Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Gajah Mada: Bergelut Dalam Kemelut Takhta dan Angkara (Gajah Mada, #2)” as Want to Read:
Gajah Mada: Bergelut Dalam Kemelut Takhta dan Angkara (Gajah Mada, #2)
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Gajah Mada: Bergelut Dalam Kemelut Takhta dan Angkara (Gajah Mada #2)

3.83  ·  Rating Details ·  683 Ratings  ·  64 Reviews
"Bagaskara Manjer Kawuryan? Siapakah orang yang mencoba bermain-main denganku menggunakan nama yang semestinya terkubur bersama kematian Ra Tanca? Gajah Mada meletupkan rasa penasarannya dalam hati.

Sembilan tahun sejak pemberontakan Ra Kuti, baru diketahui orang yagn berada di balik nama itu adalah Ra Tanca. Setelah Ra Tanca mati, kini tiba-tiba ada orang lain yang menggun
...more
Paperback, 508 pages
Published February 2006 by Tiga Serangkai
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Gajah Mada, please sign up.

Be the first to ask a question about Gajah Mada

Community Reviews

(showing 1-30)
filter  |  sort: default (?)  |  Rating Details
Nun
Dec 26, 2008 Nun rated it it was ok
Shelves: indo
Tidak jauh dari ruangan khusus itu, seorang emban bertubuh gemuk tengah sibuk mengamati remaja yang sedang bermain tanah. anak itu meski usianya telah berada di pintu gerbang remaja, terlihat sangat tolol oleh kelainan jiwa yang disandangnya. emban itu hanya memerhatikan tingkahnya. emban itu sama sekali tidak terusik perhatiannya meski bocah itu menyeringai. emban itu rupanya tengah terpusat pikirannya ke hal lain, ke pembicaraan yang sedang berlangsung di ruangan yang dalam kegunaan sehari-har ...more
Ben Rumimbo
May 16, 2016 Ben Rumimbo rated it liked it
Shelves: fun-reading
Uh yeah... one down :) . Tidak seperti buku pertamanya, untuk buku kedua ini saya lumayan cepat bisa menyelesaikannya meski disela-sela berbagai aktifitas. Sebagai lanjutan dari buku ke-dua buku ini memulai kisahnya sejak berakhirnya kekuasaan Jayanegar di Majapahit. Dengan mangkatnya Jayanegara, tampuk kepemimpinan Majahpahit untuk sementara dipegang oleh Ratu Rajapatni Biksuni Gayatri ibunda dari Sri Jayanegara. Majahpahit diperhadapkan pada pertanyaan siapa yang akan diangkat menggantikan ...more
Hanifah Rufa' Idah
Jul 17, 2014 Hanifah Rufa' Idah rated it liked it
Setelah membaca buku pertama kisah Gajah Mada, saya begitu antusias menyelesaikan seri selanjutnya. Dan, voila! Kisah kedua buku Gajah Mada ini membuat saya terjebak dalam rasa penasaran. Selama membacanya, saya tidak bisa berhenti menebak-nebak siapa dalang dari semua peristiwa-peristiwa yang membuat kubu Raden Kudamerta dan Raden Cakradara, dua calon suami masing-masing dari putri Raden Wijaya, itu memanas. Sama seperti bagaimana rasanya menjadi Gajah Mada yang tak berhenti menduga-duga.
Saya p
...more
Wijaya
May 08, 2014 Wijaya rated it liked it
Kisah Gajah Mada sang maha patih Majapahit
Karya : Langit Kresna Hariadi

Perjalanan sejarah berlangsung sangat panjang dan tak diketahui di mana ujungnya. Ada dua wangsa yang tercatat dan keberadaan mereka ditandai dengan megah dalam wujud candi Borobudur di arah barat Gunung Merapi dan candi Jonggrang di Prambanan di arah selatan gunung itu pula. Garis keturunan Syailendra dan garis keturunan Sanjaya silih berganti menyelenggarakan pemerintahan. Agama Hindu dan Buddha marak mewarnai kehidupan seg
...more
Bayu Sadewo
Dec 17, 2013 Bayu Sadewo rated it really liked it
Tiba-tiba saya jatuh cinta dengan serial Gajah Mada. Ada pengetahuan dibalik jalan ceritanya yang menarik dan sangat membuat penasaran. Ini dia buku yang mungkin pas dijadikan media pembelajaran sejarah bagi siswa (yang suka membaca :p hehe..)

Sepeninggal pralaya Sri Jayanegara, Majapahit berstatus quo. Wajar, Sang Raja tidak meninggalkan pewaris tahta. Maka, dirunut dari silsilah kerajaan yang berhak memangku gelar raja ada dua saudari tirinya. Sri Gitaraja dan Dyah Wiyat.

