Harimau! Harimau!
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating

Harimau! Harimau!

3.71 of 5 stars 3.71  ·  rating details  ·  847 ratings  ·  85 reviews
Paperback, 214 pages
Published 1999 by Yayasan Obor Indonesia (first published 1975)
more details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.
Laskar Pelangi by Andrea HirataBumi Manusia by Pramoedya Ananta Toer5 cm by Donny DhirgantoroNegeri 5 Menara by Ahmad FuadiRonggeng Dukuh Paruk by Ahmad Tohari
Buku Indonesia Sepanjang Masa
49th out of 428 books — 1,539 voters
Bumi Manusia by Pramoedya Ananta ToerAnak Semua Bangsa by Pramoedya Ananta ToerRonggeng Dukuh Paruk by Ahmad TohariJejak Langkah by Pramoedya Ananta ToerSaman by Ayu Utami
Novel Indonesia Terbaik
9th out of 105 books — 46 voters


More lists with this book...

Community Reviews

(showing 1-30 of 1,381)
filter  |  sort: default (?)  |  rating details
Wirotomo Nofamilyname
May 09, 2014 Wirotomo Nofamilyname rated it 5 of 5 stars
Recommends it for: Para Pencari Tuhan :-)
Bagaimana jika anda adalah satu diantara 7 pengumpul damar yang sedang kembali dari hutan ke kampung halamannya?
Bagaimana jika ternyata rombongan anda diintai oleh seekor harimau tua yang kelaparan?
Bagaimana jika satu per satu anggota rombongan anda tewas dimangsa oleh harimau tersebut?
Bagaimana jika korban pertama dari rombongan anda itu tidak langsung meninggal, tapi sekarat dan terus menyerukan kepada anda semua untuk bertobat, karena serangan harimau ini pasti hukuman atas kesalahan anda sem...more
Jong
Apr 10, 2009 Jong added it
Salah seorang teman mengatakan pada saya bahwa jika Pram adalah mata kiri dalam sastra indonesia, Mochtar Lubis lah yang menjadi mata kanannya. Gambaran itu saya rasa tepat.
Buku harimau-harimau ini berkisah tentang sekelompok pencari damar yang diburu-buru harimau. Pada saat "berkejar-kejaran" itu masing-masing mereka dipaksa untuk mengintrospeksi diri. Bertaubat atas kesalahan-kesalahan yang pernah mereka lakukan.
Pewatakannya sangat kuat. Alurnya sangat bagus sehingga pembaca yang benar-benar...more
Sjaiful Masri
Dari semua buku Indonesia yang menggunakan judul dengan kata harimau, belum pernah lebih bagus dari buku ini. Perjalanan anak manusia yang mencari diri mereka yang sesungguhnya. Sastra banget.

Gw rasa penerbit obor mesti menerbitkan lagi buku-buku lokal seperti ini!!!
Scott
Excellent. Did not read like a translation. Astute use of tiger metaphor to expose the dark side of the human soul. Too bad though that the Sumatran tiger is almost extinct, perhaps partly related to the mystique it holds as portrayed in this novel.
Michiyo 'jia' Fujiwara
Harimau! Harimau! Banyak makna filosofi yang sangat dalam terkandung dicerita ini.

Rahasia dan dosa, setiap manusia pasti punya, tinggal bagaimana caranya, seseorang bisa atau tidak untuk mengungkapkannya dan menebus kesalahan (dosa) akibat perbuatannya..Kisah bermula dari 7 orang pria pencari damar, mereka adalah: Buyung, Sanip, Sutan, Talip, Pak Haji, Wak Katok dan Pak Balam. Mereka dikenal dalam lingkungan kampung sebagai: orang yang taat beragama, sopan, mudah bergaul, suka bergotong royong,...more
Reza Syam Pratama
Hal pertama yang menarik saya mengambil buku ini adalah penulisnya. Mochtar Lubis jelas bukan nama asing buat penikmat sejarah seperti saya. Ditambah lagi, ada nuansa Minang yang mengalir di darahnya, meski ia sendiri bermarga Batak. Sepertinya tak perlu disebut bahwa Indonesia punya banyak sekali sastrawan Minang, dulu dan sekarang, yang tulisannya nikmat sekali untuk dibaca.

