Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Mahabharata: Buku A” as Want to Read:
Mahabharata: Buku A
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Mahabharata: Buku A

4.02 of 5 stars 4.02  ·  rating details  ·  383 ratings  ·  41 reviews
Mahabharata menceritakan kisah konflik para Pandawa lima dengan saudara sepupu mereka sang seratus Korawa, mengenai sengketa hak pemerintahan tanah negara Astina. Puncaknya adalah perang Bharatayuddha di medan Kurusetra dan pertempuran berlangsung selama delapan belas hari.

Cerita diawali dari klan Barata, dng raja yg tersohor Santanu. Prabu Santanu adalah seorang raja mahs
...more
Paperback, 108 pages
Published April 1st 2001 (first published January 1st 2001)
more details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Mahabharata, please sign up.

Be the first to ask a question about Mahabharata

This book is not yet featured on Listopia. Add this book to your favorite list »

Community Reviews

(showing 1-30 of 801)
filter  |  sort: default (?)  |  rating details
Dhini
ini tentang negeri BHARAT..tentang kakek moyangnya Pandawa n Kurawa. Yang paling menarik adalah kisah2 kelahiran n masa kecil mereka.

Tapi lebih menarik lagi,kelahiran para Kurawa.. karena mereka semua ada 100 orang. 99 orang laki2, 1 orang perempuan, paling bungsu. Dan mereka bisa menjadi 100, krn waktu Ibunya - Dewi Gandari - hamil dan sudah melewati masa 9 bulan, yg keluar dari perutnya adalah Gumpalan Darah yang besaaaar sekali.. trus krn kesal, Gandari menendang gumpalan darah tsb..sampai b
...more
Dewi Michellia
Sekian belas tahun lalu, saya belajar baca-tulis dari Kakek yang sedang senggang. Kami duduk-duduk santai di depan kamar Kakek. Tiba-tiba, ia ambil buku tulis dan pulpen. Lantas, ia menulis huruf-huruf alfabet dengan berurutan. Saya ingat, huruf pertama yang paling rumit bagi saya adalah “S” karena saya tak bisa membedakannya dengan angka “5”. Beberapa hari setelah belajar baca-tulis, orangtua saya membelikan cerita bergambar (cergam) bikinan R. A. Kosasih: Mahabharata dan Bharatayudha. Buku per ...more
Dimas  Arya Bima
ini versi terbaik dari kisah2 mahabharata yang pernah saya baca ... ditambah dengan ilustras yang bagus , kisah detail mengenai latar belakang setiap karakter membuat saya puas
Susan
Read the really really abridged version in my English class..
......
...
as in I only read the part of the Mahabharata on King Sibi. xD
Well, either way, I've got to say that Indian legends/myths truly are fascinating to me and I thought that the huge-self sacrifice of the king was interesting as well as his conversation with the hawk.

The only thing that gave me the shudders and the shivers was the fact that the king had to cut off part of his leg during the self-sacrifice...But hey, Ravana took par
...more
nanto
"When you read a book as a child,it becomes a part of your identity in a way that no other reading in your life does..." - from You've Got Mail

Komik ini, dan dua serial lainnya sebagai penerus tidak akan saya lupakan. Menyelesaikannya ketika liburan kelas 6, saat akan meneruskan ke SMP. Saya membacanya di rumah seorang kawan. Bapaknya yang orang Aceh memiliki koleksi lengkap serial Mahabarata, Pandawa Sedha dan Parikesit. Lengkap dalam buku bundel besar. Saya sudah membacanya dalam bundel yang
...more
Kun Andyan Anindito
"Kita sebagai bangsa yang berbudaya, seyogyanya harus menghargai pula kebudayaan bangsa lain, misalnya cerita-cerita Wayang Purwa, sumbernya adalah dari Mahabarata kebudayaan Hindu, oleh karena itu jalan ceritanya sedikit berbeda, karena Mahabarata telah ditelan oleh bangsa Indonesia sebagai kebudayaan sendiri dan diolah lagi dan disesuaikan dengan kehidupan dan adat-istiadat Indonesia selama beratus-ratus tahun. Dalam Mahabarata yang menjadi sumber sengketa sampai timbulnya perang Bharatayuda b ...more
Mulyadi
Mar 11, 2014 Mulyadi is currently reading it
sorry i can't read that ..how we can to read this book ??
Danitaa
ah how to read this ? i love it
Sian
Buku pewayangan yang klasik, banyak mengajarkan nilai-nilai baik-buruk secara hitam-putih. Mungkin buku ini ditujukan untuk pembaca dari segala usia (yang waktu itu memang disukai pula oleh anak-anak). Tetapi setelah direnungkan lebih dalam, juga dengan membaca versi lain, kita bisa menangkap nilai-nilai manusiawi yang terkandung di dalamnya, bukan hanya nilai-nilai yang terkesan untuk manusia setengah dewa. Sampai saat ini buku ini masih merupakan salah satu favorit saya, selain juga karena mua ...more
Songko Basuki
Oct 29, 2014 Songko Basuki marked it as to-read
mana...........
Palsay
buku yang tidak pernah selesai dibaca waktu jaman saya SMP s/d kuliah. Karena ceritanya saling terkait, segala yang terjadi hari ini terkait dengan karma di masa lalu..seru banget...walhasil jadi keseringan bulak-balik halaman dan jilidnya..hehehe...

oya, habis baca ini WAJIB dilanjutkan dengan Bharatayudha.

