Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Sekolah itu Candu” as Want to Read:
Sekolah itu Candu
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating

Sekolah itu Candu

by
3.84 of 5 stars 3.84  ·  rating details  ·  183 ratings  ·  25 reviews
HARAP MAKLUM, sekali lagi, terutama dalam rangka membuat orang tersenyum dan tertawa itulah maksud utama buku kecil ini disajikan ke hadapan anda semua. Kalau ada banyak di antara pembaca nanti yang menyelewengkan, sengaja atau tidak sengaja, maksud utama itu --misalnya saja anda lantas berkerut dahi sambil mengangguk-angguk dan berkhayal bahwa memang ada sesuatu yang tida ...more
Paperback, November 1998, 139 pages
Published November 1998 by INSISTPress
more details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Sekolah itu Candu, please sign up.

Be the first to ask a question about Sekolah itu Candu

Community Reviews

(showing 1-30 of 565)
filter  |  sort: default (?)  |  rating details
an
masih pantaskah sekolah mengakui dirinya sebagai pemeran tunggal dalam mencerdaskan seseorang?

kalimat inilah yang pertama kali menyapa pembaca 'sekolah itu candu'. sepenggal pertanyaan yang mengundang gagasan awal isi keseluruhan buku yang tercantum pada pembatas buku na. dan... memang demikianlah keseluruhan kumpulan tulisan yang ada. mengingatkan pembaca pada hakikat sekolah yang sebenar na.

berawal dari kisah sukardal di tahun 2222 yang menenukan naskah terlarang tentang sekolah. pembaca diaja
...more
Hesa Kaswanda
Satu dari sedikit buku yang dapat membuat mata saya tergenang air mata. Agak aneh memang melihat bagaimana penulis membuka buku ini, namun ketika lembar-lembar selanjutnya dibalik, kita akan benar-benar melihat realita yang ada dalam sistem pendidikan kita, yang aka membuat siapa saja yang membacanya menjadi miris. Juga menghadirkan bongkahan harapan yang didapat dari para murid dan para pengajar dipelosok Indonesia.

Kita akan diajak untuk mendalam makna filosofis sekolah, lalu kita akan dibentu
...more
dyah
Buku ini ku baca saat awal q masuk kuliah. ternyata sekolah itu....
Ian.ardiansyah3yahoo.com
selama ini kita salah akan memahami hakekat sekolah, buku ini mencerahkan kit5a tentang nilai - nilai dari sekolah...
yang tidak sekedar berseragam dan di gedung yang dengan fasilitasnya justru membatasi kreatifitas sianak didik.
mayoritas dari kita pasti sangat sempit dan dangkal memandang sekolah itu apa?
mudah2an semakin banyak orang membaca buku ini akan mengembalikan hakekat danmengembalikan roh dari sekolah itu...
tidsk sesempit pmikiran masyarakat pada umumnya.
saya menyarankan untuk mendiskus
...more
Didiet
abis baca nih buku, kita jadi geleng2,..:p
bener juga..! Indonesia selama ini terlalu didoktrin dengan sistem pembelajaran yg kaku, yg mengharuskan para pencari ilmu dinegara kita hanya menerima pakem yg itu2 saja sehingga mengakibatkan mereka terbelenggu dengan sistem lingkaran setan para "pemburu dollar" berkedok pendidikan.

Banyak sekolah2 mahal yg pada akhirnya hanya mencetak lulusan agar "cepat balik modal", dengan mengesampingkan etika profesi. Dilain pihak, subsidi untuk pendidikan di Indon
...more
Faisal
Sama dengan Doni sudah lama baca buku ini,bahkan lupa kapan tapi sangat melekat di ingatan tentang belajar dari pengalaman langsung! memang agak provokatif mengugat sistem pendidikan yang ada saat ini karena kencenderungannya yang justru tidak mendidk melainkan sekedar mengejar nilai dan prestise
Lukman Lw
Sukardal. tokoh utama dalam buku ini. ia hidup di tahun 2222. Secara mengejutkan ia menemukan naskah kuno super rahasia di perpustakaan bawah tanah lantai minus 20. ternyata naskah kuno itu mengenai sekolah. ya, sekolah. ternyata menyimpan banyak kepiluan.
lucu...bikin mangut-mangut sendiri jika membacanya.
Doni S. Habil
Buku ne kubaca sudah lama banget, dan tentu saja ediasi yang lama (soalnya kalo gak salah sekarang ada edisi baru dengan tambahan beberapa topik baru).