Hal kedua adalah beberapa review yang saya baca di internet. Titel buku terbaik tahun 1975 dari Yayasan Buku Utama sepert...more
Melon Manis
Salah satu karya sastrawan angkatan 1950-1960, Mochtar Lubis.
Cerita yang berawal tenang dan wajar, tentang para penduduk desa yang secara rutin masuk hutan untuk beberapa hari demi menyadap getah karet serta berburu.
Konflik mulai saat seekor harimau kelaparan mengintai rombongan penduduk tersebut dan mengincar mereka.

Dalam keadaan letih dan ketakutan, ikatan rombongan yang akrab dan tampak damai pun mulai tercabik-cabik rasa curiga dan benci.
Perasaan takut bukan hanya karena bahaya harimau yang...more
cindy
Kisah klasik tentang perburuan harimau yang membawa para pemburunya dalam perenungan nurani dan pengakuan dosa. Sebuah refleksi tentang keharusan membunuh lebih dahulu harimau dalam hati sebelum memburu harimau dalam hutan.

Sejujurnya sih, aku mengharapkan agak "lebih" dari buku ini. Narasi refleksi yang lebih mendalam. Pergolakan hati yang lebih mendayu-dayu. Atau bahkan kisah perburuan yang sedikit lebih menegangkan.

Bukan berarti buku yang tidak menarik. Karakterisasinya jelas dan alur kisahny...more
Lilia Zuhara
Tidak menyangka kalau cerita singkat tentang perburuan bisa mengikat poin-poin yang seringkali menjadi sumber kontemplasi terintim untuk setiap manusia kepada dirinya sendiri. Menceritakan tentang 7 lelaki yang pergi ke hutan untuk bekerja. Dalam perjalanan pulang, mereka diburu oleh seekor harimau. Perburuan yang dilakukan sang harimau pada akhirnya membawa harimau yang ada dalam jiwa ketujuh lelaki tersebut keluar dari sangkar batinnya.

Banyak nilai yang bisa ditarik dari buku ini. Poin yang pa...more
Ian
What a literary gem! This English translation of an Indonesian short story reads perfectly, as though it was originally written in English, kudos to the translator! 7 villagers go out on a typical forage in the forest and end up being hunted down one by one by a menacing tiger. The premise of the story may seem simplistic, yet the writer explores the emotional and mental landscape of each character in depth through their train of thought. As the beast closes in, the tension notches up quickly an...more
Teguh Affandi
Dasar aku suka telat baca buku!

Aku merasa mendapatkan buku yang smepurna di buku ini. Tidak ada celah.
7 orang pencari damar di tengah hutan. Yang saat di perjalanan pulang di serang harimau hutan. Tetapi yang sangat menarik adalah harimau bukan hanya disebutkan sebagai hewan buas. Tetapi juga simbol akan nafsu dan kejahatan manusia.

Ketika Pak Balam diserang pertama kali, dia menceracau kalau harimau itu dikirim Tuhan untuk menebus dosa ketujuh pencari damar. Lalu dia meminta untuk segera menga...more
Gilang
Buku ini menceritakan kegiatan mencari damar yang menyenangkan di hutan rimba berubah menjadi rangkaian paranoia dan rentetan pengakuan dosa akibat serangan harimau lapar. Pada akhirnya para pencari damar itu sadar bahwa bukan harimau lapar yang bikin mereka paranoid, tapi harimau pada diri masing-masing manusia.

javiruchi
There is a 'tiger' within each of us. The question is: who will devour and get devoured? You or the 'tiger'?

