Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Sarinah: Kewajiban Wanita Dalam Perjuangan Republik Indonesia” as Want to Read:
Sarinah: Kewajiban Wanita Dalam Perjuangan Republik Indonesia
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating

Sarinah: Kewajiban Wanita Dalam Perjuangan Republik Indonesia

by
3.81 of 5 stars 3.81  ·  rating details  ·  151 ratings  ·  26 reviews
Unknown Binding, 251 pages
Published 2001 by Toko Gunung Agung (first published 1951)
more details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Sarinah, please sign up.

Be the first to ask a question about Sarinah

Community Reviews

(showing 1-30 of 356)
filter  |  sort: default (?)  |  rating details
Idle Hippo
Aug 10, 2008 Idle Hippo rated it 5 of 5 stars
Recommends it for: generasi baru sarinah-sarinah Indonesia tertjinta
Karena buku jang saja batja masih memakai edjaan Suwandi, djadi review-nja pun (nekat) pake edjaan Suwandi :D

Kenapa saja mengasih bintang lima untuk buku ini?

Karena saja anggap buku ini sebagai buku jang visioner pada zamannya. Karena buku ini berusaha mendobrak sekaligus menggempur-hantjur-lebur benteng-bentengnja kekolotan jang masih bersimaharadjalela pada saat itu. Karena buku ini setjara kontan-kontanan membawa saja tenggelam dalam airputarnja zaman revolusi kemerdekan. Karena membatja buku
...more
nanto
Jan 26, 2009 nanto marked it as to-read
Pengumuman-Pengumuman!

Buku jang dikabarkan raib ini sudah kembali ke raknja sebagaimana mestinja. Nampaknya ada oknum di rumah saija jang setjara berentjana membatja ini buku penuh kobaran semangat, namun lupa memberi tahu kepada saija sebagai pemilik sjah. Tertuduh itu tak lain daripada orang tua saija sendiri yang tanpa sepengetahuan telah menaruh kembali di tempat saija sering melongok buku.

dengan demikian buku ini kembali saija batja.

Jang Bergembira

Nant'S


Ini dinaikan ke rak currently reading
...more
Yanti
I read this book when I was stil a little girl so my umderstanding may well not be sufficient to grasp all the significance of this interesting book. As an adult and gender equality advocate though now I am amazed on how advanced Soekarno's thinking is on gender issues. Far ahead of his time already his vision embrace the importance of gender equality in development - no wonder if Indonesia at in the 1960s had the most progressive women movement in the world... When the world has just started fa ...more
Pipitta
Waktu aku masih SD, aku sering dititipkan di rumah uwak setelah pulang sekolah, karena ibuku harus bekerja. Kalau bosan main dengan para sepupu, aku biasanya duduk anteng di ruang perpustakaan uwak yang super lebar (ruangannya, bukan uwaknya, hehe).

Saat itu banyak buku yang gak kumengerti, tapi cukup menarik untuk dibaca. Salah satunya buku ini. Agak-agak lupa sih isinya tentang apa, tapi setiap kali mendengar jargon "pergerakan wanita" dan sebagainya, entah kenapa nama Sarinah langsung mencuat
...more
Zoelael
Saja poenja boekoe ini, tjetakan ketiga tahoen 1963.
ada jang berminat, hoeboengi saja.
Devi
sebuah buku yang lumayan berat yang pernah gw baca... :D hum... nice book... ^__^
Ali Sastradiwirya
Nov 16, 2014 Ali Sastradiwirya rated it 4 of 5 stars
Recommends it for: sarinah, saryanto, siapa sajalah
Ini bukan sekadar buku yang cocok dibaca dalam pertemuan ibu-ibu, sebelum mengocok arisan. Lebih daripada itu, ini adalah sebuah panduan menuju masyarakat sosialis.

Barangkali pada suatu ketika nanti, saat kondisi mental memperkenankan, bisa ditulis semacam resensi buku ini. Atau apalah yang lebih mengesankan, ketimbang catatan pendek kurang berarti ini.

ditambahkan sehari setelahnya:

Ada presiden negara ini yang merilis album. Konon, sampai lima album. Sebelumnya perempuan (yang pertama di sini!)
...more
Marina Zala
** Books 264 - 2014 **

"Dan kamu, kaum wanita Indonesia,-akhirnya nasibmu adalah di tangan kamu sendiri. Saya memberi peringatan kepada kaum laku-laki itu untuk memberi keyakinan kepada mereka tentang hargamu dalam perjuangan, tetapi kamu sendiri harus menjadi sadar, kamu sendiri harus terjun mutlak dalam perjuangan" Halaman 326

"Juga diatas pundak wanitalah terletak kewajiban untuk tidak ketinggalan di dalam perjuangan ini, dalam mana diperjuangkan kemerdekaan mereka dan pembebasan mereka. Merek
...more
純一郎 長谷川
Apa yang saya ketahui mengenai seorang wanita bernama Sarinah dalam hidup seorang negarawan terulung di Indonesia iaitu Sukarno. Beliau adalah pengasuh yang diupah oleh ibu dan bapa Sukarno dalam mengasuh dan mendidiknya hingga dia berusia 12 tahun(tidak silap saya...). Sarinah begitu banyak mempengaruhi pemikiran Sukarno mengenai wanita. Dari Sarinah Sukarno mula memperlihatkan yang kaun wanita khususnya di Indonesia mesti diberikan peluang dalam mendapatkan pendidikan, pekerjaan, kedudukan sos ...more
Maeda Yoppy
Ternyata Soekarno juga pemikiran kritis tentang posisi perempuan di tengah masyarakat... dan ia memaprkan pemikirannya bahwa perempuan harus dibebaskan dari perbedaan fisiknya dengan lelaki... dan perbedaan itu hanyalah untuk memenuhi kodrat manusia untuk berketurunan dan "perbedaan" itu bukan untuk melegitimasi diskriminasi terhadap perempuan... selanjutnya baca sendiri deh... :)

buku yang bagus...