Konflik muncul ketika d
...more
Aroengbinang
Oct 29, 2008 Aroengbinang rated it really liked it
Shelves: historical-novel
Buku yang mengasyikkan untuk dibaca, menceritakan persoalan yang dari masa ke masa selalu membawa masalah yang sangat pelik, dan sering memberi pengaruh sangat besar pada maju mundurnya dan bahkan kelangsungan hidup suatu negara atau bangsa. Persoalan itu adalah suksesi kekuasaan.

Bangsa yang lemah cepat runtuh karena mudah dikalahkan musuh dari luar yang datang menyerbu untuk memperluas wilayah kekuasannya. Bangsa yang kuat lebih banyak runtuh karena persoalan di dalam negerinya sendiri, yang bi
...more
Andrea Ika
Feb 28, 2014 Andrea Ika rated it really liked it
Dalam episode ini, penulis kembali menghadirkan kisah yang apik, penuh ketegangan, serta intrik yang terjadi di Majapahit.Diceritakan bagaimana Patih Daha Gajah Mada, dan pasukan khusus Bhayangkara, memainkan peran yang besar dalam mengawal proses suksesi di Kerajaan Majapahit sepeninggal prabu Kalagemet yang mati diracun oleh Ra Tanca, meskipun posisi Gajah Mada ketika itu masih sebagai Patih Daha, belum lagi Patih Majapahit.
Buku yang hebat, intrik sejarah dan fiksi yang diramu dengan tulisan
...more
Roos
Feb 17, 2008 Roos rated it it was amazing
Shelves: furious
Waaah, cuma mau menentukan siapa yang akan menggantikan Prabu Jayanegara...sampai selesai bacanya juga, belum diputuskan siapa yang menggantikan....ck...ck...ck....Pak Langit nih benar-benar kalo bikin penasaran orang, paling pintar...weleh...weleh....
Belum sederet pertanyaan yang belum terjawab... seperti Kenapa Bagaskara Manjer Kawuryan berpindah dari Ra Tanca ke Gajah Enggon? Bayi siapa yang dibawa Nyai Tanca menyamar jadi laki-laki tampan dan hendak meracuni Dyah Wiyat?
Terus bagaimana nasip
...more
Andi Prasetya
Nov 23, 2015 Andi Prasetya rated it it was amazing
awalnya pesimis saat akan membaca novel ini, takutnya berat dan bertele-tele layaknya membaca sejarah. tapi ternyata novel setebal 500an ini menyajikan cerita yang menarik, mudah dicerna. gangguan mungkin ada di bagian awal, karena begitu banyak catatan kaki dan ribetnya mengingat nama tokoh, karena namanya panjang dan banyak aliasnya, tapi toh bisa disesuaikan juga.
pelajaran yang dapat diambil adalah, sebagaimana juga terjadi di pemerintahan modern, "saat terjadi kekosongan pemerintahan bukan c
...more
Febrianti
Mar 14, 2011 Febrianti rated it really liked it

teteup..susah ninggalin buku ini kalo udah baca,terutama buat orang dengan rasa penasaran tinggi. Semacam buku detektif, siapa sih dalang dibalik semua ini.
inti buku ke-2 ini tentang siapa yang akan jadi raja (atau ratu) pasca wafatnya Jayanegara. Kalo yang masih inget sejarah SMP/SMA sih bakal bisa nebak yah.
Om LKH masih tetap terjebak pada pengulangan frasa yang menjemukan.
Tapi overall buku ini masih bikin saya penasaran baca buku selanjutnya, sekalian mengetahui lebih banyak tentang sejaah ba
...more
rebelsofie
Sep 24, 2008 rebelsofie rated it it was amazing
Edan....

Di buku yang kedua ini lebih banyak teka tekinya. Emang adegan perangnya ga sebanyak di buku 1, tapi konflik personalnya lebih tajam. Dan banyak kejutan-kejutan yang ga diduga2, kya ternyata sandinya Gajah Mada itu si Gajah Enggon, yang di tengah2 buku diceritain dy mengalami koma karena terkena lemparan batu.

