Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Ketika Cinta Bertasbih” as Want to Read:
Ketika Cinta Bertasbih
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating

Ketika Cinta Bertasbih (Ketika Cinta Bertasbih #1)

3.63 of 5 stars 3.63  ·  rating details  ·  5,215 ratings  ·  459 reviews
Entah kenapa tiba-tiba ia merasa berdosa. Ia merasa berdosa dan jijik pada dirinya sendiri yang begitu rapuh, mudah terperdaya oleh tampilan luar yang menipu. Ia jijik pada dirinya sendiri yang ia rasa terlalu cair pada lawan jenis yang belum halal baginya. Ia hairan sendiri kenapa jati dirinya seolah pudar saat berhadapan atau berdekatan dengan Eliana. Apakah telah sedemi ...more
Paperback, 477 pages
Published 2007 by Republika
more details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Ketika Cinta Bertasbih, please sign up.

Be the first to ask a question about Ketika Cinta Bertasbih

Laskar Pelangi by Andrea HirataBumi Manusia by Pramoedya Ananta Toer5 cm by Donny DhirgantoroNegeri 5 Menara by Ahmad FuadiRonggeng Dukuh Paruk by Ahmad Tohari
Buku Indonesia Sepanjang Masa
20th out of 448 books — 1,594 voters
Ayat-Ayat Cinta by Habiburrahman El-ShirazyKetika Cinta Bertasbih by Habiburrahman El-ShirazyKetika Cinta Bertasbih by Habiburrahman El-ShirazyAkira by Helvy Tiana RosaMuhammad by Tasaro G.K.
Novel FLP Terbaik
2nd out of 115 books — 218 voters


More lists with this book...

Community Reviews

(showing 1-30 of 3,000)
filter  |  sort: default (?)  |  rating details
Nicegreen
Membaca Novel ini membuat kita seolah-olah berada di Negeri 1000 Menara, Negerinya Para Nabi, Negeri Mesir. Novel ini menceritakan perjuangan para mahasiswa/mahasiswi Indonesia dalam menuntut ilmu. Ada yang benar-benar menuntut ilmu karna memang berasal dari keluarga berada. Tapi ada juga yang harus banting tulang berjualan tempe dan bakso agar dapat menghidupi keluarganya di Indonesia. Sehingga harus menunda kelulusan kuliah S1-nya selama 9 tahun hanya agar tetap dapat mencari uang untuk membia ...more
Iyank
"...Mencintai makhluk itu sangat berpeluang menemui kehilangan. Kebersamaan dengan makhluk juga berpeluang mengalami perpisahan. Hanya cinta kepada Allah yang tidak. Jika kau mencintai seseorang ada dua kemungkinan diterima dan ditolak. Jika ditolak pasti sakit rasanya. Namun jika kau mencintai Allah pasti diterima. Jika kau mencintai Allah, engkau tidak akan pernah merasa kehilangan. Tak akan ada yang merebut Allah yang kaucintai itu dari hatimu. Tak akan ada yang merampas Allah. Jika kau berme ...more
Gobokairina
Membaca novel ni, nak tak nak tetap akan membandingkan dengan AAC. Barangkali pengharapan yang terlalu tinggi akan menyebabkan ramai yang berkata ia tak sehebat AAC. Benarkah?

Secara jujurnya aku lebih senang dengan KCB. Mungkin aku tak pernah berjumpa lelaki yang sesempurna Fahri (AAC), jadi kehadiran Azzam dalam novel ini membuatkan aku rasa wataknya lebih dekat di hati.

