Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Harimau! Harimau!” as Want to Read:
Harimau! Harimau!
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Harimau! Harimau!

3.88  ·  Rating Details ·  1,574 Ratings  ·  158 Reviews
Harimau! Harimau! telah mendapat Hadiah Yayasan Buku Utama sebagai buku penulisan sastra terbaik tahun 1975.

Buku ini dapat dibaca sebagai sebuah cerita petualangan di rimba raya oleh sekelompok pengumpul damar yang diburu oleh seekor harimau yang kelaparan. Berhari-hari mereka mencoba menyelamatkan diri mereka dan seorang demi seorang di antara mereka jatuh menjadi korban
...more
Paperback, 214 pages
Published 1999 by Yayasan Obor Indonesia (first published 1975)
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Harimau! Harimau!, please sign up.

Popular Answered Questions

Eisya Asshafina coba cek http://www.obor.or.id/ saya beli buku ini kemarin di stan Yayasan Obor waktu Jakarta International Book Fair

Community Reviews

(showing 1-30)
filter  |  sort: default (?)  |  Rating Details
Wirotomo Nofamilyname
May 09, 2014 Wirotomo Nofamilyname rated it it was amazing
Recommends it for: Para Pencari Tuhan :-)
Bagaimana jika anda adalah satu diantara 7 pengumpul damar yang sedang kembali dari hutan ke kampung halamannya?
Bagaimana jika ternyata rombongan anda diintai oleh seekor harimau tua yang kelaparan?
Bagaimana jika satu per satu anggota rombongan anda tewas dimangsa oleh harimau tersebut?
Bagaimana jika korban pertama dari rombongan anda itu tidak langsung meninggal, tapi sekarat dan terus menyerukan kepada anda semua untuk bertobat, karena serangan harimau ini pasti hukuman atas kesalahan anda sem
...more
Lilia Zuhara
Jul 11, 2014 Lilia Zuhara rated it it was amazing
Tidak menyangka kalau cerita singkat tentang perburuan bisa mengikat poin-poin yang seringkali menjadi sumber kontemplasi terintim untuk setiap manusia kepada dirinya sendiri. Menceritakan tentang 7 lelaki yang pergi ke hutan untuk bekerja. Dalam perjalanan pulang, mereka diburu oleh seekor harimau. Perburuan yang dilakukan sang harimau pada akhirnya membawa harimau yang ada dalam jiwa ketujuh lelaki tersebut keluar dari sangkar batinnya.

Banyak nilai yang bisa ditarik dari buku ini. Poin yang pa
...more
Muhamad Rivai
Jun 10, 2015 Muhamad Rivai rated it really liked it
Dulu pernah baca buku ini sewaktu SMA, sekarang coba baca ulang. Ternyata ceritanya seru, khas genre thriller psikologis dengan adanya sekelompok orang yang terjebak di tempat berbahaya, sambil diincar oleh sesosok monster/hewan buas. Satu hal yang kurang saya sukai adalah penceritaan saat harimau berada jauh dari para tokoh. Penceritaan yang sebenarnya tidak begitu perlu ini bagi saya malah mengurangi tensi mencekam dan teror psikologis yang sudah dibangun sebelumnya. Lebih menarik seandainya h ...more
Sjaiful Masri
Sep 25, 2007 Sjaiful Masri rated it really liked it
Dari semua buku Indonesia yang menggunakan judul dengan kata harimau, belum pernah lebih bagus dari buku ini. Perjalanan anak manusia yang mencari diri mereka yang sesungguhnya. Sastra banget.

Gw rasa penerbit obor mesti menerbitkan lagi buku-buku lokal seperti ini!!!
Jusmalia Oktaviani
Aug 11, 2015 Jusmalia Oktaviani rated it it was amazing
Sebenarnya ini yang kedua kalinya saya membaca Harimau! Harimau! ini. Bahkan bisa dikatakan novel Harimau! Harimau! inilah novel Mochtar Lubis pertama saya. Saya membacanya ketika duduk di bangku SMA, dan sedikit-sedikit masih mengingat ceritanya karena memang sangat berkesan. Ketika membaca ulang, kesan tentang novel ini ternyata belum juga surut. Perasaan khawatir, takut, serta teror yang ditimbulkan harimau terhadap manusia justru memunculkan 'harimau' lain dari dalam diri manusia, mungkin se ...more
Eveline
Oct 02, 2014 Eveline rated it really liked it
"...sebelum kalian membunuh harimai yang buas itu, bunuhlah lebih dahulu harimau dalam hatimu sendiri..."

aaah suka!

