Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken” as Want to Read:
Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating

Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken

3.64 of 5 stars 3.64  ·  rating details  ·  1,360 ratings  ·  191 reviews
Dua saudara sepupu, Berit dan Nils, tinggal di kota yang berbeda. Untuk berhubungan, kedua remaja ini membuat sebuah buku-surat yang mereka tulisi dan saling kirimkan di antara mereka. Anehnya, ada seorang wanita misterius, Bibbi Bokken, yang mengincar buku-surat itu. Bersama komplotannya, tampaknya Bibbi menjalankan sebuah rencana rahasia atas diri Berit dan Nils. Rencana ...more
Paperback, 294 pages
Published May 2006 by Mizan (first published January 1st 1993)
more details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken, please sign up.

Be the first to ask a question about Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken

Community Reviews

(showing 1-30 of 2,116)
filter  |  sort: default (?)  |  rating details
Huda Yahya


هل فكرت يومًا أننا -نحن البشر الكائنات الوحيدة
القادرة على تبادل الأفكار والمشاعر والخبرات في الكون كله


كعادة جوستين جاردر رواية ممتعة بلا جدال

هذه المرّة ينقلك إلى عالم الكتب والمكتبات
ولأنه جاردر فتأكد أنه لن يكون عالما عاديا

إنها مكتبة ببي بوكن السحرية
حيث الكتب التي لم تكتب بعد مرصوصة بأناقة على الأرفف

وهل تستطيع أن تخمن كم عدد الكتب التي لم يكتبها أصحابها بعد
؟
إنه عدد لا متناه من الكتب
حيث كل كلمات الأبجدية تختبيء

إنها الحياة الأبدية

" أحسستُ بأن جميع الكتب تتطلع إلي
تحدق في وجهي كما لو كانت على قيد
...more
Nenangs
"Buku terbaik mengenai buku dan budaya-baca yang ada saat ini."
-oldenburgische Volkszeitung

"Sebuah surat cinta kepada buku dan dunia penulisan"
-Ruhr Nachricht

Begitulah bunyi dua endorsement yang tertulis di bagian sampul depan dan belakang buku ini. Kedua kalimat itu juga yang terus terpikir saat membaca buku ini, bersama endorsement tambahan saya sendiri...KOK BISA?
Kok bisa dua endorsement yang nggak masuk akal itu nongkrong di sampul buku "aneh" ini?

Buku ini isinya melulu kecurigaan dan penyel
...more
Idle Hippo
Oke, ini adalah buku Jostein Gaarder pertama yang gue baca. Buku yang lumayan "unik" kalo gak mau dibilang "aneh". Unik/aneh karena buku ini hanya terdiri dari dua bab saja dari 294 halaman. Bab pertama bercerita tentang dua orang sepupu, Nils Boyum (12 tahun) dan Berit Boyum (10) yang saling berkirim surat berbentuk sebuah buku yang dikirim melalui pos bolak-balik antara Oslo dan Fjaerland. Unik/aneh karena buku ini memiliki dua sudut pandang dari seorang Nils dan Berit melalui surat-surat mere ...more
Endah
Ini adalah novel kelima buah imajinasi Jostein Gaarder yang diterjemahkan (dari bahasa Jerman) ke dalam bahasa Indonesia. Empat yang lainnya adalah : Dunia Sophie (Mizan), Misteri Soliter (Jalasutra), Gadis Jeruk (Mizan), serta Putri Sirkus dan Lelaki Penjual Dongeng (Mizan). Jika diperhatikan, tampak jelas sekali satu hal yang selalu ada dalam kelima karya Gaarder tersebut, ialah tokoh kanak-kanak. Mengapa demikian?