Khairul Azzam – Lelaki yang biasa-biasa saja. Berpendidikan agama tetapi tetap ada khilafnya. Dia tak kaya, tidak miskin cuku
...more
Maya Sari
Aug 15, 2007 Maya Sari rated it 4 of 5 stars
Recommends it for: everyone
Shelves: islamic-fiction
Sastra yang baik dan indah akan lahir dari seseorang yang juga berkepribadian baik, insya Allah. Itulah benang merah yang saya ambil dari beberapa karya-karya Kang Abik. Lewat tulisannya, Kang Abik memaparkan bagaimana menjadi seorang muslim di abad 21 ini. Tak harus menjadi orang-orang terasing yang menghindari keramaian. Namun, bagaimana kita tetap mengamalkan Al-Qur'an dan sunnah di setiap ritme hidup kita. satu poin lain yang juga menarik dari tulisan2 beliau adalah tentang jodoh:) Jangan pe ...more
Afifah
Novel ini seting dan gaya penggambaran karakter tokohnya masih sangat mirip dengan karakter di novel terdahulunya "Ayat-Ayat Cinta" yaitu karakter-karakter yang sangat ideal. walaupun di novel ini sang tokoh utama sedikit berlawanan yaitu mahasiwa Alazhar yang sudah lama tidak lulus S1 karena harus berwirausaha berjualan Tempe dan Bakso di cairo ( bingung juga sih ko bisa)
namun seperti novel khas nya kang abik di ayat-ayat cinta, yang paling saya sukai adalah perang batin para karakter ketika d
...more
Helga Soenimanggar
can't wait to read next chapter and what happen with everybody especially who get HIV,,, and what he will do,, ah,, his anme is Furqon,,a good religi novel even i am not a muslim but i like this book
Shiennta Naisna
Apr 21, 2011 Shiennta Naisna is currently reading it
kisah seorang anak manusia bernama abdullah khaerul azzam, lulusan al azhar,mesir.belajar sambil bekerja selama 9 tahun di al azhar,membuat usianya sudah cukup untuk berkeluarga. apalagi ibunya,ingin segera memiliki cucu. tawaran calon istri datang silih berganti sambil menekuni usahanya di tanah air, penjual bakso. tak disangka,seorang gadis cantik bernama anna althafunnisa, yang pernah ditolongnya ketika di mesir dulu adalah putri kyai luthfi,pengasuh pondok pesantren darul quran,sekaligus tem ...more
Black Panther
Abdullah Khairul Azzam – 28 tahun- pemuda tampan dan cerdas dari sebuah desa di Jawa Tengah. Dari kecil, Azzam sudah terlihat sebagai anak yang sangat baik budi pekertinya. Atas usahanya yang gigih dia berhasil memperoleh bea siswa untuk belajar di Al Azhar Mesir selepas menamatkan Aliyah di desanya.

Baru setahun di Kairo dan menjadi mahasiswa berprestasi peraih predikat Jayyid Jiddan (Lulus dengan Sempurna), ayahnya meninggal dunia. Sebagai anak tertua Azzam mau tidak mau harus bertanggung jawab
...more
Mar
Judul : Ketika Cinta Bertasbih I
Pengarang : Habiburrahman el Shirazy
Penerbit : Republika
Jumlah halaman : 471
Cetakan : I, Februari 2007

Bertasbih di Dunia Cinta

Untuk yang kesekian kalinya, penulis produktif Habiburrahman el Shirazy meluncurkan novel terbarunya "Kecinta Cinta Bertasbih". Tidak berbeda dengan novel terdahulunya "Ayat-Ayat Cinta", novel ini mengambil setting Alexandria dan Kairo di Mesir. Berkisah tentang perjalanan pemuda 28 tahun bernama Khoirul Azzam yang menuntut ilmu S1 di unive
...more
Momot
Kenapa gw gak suka ayat-ayat cinta tap masih baca ini?
Karena tugas itu jawabannya, boss gw yang lagi mau invest d film minta gw untuk baca buku ini.
Masih dengan cara menulis Kang Abik yang runut dan detil, yang kadang-kadang nggak perlu sebenarnya.
Masih dengan cara pemunculan konflik melalui masalah yang dibuat terlalu rumit (mahasiswa Indonesia kaya, kamarnya diselundupi oleh PSK sekaligus anggota mossad yang cukup bodoh untuk memperlihatkan wajah aslinya, yang membuat foto-foto tidak senonoh d
...more
Mila
Bisa dibilang salah satu novel guilty pleasure saya. Tidak suka sebenernya tapi entah kenapa, tetep tamat baca bukunya plus baca KCB 2.

