Aku: Berdasarkan Perjalanan Hidup Dan Karya Penyair Chairil Anwar
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating

Aku: Berdasarkan Perjalanan Hidup Dan Karya Penyair Chairil Anwar

4.1 of 5 stars 4.10  ·  rating details  ·  653 ratings  ·  86 reviews
Kalau sampai waktuku
Kumau tak seorangpun kan merayu
Tidak juga kau
Tak perlu sedu sedan itu
Aku ini binatang jalang
Dari kumpulannya yang terbuang
Unknown Binding, 120 pages
Published 1987 by Grafitipers
more details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.
This book is not yet featured on Listopia. Add this book to your favorite list »

Community Reviews

(showing 1-30 of 2,135)
filter  |  sort: default (?)  |  rating details
ahmedoank
cerita tentang chairil anwar
ini buku bagus banget, sumanjaya dapet menceritakannya
dg detail(lu mao tau tentang chairil anwar read this book)
Mohd Yaakub
SERIUS, buku ini saya beli semata-mata kerana filem Ada Apa Dengan Cinta. Filem remaja yang bagus mencadangkan buku yang bagus. Buku yang secara struktur dan genrenya serta pengaruh terhadap perwatakan memang saling berkait.

Aku mengangkat kisah penyair besar Indonesia, Chairil Anwar dalam betnuk skrip yang akan difilemkan pada saat dan ketika yang sesuai. Kita meneropong kepenyairan Chairil yang sangat individualistik melalui director viewfinder - ia adalah penyempurnaan kepada buku Aku Ini Bina...more
Elvira
Buku ini saya dapatkan dari copyan teman saya. Sebelum itu, saya sudah mengenal buku ini lewat film Ada Apa Dengan Cinta, dimana tokoh sentralnya sangat menyukai buku ini. Karena penasaran, saya mengusahakan membaca buku ini padahal saya tidak terlalu menyukai buku yang sarat akan puisi dan sastra-sastraan. Dan Voila, inilah awal pertama sama menyukai buku sastra!
Ocha
Aug 05, 2011 Ocha added it
sbenernya sii belum baca buku ini
tapi tau puisi "aku ini binatang jalang dari kumpulanya terbuang"
saya ingin menjadi seorang penulis...
maka siapa tau stelah membaca buku dari chairil anwar saya mendapat inspirasi dari seorang penyair yang terkenal ini..
bukan untuk menjadi plagiat...tapi ingin menambah wawasan aja di umur 16 saat ini..
sulit rasanya menambah wawasan untuk menjadi seorang penilis di tengah2 lingkungan sekolah yang saya pikir telah menganggap bahwa karya sastra itu tidak penting...a...more
ndoro.ndoni
Aku adalah skenario film.
Aku ditulis oleh Sjuman Djaya.
Aku menceritakan kisah hidup chairil Anwar. dialog-dialog di dalamnya berisi puisi-puisi chairil anwar, disusun sedemikian rupa sehingga dapat menggambarkan proses perjalanan dan latar belakang bagaimana puisi tersebut dapat tercipta.
Aku adalah gambaran mengenai hati seseorang yang senantiasa gelisah dan resah dalam menjalani hidup di bawah bayang-bayang penjajah.
Aku adalah biografi, bukan fiksi.
Aku adalah semacam catatan perjalanan, bukan d...more
Yulmia Efni
Di baca ketika SMA pas jaman2 nya lagi booming "Ada Apa dengan Cinta?". Woooo, pada banyak yang minjem. Tapi kebanyakan bukan buat di baca. Hanya buat di bawa-bawa biar keliatan mirip Rangga, hohohohoho..
Beograd_yugoslavia
BUKU YANG MENGGAMBARKAN SEORANG SASTRAWAN KEMERDEKAAN YANG BENAR-BENAR MERDEKA.
Oyiz
Oct 05, 2011 Oyiz marked it as to-read
Can't for this book...huwhuwhuww
Lady_rain
pertama kali baca buku ini umurku kurang lebih 13 tahun... duduk di bangku smp kelas 2... ku akui mungkin ini terlalu berat untuk anak kelas 2 smp... sampai2 aku tidak merasa cukup membacanya hanya sekali... ku ulang terus menerus... hingga ketika untuk kelima kalinya aku membaca buku ini... kelas 3 smp... aku mulai mengutuki kurikulum sekolah yang tidak menyertakan sastra didalamnya.... mengutuki generasi muda yang tidak lagi tertarik, bahkan untuk sekedar membacanya...
setelah itu aku mulai men...more
Meimei Camui
This review has been hidden because it contains spoilers. To view it, click here.
Septia Agustin
saya akui, saya adalah satu dari sekian banyak anak muda yang menjadi korban dari film "Ada Apa dengan Cinta". film itulah yang pada akhirnya membawa saya ke karya klasik ini. Tragis dan perihnya perjalanan chairil tergambarkan dengan baik di buku ini. Sejujurnya saya sangat banyak bercermin dari jalan hidup chairil.
Daripada fiksi ataupun memoar, saya lebih senang mengkategorikan buku ini sebagai 'catatan perjalanan'. semacam jurnal yang selalu kita kantongi kemanapun dan kita tulisi jika ada ke...more
Iannd


