Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Fiksi Lotus Vol. 1” as Want to Read:
Fiksi Lotus Vol. 1
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Fiksi Lotus Vol. 1

by
3.74 of 5 stars 3.74  ·  rating details  ·  160 ratings  ·  35 reviews
Seorang pria membeli ramuan di tengah malam buta untuk menaklukkan hati sang kekasih... John Collier

Dua orang musuh bebuyutan terjerembab di malam pekat, menunggu nasib menentukan siapa di antara mereka yang akan selamat... Saki

Seorang prajurit menemukan namanya dicetak di atas koran dan tak sabar mengumumkannya ke semua orang... Anton Chekhov

Sang Kaisar sekarat, ia mengut
...more
Paperback, 184 pages
Published May 2012 by Gramedia Pustaka Utama
more details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Fiksi Lotus Vol. 1, please sign up.

Be the first to ask a question about Fiksi Lotus Vol. 1

This book is not yet featured on Listopia. Add this book to your favorite list »

Community Reviews

(showing 1-30 of 277)
filter  |  sort: default (?)  |  rating details
htanzil
Fiksi Lotus merupakan sebuah buku kumpulan cerpen yang terdiri dari 14 cerita pendek klasik yang diterbitkan pada tahun 1884-1957 karya para sastrawan dunia, beberapa penulis terkenal yang namanya familiar ada di buku ini antara lain O Henry, Ernest Hemingway, Franz Kafka, Anton Chekov, Jean Paul Sartre, dan lainnya, namun ada juga nama-nama yang mungkin bagi sebagian orang masih asing seperti John Collier, Stephen Crane, Saki, dll.

Sebagai cerpen pembuka kita disuguhkan oleh cerpen misteri berj
...more
Rhein
Jadi gini, saya ini nggak ngerti sastra yang berat-berat dengan rangkaian kata penuh makna tersirat. Sama tulisan dengan makna tersurat saja seringkali otak saya loading lama dulu untuk mencerna. Hebatnya, fiksi lotus ini semua isi ceritanya mengandung makna tersirat. Jujur saat baca buku ini, otak saya memberi respon yang menghasilkan ekspresi wajah ibarat sarjana sastra mendengar penjelasan detail proses pemecahan solusi persamaan Schrodinger. (ya nggak beda jauh sama muka saya yang lulusan fi ...more
winda
cerita klasik adalah cerita yang tak kenal batasan waktu. Ia bisa dinikmati sekarang atau seribu tahun dari sekarang. Isinya selalu relevan terlepas dari siapa yang membacanya atau di mana cerita itu diterbitkan. Dan secara keseluruhan cerita tersebut mampu memberikan nilai resonansi yang kuat bagi para poembacanya.

Buku ini teridiri dari 14 cerita pendek dari 14 pengarang dari berbagai negara yaitu:
1. Teka-teki (The Riddle) karya Walter De La Mare
2. Ramuan Cinta (The Chaser) karya John Collier
...more
Andrea Ika
Judul :
Fiksi Lotus - Kumpulan Cerita Pendek Klasik Dunia. Vol.1
Penerjemah : Maggie Tiojakin
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Cetakan : I, April 2012
Tebal : 184 hlm
Seorang pria membeli ramuan di tengah malam buta untuk menaklukkan hati sang kekasih... John Collier

Dua orang musuh bebuyutan terjerembab di malam pekat, menunggu nasib menentukan siapa di antara mereka yang akan selamat... Saki

Seorang prajurit menemukan namanya dicetak di atas koran dan tak sabar mengumumkannya ke semua orang... Anton
...more
Nisrina
"Karena tidak ada hal baru yang bisa dipelajari dari karya modern yang tidak dipelopori oleh para penulis di masa sebelumnya. Untuk itu, jika ingin mempelajari sesuatu, mulailah dari awal." - Maggie Tiojakin dalam pengantar buku ini.