seorang Soekarno punya pemikiran kritis tentang posisi perempuan di masyarakat namun ia sendiri pe
...more
Arni Purnamawati
saya pernah baca buku ini sewaktu SMA. pemikiran bung Karno tentang bagaimana wanita Indonesia seharusnya jauh melampaui zamannya. disaat zaman bung Karno wanita masih banyak yang dipingit dan putus sekolah, beliau sudah memikirkan kalau wanita Indonesia harus mengikuti pendidikan tinggi dan mendapatkan pekerjaan serta kesempatan yang setara dengan laki-laki.
Beliau pun memberi contoh tokoh-tokoh wanita yang menginspirasi beliau salah satunya Rosa Luxemburg.
Buku ini bagus dan pantas untuk dikaji,
...more
Hendra Kurniawan
membaca buku ini membuatku wondering ternyata Ir. Soekarno mempunyai pandangan yang begitu concern mengenai wanita, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di dunia, dengan berbagai macam jenis pergerakannya.

Dari pergerakan wanita di Perancis, Jerman, Amerika, Inggris, hingga Rusia.
Nufach
"Wanita Indonesia, kewajibanmu telah terang! sekarang ikutlah serta mutlak dalam usaha menyelamatkan Republik, dan jika Republik telah selamat, ikutlah serta mutlak dalam usaha menyusun negara nasional." Bung Karno
A. Moses Levitt
melelahkan membacanya sebab menggunakan ejaan jaman doeloe...tapi soekarno mengajarkan banyak tentang feminisme dan persamaan gender...berbeda sekali dengan apa yang orang pikir di"pegang"-nya...
Mita
Apr 07, 2008 Mita rated it 4 of 5 stars
Recommends it for: your mummy & daddy... ;)
Actually a nice book, cukup menyemangati dan menggambarkan kondisi perempuan di masa itu.

Tapiii... kok agak lucu yah, disaat yang sama sang penulis sendiri seorang poligamis hehehehehe...?!?!?!
winda
Cukup memberikan wawasan tentang peran, posisi perempuan sejak dari masa pra sejarah sampai dengan perannya dalam perjuangan RI.
Ariaty
May 01, 2008 Ariaty is currently reading it
kayaknya dari judulnya seru juga..
aku kudu hunting untuk nemuin buku ini..
thanks ya Cok..!
Rafiqahrizky
Apr 28, 2008 Rafiqahrizky marked it as to-read
kata temenku bukunya bagus...

hhmmm.....
kayaknya wajib dibaca ni......
lita
Nov 06, 2010 lita marked it as to-read
dapet yang cetakan ke-3, terbitan tahun 1963, dengan harga 30rb :D
Maria
waduuh... susah ngertinya soalnya masih pake ejaan lama.. :(
jaka fahrial
Oct 24, 2007 jaka fahrial rated it 5 of 5 stars
Recommends it for: :)
buku pinjaman dari teman, belum EYD.... tebel banget....
Dewianggra
Soekarno jg peduli koq pada kaum wanita..
Castro
indonesia karena wanita
Gerard
"Man works from rise to set of sun. But Woman's work is never done."

Apakah yang diinginkan oleh lelaki terhadap wanita ?
Si Jelita, Si Betina, Si Boneka, ataukah Si Kuda Penarik Beban dalam rumah tangga.

Buku ini bukanlah tentang bagaimana seharusnya lelaki hanya memuaskan dirinya kepada perempuan. Tetapi bagaimana seharusnya lelaki memperlakukan perempuan, baik dalam kehidupan rumah tangganya, masyarakat dan negaranya.

Sebuah harapan dari Soekarno tentang bagaimana seharusnya perempuan Indonesia
...more
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Aksi Massa
  • Analisis Gender dan Transformasi Sosial
  • Wajah Bandoeng Tempo Doeloe
  • Bung Karno: Penyambung Lidah Rakyat Indonesia
  • Runtuhnya Kerajaan Hindu-Jawa dan Timbulnya Negara-negara Islam di Nusantara
  • Nyanyi Sunyi Seorang Bisu 1
  • Kemayoran
  • Sejarah Kecil "Petite Histoire" Indonesia
  • Ketika Jurnalisme Dibungkam Sastra Harus Bicara
  • Nusantara: Sejarah Indonesia
  • Canting
  • Demokrasi Kita: Idealisme dan Realitas Serta Unsur yang memperkuatnya
  • Secrets of the Lost Symbol: The Unauthorized Guide to the Mysteries Behind The Da Vinci Code Sequel
  • Soe Hok Gie: Pergulatan Intelektual Muda Melawan Tirani
  • Nietzsche
Di Bawah Bendera Revolusi Indonesia Menggugat: Pidato Pembelaan Bung Karno di Depan Pengadilan Kolonial Bung Karno Menggali Pancasila: Kumpulan Pidato Kepada Bangsaku : Karya-karya Bung Karno Pada Tahun 1926-1930-1933-1947-1957 Indonesia Merdeka

Share This Book