Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Ibuk,” as Want to Read:
Ibuk,
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Ibuk,

by
3.77  ·  Rating Details  ·  1,098 Ratings  ·  205 Reviews
"Seperti sepatumu ini, Nduk. Kadang kita mesti berpijak dengan sesuatu yang tak sempurna. Tapi kamu mesti kuat. Buatlah pijakanmu kuat.”
-Ibuk-


Masih belia usia Tinah saat itu. Suatu pagi di pasar Batu telah mengubah hidupnya. Sim, seorang kenek angkot, seorang playboy pasar yang berambut selalu klimis dan bersandal jepit, hadir dalam hidup Tinah lewat sebuah tatapan mata. K
...more
Paperback, 291 pages
Published June 2012 by Gramedia Pustaka Utama

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Ibuk,, please sign up.

Be the first to ask a question about Ibuk,

5 cm by Donny DhirgantoroPerahu Kertas by Dewi 'Dee' LestariLaskar Pelangi by Andrea HirataNegeri 5 Menara by Ahmad FuadiDan Hujan Pun Berhenti by Farida Susanty
Unforgettable Indonesian Fiction
27th out of 108 books — 330 voters
Laskar Pelangi by Andrea HirataBumi Manusia by Pramoedya Ananta Toer5 cm by Donny DhirgantoroNegeri 5 Menara by Ahmad FuadiRonggeng Dukuh Paruk by Ahmad Tohari
Buku Indonesia Sepanjang Masa
268th out of 486 books — 1,704 voters


More lists with this book...

Community Reviews

(showing 1-30 of 2,013)
filter  |  sort: default (?)  |  Rating Details
Siddha Malilang
Oct 15, 2012 Siddha Malilang rated it it was ok
Jujur, saya pertama kali tertarik membaca buku ini setelah mengetahui bahwa "Ibuk" masuk ke dalam nominasi 10 buku terbaik tahun 2012. Merasa kering dengan buku Indonesia yang bisa memuaskan kerinduan saya akan kepuasan sastra, saya memutuskan untuk mencoba membaca buku ini. Setidaknya kalau buku ini sudah masuk ke dalam nominasi tersebut, berarti buku ini jauh lebih bagus daripada buku-buku lain. Atau paling tidak, ia memiliki hal yang menonjol.

Dari judulnya, "Ibuk" yang ditulis menggunakan ak
...more
Peni
Sebenernya kalo disuruh ngereview buku ini bingung. Gimana, ya? Kayak baca diary orang, trus kenapa harus direview? Gitu.

Tapi siapa juga yang nyuruh si sayah ngereview?

Oia, kan suka ada Aki Hippo dari Hongkong yang males buka link. Hahahah. Selamat, yah. Aki jadi disebut terus :P *masih nyeri hate soalnya. Peureus, Jendral! Hahaha...*

Omong-omong...
Siapa sih, yang nggak bangga sama ibunya sendiri? Sayah pikir semua orang pasti bangga akan ibunya, apapun keadaan dan pekerjaan ibunya.

Sayah sendir
...more
Zulfy Rahendra
May 02, 2013 Zulfy Rahendra rated it it was ok
Shelves: lokal
Perasaan saya baca buku ini sama persis dengan perasaan saya ketika nonton leg 2 semifinal liga champions: Barca vs Bayern semalem. Tau Barca pasti kalah, tapi tetep nonton karena pengen tau Barca bakal berjuang sekeras apa, sekaligus memberi dukungan moral kepada Kakanda Tito Vilanova *naon sih, pi*. Ga ada ekspektasi. Yang ada malah perkiraan negatif terhadap hasilnya. *apa banget deh sok nyambung-nyambungin* :/

Berangkat dari ketiadaan harapan, seperti hasil pertandingan itu, saya ga bisa dibi
...more
Fertina N M
Jan 04, 2013 Fertina N M rated it it was ok
Sebenarnya di awal cerita, kisahnya menarik. Menceritakan perjuangan seorang Ibu, yang tidak memiliki bekal apapun. Hanya sekedar tekad untuk keluarganya. Ketangguhan Ibu dan kegigihan seorang Bapak. Bagaimana hidup tidak melulu antara kaya dan miskin.