Baca ini deg-degan sekali, apalagi kalau dibaca malam-malam, suasananya ngena sekali.
Sebenarnya literatur ini begitu sederhana dalam alurnya, membacanya juga tidak perlu kebanyakan mikir, dan nggak perlu ulang kalimatnya dua kali kalau saya baca literatur lainnya, jadi baca buku santai. Sederhana dalamm alur, tetapi memikat dan ingin dibaca sampai tuntas.

Kalau biasanya dalam buku
...more
Jong
Apr 10, 2009 Jong added it
Salah seorang teman mengatakan pada saya bahwa jika Pram adalah mata kiri dalam sastra indonesia, Mochtar Lubis lah yang menjadi mata kanannya. Gambaran itu saya rasa tepat.
Buku harimau-harimau ini berkisah tentang sekelompok pencari damar yang diburu-buru harimau. Pada saat "berkejar-kejaran" itu masing-masing mereka dipaksa untuk mengintrospeksi diri. Bertaubat atas kesalahan-kesalahan yang pernah mereka lakukan.
Pewatakannya sangat kuat. Alurnya sangat bagus sehingga pembaca yang benar-benar
...more
javiruchi
Apr 20, 2013 javiruchi rated it really liked it  ·  review of another edition
There is a 'tiger' within each of us. The question is: who will devour and get devoured? You or the 'tiger'?

An Indonesian novel, almost a religious novel for the obvious lesson it conveys - set yourself free from fear by confessing your sins.
Scott
Dec 19, 2009 Scott rated it really liked it  ·  review of another edition
Excellent. Did not read like a translation. Astute use of tiger metaphor to expose the dark side of the human soul. Too bad though that the Sumatran tiger is almost extinct, perhaps partly related to the mystique it holds as portrayed in this novel.
Azia
Sep 16, 2012 Azia rated it it was amazing
Satu kelompok pengumpul damar yang terdiri dari Wak Katok, Pak Haji, Buyung, Sanip, Sultan, Talip dan Pak Balam hendak kembali pulang ke kampung. Selama di hutan mereka menumpang di huma milik Wak Hitam. Wak Hitam hidup menyendiri bersama istri mudanya, Siti Rubiyah. Orang-orang sering meminta jimat,mantra dan guna-guna kepada Wak Hitam yang dikenal dukun hebat.

Dalam perjalanan, Buyung berhasil menembak seekor rusa jantan dengan senjata lantak milik Wak Katok. Rusa tersebut disembelih dan dibag
...more
Reza Syam Pratama
Sep 16, 2011 Reza Syam Pratama rated it liked it
Hal pertama yang menarik saya mengambil buku ini adalah penulisnya. Mochtar Lubis jelas bukan nama asing buat penikmat sejarah seperti saya. Ditambah lagi, ada nuansa Minang yang mengalir di darahnya, meski ia sendiri bermarga Batak. Sepertinya tak perlu disebut bahwa Indonesia punya banyak sekali sastrawan Minang, dulu dan sekarang, yang tulisannya nikmat sekali untuk dibaca.

Hal kedua adalah beberapa review yang saya baca di internet. Titel buku terbaik tahun 1975 dari Yayasan Buku Utama sepert
...more
Nadira Aliya
Dec 02, 2015 Nadira Aliya rated it it was amazing
Ingatkah kita kapan terakhir kali merasa paling berdosa, hingga menutupinya sampai-sampai tidak mau mengakuinya bahkan kepada diri sendiri? Merasa terlalu kotor untuk menangis mengakui dan kemudian bertaubat?

Terkisahlah tujuh anak manusia pencari damar di tengah hutan belantara. Mencari damar diceritakan bukan urusan yang cepat, seseorang harus menempuh perjalanan yang memaka waktu dua mingguan hingga akhirnya mencapai sisi hutan yang dalam tempat damar berada untuk kemudian dijual dan mendapat
...more
Natasha Primaditta
Fantastik! Membaca Harimau! Harimau! membuat saya terkejut. Saya belum pernah bertemu literatur fiksi karangan penulis Indonesia yang membuat saya terkesima karena sederhana dalam jalan cerita, namun dianyam secara mendetail dengan isu-isu sosial yang mendalam.

Banyak sekali yang dibahas disini dari adat dan tradisi, hubungan antara sesama manusia dan Tuhan, pertentangan antara kepercayaan lama dan baru, serta kondisi psikologis tokoh-tokohnya yang ditulis secara kompleks. Antara tokoh yang satu
...more
Michiyo 'jia' Fujiwara
Harimau! Harimau! Banyak makna filosofi yang sangat dalam terkandung dicerita ini.