An Indonesian novel, almost a religious novel for the obvious lesson it conveys - set yourself free from fear by confessing your sins.
Juniar
Pesona novel Indonesia. Kandungan nilai sastranya tak diragukan.
win
Harimau! Harimau! - Mochtar Lubis (1975)
Pustaka Jaya
Ipung
"Jinakkan harimau dalam dirimu sendiri terlebih dahulu"
Namida Puti
" Manusia di mana juga di dunia harus mencintai manusia, dan untuk menjadi manusia haruslah orang terlebih dahulu membunuh harimau di dalam dirinya"

Setelah sekian lama berkutat pada karya penulis luar, tiba-tiba saja saya rindu kepada sastra Indonesia. Sedari dulu saya ingin benar-benar membaca karya Mochtar Lubis yang ini, dan akhirnya kesampaian juga. Harimau! Harimau! adalah gambaran moral manusia, di mana pun.

Cerita mengisahkan tentang para pengumpul damar. Ada tujuh orang, Wak Katok, Pak H...more
Antariksa Akhmadi
Cerita tentang sekelompok orang yang terjebak pada suatu situasi dan harus bertahan hidup sebenarnya sudah tergolong pasaran. Namun bedanya, jika biasanya cerita seperti itu digolongkan sebagai cerita misteri, karya Mochtar Lubis ini tidak bisa dibilang novel misteri. Walaupun tetap mengandung unsur suspense, novel ini lebih cocok dikatakan sebagai cerita moral. Moralnya, ya, bahwa manusia harus mengalahkan "harimau" dalam dirinya sendiri sebelum harimau itu menikam orang lain di sekitarnya.

Yang...more
Devi
Mar 26, 2011 Devi added it
In this novel tell us about the seven men livelihood the forest to search damar. and when in the forest they met a strange old man who always wore black clothes. he is wak hitam
and strange time the term black has a very beautiful wife and young. and so beautiful it makes the 7th man in love. and between 7 people, is the youngest and has managed to get time wife wak hitam. and has been forgotten for a moment her fiance in the village. she is zaitun. One day a member of the troupe, which Buyung ma...more
Azia
Satu kelompok pengumpul damar yang terdiri dari Wak Katok, Pak Haji, Buyung, Sanip, Sultan, Talip dan Pak Balam hendak kembali pulang ke kampung. Selama di hutan mereka menumpang di huma milik Wak Hitam. Wak Hitam hidup menyendiri bersama istri mudanya, Siti Rubiyah. Orang-orang sering meminta jimat,mantra dan guna-guna kepada Wak Hitam yang dikenal dukun hebat.

Dalam perjalanan, Buyung berhasil menembak seekor rusa jantan dengan senjata lantak milik Wak Katok. Rusa tersebut disembelih dan dibag...more
Annisa R Putriana
Emosional, eksotis, dan dramatis. Saya selalu suka novel petualangan. Namun baru pertama kali saya membaca novel petualangan karya sastrawan masa kemerdekaan. Bravo MochtarLubis yang sangat detail dalam menceritakan latar tempat, suasana maupun emosi tokoh. Walaupun karakternya banyak namun watak nya dapat terlihat kuat karna detail dari Mihtar. Sehingga bagi penikmat permainan imajinasi seperti saya bagaikan menonton sebuah film didalam bayangan sendiri.
Pras
Teringat membaca buku ini di Perpustakaan SMA dulu. Alur cerita yang kadang mengetengahkan kilas balik pelaku-pelakunya membuat cerita yang tadinya biasa jadi luar biasa. Tidak banyak yang bisa ditulis di Ulasan buku ini, karena takut akan menghilangkan unsur-unsur kejutan yang ada di ceritanya. Novel ini yang pertama kali membuat penyadaran bahwa tokoh2 Novel tidak seluruhnya baik dan jahat. hitam putih se jelas novel2 anak2. Harimau-harimau juga yang merupakan jembatan dari novel2 anak2 semaca...more
Linda
Baca ini pertama kali jaman SMA, bagian dari pelajaran sekolah. Cukup di luar dugaan karena kukira akan sangat membosankan. Ternyata aku senang sekali dengan pendekatan psikologis pengarang dalam menggambarkan tokoh-tokohnya. Temanya cukup 'dewasa' buatku waktu itu, dan sepertinya ini salah satu buku pertama yang menyadarkanku tentang rumitnya hasrat dan ketakutan manusia.
Farras Hasna
Seperti menyimak cerita dari kakek sendiri. Begitu nyata, suasana tegang memenuhi hampir seluruh isi cerita secara sempurna. Terselip berbagai pesan moral yang tidak muluk-muluk namun mengena. Membuat penasaran hingga halaman terkahir.
Ariefmai Rakhman
Pernah baca dulu waktu SD atau SMP, lupa tepatnya kapan. Tapi cukup ingat sedikit2 dengan sensasinya, kangen camping dan naik gunung lagi setelah baca ini. Kangen dengan gemericiknya air sungai di antara lebatnya pepohonan, kangen suara burung-burung dan monyet yang berteriak di kejauhan.