Tetapi semakin lama cerita mengalir, jadi tak jelas menurut saya. Seperti sudut pandangnya, dari awal yang sudah menggunakan sudut padang orang ketiga, nanti dipertengahan akan berubah jadi sudut orang pertama dan akan kembali lagi. Ada juga cerit
...more
Dewi Masna
Mar 24, 2015 Dewi Masna rated it really liked it
Ibuk, buku yang mampu membawa angan saya mengembara jauh ke kampung halaman menjumpai sosok perempuan yang paling berjasa dalam hidupku, ibu. Buku yang menceritakan perjuangangan dan kegigihan seorang ibuk dalam membesarkan kelima anaknya. Cerita berawal dari seorang gadis desa yang polos dan lugu, Tinah, yang menikah dengan seorang kenek angkot, Sim. Awal menikah mereka menumpang hidup di tempat kakak angkat Sim, Buah cinta merek mulai lahir satu persatu, Isa, Nani, Bayek, Rini, dan Mira. Saath ...more
Kurnia Dwi Aprilia
Nov 29, 2015 Kurnia Dwi Aprilia rated it really liked it
Shelves: motivation
Buku ini bercerita tentang sebuah keluarga sederhana yang tinggal di bawah kaki gunung Panderman, Batu. Keluarga yang sehari-hari menyambung hidup dari hasil kepala keluarga yang bekerja sebagai sopir angkot ini mengalami banyak sekali masa-masa sulit. Mulai dari ketika orangtua mereka membangun rumah, membeli angkot, menyekolahkan kelima anaknya hingga tamat jenjang SMA dan kuliah, hingga akhirnya kelima orang anak mereka menjadi orang yang lebih baik dengan penghasilan yang lebih baik pula.
Se
...more
Stack
Jul 18, 2012 Stack rated it really liked it
Ya akhirnya selesai juga baca buku ini
Dan ini termasuk rekor utk baca buku tercepat hehehhehe


Ok bukunya bagus menceritakan tentang perjuangan orang tua yakni bapak dan ibu
untuk menghidupi keluarganya. Ibu dan bapak yang rela bekerja keras demi kelangsungan
hidup mereka. Seorang ibu yang mempunyai tekad bahwa anak-anaknya harus dapat sekolah tinggi dan
menjadi anak-anak yang pintar. Hanya dengan usaha dan doa yang dapat menghantarkan anak-anaknya
ke gerbang kesuksesan. Itulah Isa,Nani,Bayek, RIni da
...more
Ani Andriyanti
Oct 24, 2012 Ani Andriyanti rated it really liked it
Shelves: koleksi
Jujur, baru pertama kali ini saya baca tulisan Iwan Setyawan. Seolah berjalan lurus, itu komen saya. Tapi penulis selalu menyisipkan kata – kata sarat makna dan motivasi, mungkin ini yang menurut saya sebagai pembaca. Buku ini tidak terlalu banyak konflik tapi anehnya bisa menggugah emosi. Mungkin tanpa sadar, hal ini karena kita dekat dengan kehidupan yang seperti itu.

Awalnya sempet jengah dengan bab awal buku ini, yang mengisahkan kisah percintaan antara orang tua penulis. Tetapi, untung Iwan
...more
Nabila Budayana
Jun 19, 2012 Nabila Budayana rated it really liked it
"Ibuk," siapapun yang melihat covernya sekilas akan mudah saja menebak novel ini akan bertema tentang kisah ibunda. Dengan melihat kesuksesan 9S10A, tulisan penulis sebelumnya, tak heran novel ini pun berjibun peminat semenjak awal terbit. Saya termasuk salah satu pembaca yang menunggu. Apa lagi yang bisa disajikan oleh Iwan Setyawan setelah 9S10A dengan sukses menjadi national bestseller.