Trus ada lagi yang lebih mengagetkan, klo pemimpin pemberontakan itu ternyata Nyai Tanca, yang menyamar jadi laki-laki. Huahahahaha plus scene2 para prajurit yang tiba-tiba muncul,
...more
Made Amrita
Jun 26, 2016 Made Amrita rated it really liked it
soo satisfying.
perubahan plot yang tak terduga. Keren banget penulisan buku keduanya. Temponya terasa lebih lambat drpada yg pertama tapi lebih memancing rasa penasaran.
Bahkan sempat dibuat ragu dengan karakter Pradhabasu yg saya yakini dari buku pertama.
Tetapi ada satu kurangnya...perang besar sebagai klimaks yg ditunggu2 tidak muncul. seperti nonton Harry Potter HalfBlood Prince. The epic battle fans anticipated did not show up.
Tetapi saya tetap kagum dan amazed dengan perubahan alur ceritanya
...more
Wulandari Arifin
Jan 05, 2014 Wulandari Arifin rated it really liked it
Ketara sekali LKH lebih hati-hati, di awal beliau mengutarakan permintaan maaf atas kekeliruannya di buku sebelumnya (yang bagi saya tidak masalah sama sekali). Membahas kelanjutan Majapahit pasca mangkatnya Jayanegara, konflik yg diangkat bermuara pd perebutan tahta, penuh teka-teki. Kekurangannya tetap sama seperti di sekuel sebelumnya, banyak pengulangan beberapa kalimat. Tapi sy tetap menikmati semua penggalan kisahnya tetap menarik&sarat makna.
Tami
Nov 04, 2015 Tami rated it liked it
Buku yang merupakan kelanjutan dari novel Gajah Mada yang sebelumnya ini, saya sangat excited untuk membacanya. tetapi menurut saya lebih menarik buku yang pertama, beberapa bagian dalam novel ini tidak bisa langsung saya pahami sekali baca, dan ada beberapa hal yang sering diulang-ulang penulisannya sehingga saya sempat merasa bosan. tetapi tetap, teka teki yang penulis hadirkan dalam buku ini cukup membuat saya penasaran dan ikut menerka-nerka.
Tidak sabar membaca buku yang selanjutnya.
Miss Kodok
May 30, 2008 Miss Kodok rated it it was amazing
Shelves: buku-beli, my-shelf
Merupakan buku kedua serial Gajah Mada. Berkisah tentang intrik perebutan kekuasaan pasca kematian Jayanegara yang terjadi antara para pendukung Raden Cakradara (calon suami Sri Gitarja) dan Raden Kudamerta (calon suami Dyah Wiyat), yang dapat diselesaikan dengan sangat bijaksana oleh Gajah Mada. Cukup membuat penasaran dengan tampilnya tokoh Bagaskara Manjer Kawuryan pasca kematian Ra Tanca. Baca aja dech. Seru.....
Yusuf
Oct 03, 2007 Yusuf rated it it was amazing
Recommends it for: everyone
Shelves: fiction
Buku ini adalah kelanjutan dari buku Gajah Mada (thok :).
Bercerita tentang kondisi setelah Jayanegara terbunuh oleh Ra Tanca. Manakah yang berhak menjadi Ratu? Tribhuanatunggadewi atau Dyah Wiyat?

Banyak intrik politik, intrik cinta, dan intrik-intrik lainnya yang diceritakan disini.
Lebih kaya dan lebih seru dari buku pertama. Karena ada kisah yang mengharukan juga.

Ga sabar untuk membeli buku ketiga.
(mulai keracunan seperti waktu baca musashi & harry potter)
Putra Perdana
Aug 02, 2011 Putra Perdana rated it liked it
Gaya berceritanya unik dan intrik plotnya dirangkai dengan rapi dan penuh konsistensi. Plot twistnya juga bagus diramu dengan latar belakang sejarah dan budaya, bikin buku ini ingin terus dibaca. Walaupun ada beberapa plot point yang ketebak dan ada bagian yang agak dragging juga ada yang diulang-ulang. Tapi pengulangan itu mungkin rasanya emang untuk fungsi penguatan karakter. Secara keseluruhan bagus dan reccomended.
Femmy
Jun 01, 2009 Femmy rated it liked it
Konflik-konflik yang disajikan menarik, dengan beberapa kejutan di bagian akhir. Sayangnya, saya tidak terlalu menyukai gaya penulisannya, yang terlalu banyak mengulang dan menjelaskan hal-hal yang sudah jelas, sehingga mengganggu kenikmatan membacanya.

Adegan favorit: Raden Kudamerta meniup seruling.
Yudhie
Feb 20, 2009 Yudhie rated it really liked it
buku yang paling lama selesai gw baca ...
tapi secara keseluruhan gw suka niy buku ...