Menyitir pendapat Andityas Prabantoro (editor novel-novel Gaarder edisi bahasa I
...more
drg Rifqie Al Haris
Ini buku ketiga Jostein Gaarder yang saya baca setelah "Dunia Sophie" dan "Gadis Jeruk". Jika ketiganya digabungkan, maka ada beberapa poin kemiripan yang bisa dibilang: inilah ciri dari Jostein Gaarder. Pertama, ketiga buku itu memiliki tokoh sentral anak-anak. Dan kedua, ketiga buku itu juga berkutat dengan surat. Tapi jika di "Dunia Sophie" dan "Gadis Jeruk" masih memasukkan unsur filosofis, di buku yang berjudul "Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken" ini agaknya kesan filosofisnya tidak terlalu k ...more
Bunga Mawar
Nils Torgersen dan Berit Boyum dalam buku ini bergantian menulis di sebuah buku-surat yang mereka kirimkan melalui jasa pos. Bukan cuma kabar tentang keluarga, mereka juga bertukar ide gila dan imajinasi.

Oiya, Nils (cowok) dan Berit (cewek) adalah dua remaja bersepupu yang tinggal di dua kota Oslo dan Fjaerland yang tepisah ratusan kilometer di Norwegia. Buku-surat adalah ide mereka mengumpulkan "kata-kata dalam album, bukan foto". Semua hal mereka ceritakan bergantian, saling membalas dan bersa
...more
htanzil
Sedikit orang yang mengetahui bahwa penulis novel Best Seller Dunia Sophie (1995) Jostein Gaarder pernah berkoloborasi dengan Klaus Hagerup dalam menulis fiksi remaja. Klaus Hagerup sendiri adalah salah satu penulis terkemuka Norwegia yang karya-karyanya banyak berjenis bacaan anak dan remaja. Mungkin salah satu kesamaan dalam hal menulis fiksi yang diperuntukkan bagi remaja inilah yang mendorong Gaarder dan Hagerup berkoloborasi dan melahirkan karya bersamanya yang berjudul Bibbi Bokkens Magisc ...more
Truly
Repiu lengkap ada di:

http://trulyrudiono.blogspot.com/

http://www.facebook.com/note.php?save...

Tahukan Anda.....
1. Urutan Perpustakaan Universitas terbaik (berdasarkan jumlah koleksi adalah sebagai berikut:
1. Harvard University (16 million volumes)
2. Yale University (11 million volumes)
3. University of Illinois-Urbana Champaign (10 million volumes)
4. University of California-Berkeley (9 million volumes)
5. Ada beberapa perpustakaan yaitu:
- Columbia University (8 million volumes)
- Stanford Univer
...more
Palsay
May 26, 2008 Palsay rated it 3 of 5 stars
Recommends it for: gaarder's fans
Recommended to Palsay by: belidong.com
Shelves: light-philosophy
finally selesai juga bacanya..

anyway, dari awal saya sudah menduga ceritanya ttg apa, ...malah agak pusing dengan gaya bercerita "surat2an" gitu...mirip sekali dengan Sophie's world yang legendaris itu.

akan tetapi, mendekati ending, barulah terasa aura "cinta"nya jostein gaarder terhadap kepustakaan, terhadap incunabula, buku-buku bersampul kulit dan bertuliskan tinta biru dan merah besar-besar...buku pertama yang dicetak di norwegia, sistem kartotek yang membuat saya kangen dengan perpustakaan
...more
Azia
Jan 25, 2008 Azia rated it 5 of 5 stars
Recommends it for: everyone
akhirnya beli buku ini juga....perpustakaan ajaib nya membuat takjub...dibangun dibawah terowongan...dari lantai hingga langit, buku semua....terutama incunabula....seru banget perpusnya....coba ada perpus yang seperti itu di jakarta..selain ada buku yang telah bertahun2 terbit, ada buku yang bakalan terbit juga...

