Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Sanubari Jakarta” as Want to Read:
Sanubari Jakarta
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating

Sanubari Jakarta

3.21 of 5 stars 3.21  ·  rating details  ·  57 ratings  ·  19 reviews
“Ketika bicara tentang cinta kita tahu bahwa semua di mata Tuhan sama sebagai makhluk ciptaan-Nya. Ketika bicara tentang kehidupan kota besar khususnya Jakarta, kita tahu ada banyak kehidupan yang ada tapi terkadang kita enggan membicarakannya. Kumpulan cerpen Sanubari Jakarta ini bercerita, bertutur dengan lugas dengan bahasa ringan tentang arti cinta, kehidupan, dan semu ...more
Paperback, 160 pages
Published April 2012 by PT Elex Media Komputindo
more details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Sanubari Jakarta, please sign up.

Be the first to ask a question about Sanubari Jakarta

Community Reviews

(showing 1-30 of 112)
filter  |  sort: default (?)  |  rating details
Dodi Prananda
Akhirnya selesai mengupas Sanubari Jakarta. Seperti biasa, saya punya kebiasaan menyimak visualnya terlebih dahulu ketimbang teks, karena dengan begitu akan melatih daya bercerita saya (memindahkan, membayangkan visual ke teks). Nah, saya suka visualnya dan kemudian saya mencoba menyimak teksnya. Perlu digarisbawahi bahwa tidak semua hal yang ada di visual mampu terangkum karena ini teks (buku) bisa menyempurnakannya.

Nah, begitulah kira-kira pengalaman membaca Sanubari Jakarta, saya merasakan b
...more
Tyas
Entah kenapa, bagi saya tema LGBT adalah hal yang menarik untuk dibahas. Termasuk dalam buku dan film "Sanubari Jakarta". Saya membaca bukunya karena hanya berkesempatan untuk menonton trailer film nya saja, saya belum menonton filmnya.

Dalam buku "Sanubari Jakarta" terdiri atas 10 cerita yang berbeda, tidak saling berkaitan, tetapi masih dalam satu benang merah yaitu cerita ini terjadi di kota jakarta.

Dari sepuluh cerita, saya suka cerita yang berjudul
"Malam ini Aku cantik". "Lumba-lumba" ."Top
...more
Wahyu Tio
LGBT...
saya heran, mengapa LGBT itu ditabukan? bukannya mereka juga manusia yang mencintai seseorang dengan hati? dengan cinta? *jangan pikir gue gay

Oke, buku ini seru, kita bisa merasakan cinta yang berbeda lewat buku ini, cinta yang lain, cinta yang lebih dalam dari cinta-cinta lainnya, cinta yang bisa dibilang cinta terlarang oleh sebagian orang.

Di buku ini ada 10 cerita, dan yang paling gue suka adalah 'Kentang' sama 'Pembalut'. Ceritanya sama-sama simpel, namun, dari ke-simpel-an itu yang b
...more
Abdul Azis
10 cerita yang dikemas KHUSUS dalam suatu buku yang di setiap cerita disebut sanubari. mari kita sejenak merenung seperti apa cerita ini jika saya yang baca? terlebih saya masih dibawah umur alias unyu?(ketahuan boong ada tgl lahir di profile), tanpa mengenyampingkan isi ceritanya,gw pikir adegan yang BERBAHAYA dan FRONTAL didalamnya kurang garing (lo pikir makanan, toyor!). alangkah lebih baik jika si penulis menulis realita tanpa adegan seks yang menurut gw NANGGUNG. gw belom pernah nonton fil ...more
Arief Mulyanto
Enggak vulgar sih. Ceritanya seru, bahwa diluar sana ada cinta yang berbeda. Setiap orang berhak memilikinya. Konten LGBTnya lengkap. Masih ada typo. Mungkin kenyataan lebih pahit dari cerita dalam buku ini.
Cintantya Sotya Ratri
Buku ini terbagi dalam 10 sanubari. Beberapa sanubari diceritakan dengan cukup menarik. Seperti Malam ini Aku Cantik dan Kotak Coklat. Sedangkan sanubari yang lain menurut saya membosankan. Saya juga tidak menyukai cara menceritakan dengan unsur seks yang ditonjolkan. Kenapa? Apa karena setiap cinta selalu disertai dengan seks? Dan unsur seks yang ditonjolkan di sini bikin saya muak. Maka sebenarnya saya ingin hanya beri satu bintang, tapi karena adanya beberapa sanubari diceritakan dengan baik, ...more
Nike
Beli buku ini karena gak nonton filmnya ya karena gak diputer aja sih di Palembang.
Semua cerita dalam buku ini tentang LGBT, saya gak tahu apa filmnya dibuat cerita beda-beda atau disambung-sambungkan.