Di awal-awal bagian "Ibuk," saya sedikit kaget dengan gaya penulisan Iwan Setyawan. "Tidakkah ini terlalu se
...more
Amy Thea
Jan 12, 2015 Amy Thea rated it it was ok
tajuk sudah jelas Ibuk, maka harusnya penulis menulis seluruhnya tentang Ibuk itu sendiri dari awal hingga keakhirnya. tiada klimaks mahupun konfliks.

srhingga penghabisan, jelas yg cuba dipamer penulis adalah tentang kisah hidupnya dr kecil hingga saat dia bisa menulis buku ini.

kisarannya tentang ibu bukan? penulis harus bisa asing ceritanya tentang dia di negara asing. seolah terlalu menunjuk apa yg dialami selama hidupnya.

samada penulis tersalah memilih tajuk, atau penulis tersalah jalan cerit
...more
Rizma
Dec 04, 2014 Rizma rated it it was ok
Sudah lama berhasrat membaca buku ini karena judulnya menarik, teaser di cover belakang juga sip. Tapi ternyata jauh api dari panggang, ya ga jauh-jauh banget sih. Di bab-bab awal saya masih yakin jalan ceritanya akan greng banget. Karakter kuat, jalan cerita bagus, gaya bahasa menarik. Tapi saat hampir klimaks di tengah-tengah buku, doh, seperti lagi enak nguap tiba-tiba ada nyamuk mampir ke tenggorokan. KZL.
Di pertengahan cerita, karakter utama, si ibuk, tiba-tiba tidak lagi jadi yang sentral
...more
Diah Putri
Ibuk. Sudah lama sekali saya selesai membacanya, namun baru hari ini saya bisa menulis sedikit review tentangnya. Setiap membaca judulnya atau bahkan hanya mengingat tulisannya seperti apa, hati saya selalu tergetar. Saya takut akan kembali merindukan sosok ibuk di seberang lautan ketika harus menceritakan bagaimana sosok Tinah dan Sim yang begitu mengaduk-aduk perasaan.

Hidup mereka sederhana, berawal dari cinta yang sederhana pula. Cinta seorang kernet angkot dan gadis penjaga toko di sebuah k
...more
Sobat JO
Aug 20, 2015 Sobat JO rated it liked it
Shelves: rabuku
Novel karya Iwan Setyawan ini bisa dibilang semi biografi penulisnya. Tapi, itu tidak mengurangi keindahan cerita dalam novel ini.

Cerita bermula dari pertemuan Tinah dan Hasyim yang akhirnya menikah.
Tinah adalah Ibuk yang kemudian menjadi judul dalam buku ini. Bersama Bapak yang seorang sopir angkot, keduanya dikaruniai lima orang anak, empat perempuan, dan seorang anak laki-laki. Perjuangan kehidupan rumah tangga dimulai sejak banyaknya mulut yang harus diberi makan dan keinginan besar Ibuk dan
...more
Ari muttaqin
Sep 23, 2015 Ari muttaqin rated it really liked it
sederhana, mengena.
Zakiya Benaziroh
Jun 26, 2012 Zakiya Benaziroh rated it liked it
Sebenarnya, ada banyak ibu hebat di luar sana yang berjuang lebih berat, lebih berdarah-darah agar anak-anaknya bisa survive..

kelebihan Iwan Setyawan adalah, dia bisa sampai ke NYC, dia bisa menulis novel.
saya suka gaya bahasanya, singkat, padat, tidak bertele-tele. Cocok untuk cerita yang diambil dari kisah nyata.

Santi Sari
Jun 04, 2014 Santi Sari rated it liked it
Membuat aku kangen sama mama. semua perjuangan Ibuk mengingatkan sosok Ibu dalam artian sebenarnya. Semua kesederhanaannya, semua perkataannya, semua impiannya membuat anaknya hidup lebih baik sangat nyata. Dari awal cerita Tinah menikah dan mulai membesarkan anaknya sangat mengharukan..