Lumayan provokatif.., paling tidak bisa membuka pikiran kita tentang esensi sesuatu yang dinamakan pendidikan..
Pera
Jul 08, 2007 Pera rated it 5 of 5 stars
Recommends it for: Guru dan institusi pendidikan
Shelves: pendidikan, indonesia
buku wajib baca waktu di organisasi mahasiswa.
ringan tapi menggigit sistem pendidikan indonesia yang lemah visi. meski sudah lama...isi buku tetap menarik dibaca.berisi tentang ide-ide dan pengalaman roem taopatimasang sebagai aktivis pendidikan.
Andy
ini buku pertama tentang kritik pendidikan yang saya baca. bukunya tipis, judulnya profokatif dan akhirnya memang isinya juga demikian. asik. membangun visi-visi dasar bagi saya lebih memahami tentang sekolah dan pendidikan.
Almahira
Lebih seperti kumpulan esai kalau menurutku.
Agak berat cara penyampaian bahasanya, but it's ok! Bukunya keren buatku dan bikin aku punya kesan yang bagus soal sekolah dan anak muda.
Shinta Mudrikah
satu plot yang sejalur dengan isi kepalaku memang, namun beberapa bahasan kurang berakhir. kurang ninju :D
selain itu okelah :) renyah :)
Muhammad Ridha Ar-Rasyid
Dalam perkembangannya, sekolah mengalami pergeseran makna, dan semakin bergeser maknanya, semakin absurd keberadaannya.
Nafi'uddin
buku bagus, sayang sekali aku membaca buku ini waktu kelas 2 MA, ketika lagi suntuk2nya sekolah...hmmm
Rita
Belajar bisa di mana aja.. tidak perlu harus sekolah, hehe... Hati-hati bisa nyandu..! :)
Suar
Memberikan saya pemahaman atas makna pendidikan yang benar
Vionyrosalinegmail.com
Aug 14, 2014 Vionyrosalinegmail.com marked it as to-read
i wan't know
Rivan Sinaga
Feb 16, 2014 Rivan Sinaga marked it as to-read
a
Sudi
Wow, asik banget baca buku ini. Tapi gara-gara itu jadi ketularan males kuliah...
June
hmmm ... logically accepted, but not-practicable, at least to my case
Sweetdhee
nitip sama Rhe
thank you ya, Rheee!!!
Gita
Feb 25, 2008 Gita rated it 4 of 5 stars
Shelves: others
I said Yes for this book.
Adi
Aug 03, 2011 Adi added it
very good
Nosef Nunggaran
Sekolah itu candu
Kurniawan
Kurniawan marked it as to-read
Feb 25, 2015
Willy
Willy marked it as to-read
Feb 25, 2015
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 18 19 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Sokola Rimba: Pengalaman Belajar Bersama Orang Rimba
  • Nyanyi Sunyi Seorang Bisu 1
  • Pergolakan Pemikiran Islam
  • Perempuan Yang Dihapus Namanya
  • Aksi Massa
  • Analisis Gender dan Transformasi Sosial
  • Mangan Ora Mangan Kumpul (Mangan Ora Mangan Kumpul, #1)
  • Orang Miskin Dilarang Sekolah
  • Di Bawah Lentera Merah: Riwayat Sarekat Islam Semarang Sampai Tahun 1920
  • Sarinah: Kewajiban Wanita Dalam Perjuangan Republik Indonesia
  • Jurnalisme Sastrawi: Antologi Liputan Mendalam dan Memikat
  • Tuhan & Hal-Hal yang Tak Selesai
  • The Malay Archipelago
  • Nietzsche
  • Menyusuri Lorong-Lorong Dunia: Kumpulan Catatan Perjalanan Jilid 1 (Menyusuri Lorong-Lorong Dunia, #1)
  • Celana Pacarkecilku di Bawah Kibaran Sarung
  • The Cartoon Guide to Physics
  • Atas Nama Malam
686819
ROEM TOPATIMASANG, sempat menjadi mahasiswa di IKIP Bandung (1976-1980), itupun lebih banyak dihabiskannya ikut diskusi di luar ruang kuliah dan unjuk-rasa di jalanan, sampai masuk tahanan militer (1978-1979) dan akhirnya dipecat sebagai mahasiswa karena nekad menjabat sebagai Ketua Presidium Dewan Mahasiswa yang resmi dinyatakan sebagai ‘organisasi terlarang’ saat itu oleh kebijakan depolitisasi ...more
More about Roem Topatimasang...
Kretek: Kajian Ekonomi & Budaya 4 Kota Sehat Itu Hak: Panduan Advokasi Kebijakan Kesehatan Orang-orang Kalah: Kisah Penyingkiran Masyarakat Adat Kepulauan Maluku Kejahatan Hutang Luar Negeri dan Reformasi Bank Dunia MERAPI: Pemulihan Penghidupan Warga Pasca Letusan 2010, Laporan Survei Longitudinal

Share This Book

“Paling sedikit duabelas tahun waktu dihabiskan untuk bersekolah. Masa yang lama dan menjemukan jika sekedar mengisinya dengan duduk, mencatat, mendengarkan guru berceramah di depan kelas, dan sesekali bermain. Sekolah memang bisa mencetak seseorang menjadi pejabat, tetapi juga penjahat.

Masihkah pantas sekolah mengakui diri sebagai pemeran tunggal yang mencerdaskan dan memanusiakan seseorang?

Pertanyaan sederhana ini dikedepankan kepada mereka yang terutama masih sangat percaya pada keampuhan satu lembaga yang bernama SEKOLAH!”
2 likes
“Setiap tempat adalah sekolah
Setiap orang adalah guru
Setiap buku adalah ilmu”
1 likes
More quotes…