Kisahnya juga dilengkapi petualangan dua sepupu...ala lima sekawan...misteri bermula dari seorang wanita tu yang "ngiler" liat buku...dan selalu mendapat kiriman pos buku dari seluruh
...more
Ana
Sebagai seorang yang mengaku suka membaca buku, menemukan sebuah buku yang bercerita tentang buku merupakan suatu kenikmatan tersendiri. Sewaktu saya membaca The Man Who Loved Books Too Much, meskipun tokoh utamanya digambarkan antagonis, namun saya bersimpati padanya. Simply because I know what it feel to be in his shoes. Saya tahu rasanya mendambakan sebuah buku sampai tidur tak nyenyak jika tak ada buku di samping kepala, atau bagaimana rasanya begitu mencintai buku walau hanya untuk dipajang ...more
Weni
Buku yang sdh cukup lama saya cari2 ini akhirnya saya dptkan di Gramedia Merdeka Bandung, diskon 20% hehe. Hanya ada 2 bab dalam buku ini, Bab 1: Buku-Surat dan Bab 2: Perpustakaan.

Buku ini bercerita tentang 2 orang sepupu, Nils Boyum yang tinggal di Oslo dan Berit Boyum yang tinggal di Fjaerland. Mereka bersurat2an menggunakan sebuah buku yang dikirimkan bolak-balik antara Oslo - Fjaerland. Nils yang pertama menulis kepada Berit. Di akhir surat, ia menceritakan pertemuannya kembali dengan perem
...more
Wahyu Novian
Hmm, I don't know whether because I read it in Indonesian (translated edition) or because I'm growing up and my 'palate' change (NOOOOOO!!!) or because I'm too childish, I almost feel sorry buying this book. I know, the idea of this book is great. This book explains a lot of important things about books and book/library culture. But hey, when I read the title and bought this book, I expected more. Where is the adventure behind magical world of book shelves? Where is the mysterious creatures that ...more
Evyta Ar
Novel ini memang unik. Apa saja keunikannya? Pertama, terjemahannya yang sangat bagus, nyaman dibaca dan mengalir apa adanya. Kedua, gaya penceritaan dua penulis tersebut memang cukup lugas dan sangat pas untuk pembaca anak-anak dan remaja. Saya tak tahu bagaimana harus mendeskripsikannya. Intinya sangat menyenangkan membaca gaya bertuturnya. Ketiga, ide ceritanya kreatif dan hebat; buku-surat, seputar dunia perbukuan dan bibliografi. Jarang-jarang buku anak memiliki tema yang terkesan ‘berat’ s ...more
Dinna Fitriyana
Dear Master Gaarder,
You are the only reason I bought this book. I don't like the cover nor the title. It always you, your name and your magic that always fascinates me. And for the second time.. I was right! Yours spelled me.
Something across my mind while reading your books. Like I'm watching a television that shows me watching a television that shows me watching a television that shows... My lecture called it recursive. That's all I can say about "Perpustakaan Bibbi Bokken" ;)
Monsieur Gaarder,
...more
Teguh Affandi
Ceritanya seru. Bentuknya juga unik, saling berbalas surat lewat buku surat dan "menggosipkan" seorang wanita Bibbi Bokken yang menurut mereka aneh.
Luiza
Nunca tinha sido muito fã de Jostein Gaarder já que quando era menor havia lido "o Mundo de Sofia" como obrigação de escola. E isso não é nem perto de uma iniciação muito calorosa, o que me levou a não esperar muito desse livro de início. Foi então que entrei naquele mundo novo que me levou a loucuras. Eu estava adorando o livro e posso dizer que a maior parte do livro foi empolgante e não conseguia desgrudar do livro. Na verdade, já estava aponto de assumir ser um livro cinco estrelas antes mes ...more
Bracari.iris
I liked the way this book was written, alternating between Nil's and Berit's point of view. The ending was predictable to me only because I already knew the formula.
It was clear to me that Lilli was actually a good person. I loved the way she planted all the clues for the cousins to find them and somehow I could only imagine River Song while reading her reactions and lines.
Overall it was a nice book that I had been promising myself to read for ages. I am glad I did so.
Aveline Agrippina
Ternyata ada seni untuk menikmati buku ini. Saya termasuk orang yang lambat untuk menyelesaikan buku ini.