Buku Sjuman Djaya

ini adalah satu naskah film biografi yang sesungguhnya kalau benar-benar tayang akan menjadi tayangan yang sangat istimewa, namun sayang alm Sjuman Djaya, semoga kelak ada sutradara atau produser ternama yang akan memproduksi fil tentang chairil Anwar, saya sendiri penggemar berat seorang chairil. dia adalah sastrawan yang memperbarui gaya sastra di Indonesia, sajaknya terkesan apa adanya dan lugas ...

buku ini sangat mencerminkan kehidupan chairil anwar yan sangat tragis namun...more
Rpfm
Dec 17, 2009 Rpfm rated it 5 of 5 stars  ·  review of another edition
Recommends it for: andrew paradita
Bagus banget Layak wat bacaan coz buku lama yang banyak di cari
Edisusanto
good.........
Boy
Sep 27, 2007 Boy rated it 3 of 5 stars
Recommends it for: you
AKu
Kalau tiba waktuku
Kumau tak seorang kan merayu...
Puisi dari pelopor angkatan '45 ini pasti sudah tak asing lagi bagi kita. Sejak duduk di bangku sekolah dasar kita sudah sering mendengarnya atau bahkan sudah dipaksa untuk menghafalkannya luar kepala.
Buku ini bercerita tentang kehidupan Sastrawan besar bernama Chairil Anwar yang hidup pada jaman kemerdekaan. Di dalamnya disertakan beberapa karya dari sang Maestro yang ditulis pada masa-masa sulit dalam kehidupannya.
Membaca atau menikmati seb...more
Lalu Imaduddin
Ini screenplay paling bagus yang pernah saya baca. Tidak bisa dibayangkan bagaimana jika sudah berbentuk film. Kita semua pasti akan terbius oleh semangat yang gila dari sang tokoh utama: Chairil Anwar. Screenplay ini, yang sekarang diterbitkan sebagai buku -sayang sekali bukan sebagai film- menggambarkan kisah hidup Chairil dengan cara yang menarik. Banyak yang tidak sesuai dengan sejarah aslinya, namun bagi saya sih masa bodoh. Realitas dalam film adalah apa yang hanya terjadi di film. Jika di...more
Ira Nadhirah
Dapat buku ini dari kawan yang bercuti ke Bandung dengan pesanan 'tolong belikan apa-apa buku berkaitan Chairil Anwar'. Tanpa mengetahui yang buku ni hangat diperkatakan selepas filem Ada Apa Dengan Cinta, aku gembira sebab memang satu pilihan yang tepat. Bertuah dapat kawan-kawan bijak menganalisis ni. Bila dah tahu buku ni ada dalam Ada Apa Dengan Cinta, my expectation was wah mesti ada puisi jiwa-jiwa merintih. Bila mula membaca, oh salah sama sekali! Buku ini tentang perjuangan. Perjuangan m...more
Syah Hasnul
"Biarkan aku sendiri, Ibu," katanya kepada Ibunya. "Yang ini bukan apa-apa, karena aku tahu, aku masih akan menghadapi gelombang dan badai yang seribu kali lebih besar. Dan mungkin...sejuta kali lebih sunyi!"
Aku tidak ketemu (atau mungkin terlepas pandang) bait-bait yang diperkatakan oleh Cinta dalam filem Ada Apa Dengan Cinta?; "Aku susah tidur, orang ngomong, anjing gonggong, nyiat jauh mengabur." Mungkin patut aku ulang baca.
Danti
memang buku ini bikin smua orang kagum dg sang penyair setelah mambacanya,terutama gue....!!! sejak nonton film AADC jd penasaran banget pengen cepet2 beli N baca buku itu. tapi sayang ampe detik ini belum jg temuin tu buku....................................!!!!!!!!!!!!!!!!!!