Mungkin gak banyak buku yang mengangkat tema seperti ini, apalagi novel fiksi, mungkin beda sama buku-buku dari penulis luar yang sepertinya udah lumayan banyak yang menulis hal semacam ini. Saya lalu bertanya, apakah penulis aktivis LGBT ini ya? :)

Yang paling menarik menurut saya, cerita yang berj
...more
Reevo Saulus
Jadi penulisnya ini teman SD saya yang ketika dia kecil dulu menurut saya gak ada bakat yang menjurus sampai "kesini". Eh beberapa tahun kemudian tiba2 dia udah mulai sukses bikin beberapa film pendek dan akhirnya ini. Salut deh buat Lele. Suka dengan gaya bercerita dia. Dan cukup berani untuk mengangkat tema LGBT ditengah adat ketimuran yang kental di negeri ini. Tetap berkarya, Lele !
Salza Annisa Puspitasari
Kumpulan cerpen yang disadur dari naskah sebuah film dengan judul yang sama ini merupakan bacaan LGBT pertama yang pernah saya baca. Meskipun bukan termasuk cerita yang membuat saya terlarut dalam dunia imajinasi, buku ini cukup membuat pikiran saya terbuka terhadap isu yang masih dianggap tabu. I can't wait to watch the movie, which is said better than the book itself.
Annisa
Ditulis sebagai kembaran dari filmnya. Sayang saya tak nonton saudara kembarnya. Saya rasa cerita2 ini akan lebih hidup sebagai gambar bergerak. Yang lucu lebih lucu, dan yang sedih lebih sedih. Bukunya hanya membawa saya mengalir begitu saja, hanya sedikit diatas permukaan air. Kurang emotive. Tapi kudos untuk tim produksinya untuk menyentuh isu ini.
Nisa
Ditulis sebagai kembaran dari filmnya. Sayang saya tak nonton saudara kembarnya. Saya rasa cerita2 ini akan lebih hidup sebagai gambar bergerak. Yang lucu lebih lucu, dan yang sedih lebih sedih. Bukunya hanya membawa saya mengalir begitu saja, hanya sedikit diatas permukaan air. Kurang emotive. Tapi kudos untuk tim produksinya untuk menyentuh isu ini.
Nisaul Lauziah
bikin megap-megap. tapi serius, pikiran kamu bakal lebih terbuka habis baca buku bertema LGBT ini.. :)
ABO
10 cerpen yang mengungkap sisi lain LGBT yang ada di Jakarta. Hampir semua ceritanya miris T.T
Tata
ga sanggup baca sih sebenernya... tapi ga akan maksa untuk baca juga.. *angkat tangan*
Rudy Efendy
Novel ini berisi kumpulan-kumpulan cerpen... Terakhir sudah di-filmkan..
Lani Thong
so-so. Yang paling bagus ceritanya si Lola Amaria.
Fandy  Novriandy
May 16, 2012 Fandy Novriandy marked it as to-read
:: on reading ::
Adham Fusama
Surprisingly so-so
Zaid Malbar
Zaid Malbar marked it as to-read
Nov 22, 2014
Oxilia Michiru
Oxilia Michiru marked it as to-read
Nov 10, 2014
Eka Babang
Eka Babang marked it as to-read
Nov 02, 2014
Endah
Endah marked it as to-read
Oct 23, 2014
Kotak
Kotak marked it as to-read
Oct 03, 2014
Annisa
Annisa marked it as to-read
Sep 08, 2014
Ion Criton
Ion Criton marked it as to-read
Sep 05, 2014
« previous 1 3 4 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »

Share This Book