Awalnya biasa saja, setelah melintasi bagian kedua, barulah terasa setiap fragmen begitu bergetar meski diceritakan oleh dua bocah yang ingin serba tahu tentang Bibbi Bokken dan perpustakaan rahasianya itu.

Amat sayang bila Anda yang mengakui diri pecinta buku tetapi belum pernah kenal dengan buku ini.
Ryan
Garder pintar sekali! Yang dia inginkan sebenarnya memantik kobar budaya baca. Yang tercipta justru racikan lezat tentang teori buku, perpustakaan, dan konspirasi. Dengan gaya bahasa detektif ala Lima Sekawan, Astrid Lindgren, ditambah plot komikal Winnie the Pooh. Tetap saja yang terbaik dari seluruh karya Garder adalah : endingnya :D.
Buku wajib pencinta buku!
eti
#10 - 2013

Namun pada saat itupun aku tahu bahwa setiap kali membuka sebuah buku, aku akan bisa memandang sepetak langit. Dan jika aku membaca sebuah kalimat baru, aku akan sedikit lebih banyak tahu dibandingkan sebelumnya. Dan segala yang kubaca akan membuat dunia dan diriku sendiri menjadi lebih besar dan lebih luas. ~hal.229
Anin Dyka
singkat saja
Buku ini saya temukan tidak sengaja di sebuah toko buku. satu-satunya eksemplar yang masih tersisa. Saya beruntung bisa membaca buku yang sesuai sama bidang yang sedang saya pelajari, Ilmu Perpustakaan. Jostein Gaarder seakan-akan menulis buku dari kronologis penulisan buku itu. Dia menceritakan kisah dua saudara Nils dan Berit dalam buku suratnya. Kisah yang membuat mereka menjadi detektif cilik yang membawanya pada perpustakaan rahasia. mereka juga mendapat banyak pelajaran mengena
...more
Danies
"Sebuah buku adalah dunia ajaib penuh simbol yang menghidupkan kembali si mati dan memberikan hadiah kehidupan yang kekal kepada yang masih hidup."
Nils Boyum Torgersen, dalam Pepustakaan Ajaib Bibbi Bokken - Jostein Gaarder & Klaus Hagerup
Qs Emmus
Konsep cerita buku ini menarik banget! Dua tokoh saudara sepupuan yang saling mengisi buku surat! Wow!
Hebatnya, ada pengetahuan tentang buku, perpus dan sejarah. Diramu dengan petualangan, ketegangan, dan... Seru dah!
me.lita
Akhirnya,, aku bisa juga nyelesaiin bukunya Jostein Gaarder :D (soalnya yang Dunia Sophie gak pernah selesai sampai sekarang). jadi pengen ikutan kaya Berit & Nils yang kirim surat-buku deh.. Tapi siapa yak??
Natnat
Buku jostein gaarder yang aku pernah baca (selain dunia sophie, tentu saja *wink*) dan paling aku suka!

Keren... Aku pengen punya perpustakaan kaya perpus milik bibbi bokken.
Yasmin
buku itu penting, dan betapa banyak hal yang tidak kita ketahui di dunia ini, dan buku adalah salah satu jalan untuk mengetahuinya.
Lajeng Padmaratri
Buku ini unik. Bab pertama, Buku-Surat, dikemas dalam bentuk percakapan surat-menyurat. Isinya juga bagus, menceritakan tentang buku-buku dan perpustakaan. Aku jadi tahu metode yang digunakan dalam menyusun buku di perpustakaan. Jadi pengen masuk jurusan Ilmu Perpustakaan, ih! :3
Tapi sayangnya kalimat-kalimat di buku ini banyak yang bikin bosen, maklum aja buku terjemahan. Bab kedua, Perpustakaan, juga bikin bingung soalnya berganti-ganti sudut pandang. Jadi sayang gitu, harusnya banyak ilmu yan
...more
Rino Ferdian
Ya ampun, konspirasi luar biasa mencengangkan dan terucap kata “Oooo..” dalam dunia perbukuan. Bayangkan kawan, misalkan anda seorang yang tinggal di Bandung dan salah seorang saudara sepupu anda yang tinggal di Bali, bermain petak umpet ketika lebaran tiba, membuat rumah pohon dan menjahili rumah tetangga misterius, mengkreasikan petualangan menakjubkan kala momen-momen bertemu mungkin ketika liburan semester. Dan suatu kejadian “memutuskan” kalian untuk melakukan petualangan tidak hanya ketika ...more
res
Selalu saja ada hal-hal menarik untuk ditemui dalam karya Jastein Gaarder. Berciri khas , kerap kali membawa serta mengajak pembacanya untuk berfikir lebih dalam.