Banyak alasan utk membenci KCB: selain tokoh yg terlalu banyak (overpopulated), konflik yg sangat kompleks dgn penyelesaian yg terlalu sederhana, tp yg paling menyebalkan menurut sy adalah penjelasan deskriptif Mesir yg terlalu detil sampe ke tahap menggangu. Seperti: klo mau ke daerah A harus lewat daerah B belok kanan trus kiri,dst... who cares? Ini kan novel b
...more
Imas
Satu lagi buku yang buru-buru dibaca karena telah difilmkan dan segera akan ditayangkan. Buku yang menarik, membacanya tidak pake berhenti karena penasaran akhirnya seperti apa. Berlatarbelakang cinta dengan lokasi di Mesir dan tetap bagus seperti novel Ayat-ayat cinta. Sempat berfikir lumayan rumit juga masalah perjodohan ini ya.


Mariana Buanita
For the first boo. Its a really good story until the 2nd book i read. Its not as good as i hope. ridiculous just tell the story about Azzam, and in the end of story telling how selfish Anna. she just left his husband. "cerai gk mau pokoknya cerai!" Salah siapa yang mau nikahin, nikahnya aja mau mau kagak kagak.
Praptining
Allah selalu tepat,tidak pernah terlambat maupun terlalu cepat
Didit
Lebih dahsyat dari Ayat-Ayat Cinta
Agus
Bagus, menginspirasi, dan romastis...
Wijayanto
Novel dengan nafas Islami karya Habiburrahman El Shirazy ini benar-benar membuatku terhipnotis sejak kemarin. Entah kenapa, seorang yang sebenarnya sangat sangat sangat malas membaca ini tiba-tiba bisa mengkhatamkan buku setebal 470 sekian halaman (termasuk prolognya) dalam 2 hari. Novel dwilogi yang ditulis sejak 20 Juli 2005 dan baru selesai 22 September 2006 ini membawa kita kepada kehidupan para mahasiswa yang belajar di Mesir. Tidak heran karena penulisnya sendiri memiliki background pendid ...more
Fadilah Tahir
Masih lagi teruja dengan novel Ayat-Ayat Cinta karya Habiburrahman El Shirazy, aku memilih untuk membaca buku ini. Dalam linkungan umur 26 tahun ini, amat sesuai sekali ku kira membaca buku ini.
kerana ia berkaitan hal-hal jodoh. tentu sekali cerita ini menyajikan cinta islamik yang kuidam-idamkan berbataskan syariat islami.

Buku yang berkisarkan seorang mahasiswa indonesia yang bekerja sambil belajar yang cukup tabah dalam mengharungi kehidupan di al-azhar sehingga 9 tahun untuk menghabiskan ijaz
...more
Dayat
There are too many character in the first sequel but still for me it is better than the second.

I took one week to finish the first novel and went on full throttle (maybe have skipped one or two pages) for the second novel on Sunday Morning, Maroon 5.

A story about Khairul Azzam an excellent student and he was the only Indonesian who scored jayyid jiddan (excellent grade) in the first year in Al Azhar. Unfortunately not long after that his father died because of an accident. He have 2 little siste
...more
Nookie
This novel is a two-part series revolving around the life of Abdullah Khairul Azzam who is studying in Al-Azhar University in Cairo, Egypt. Azzam is regarded as somewhat of a failure among his peers because his focus was more on his business of making and selling tempe and mee bakso. As a result, he has stayed there for 9 years because he did not pass his exams. The sad thing is only those who are really close to Azzam knows the real story. He is actually a very intelligent chap who graduated hi ...more
Tiwik
Eliana gusar bukan main. Dirinya yang tidak pernah ditolak, yang selalu dinantikan kehadirannya, seorang anak diplomat yang disegani serta wanita yang cerdas merasa dipecundangi dan diremehkan oleh Azzam dengan menyatakan hadiah yang tidak diberikannya kepada setiap orang itu adalah musibah.