Rahasia dan dosa, setiap manusia pasti punya, tinggal bagaimana caranya, seseorang bisa atau tidak untuk mengungkapkannya dan menebus kesalahan (dosa) akibat perbuatannya..Kisah bermula dari 7 orang pria pencari damar, mereka adalah: Buyung, Sanip, Sutan, Talip, Pak Haji, Wak Katok dan Pak Balam. Mereka dikenal dalam lingkungan kampung sebagai: orang yang taat beragama, sopan, mudah bergaul, suka bergotong royong,
...more
Mahendra Wishnu
Mar 08, 2016 Mahendra Wishnu rated it it was amazing
"Awaslah harimau itu dikirim oleh Tuhan untuk menghukum kita yang berdosa, akuilah dosa-dosa kalian!", dalam buku ini seolah Mochtar Lubis menyindir konsep "hukuman Tuhan" di dunia. Hal ini sering diangkat menjadi issue saat bencana terjadi di negeri ini, azab menghantui dan bebal mengaburkan (seperti lirik lagu Tragedi-Seringai). Di akhir cerita, harimau digambarkan memang harimau yang sebenar-benarnya. Harimau tua yang memburu karena rasa lapar. Bukan azab atau hukuman yang dikirim Tuhan.

Kleni
...more
hujanlia
Mar 22, 2011 hujanlia rated it really liked it
Salah satu karya sastrawan angkatan 1950-1960, Mochtar Lubis.
Cerita yang berawal tenang dan wajar, tentang para penduduk desa yang secara rutin masuk hutan untuk beberapa hari demi menyadap getah karet serta berburu.
Konflik mulai saat seekor harimau kelaparan mengintai rombongan penduduk tersebut dan mengincar mereka.

Dalam keadaan letih dan ketakutan, ikatan rombongan yang akrab dan tampak damai pun mulai tercabik-cabik rasa curiga dan benci.
Perasaan takut bukan hanya karena bahaya harimau yang
...more
cindy
Kisah klasik tentang perburuan harimau yang membawa para pemburunya dalam perenungan nurani dan pengakuan dosa. Sebuah refleksi tentang keharusan membunuh lebih dahulu harimau dalam hati sebelum memburu harimau dalam hutan.

Sejujurnya sih, aku mengharapkan agak "lebih" dari buku ini. Narasi refleksi yang lebih mendalam. Pergolakan hati yang lebih mendayu-dayu. Atau bahkan kisah perburuan yang sedikit lebih menegangkan.

Bukan berarti buku yang tidak menarik. Karakterisasinya jelas dan alur kisahny
...more
Thufail
Nov 21, 2014 Thufail rated it it was amazing
Shelves: pencerahan

Sedang jalan-jalan di Perpustakaan mencari karya Hemingway dan tiba-tiba ada buku ini terselih diantara buku-buku tebal, dan saya langsung mengambilnya duduk. baca. selesai tempo itu juga.
pesan moral "jadilah pendiam dan bisa tutup mulut saat membicarakan dosa-dosa" macam si Buyung yang sampai akhir cerita bahkan dia tak mengakui "harimau" yang ada dalam dirinya.
Plot yang bagus dan mengalir, cerita sederhana, sarat akan pesan moral. Bercerita tentang tujuh manusia pencari damar di hutan rimba,
...more
Gilang
Sep 20, 2010 Gilang rated it it was amazing
Buku ini menceritakan kegiatan mencari damar yang menyenangkan di hutan rimba berubah menjadi rangkaian paranoia dan rentetan pengakuan dosa akibat serangan harimau lapar. Pada akhirnya para pencari damar itu sadar bahwa bukan harimau lapar yang bikin mereka paranoid, tapi harimau pada diri masing-masing manusia.

Ivon
Jun 05, 2010 Ivon rated it it was amazing
Recommends it for: orang dewasa / dewasa muda
total, sebenarnya 4,5 bintang, karena buku ini adalah novel horor suspense pertama yang membuatku mimpi buruk...dan dimimpiku harimau itu kepalanya membusuk seperti 'Tuhan orang yang hilang' dari novel The Girl Who Loved Tom Gordon karya Stephen King...

anyway, buku ini memang layak dibaca, sebagai refleksi diri untuk lebih mengenal: apakah sebenarnya dosa itu?
Abdul Wahid Muhaemin
Mar 16, 2015 Abdul Wahid Muhaemin rated it it was amazing
Seperti satire yang menerobos domain keintiman atas apa-apa yg telah diperbuat oleh tiap-tiap individu yg bernama manusia
win
Jun 23, 2011 win rated it really liked it
Harimau! Harimau! - Mochtar Lubis (1975)
Pustaka Jaya
Ipung
Oct 11, 2009 Ipung rated it really liked it
"Jinakkan harimau dalam dirimu sendiri terlebih dahulu"
Juniar
Jan 28, 2008 Juniar rated it really liked it
Shelves: novel
Pesona novel Indonesia. Kandungan nilai sastranya tak diragukan.
Ridandi Bintang  Pamungkas
Jan 16, 2017 Ridandi Bintang Pamungkas rated it really liked it
Kzl.