Namun sayang, sudut pandang dari seorang ibu berubah tiba-tiba dengan sudut pandang bayek anaknya. Alangkah lebih menarik kalau semua sudut pandang dari ibuk. Ibuk melihat anaknya bernanjak berhasil dan melhat su
...more
Suroiya Rosyid
Aug 22, 2014 Suroiya Rosyid rated it it was amazing
Buku yang ditulis oleh "Bayek", anak asli dari Batu,Malang untuk ibunya tercinta yg menguatkan perjuangan kehidupannya. Ibunya yg menanggung nasib tidak bisa lulus SD,akhirnya menikah dengan tukang angkot yg menjadi bapaknya Bayek. Di usia muda Ibunya sdh melahirkan lima anak,dan membesarkan mereka dlm kemiskinan tetapi penuh perjuangan untuk kehidupan yg lebih baik.Akhirnya Bayek pun bisa sampai mendaptkan pekerjaan di New York dan di sana dia mampu membantu memperbaiki ekonomi keluarganya,teta ...more
Lalu Fatah
May 03, 2013 Lalu Fatah rated it liked it
Shelves: novel
Ini karya Iwan Setyawan yang pertama saya baca. Tuturannya lugas, tak bertele-tele. Lekas saya baca. Tapi, saya merasa Iwan belum benar-benar menggali emosi karakter-karakternya. Overall, 3,5 bintang! :)
Hanifah Rufa' Idah
Jun 27, 2014 Hanifah Rufa' Idah rated it really liked it
Buku yang bagus dengan jalan cerita yang sederhana. Mengisahkan perjalanan hidup penulis mulai dari saat orang tuanya bertemu hingga melahirkannya. Meskipun cenderung menyoroti ketulusan dan kesabaran seorang ibu, penulis juga menyelipkan kisah kehidupan keluarga kecilnya, tentang kakak-kakak dan adik-adiknya, juga betapa hebatnya sang bapak. Buku ini akan membuatmu merasakan kehangatan keluarga jaman dulu yang berbeda dengan instannya kehidupan jaman modern saat ini. Saranku, sediakan tisue seb ...more
Tsaki
Jul 27, 2015 Tsaki rated it really liked it
Shelves: favorites
Saya tidak akan memedulikan plot dan segala macamnya saat usai membaca novel ini.

Resensi ini tidak cocok disebut resensi karena memang saya memakai perasaan saat menulisnya.

Yang jelas, saya tahu Bayek yang merupakan representasi Mas Iwan adalah sosok yang... sialnya, terasa terhubung sekali dengan saya.

Hidup memang harus prihatin. Itu yang diajarkan Ibuk. Juga mama saya. Semua nasihat dan cara mendidik anak-anaknya itu mirip sekali dengan apa yang mama lakukan.

Mungkin memang harus merasa sakit
...more
Shabrina Ayu
Sep 08, 2014 Shabrina Ayu rated it really liked it
Sebenarnya udah lama baca buku ini.
Well seperti judulnya aku udah perdiksi kalau buku ini bakal bikin aku banjir air mata. hehehehe
Perjuangan menjadi Ibuk yang menakjubkan. Bener-bener bisa kagum, transformasi seorang wanita yang biasa menjadi seorang Ibuk yang luar biasa.
Mungkin Ibuk memang selalu begitu, sangat menyayangi anak laki-lakinya.
Mungkin agak keluar dari isi bukunya hanya saja asku sangat suka cara penulisan buku ini menyebut Ibuk bukan Ibu. Bener-bener mengingatkan pada Ibukku. Soal
...more
Benjamin Ardy
Feb 19, 2015 Benjamin Ardy rated it liked it
Judulnya "Ibuk" pake 'K'. Mendengarnya langsung terbayang sosok sederhana, bersahaja, dan hangat.

Mengetahui judul buku nya, saya berharap buku ini akan mengulas segala tentang sosok seorang wanita yang dari rahimnya terlahir si penulis buku ini. Tapi bagi saya, buku ini kurang memenuhi ekspektasi saya.

