Sang Pemimpi (Tetralogi Laskar Pelangi, #2)
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating

Sang Pemimpi (Tetralogi Laskar Pelangi #2)

4.06 of 5 stars 4.06  ·  rating details  ·  10,397 ratings  ·  1,041 reviews
Sang Pemimpi adalah sebuah lantunan kisah kehidupan yang memesona dan akan membuat Anda percaya akan tenaga cinta, percaya pada kekuatan mimpi dan pengorbanan, lebih dari itu, akan membuat Anda percaya kepada Tuhan. Andrea akan membawa Anda berkelana menerobos sudut-sudut pemikiran di mana Anda akan menemukan pandangan yang berbeda tentang nasib, tantangan intelektualitas,...more
Paperback, 292 pages
Published 2006 by Bentang Pustaka
more details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.
Laskar Pelangi by Andrea HirataBumi Manusia by Pramoedya Ananta Toer5 cm by Donny DhirgantoroNegeri 5 Menara by Ahmad FuadiRonggeng Dukuh Paruk by Ahmad Tohari
Buku Indonesia Sepanjang Masa
6th out of 428 books — 1,539 voters
Laskar Pelangi by Andrea HirataPerahu Kertas by DeeCatatan Seorang Demonstran by Soe Hok GieRonggeng Dukuh Paruk by Ahmad TohariAyat-ayat Cinta by Habiburrahman El-Shirazy
Indonesian Books with Movies
6th out of 62 books — 118 voters


More lists with this book...

Community Reviews

(showing 1-30 of 3,000)
filter  |  sort: default (?)  |  rating details
Bahtiar HS
Bermimpi atau Mati!

Judul : Sang Pemimpi
Penulis : Andrea Hirata
Penerbit : PT. Bentang Pustaka Yogyakarta
Edisi 1 : Juli 2006
Hal : x + 292 halaman

“Tanpa mimpi, orang seperti kita akan mati ….”
~Arai

Mungkin kalimat pendobrak itulah inti dari buku memoar Andrea kedua dari tetralogi Laskar Pelangi ini. Sebagai lanjutan dari Laskar Pelangi, buku pertamanya, Sang Pemimpi bercerita bagaimana kehidupan SMA Ikal. Dan panggung cerita terfokus pada tiga serangkai tokoh utamanya ini: Arai, Jimbron, dan Ikal a...more
Desy
Jan 16, 2008 Desy rated it 5 of 5 stars
Recommends it for: semua orang
Recommended to Desy by: Mba Susy
Shelves: indonesian
Hanya satu kata: GREAT!
Hanya satu nama: Arai. :D
Well, ga cuma Arai, sebenernya. Ada Ikal n Jimbron juga. Dan tokoh-tokoh lain yang berperan banyak pada kehidupan mereka. Tapi buat gua, Arai-lah pusatnya. Sesuai dengan judul buku ini: Sang Pemimpi. Arai, sang pemimpi sejati. Arai, seniman kehidupan. Arai, yang memandang kehidupan demikian indahnya, ga peduli kesulitan sebesar apapun yang dihadapinya. Arai, yang berhati tulus dan berjiwa besar. Arai, yang selain pintar juga nakal, jahil dan kerap...more
Seno Pamungkas
Selama membaca karya kedua dari Ikal ini, selalu ingin sekali menandai dengan stabilo. Stabilo yang sejak seminggu yang lalu selalu tidak terbeli karena penyakit lupa-ku. Tapi aq tandai saja dengan memberikan lipatan di buku ini. 3 lipatan. Beberapa kata di 3 lipatan itu menyadarkan aq tentang beberapa hal penting. Mungkin hal penting itu bisa sedikit aq gambarkan seperti ini :

Sang Pemimpi memberikan gambaran pentingnya mimpi dari seseorang. Ikal, Arai, dan Jimbron yang memiliki impian untuk ber...more
Najibah Abu Bakar
Kalau kamu pernah mempunyai cita-cita atau impian yang berapi-api tetapi sudah berterbangan menjadi abu, hadamlah buku ini. Kalau kamu pernah ditimpa kesusahan sehingga asamu telah hancur gugur dimamah kepayahan, hadamlah buku ini.