Karena awalnya saya kira buku ini pure psychological thriller, ternyata genrenya pop religi.
Nope. I'm not against pop religi tho, karena emang didalemnya banyak pesan moral yang bisa diambil, apalagi dari pendiriannya si buyung dan kata-kata mutiaranya pak haji.

Tak kasih bintang 4 soalnya emang plotlinenya apik, dan bukunya page-turner banget, ga kerasa tau-tau udah abis aja, cumaaaaann, ya itu, terlalu predictable! udah ketebak dari awal siapa aja yang bakal jadi cemilannya si harimau, ga
...more
Olive Hateem
Oct 22, 2016 Olive Hateem rated it really liked it
Shelves: sastra-indonesia
Akhirnya selesai! Untuk alurnya, di awal mungkin agak lambat dan kebanyakan terfokus di beberapa tokoh. Sayangnya, hal ini tidak berlaku di semua tokoh. Jadi ada tokoh yang dikupas benar-benar, ada yang seolah hanya menjadi pemeran tambahan saja. Alur cerita sudah mulai seru ketika harimau mulai membunuh satu per satu tokoh dan ketakutan-ketakutan mereka mulai terlihat. Karakter favoritku adalah Buyung dan Pak Haji, mungkin karena mereka berdua dibahas cukup dalam di sini. Secara keseluruhan, 4 ...more
Beni Adam
Jan 21, 2017 Beni Adam rated it really liked it
"sebelum melenyapkan harimau liar, lenyapkan dulu harimau yang ada dalam dirimu". Mengakui kesalahan dan dosa-dosa yang kita perbuat memang susah. Ini adalah Novel genre thriller pertama yang saya baca waktu SMA. Sangat saya rekomendasikan buat teman2 yang nau baca thriller.
Zahra Salsabila
Nov 02, 2016 Zahra Salsabila rated it it was amazing
Shelves: favorites
Salah satu buku yang wajib dibaca versi aku. Bagus banget, sih!
Frida
Dec 28, 2016 Frida rated it really liked it
Menegangkan, tidak perlu buku tebal untuk bisa menggambarkan dengan baik nuansa gelap dan pergumulan batin para tokohnya. Sampai bikin agak merinding saat beberapa hari setelah selesai membaca buku ini, saya bersama dua orang rekan Patriot Energi berjalan kaki malam-malam selama 2 jam menuju ke rumah asuh salah satu teman saya itu. Di kiri-kanan jalan adalah kebun yang cukup rapat, gelap gulita, hanya headlamp yang menerangi, membuat saya teringat kata-kata dalam buku ini, bahwa si Harimau biasa ...more
Seno Guntur
Sep 28, 2016 Seno Guntur rated it really liked it
Gaya bahasa yang bermacam dan halus tersaji di dalamnya. Penggambaran alam yang detail oleh Mochtar Lubis. Sebelum menaklukan Harimau rimba,takluka terlebih dahulu Harimau dalam dirimu.
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Para Priyayi: Sebuah Novel
  • Arus Balik
  • Bekisar Merah
  • Burung-Burung Manyar
  • Merahnya Merah
  • Dari Ave Maria ke Jalan Lain ke Roma
  • Robohnya Surau Kami
  • Anak Bajang Menggiring Angin
  • Atheis
  • Olenka
  • Sitti Nurbaya: Kasih Tak Sampai
  • Ca Bau Kan: Hanya Sebuah Dosa
  • Salah Asuhan
529648
Mochtar Lubis lahir tanggal 7 Maret 1922 di Padang. Mendapat pendidikan di Sekolah Ekonomi INS Kayu Tanam, Sumatera serta Jefferson Fellowship East and West Center, Universitas Hawai. Aktif sebagai penerbit dan Pemimpin Redaksi Harian Indonesia Raya Jakarta. Memperoleh Magsaysay Award untuk jurnalistik dan kesusasteraan; Golden Pen Award dari International Association of Editors and Publishers. Ha ...more
More about Mochtar Lubis...

Share This Book



“Banyak orang yang takut hidup menghadapi kebenaran, dan hanya sedikit orang yang merasa tak dapat hidup tanpa kebenaran dalam hidupnya.” 25 likes
“Bunuhlah dahulu harimau dalam dirimu” 21 likes
More quotes…