Azzam, mahasiswa Al Azhar yang lebih dikenal sebagai penjual tempe, bakso dan jasa katering, yang harus menanggung nafkah keluarganya yang tinggal ibu dan ketiga adik perempuannya di Indonesia pasca meninggal
...more
Awanda Taufiqurrahman
Judul : Ketika Cinta Bertasbih 1
Penulis : Habiburrahman El Shirazy
Penerbit : Republika-Basmalah
Tahun terbitan : 2007
Dimensi : 20,5 cm x 13,5 cm
Tebal : 477 halaman

Azzam adalah seorang pemuda sederhana yang memilih untuk menuntut ilmunya di Kampus Al Azhar, Cairo. Azzam dikenal sebagai sosok yang tegas dan dewasa. Dia sangat memegang teguh prinsip-prinsip Islam dalam kehidupan sehari-harinya. Di kalangan teman-temannya pun Azzam menjadi panutan dan sosok yang bisa diandalkan.
Setelah bapaknya menin
...more
Harun Harahap
seperti novel Ayat-ayat cinta,,Kang Abik juga mengambil latar belakang Mesir untuk novel KCB 1 ni...dan gambarannya sama memukaunya dengan yang ia gambarkan di AAC..

di KCB ni banyak sekali tokoh2 yang ad didalamnya..sapa aj??yuk kenalan...

Azzam..sang tokoh utama yang kuliah di Mesir namun ga lulus karena sibuk usaha bakso untuk mencukupi kebutuhannya di Kairo dan juga keluarganya di tanah Jawa...dengan kesalehan dan kearifannya membuat Azzam menjadi tempat untuk bercerita dan dikagumi banyak ora
...more
Windy Aryo Baskoro
Aku beli buku bajakan utk kedua buku nya. ih sedih, krn sebenernya aku ga maksud. pas lagi di Al-Azhar blok M, aku liat ada pedagang di mobil yg jualan buku dan udah mau tutup. kutanya kedua buku KCB 1&2 brp duit, mereka bilang 60rb, kutawarlah 50rb, eh mereka mau. kupikir sama kayak di gramed, wow murah bgt dapetnya, ternyata kertasnya jelek dan cetakannya keliatan banget kalo sablonan mesin lama. atau mungkin cetakan yg rusak tapi tetep dipasarkan. uhh au deh.

Yang pasti, penulisannya hamp
...more
Fahmida Fariz
Azam adalah seorang pemuda segerhana yang menuntut ilmu dikampus Al-Azhar, Cairo. Dia dikenal sebagai sosok yang tegas dan dewasa. dia sangat memegang teguh prinsip-prinsip islam dalam kehidupannya. setelah Bapak nya meningga, dia menjadi tulang punggung bagi keluarganya yang ada di Solo. dia berkuliah sambil bekerja sebagai pembuat tempe dan bakso. bahkan Azzam rela meninggalkan kuliahnya sementara untuk mencari rizki untuk keluarganya.
Meskipun terkadang ada rasa iri melihat temannya yang sudah
...more
Naili Khariratul
Judul Novel : ketika Cinta Bertasbih
Pegarang : Habiburrahman El Shirazy
Penerbit : Replubika-Basmalah
No ISBN :97-89-793-6004-022
Tahun Terbit : 2007