Kalau kamu mencari jawapan sebuah jati diri yang sudah luntur, hadamlah buku ini. Kalau kamu merindui dunia pendidikan yang dipenuhi keikhlasan dan membungakan keinsafan, hadamlah buku ini.

Kalau kamu tertanya-tanya makna persahabatan paling sejati, hadamlah buku ini. A...more
Aina Dayana Hilmi
Jika di dalam Laskar Pelangi, Ikal ditemani oleh 10 rakan Laskar Pelangi, dan di dalam buku ini, Ikal bersama Arai dan Jimbron. Mereka bertiga mempunyai impian masing-masing dan semuanya mengimpikan supaya mimpi-mimpi mereka menjadi kenyataan. Arai sebenarnya mempunyai pertalian darah dengan ikal. Kesemua ahli keluarganya telah meninggal dunia dan bapa Ikal bertanggungjawab mengambil dan memeliharanya. Arai digelar Simpai Keramat kerana dia merupakan anak tunggal dalam keluarga dan tidak mempuny...more
Pulung
May 28, 2008 Pulung rated it 4 of 5 stars
Recommends it for: All of you
Recommended to Pulung by: My mum =P and my apple tree
Before:

He he he
Apakah buku ini bakal melanjutkan kegilaan Lskar Pelangi?

Wait and see!

-BuRuLi-

After:

Ha ha Ha!
Kalau saya belum tau kalo Andrea Hirata itu menulis cerita ini sebagian berdasarkan kenangannya (atau seluruhnya?) maka saya akan terperanjat sangat dengan "keajaiban-keajaiban" di dalam buku ini. Saya hampir protes: Sebegitu bisa beruntungnya mereka(Ikal dan Arai)? Kalau ini 100% fikisi, maka nilainya tak akan sebaik nilainya sekarang (karena ini bukan 100% fiksi maka nilainya jadi lebih)...more
an
Jan 27, 2009 an rated it 2 of 5 stars
Shelves: punya, ebook
SANG PEMIMPI

Tuhan tau tapi menunggu.
Cocok banget tu buat mereka para pemimpi. Yakinlah bahwa Tuhan tau semua impian dan usaha kita, klo mmg belon ksampaian tu pasti mmg rencana Tuhan. Dia hanya menunngu buat ngliat seberapa kuat tekad kita, klo mmg kuat ‘n nita pasti terkabul d…

Hny saja dlm novel ini, rhe agak bmasalah dg settingan waktu na. klo mmg ni bener tetralogi laskar pelangi, pasti mrp kelanjutan dr laskar pelangi kan. Tapi settingan waktu yg aneh dsni yit:

1.di laskar pelangi dceritain k...more
Ophan Bunjos
ketika sedang membaca sang pemimpi,hati aku tidak sabar sebenarnya.bukan sebab tidak sabar untuk terus kepada buku lanjutan seterusnya,edensor & maryamah karpov,tapi teruja untuk mengikuti aksi-aksi watak dalam film.

ah,ternyata membaca dan menontonnya, perasaanku hampir sama.masih kusisakan sebakku dalam senyum semangat.sang pemimpi meletuskan daya hidupku pada satu kemahuan dan impian yang terhijab oleh waktu dan peredarannya.melalui hari-hariku yang sempit dan lecak masih gagal untuk kuban...more
Enok
tersedu-sedu ketika membaca bagian pembagian rapor di sekolah Ikal..ingat bapak...
I love u , DAD..(my hero...)
R. Sanyoto
"Bermimpilah, karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpi itu." -- Arai
Iqbal_rois
Novel Sang Pemimpi adalah buku kedua dari Tetralogi Laskar Pelangi. Jika di LP Andrea Hirata menceritakan kisah manis getir ”gank” Laskar Pelangi saat menempuh SD & SMP, maka di SP Hirata banyak bercerita pengalamannya selama menempuh pendidikan SMA. Hanya di beberapa bab terakhir saja Andrea menceritakan tentang masa-masa selepas SMA.
Ada 3 tokoh utama di novel ini, yakni Ikal, Arai dan Jimbron. Mereka bertiga bersekolah di SMA Bukan Main, satu-satunya SMA negeri di Belitung Timur. Untuk mem...more
DuniaFriskaIndah
Sebenarnya malu si hari ini masih belum baca Sang Pemimpi... apa lagi diupdate lagi di GRI...*nyanyi lagu T2..malu-malu dong*.