Tanya dan pertanyaan seakan membanjiri alur cerita. Kecintaannya akan filsafat menambah bobot kualitas buku yang didukung pula oleh kepiawaiannya dalam bercerita dengan sedikit sentuhan sastra.

Sukses lewat judul 'Dunia Sophie' dan 'Misteri Solitaire' memecut produktivitas Jostein dengan mengeluarkan karya-karya lainnya : Gadis Jeruk ,
...more
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 70 71 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Saga no Gabai Bachan (Nenek Hebat dari Saga)
  • The Firework-Maker's Daughter
  • Fantasy Fiesta 2010: Antologi Cerita Fantasi Terbaik 2010
  • Hansel and Gretel
  • Totto-chan's Children: A Goodwill Journey to the Children of the World  (Anak-Anak Totto-chan: Perjalanan Kemanusiaan untuk Anak-Anak Dunia)
  • Sepeda Merah Vol. 1: Yahwari
  • Iblis Menggugat Tuhan: The Madness of God & The Men Who Have The Elephant
  • Clair de Lune
  • Pulang
  • Child of All Nations (Tetralogi Buru, #2)
  • Wiedźma opiekunka, Część 2 (Wolha Redna, #4)
  • Bliss (The Bliss Bakery, #1)
  • Rahasia Meede: Misteri Harta Karun VOC
  • Bilangan Fu
  • Än lever Emil i Lönneberga
  • Burung-Burung Manyar
  • Kedai 1001 Mimpi: Kisah Nyata Seorang Penulis yang Menjadi TKI
  • Supernova: Gelombang (Supernova, #5)
1388082
Jostein Gaarder is a Norwegian intellectual and author of several novels, short stories and children's books. Gaarder often writes from the perspective of children, exploring their sense of wonder about the world. He often uses metafiction in his works, writing stories within stories.

Gaarder was born into a pedagogical family. His best known work is the novel Sophie's World, subtitled A Novel abou
...more
More about Jostein Gaarder...
Sophie's World The Solitaire Mystery The Orange Girl Through a Glass, Darkly Maya

Share This Book

“Aku berjalan menyusuri rak-rak perpustakaan. Buku-buku tersebut memunggungiku. Tak seperti manusia yang ingin berjarak denganku, buku-buku itu malah menawarkan diri untuk memperkenalkan diri mereka. Bermeter-meter jajaran buku yang yang tak akan pernah mampu kubaca. Dan aku tahu; apa yang ada disini adalah kehidupan yang merupakan pelengkap kehidupanku, yang menanti untuk dimanfaatkan. Tetapi hari-hari berlalu, dan kesempatan itu tetap tak tergapai----terabaikan. Salah satu buku ini mungkin benar-benar bisa mengubah hidupku. Siapakah aku sekarang? Siapakah sebenarnya aku?” 4 likes
“Siapa yang bisa menemukan buku yang tepat, akan berada di tengah-tengah teman terbaik. Di sana kita akan berbaur dengan karakter yang paling pintar, paling intelek, dan paling luhur; di sana kebanggan serta keluhuran manusia bersemayan.” 4 likes
More quotes…