Annisa Darmawahyuni
Saat masih kuliah semester awal, keliling kemana-mana cari buku ini. Finally ketemu juga di Gramedia Book Store dan tinggal satu-satunya stock disitu. Meski udah 3th berlalu, being one of my top book's collection :)
Zefybaratayahoo.com
BUKU AKU INI MEMBUAT AKU JADI TERASA PUJANGGA CINTA.
AKU SENANG BISA BACA BUKU AKU,BISA JADI INSPIRASI BUAT GENERASI YANG AKAN DATANG..
CHAIRIL ANWAR KAU SELALU AKU KENANG..
Febriani
penuh gejolak dan emosi...
Chairil anwar muda yang merasa bebas padahal terkekang...
ternyata... dari segi seni buku ini bagus.. tp g suka ma tokohnya.... jahat bgt
AB Sarca Putera
buku pengantar saya mengenal Chairil Anwar.
dan akhirnya memuja Chairil Anwar...
si binatang yang benar - benar jalang!!!
Sekar
Mar 01, 2011 Sekar rated it 4 of 5 stars
Shelves: owned
Mengupas berbagai sisi kehidupan Chairil Anwar yang kadang menggelikan sampai yang mengharu biru.
Annisa R Putriana
Sebuah penghargaan tingkat tinggi yang diberikan Sjuman Djaya dalam bentuk naskah film ini keren banget. Definisi merdeka memang melekat erat pada diri sastrawan kita yang satu ini. Membuat iri jiwa karena tak bisa selepas itu memaknai kata merdeka pada realita maupun hati nurani diri sendiri. Yang dimana karya sastra dalam bentuk entah puisi atau syair mulai dikesampingkan. Dan profesi2 sastrawan atau seniman dewasa kini kurang diapresiasi. Seperti harus mengais2 mencari karna ingin tahu pasti...more
Yuli Mirda
Dec 05, 2011 Yuli Mirda marked it as to-read
Penasaran sama isi buku ini. Dimana aku bisa membacanya? *mohon infonya.
Adriana
Hari ini merupakan kali ketiga aku membaca buku senario filem dari Sjuman Djaya ini sejak mendapatkannya beberapa tahun lepas. Buku ini agak istimewa bagi aku mungkin kerana ia menceritakan kisah hidup individu yang aku kagumi, atau mungkin juga kerana buku ini pernah muncul didalam filem Ada Apa Dengan Cinta. Aku rasa kedua-duanya. Buku ini sebetulnya sebuah plot filem tanpa dialog penuh yang ditulis pengarang, tetapi tanpa sempat difilemkan. Ia menceritakan tentang kisah hidup Chairil Anwar da...more
Mesbach
Narasi dari Pak Sjuman Djaya dalam menyampaikan kisah hidup Chairil Anwar sangat menawan. Susunan kata dan pemilihan diksi yang begitu pas untuk menggambarkan sosok 'kuda binal'. kalau saja buku yang juga skenario film ini di filmkan, hanya saja Pak Sjuman Djaya keburu meninggal. Buku sastra Indonesia yang wajib dibaca!
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 71 72 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Aku Ini Binatang Jalang
  • Catatan Seorang Demonstran
  • Jejak Langkah (Tetralogi Buru, #3)
  • Robohnya Surau Kami
  • Garis Batas: Perjalanan di Negeri-Negeri Asia Tengah
  • Tanah Tabu
  • Salah Asuhan
  • Hujan Bulan Juni
  • Dua Tangis dan Ribuan Tawa
  • Kisah Lainnya: Catatan 2010-2012
  • Sepotong Senja untuk Pacarku: Sebuah Komposisi Dalam 13 Bagian
  • Para Priyayi: Sebuah Novel
  • Atheis
  • Rahasia Meede: Misteri Harta Karun VOC
  • Aku Ingin Jadi Peluru (Kumpulan Puisi)
AKU

Share This Book