Terinspirasi untuk baca karena iklan dan promosi sang pemimpi untuk filmnya kayaknya kesannya gimana gt. Seru Abis... Nah sebelum filmnya masuk ke Bioskop, akhirnya sang pemimpi masuk ke dalam list 'reading'ku mengalahkan deretan buku 'to read' Q... Maafkan daku Bang Jimmy... (Pinjamannya dierpanjang lagi ya).

Setelah baca buku dan nonton filmnya, rasanya aku beruntung sek...more
Scha Humaira
I like this book very much, I can tell you why? Appear komikal in the beginning, righteously ordinary juvenile delinquency, but then without You realise, story and characters in this book by degrees gain control You. Since little photograph that helds captive that will jerk You on ground sense of humour but have philosophical effect that resonate. Since struggle mean lives in poverty that twists and heroic aspiration deep story two book main figures this: Arai and Ikal will lead You with kind of...more
Ime'... Imelda
Sang pemimpi adalah buku kedua dari tetralogi Laskar Pelangi. Dan seperti yang gue pernah bilang di review tentang Laskar Pelangi, buku pertamanya, menurut gue, buku ini nggak terlalu jauh berbeda. Nggak lebih jelek yang jelas; lebih bagus, iya sepertinya.

Sang pemimpi bercerita lebih banyak mengenai kehidupan SMA dari Ikal bersama dua orang temannya Arai (yang selalu ia anggap sebagai half-brother) dan Jimbron. Gue suka pengalamannya, tapi gue nggak suka dengan pengalaman yang ada di halaman-ha...more
Arini Bidayati
Resensi Novel “Sang Pemimpi”

Judul : Sang Pemimpi
Penulis : Andrea Hirata
Penerbit : PT Bentang Pustaka
Tebal : X + 292 hlm.

Sang Pemimipi adalah novel yang menceritakan perjuangan tiga anak Belitong yang tinggal disebuah kampung Melayu. Mereka berjuang untuk meraih mimpi-mimpi mereka. Meskipunmereka hidup ditengah kemiskinan, mereka tidak mempedulikannya. Mereka mempunyai semangat yang membara, semangat yang tidak bisa diredam oleh apapun untuk meraih mimpi-mimpi mereka. Sang Pemimpi itu adalah Ika...more
Mar'atush
Sang Pemimipi adalah novel yang menceritakan perjuangan tiga anak Belitong yang tinggal disebuah kampung Melayu. Mereka berjuang untuk meraih mimpi-mimpi mereka. Meskipunmereka hidup ditengah kemiskinan, mereka tidak mempedulikannya. Mereka mempunyai semangat yang membara, semangat yang tidak bisa diredam oleh apapun untuk meraih mimpi-mimpi mereka. Sang Pemimpi itu adalah Ikal, Arai, dan Jimbron. Bagi mereka mimpi adalah energi bagi kehidupan mereka masa kini untuk melangkah menuju masa depan y...more
Leon
May 23, 2012 Leon added it
Judul : Sang Pemimpi
Penulis : Andrea Hirata
Penerbit : PT Bentang Pustaka
Halaman : x + 292 Halaman
Cetakan : ke-14, januari 2008
ISBN : 9793062924


Sang Pemimpi menceritakan tentang hubungan persahabatan dan persaudaraan antara Ikal (sang penulis) dan Arai, serta persahabatan keduanya dengan Jimbron ketika masa- masa remaja (SMA). Perjuangan dan kesetiaan terhadap mimpi mereka. Ikal dalam Sang Pemimpi adalah ikal remaja dari tokoh ikal dalam Laskar Pelangi. Arai adalah tokoh sentral dalam buku Sang P...more
Alvin
May 22, 2012 Alvin added it
Judul buku : SANG PEMIMPI
Penulis : Andrea Hirata
Penerbit : Bentang
Tahun terbit : 2008
Tebal buku : x + 292 hlm; 20,5 cm