Secara umum tulisannya menarik, khas novel lama, kuat akan nilai moral dan tradisi serta keagamaan, penggambaran tokoh dan karakter mereka menarik, terutama tentang perempuannya. Membacanya mampu membayangkan se...more
Luthfi Ramadhan Putradi
Setelah selesai membaca novel karya sastra ini, saya mendapatkan segudang pesan moral mengenai manusia. novel ini bercerita tentang petualangan 7 (tujuh) pengumpul kayu damar yang amat menegangkan. Adapun permasalahan dalam cerita ini adalah ketika seekor harimau hutan besar yang kelaparan menyerang mereka, hal ini membuat mereka berjuang untuk terus bertahan hidup serta tuntutan untuk melawan ego masing-masing tokoh dalam novel ini. Karakter penokohan dalam novel ini begitu detail dan sangat je...more
Adi
aku harapkan cerita yang rebel dari mochtar lubis,
sekurang-kurangnya macam novel 'jalan tak ada hujung'.
Tapi ini cuma cerita pasal orang kampung yg kena buru dek harimau dalam hutan belantara.

mulanya rasa tak kool, tapi bila 7 orang yang diburu harimau tu percaya mereka semua sedang menghadapi pembalasan dosa, dan sorang demi sorang bercerita pasal dosa peribadi, membuka rahsia gelap dalam sejarah hidup masing-masing terus cerita jadi menarik..

dan sifat tamak , takut, penipu , curiga, nak selam...more
Rifki
Salah satu buku Indonesia yang terbaik, nuansa thrillernya sangat terasa dan banyak pesan moralnya..
Lani Thong
"bunuhlah dahulu harimau dalam dirimu."
Devianti Kusumastuti
Bunuhlah dahulu harimau dalam dirimu
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 46 47 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Arus Balik: Sebuah Epos Pasca Kejayaan Nusantara di Awal Abad 16
  • Burung-Burung Manyar
  • Para Priyayi: Sebuah Novel
  • Bekisar Merah (Bekisar Merah, #1)
  • Robohnya Surau Kami
  • Anak Bajang Menggiring Angin
  • Dari Ave Maria ke Jalan Lain ke Roma
  • Sengsara Membawa Nikmat
  • Atheis
  • Sitti Nurbaya: Kasih Tak Sampai
  • Salah Asuhan
  • Belenggu
  • Pada Sebuah Kapal
  • Olenka
  • Di Bawah Lindungan Ka'bah
529648
Mochtar Lubis lahir tanggal 7 Maret 1922 di Padang. Mendapat pendidikan di Sekolah Ekonomi INS Kayu Tanam, Sumatera serta Jefferson Fellowship East and West Center, Universitas Hawai. Aktif sebagai penerbit dan Pemimpin Redaksi Harian Indonesia Raya Jakarta. Memperoleh Magsaysay Award untuk jurnalistik dan kesusasteraan; Golden Pen Award dari International Association of Editors and Publishers. Ha...more
More about Mochtar Lubis...
Jalan Tak Ada Ujung Manusia Indonesia (Sebuah Pertanggungan Jawab) Senja di Jakarta Perempuan: Kumpulan Cerita Pendek Catatan Subversif

Share This Book

No trivia or quizzes yet. Add some now »

“Banyak orang yang takut hidup menghadapi kebenaran, dan hanya sedikit orang yang merasa tak dapat hidup tanpa kebenaran dalam hidupnya.” 18 likes
“Bunuhlah dahulu harimau dalam dirimu” 16 likes
More quotes…