Pada halaman2 awal, buku ini masih berjalan pada jalurnya. Sesuai dengan judulnya.

Tapi seiring menuju halaman2 tengah sampai akhir, alur cerita sedikit goyah dari tema'nya.

Sosok 'bayek' yang sebe
...more
Syahadat Muhammad Fakhry
Mar 22, 2014 Syahadat Muhammad Fakhry rated it really liked it
3,5 dari 5.

Sebenarnya ini novel bagus. Ceritanya mampu menghanyutkan pembacanya. Tapi saya hanya menikmati membacanya sampai bagian 25.

Selebihnya, seperti buku ini kehilangan fokusnya. Alih-alih menjadikan sosok ibuk sebagai tokoh utamanya, penulis menjadikan Bayek menjadi tokoh utama. Dan alur terasa lompat terlalu jauh di bagian 26 dan seterusnya.

Namun saya sangat mengapresiasi buku ini dari segi tema dan ceritanya. Ada beberapa bagian yang sangat menyentuh, termasuk bagian ending-nya. :)
OceMei Belikova♥
Buku ini mengisahkan perjuangan Ibuk dan Bapak dalam menghidupi keluarga mereka yang sangat sederhana. Bermula dari hidup berdua, Ibuk dan Bapak lalu diberi anugerah berupa seorang bayi dari Yang Kuasa. Dari yang hanya satu orang bayi, kemudian menjadi lima orang bayi yang manis. Ya, keluarga Ibuk menjadi begitu ramai. Novel ini menggambarkan sebuah keluarga yang walaupun memiliki kekurangan dalam hal finansial tapi begitu kaya akan kasih sayang terhadap satu sama lain.

Sebenarnya tidak ada konf
...more
Dani Noviandi
Aug 31, 2012 Dani Noviandi rated it really liked it
Shelves: gift-away, it-s-mine
Ibuk,

Perjalanan kehidupan sebuah keluarga. Berawal dari seorang ibuk yang melahirkan seorang ibuk lainnya. Ibuk yang menjadi tokoh utama di dalam buku ini. Ibuk yang tidak lulus SD. Ibuk yang membantu ibuk-nya berjualan di pasar. Ibuk yang pemalu, tidak gemar bergaul. Ibuk yang akhirnya dipersunting oleh seorang kenek angkot. Ibuk yang nantinya melahirkan lima orang buah hati. Ibuk yang berambisi membuat anak-anaknya “mengalahkan” dirinya yang SD saja tidak lulus. Ibuk yang beambisi mengalahkan
...more
Uni K
Dec 11, 2012 Uni K rated it liked it
Saya mengambil buku ini ketika saya ingat penulisnya menulis 9 Summers 10 Autum yang sampul bukunya bergambar buah apel,yang pernah nongol di Kick Andy Show, yang bukunya belum saya miliki dan tentu saja belum saya baca :)
Jadi ini adalah buku Iwan yang pertama yang saya baca. Dari judulnya saja sudah ketahuan isi cerita keseluruhan. Namun tampaknya saya 'sedikit' salah mengenai kesimpulan awal tadi.
Ibuk bercerita tentang keluarga Tinah(sepertinya based on true storynya Iwan Setyawan sekeluarga).
...more
Rina Kartika
Jan 14, 2013 Rina Kartika rated it it was ok
Done with this book,

Selalu menjadi Ide yang bagus untuk mengabadikan perjalanan hidup dalam sebuah buku,apalagi kita mendapat pencapaian yang tak disangka2 dan merupakan buah dari kerja keras. Berharap dapat menginspirasi banyak orang. Pencapaian kita mungkin terasa hebat menurut kita sendiri namun terlihat biasa saja di mata orang lain. Disitulah letak kesulitan (menurut saya) dalam menulis sebuah buku perjalanan hidup, bagaimana supaya cerita kita yg sebenarnya biasa, bisa terlihat hebat dan m
...more
Rudiansen
Apr 26, 2013 Rudiansen rated it liked it
Terlukiskan dalam buku ini bahwa doa dan kasih sayang seaorang Ibu itu sangat berarti. Doa seorang Ibu buat anaknya dapat memberikan berkah dan ridho Tuhan terhadap anaknya tersebut. Dengan doa tersebut pula, seorang anak bisa berhasil dalam melalui setiap peristiwa dalam hidupnya.