Novel ini berisi perjuangan hidup seorang remaja-remaja dalam meraih cita-citanya. Problematika yang mereka hadapi tak hanya soal sekolah dan bertahan hidup, tapi juga cinta, satu hal yang tak mungkin mereka hindari di kehidupan remaja. Cinta Arai pada Zakiah Nurmala menggiringnya menjadi seorang penyanyi dadakan dengan berguru pada Bang Zaitun, seorang pemusik Melayu keliling...more
Exbal
May 21, 2012 Exbal added it
Sang Pemimipi adalah novel yang menceritakan perjuangan tiga anak Belitong yang tinggal disebuah kampung Melayu. Mereka berjuang untuk meraih mimpi-mimpi mereka. Meskipunmereka hidup ditengah kemiskinan, mereka tidak mempedulikannya. Mereka mempunyai semangat yang membara, semangat yang tidak bisa diredam oleh apapun untuk meraih mimpi-mimpi mereka. Sang Pemimpi itu adalah Ikal, Arai, dan Jimbron. Bagi mereka mimpi adalah energi bagi kehidupan mereka masa kini untuk melangkah menuju masa depan y...more
Nurul Wahyuning Tyas
Identitasbuku :
1. Judul : Sang Pemimpi
2. Penulis : Andrea Hirata
3. Penerbit : PenerbitBentangAnggota IKAPI (PT. BentangPustaka)
4. TahunTerbit : 2006
5. TebalHalaman : X + 288 halaman

Inspirasi. Sesuatu yang terkadang muncul tanpa terduga dan juga dapat hilang seketika. Tetapi jika benar-benar dicermati, inspirasi dapat memberikan cara piker baru bagi kita. Sebuah inspirasi memang sangat berpengaruh bagi seseorang. Terlebih jika inspirasi tersebut datang dari seseorang yang dianggap sukses. Novel r...more
Nur
Saya melihat ‘Laskar Pelangi’(LP) di rak toko buku kira-kira tahun lalu, dan sejak itu memutuskan buku itu masuk dalam ‘must read list’ saya. Lantas kemudian kenapa saya memutuskan untuk membaca ‘Sang Pemimpi’(SP) lebih dulu? Padahal (sekarang) saya tahu LP dan SP adalah bagian dari tetralogi Adrea Hirata Seman. Kenapa? Tak lain adalah karena SP naik cetak untuk kedua kali hanya 10 hari setelah diterbitkan! (ini kata e-mail yang beredar di mailing list, dan karena saya belum familiar dengan tuli...more
Ina
Sang Pemimpi adalah buku kedua dari tetralogi karya Andrea Hirata, tapi bagi diriku ini merupakan buku pertama karyanya yang aku baca. Aku sebetulnya ingin membaca tetralogi tersebut secara berurut dari awal namun aku gagal mendapatkan buku seri pertamanya Laskar Pelangi jadinya aku memulai dari seri keduanya saja. Kekuatiran akan mengalami kusulitan dalam mengikuti jalan ceritanya ternyata tidak terbukti sebab aku tetap bisa mengikuti cerita Sang Pemimpi ini dengan baik tanpa harus mengetahui c...more
Herly
Karya kedua Andrea Hirata dari Tetralogi Laskar Pelangi ini menceritakan masa-masa sma Ikal bersama Arai - saudara sepupu jauh Ikal. Perjuangan mereka dalam terus bertahan untuk tetap sekolah namun tetap disertai kenakalan-kenakalan masa remaja.
Disini Andrea Hirata bahwa kekuatan mimpi dapat menjadi suatu motivasi yang luar biasa di dalam kehidupan. Suatu hal yang kita pikir mustahil, yang hanya mungkin menjadi bintang di langit, tapi akhirnya bisa digenggam. Dengan kemauan dan tekad yang kuat...more
Akmal Alif
Sang Pemimpi menceritakan perihal kehidupan yang dipacu mimpi. Mimpi itu bukannya mimpi yang kosong, sebaliknya satu gagasan untuk mencapai kejayaan dan melalui mimpi, seluruh kehidupan akan tertumpu padanya tanpa menghilangkan keyakinan terhadap takdir Allah s.w.t.

