : Habiburrahman El Shirazy
TEMPAT TERBIT : Jakarta Selatan
TAHUN : 2010
HALAMAN : VI + 270 Halaman
KATEGORI : Fiksi

Dalam Mihrob Cinta....

Dalam Mihrob Cinta adalah sebuah novel yang dikarang oleh Habiburrahman El Shirazy. Novel ini mengkisahkan tokoh utama yang bernama Samsul, berlatar belakang seorang yang sholeh, suka terhadap tantangan, dan kemandirian. Karena sifat itulah yang membuat Samsul memilihi untuk menetap di ponpes, walaupun hid
...more
Kurdiyan
Pertama kali baca novel secara tuntas. Diminta menjadi sampel dalam meresensi novel saat kelas VIII SMP oleh Pustakawan sekolah. Meskipun *nggak ngerti resensinya bener atau salah tapi Saya sangat menikmati bacaan pertama ini. Membuka mata Saya bahwa ternyata membaca itu indah dan menyenangkan. *Nggak seperti yang teman-teman bilang
Muhammad Marwan
Berbeda dengan Novel "Kang Abik" lainnya, Dalam Mihrab Cinta ini kumpulan Cerita Pendek. Layak dibaca
Ahmad
Buku ini khas Kang Abik. Tokoh protagonis menjadi "pahlawan"-nya dengan segala keberuntungannya plus khutbah di mana-mana. Kalau berharap tulisan Kang Abik menjadi lebih realistis dan implisif dalam menyampaikan pesan, mungkin memang salah alamat. Sejatinya, Kang Abik memang tepat dalam posisinya. Menulis untuk membangun motivasi dan semangat bahwa kebaikan akan membawa berlipat kebaikan yang lain, meski ceritanya seringkali berada di titik ekstrem yang sulit dibayangkan.

Tulisan Kang Abik selalu
...more
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 94 95 next »
topics  posts  views  last activity   
Roman (atau novel?) Dalam Mihrab Cinta udah terbit belum??? 5 25 Jul 07, 2011 09:37PM  
  • Ketika Cinta Menemukanmu
  • Tautan Hati
  • Aku Terima Nikahnya
  • Di Bawah Lindungan Ka'bah
  • Hafalan Shalat Delisa
  • Negeri 5 Menara (Negeri 5 Menara, #1)
  • Nikmatnya Pacaran Setelah Pernikahan
  • Syahadat Cinta (Makrifat Cinta, #1)
  • Padang Bulan
  • Diorama Sepasang Al Banna
  • Badai Semalam
  • Tunas
489970
Kang Abik, demikian novelis ini biasa dipanggil, adalah sarjana Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir dikenal sebagai dai, novelis, dan penyair. Karya-karyanya banyak diminati tak hanya di Indonesia, tapi juga negara-negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dan Brunei. Karya-karya fiksinya dinilai kental nilai Islaminya dan mendorong semangat para pembacanya.

Selama di Kairo, kang Abik banyak menul
...more
More about Habiburrahman El-Shirazy...
Ayat-Ayat Cinta Ketika Cinta Bertasbih Ketika Cinta Bertasbih: Episode 2 Bumi Cinta Pudarnya Pesona Cleopatra

Share This Book