Kekuasaan emang bisa bikin orang melakukan segalanya ... itu sebabnya banyak diperebutkan orang ... buku ini juga menceritakan itu ... kalo menurut gw alurnya gak sedahsyat yang pertama ... tapi "pemain" nya jauh lebih banyak ... bikin kita menebak-nebak kemana arahnya niy "kekuasaan" akan jatuh ...
Ira syarif
Jan 22, 2012 Ira syarif rated it liked it
Nice.. saya bukan orang jawa, tapi sama sekali tidak bosan membaca buku ini. sayang porsi gajah mada justru gak terlalu menonjol. Yang menarik adalah intrik-intrik yang sangat baik dilukiskan oleh penulisnya, membuat saya kadang ikut terbawa dalam ketegangannya.
Arya Cahyanto
Sep 11, 2014 Arya Cahyanto rated it really liked it
Kekuatan buku Gajah Mada: Bergelut Dalam Kemelut Takhta dan Angkara terletak pada kemampuan penulis untuk menghidupkan suasana masa kerajaan Majapahit. Tanpa imajinasi dan riset yang kuat amat sulit menciptakannya di era milenium saat ini.
Hajir
Jun 17, 2008 Hajir rated it it was amazing
what a history.....

entah lah...
sejarah mana yang benar....
sejarahversi buku-buku sekolah yang sudah ditanamkan dalam kepala sejak masih bau kencur hingga bau tanah.
atau beberapa fakta sejarah yang mulai dipertanyakan kembali dengan hadirnya buku ini
Rudy
Oct 20, 2007 Rudy rated it really liked it
dalam buku kedua gajah mada diceritakan bagaimana sejarah suksesi kepemimpinan di indonesia yang selalu diwarnai konflik
selain itu pula ditunjukkan bahwa provokator bukanlah pemain baru dalam kancah perpolitikan nasional
ketemu lagi di buku ketiga
Ayu Febrianita
May 30, 2013 Ayu Febrianita rated it really liked it
pergelutan bathin antara memilih siapa yang akan dijadikan penggerak tahta..para sekar kedaton dan pendamping hatinya..langit kresna benar2 jeli dalam menceritakan novel ini..dari awal sudah menarik untuk membaca dan terus membaca,,
Rizya Ardiwijaya
Jan 06, 2008 Rizya Ardiwijaya rated it really liked it
Komentar saya sama dengan buku sebelumnya... Tidak kalah dibandingkan dengan penulis-penulis hebat dari luar. Mulai buku ini saya suka dengan footnote-nya, jadi tidak perlu bolak-balik ke belakang untuk mencari arti kata atau kalimat yang perlu terjemahan.
Indriyatno Banyumurti
Buku Kedua dari serial Gajah Mada... Melanjutkan kisah buku pertama yang meninggalkan dendam di hati Ra Tanca. Sebuah cerita intrik yang dibalut dengan sejarah, dan ending yang tidak terduga... Salut buat mas Langit
Imansoe
Nov 19, 2007 Imansoe rated it it was amazing
Shelves: novels, history
pembunuhan prabu jaya negara oleh sang ahli obat2an ra tanca..

perebutan kekuasaan antara 2 saudara untuk menjadi ratu
ah... menarik untuk dinikmati perjalanan majapahit dimasa lalu
Agnes
Mar 28, 2009 Agnes rated it it was amazing
Kapan ya ada produser dan sutradara canggih yang akan memfilmkan buku spetakuler ini ? Dijamin: jumlah fans LOTR akan mengandrungi buku dan calon-film ini !!
Arfi
Feb 01, 2008 Arfi rated it really liked it
Shelves: good-reads
better than the previous copy. love the intrigue in it. GM came out to be the winner of all the cases!
Abdullah
Nov 04, 2008 Abdullah rated it really liked it
bukunya bagus. CERITA tentang Gajah mada ketika Jayanegara mati, yang digantikan oleh tribuanatunggadewi.
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Senopati Pamungkas (Senopati Pamungkas #1)
  • Lintang Kemukus Dini Hari
  • Samita: Bintang Berpijar di Langit Majapahit
  • Nagabumi I: Jurus Tanpa Bentuk
  • Rahasia Meede: Misteri Harta Karun VOC
  • Novel Pangeran Diponegoro: Menggagas Ratu Adil
  • Jalan Menikung
  • Larasati
  • Perang Eropa III
  • Merahnya Merah
  • Jembatan Musim Gugur (Samurai, #2)
  • Api di Bukit Menoreh
637674
Langit Kresna Hariadi (lahir di Banyuwangi, Jawa Timur, 24 Februari 1959; umur 54 tahun) adalah seorang penulis roman Indonesia. Mantan penyiar radio ini dikenal masyarakat luas dengan cerita roman Gadjah Mada yang menceritakan kisah dari Patih Gajah Mada dari kerajaan Majapahit.
More about Langit Kresna Hariadi...

Other Books in the Series

Gajah Mada (5 books)
  • Gajah Mada (Gajah Mada, #1)
  • Gajah Mada: Hamukti Palapa (Gajah Mada, #3)
  • Gajah Mada: Perang Bubat (Gajah Mada, #4)
  • Gajah Mada: Madakaripura Hamukti Moksa (Gajah Mada, #5)

Share This Book