Novel karangan Habiburrahman El Shirazy ini mengisahkan seorang mahasiswa Indonesia yang menuntut ilmu di Universitas Al-Ahzar, Kairo. Pendiriannya sangat teguh, apalagi masalah agama Islam. Ketika ayahnya meninggal, Azzam menjadi tulang punggung bagi keluarganya Karena ia merupakan anak tertua dikeluarganya di Solo. Akhirnya Azzam pun bekerja sebag
...more
Rint'z
Buku ini menceritakan tentang seorang pemuda pekerja keras, Azzam, yang selain melakukan study di universitas tertua Al Azhar, Cairo, ia juga bekerja sebagai penjual bakso dan tempe. Namun terkadang ia juga sering mendapatkan order makanan lain, sperti Nasi Timlo Solo dan Soto Palembang, dan makanan khas Indonesia lainnya.
Dalam buku ini diceritakan pula perjuangan Azzam menghidupi keluarganya yang berada di Indonesia, karena ayahnya meninggal setahun setelah ia berada di Cairo. HAl ini juga be
...more
Anieswae Alah
Apr 15, 2011 Anieswae Alah is currently reading it
Novel ini dapat memberikan inspirasi yang bagus karena setelah membacanya saya sadar bahwa hidup ini sangat berharga,didunia ini kita selalu dihadapkan dengan masalah-masalah dan bagaimana cara kita menyelesaikanya.dalam novel ini dikisahkan bagaimana perjuangan hidup seorang muslim yang mendapatkan beasiswa kuliah di Al-azhar Mesir tapi ditengah semester dia mendapatkan kabar dari Indonesia bahwa ayahnya meninggal dunia ini merupakan ujian yang sangat berat karena dia harus berjuang membiayai h ...more
Irma
Novel Ketika Cinta Bertasbih ini adalah novel yang sangat bagus.Novel ini menceritakan tentang kisah seorang mahasiswa di unuversitas al-azhar yang bernama Azzam.Dia adalah seorang mahasiswa yang sangat rajin,tekun,baik,dan rajin beribadah.Dalam novel ini diceritakan tentang pengorbanan azzam di medsir.Ia bekerja keras untuk menghidupi keluarganya yang ada di indonesia.Karena ayahnya sudah meninggal,jadi dia yang bertanggung jawab atas keluarganya.Dia sampai rela tidaklulus kuliah selama hampir ...more
Dewii Harianiie
"KETIKA CINTA BERTASBIH"

Azzam adalah seorang pemuda sederhana yang memilih untuk menuntut ilmunya di Kampus Al Azhar, Cairo. Azzam dikenal sebagai sosok yang tegas dan dewasa. Dia sangat memegang teguh prinsip-prinsip Islam dalam kehidupan sehari-harinya. Di kalangan teman-temannya pun Azzam menjadi panutan dan sosok yang bisa diandalkan.
Setelah bapaknya meninggal, sebagai anak tertua dalam keluarganya, dialah yang menanggung kehidupan keluarganya di Solo. Oleh karena itu, selain sebagai mahasi
...more
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 99 100 next »
topics  posts  views  last activity   
ketika cinta bertasbih 2 29 Dec 07, 2011 06:35PM  
  • Negeri 5 Menara (Negeri 5 Menara, #1)
  • La Tahzan: Jangan Bersedih
  • Sang Pemimpi (Tetralogi Laskar Pelangi, #2)
  • Hafalan Shalat Delisa
  • Di Bawah Lindungan Ka'bah
  • Diorama Sepasang Al Banna
  • 1511H [KOMBAT]
  • Salju Sakinah
  • Ketika Mas Gagah Pergi (Edisi Kedua)
  • Jaja & Din
  • Cinta di Ujung Sajadah
  • Tautan Hati
489970
Kang Abik, demikian novelis ini biasa dipanggil, adalah sarjana Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir dikenal sebagai dai, novelis, dan penyair. Karya-karyanya banyak diminati tak hanya di Indonesia, tapi juga negara-negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dan Brunei. Karya-karya fiksinya dinilai kental nilai Islaminya dan mendorong semangat para pembacanya.

Selama di Kairo, kang Abik banyak menul
...more
More about Habiburrahman El-Shirazy...
Ayat-Ayat Cinta Ketika Cinta Bertasbih: Episode 2 Bumi Cinta Pudarnya Pesona Cleopatra Dalam Mihrab Cinta

Share This Book