NOTE: tidak pernah bosan membacanya

harusnya sih sekarang masih baca lagi, karena banyak yang lupa...cuma sayangnya sejak menikah, buku ini tidak jelas rimbanya...

Arthur Sumual
read it when i was in either grade 4 or 5, fantastic comic, really love it! R.A. Kosasih has facinated me with the way he tells the story and although graphically not as great but to my imagination it's already more than enough. compare to novel version i prefere this all-time great comic. thinking of buying them again for collection.
Diah Didi
Dari lubuk hati yang paling dalam, saya (wajib) berterima kasih ke Pak RA Kosasih, karna berkat buku-buku wayang beliaulah saya pertama kali belajar menggambar.
Bahkan saya dulu sering gambar cerita Cinderella tapi tokoh-tokohnya pake baju ala wayang begini. Hahahahaha...
412
it's a lot easier to digest and read than the original verse edition, due to the fact that this Indonesian comic rendition of Mahabharata is somewhat abridged. nevertheless, the book stood on its own place and is a classic in Indonesian comic world.
Puguh
R.A. Kosasih published comics base on Javanese Epics. Ok, Indian Epics assimilated in Java.

He created "Sri Asih" Indonesian version of Wonder Woman. Very creative yet humble writer. Prominent figure in keeping the epics alive.
Hasanuddin
Buku hadiah dari kakak ku, aku baca berulang-ulang sampai lusuh. This is the first epic story yang ku dapat. Bahkan untuk memperdalam referensi tokoh, ga sungkan tanya ama tetangga yang kebetulan sangat paham dunia wayang.
Rizki
SEKSI...haha...EPIK...
Seru karakter-karakternya dan ceritanya...
Sebenarnya kayaknya yang gue baca bukan dari R.A. Kosasih (apa iya ya? lupa.. :P) waktu itu minjem ilegal dari perpus waktu SMA..hehe
Sisca
This series introduced me to the epic saga of Mahabarata and made me fall in love with it. I will recommend this to all my Indonesian friends who wants to know more about this meaningful story.
Chile
Wajib baca untuk pecinta cerita wayang dan penggemar komik, gak kalah sama komik2 jepang, TOPS banget. Baca waktu masih SD dan sekarang udah di cetak ulang pakai hardcover ga bosen2 di ulang-ulang
Rambu
Greatest comic book ever...
Indonesian original epic comic book,
not a plagiator work

makes me remember the old comicus
like jan,

amazing hand makes an amazing artwork



Carmen Casanova
Sep 01, 2007 Carmen Casanova rated it 5 of 5 stars
Recommends it for: anyone really
Shelves: comics, indonesian
my first book on RA Kosasih's serials. I read it in Year 2. I remember how I was so addicted by all of his comics and so i gave 5 stars!!. makes me wonder where i put them..???
Cipu
I read it when I was still kid.... It was my first exposure to Indonesia's comic. I wonder where can I have this book :D
Juliana
"Buku komik ini adalah penyebab aku pakai kacamata, tapi aku nggak menyesal.Aku cinta banget dengan komik ini>"
Prashansa
Good but Ramayana was much better. I mean, brothers going to forest then coming back then again going, Whew!
nila
Salah satu buku yang jadi hadiah kenaikan kelas waktu sy masih kecil, dibaca sepanjang liburan sekolah..
Ordinary Dahlia
Berkenalan dengan penghuni Hastinapura. Buku 1 baru sampai lahirnya Pandawa dan Kurawa.
Masgonang
puokoe pooll ra ono sing koyo buku iki ruler of the land wae kalah
Sri Wahyuni Purwanti
hampir mirip dengan crita asli india nya..gambarnya juga bagus..
Srivardhan Ramesh
i don't think i read this authors but yes i have read this book.
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 26 27 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Anak Bajang Menggiring Angin
  • Duo Hippo Dinamis : Tersesat di Byzantium
  • Siang dan Malam (Agen Polisi 212, #1)
  • The Cartoon History of the Modern World Part 1: From Columbus to the U.S. Constitution
  • Meghaduta Of Kalidasa
  • 100 Peristiwa Yang Bisa Menimpa Anda
  • Candy Candy, Vol. 1 (Candy Candy, #1)
  • Gajah Mada (Gajah Mada, #1)
  • Gadis Kaya Yang Sombong Dan Cerita-Cerita Lain
  • Asterix and the Great Divide (Asterix #25)
  • Banjir Darah di Pantai Selatan 1 - 12 (Serial Jaka Sembung)
  • Pendekar Super Sakti
  • Jejak Langkah (Tetralogi Buru, #3)
  • Oksimoron
  • Pastel Mood
  • Records of the Grand Historian: Qin Dynasty
  • Popcorn (Seito Shokun)
  • Untuk Bunda dan Dunia
655179
~Disalin dari Wikipedia~

Raden Ahmad Kosasih (Bogor, Jawa Barat, 4 April 1919) adalah seorang penulis dan penggambar komik termasyhur dari Indonesia. Generasi komik masa kini menganggapnya sebagai Bapak Komik Indonesia.

Karya-karyanya terutama berhubungan dengan kesusastraan Hindu (Ramayana dan Mahabharata) dan sastra tradisional Indonesia, terutama dari sastra Jawa dan Sunda. Selain itu beliau juga
...more
More about R.A. Kosasih...
Bharatayudha Jilid A Pandawa Seda Ramayana {Rama-Shinta} Jilid A Wayang Purwa Jilid A Arjuna Wiwaha Jilid B

Share This Book