Mimpi, menurut Andrea Hirata boleh menjadi penyuntik semangat. Dan bagi sesetengah manusia, tanpa mimpi jiwanya sudah mati dan tidak punya harapan untuk mencorak masa depannya melainkan hanya berserah tanpa berusaha.
Speakercoret
gw gak tau apa gw yang ud mulai terbiasa sama gaya bahasanya andrea atau emang gaya bahasanya di pemimpi n endensor ud gak begitu sastra banget ya, soalnya gw baca laskar pelangi agak2 capek sama penggambaran2 yang bagi gw kurang bikin gw tertarik... tapi selepas dari majas2 dan kawan2nya gw suka sama tetralogi ini tob abis... film nya ntar indah kali y pemandangannya
Roos
Jul 11, 2007 Roos rated it 5 of 5 stars  ·  review of another edition
Recommends it for: everyone
Lucu dan segar, yang mengharu biru adalah saat Bapak ambil rapor dan si Ikal lagi masa terpuruk alias nomor 75, terus saat dia ngejar Bapaknya dan karena merasa bersalahnya dia boncengin itu Bapak, dan Sang Bapak hanya diam dengan ekspresi yang sam waktu dia masih di avant Garde,( sampai mau nangis aku.... ) Andrea memang keren!
Rahmadiyanti
Udah banyak direkomendasiin orang, tapi saya baru baca, malah langsung lompat, buku pertama (Laskar Pelangi) belum baca. dan, wah nggak nyesel bacanya! Bagus, penuh inspirasi, memotivasi, sekaligus kocak dan mengharukan. Saya bisa menangis di bab sekian, untuk kemudian tertawa di bab sekian. Keren!
Latifahsaja
Novel ini yang membuat saya sembuh dari alergi novel, karena memang sebelumnya saya melihat novel2 yang beredar kurang berkualitas. Jadi males baca, tapi setelah membaca novel ini...hmm...luar biasa berbeda. Novel inilah yang mengantarkan saya menjadi penggemar tetralogi andrea hirata.
Acci
hmmm lembar2 pertama baca buku ini, sepertinya sedikit rancu dengan buku pertama tetralogi laskar pelangi. Tapi...selanjut2nya tetap menarik. Penuh semangat, sangat memotivasi dan tentu saja lucu :D
Yunita Herdiana
Sang pemimpi merupakan novel perdana karya Andrea Hirata yang saya baca. Karena kebetulan saya membaca Sang Pemimpi terlebih dahulu sebelum membaca Laskar Pelangi. Sang Pemimpi pula lah yang mengantarkan saya untuk membaca karya-karya Andrea Hirata lainnya. Karakter Arai yang kuat menjadikannya tokoh favorit saya dalam novel ini.

Salah satu kutipan favorit saya dalam novel Sang Pemimpi ini:
“Jika kita berupaya sekuat tenaga menemukan sesuatu, dan pada titik akhir upaya itu hasilnya masih nihil, ma...more
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 99 100 next »
topics  posts  views  last activity   
buku kedua andrea 5 42 Sep 15, 2013 10:42AM  
kok beda??? 4 68 Sep 14, 2013 09:38PM  
  • Ranah 3 Warna (Negeri 5 Menara, #2)
  • Hafalan Shalat Delisa
  • Ayat-Ayat Cinta
  • Supernova: Petir (Supernova, #3)
  • 5 cm
  • Ronggeng Dukuh Paruk (Dukuh Paruk, buku 1 - 3)
  • Travelers' Tale, Belok Kanan: Barcelona!
  • Rahasia Meede: Misteri Harta Karun VOC
  • Totto-chan: The Little Girl at the Window
  • Child of All Nations (Tetralogi Buru, #2)
  • Negeri van Oranje
  • Robohnya Surau Kami
647438
Under a bright sunny sky, the three-day Byron Bay Writers’ Festival welcomed Andrea Hirata who charmed audiences with his modesty and gracious behavior during two sessions.

Andrea also attended a special event where he and Tim Baker, an Australian surfing writer, spoke to a gathering of several hundred school children. During one session, Andrea was on a panel with Pulitzer Prize winning journalis...more
More about Andrea Hirata...
Laskar Pelangi (Tetralogi Laskar Pelangi, #1) Edensor (Tetralogi Laskar Pelangi, #3) Maryamah Karpov: Mimpi-mimpi Lintang (Tetralogi Laskar Pelangi, #4) Padang Bulan Cinta di Dalam Gelas

Share This Book

“Bermimpilah, karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpi itu.” 519 likes
“Berhenti bercita-cita adalah tragedi terbesar dalam hidup manusia” 264 likes
More quotes…