Perjuangan seorang Ibu dalam mendidik anak-anaknya. Kerja keras, kesederhanaan, ketabahan dan kesabaran dapat kita lihat dalam cerita yang ada di buku ini. Tidak terlupakan juga seorang ayah yang tidak henti-hentinya
...more
Imanda Husna
Jun 25, 2012 Imanda Husna rated it really liked it
Setelah menjalani berminggu-minggu nasib menjadi anak rantau saya disuguhi novel ini. Dari judulnya kita bisa sekedar menebak-nebak apa dan siapa yang dibahas dalam novel iwan setyawan kali ini. iya, yang dibahas adalah Ibuk. Iwan menceritakan sosok seorang manusia yang dipanggil Ibuk oleh anak-anaknya, sosok wanita lembut, tangguh, penyayang, sekaligus pejuang dalam keluarganya.

Novel ini menceritakan perjalanan Ibuk dengan 5 orang anaknya, ditulis dalam sudut pandang Bayek -anak laki-lakai sat
...more
rizki
Setelah baca novel kedua bang Iwan, novel ini mengalami much improved dibandingkan novel pertamanya, 9S10A. Gaya bahasanya lebih friendly, atau lebih "novel" di mata saya. Cerita-cerita yang diberikan juga tidak terlalu umum dan "berbeda".

Namun, mungkin karena saya baca novel ini beberapa hari setelah saya baca 9S10A, jadinya aggak jenuh juga. Karena pada dasarnya kedua novel bang Iwan ini memiliki inti cerita yang sama. Perbedaannya di sudut pandang orang yang menceritakan. Pada novel 9S10A, ce
...more
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 67 68 next »
topics  posts  views  last activity   
Goodreads Indonesia: Ngopi Buku KFC-Serapium : Ibuk (Iwan Setyawan) 1 17 Jul 07, 2012 01:54AM  
  • Gadis Kretek
  • DreamCatcher
  • 2
  • Impossible (Glam Girls Series)
  • Maryam
  • Memori
  • Katarsis
  • Pintu Harmonika
  • Rantau 1 Muara (Negeri 5 Menara, #3)
  • Rumah Cokelat
  • Lullaby
  • Blue Romance
  • Cerita Cinta Enrico
  • Perempuan Lain
  • Jika: dan hanya jika
  • Galaksi Kinanthi: Sekali Mencintai Sudah itu Mati?
  • Habibie & Ainun
  • Indonesia Mengajar 2
4666046
Penulis lahir di Batu 2 Desember 1974. Lulusan terbaik fakultas MIPA IPB 1997 dari Jurusan Statistika ini bekerja selama tiga tahun di Jakarta sebagai data analis di Nielsen dan Danareksa Research Institute. Ia selanjutnya merambah karir di New York City selama 10 tahun. Pencinta yoga, sastra. dan seni teater ini meninggalkan NYC Juni 2010 dengan posisi terakhir sebagai Director, Internal Client M ...more
More about Iwan Setyawan...

Share This Book



No trivia or quizzes yet. Add some now »

“Hidup adalah perjalanan untuk membangun rumah untuk hati. Mencari penutup lubang-lubang kekecewaan, penderitaan, ketidakpastian, dan keraguan. Akan penuh dengan perjuangan. Dan itu yang akan membuat sebuah rumah indah.” 38 likes
“Rasa cinta itu kadang semakin jernih ketika kita harus terpisah. Rasa cinta itu bisa tumbuh subur di tempat yang asing dan jauh. Rasa cinta itu tumbuh lewat jalan yang berliku, lewat kegelapan dan air mata. Rasa cinta yang seperti itu sejatinya akan menjadikan kita kuat.” 24 likes
More quotes…