Serentetan kalimat itu bikin saya tambah semangat untuk memperkaya bacaan saya. Terutama dalam sastra klasik dari penulis yang namanya sudah dikenal banyak orang. Meski hingga halaman terakhir buku ini, saya masih terus bertanya-tanya, mengapa "karya lama" justru me
...more
Haniva  Zahra
Akhirnya, menyempatkan diri membuka laptop dan menuliskan review.
Tidak banyak orang, saya rasa menyukai cerita klasik. Kadang terlalu sarat makna, jadi terasa berat. Atau sebenarnya penulisnya tidak bermaksud seperti itu, bisa jadi kita yang berpikir keras hingga akhirnya lupa untuk menikmati saat membaca. Pun dalam satu buku ini, ada cerita yang begitu manis, begitu melahirkan haru, begitu juga tidak saya mengerti. Ah, karena memang saya saja yang seringkali berpikir terlalu sederhana atau ter
...more
Helvry Sinaga
Ini adalah buku kumpulan cerita pendek klasik kedua yang saya baca setelah Kisah-kisah Tengah Malam karangan Edgar Allen Poe yang saya baca. Kedua buku tersebut sama-sama diterjemahkan oleh Maggie Tjojakin. Pekerjaan menerjemahkan sekaligus mengklasifikasikan cerita pendek tersebut dalam kelompok-kelompok, tentunya tidak mudah. Mungkin seandainya cerita pendek tersebut adalah postingan-postingan pada sebuah blog, maka hal yang paling simpel dilakukan adalah memberi label pada tiap-tiap cerpen ag ...more
Alvina
Cerita klasik adalah cerita yang tidak kenal batasan waktu (Maggie Tiojakin, Fiksi Lotus Hal viii). Tetapi karya klasik terkadang menjadi momok bacaan yang cukup menakutkan bagi sebagian besar orang. Bukan karena isi ceritanya, tetapi lebih sering karena bahasa yang dipakai untuk menuturkan-lah yang cukup njelimet sampai kadang membuat pembaca lelah.

Mungkin itu yang mendasari Maggi Tiojakin begitu ingin mengenalkan karya klasik yang sederhana bagi para pembaca. Tentu selain alasan bahwa masih a
...more
Antariksa Akhmadi
Saya tidak tahu, tapi dalam terjemahan ini seolah-olah ada sesuatu yang hilang. Cerpen Teka Teki misalnya, tidak saya temukan maknanya. Apa itu sebuah alegori, atau ada hal lain yang ingin diungkapkan, sulit ditebak. Secara keseluruhan, saya tidak begitu gembira dengan apa-apa yang saya temukan di sini. Entah ini terjadi karena terjemahannya yang kurang sempurna, atau karena cerpen yang diterjemahkan memang seperti itu adanya.

Tapi sisi positifnya, usaha penerjemah untuk menerjemahkan cerpen-cerp
...more
Anastasia Cynthia
Fiksi Lotus Vol. 1 memang dapat diinterpretasikan dari subjudulnya: "Kumpulan Cerita Pendek Klasik Dunia". Di dalamnya terdapat empat belas cerita dengan rupa-rupa penulis, mulai dari Hemingway hingga Chekov. Keempat-belas penulis lainnya memiliki karakteristik tersendiri dalam menulis.

Menurut analogi dari sang penerjemah, Maggie Tiojakin. Fiksi Lotus diberi judul seperti itu karena bunga lotus sendiri, yang sering dijadikan lambang kemurnian, keindahan, dan spiritualisme, memiliki keterikatan k
...more
melmarian
Jika buku diibaratkan makanan, maka buku ini tampilannya memikat dan menggugah selera. Diangkat dari situs cerita pendek klasik Fiksi Lotus yang diprakarsai Maggie Tiojakin, Fiksi Lotus Vol. 1 membukukan beberapa cerpen pilihan dari situs tersebut.

Tidak kurang dari 14 cerpen dikumpulkan dalam buku setebal 184 halaman ini, yaitu sebagai berikut:
1. Teka-teki (“The Riddle”) karya Walter De La Mare
2. Ramuan Cinta (“The Chaser”) karya John Collier
3. Sang Ayah (“The Father”) karya Bjornstjerne Bjornso
...more
Tp Kharisma
Jika kata adalah senjata*, maka jam terbang penulis kombatan akan dikenali dari caranya memuntahkan peluru kata-kata.

Fiksi Lotus, kompilasi cerpen penulis-penulis legendaris macam Anton Chekhov, Ernest Hemingway, Franz Kafka, Jean-Paul Sartre, adalah contoh yang baik untuk itu. Bernas. Cerkas. Cerpen tidak memberi ruang seluas novel untuk menjelaskan, mengomunikasikan rasa, sehingga penulis cerpen harus bisa menyampaikan tanpa banyak berbasa-basi. Mereka wajib memilah, memilih, mana yang layak t
...more
Nabila Budayana
Fiksi Lotus berisi empat belas cerita pendek klasik milik penulis-penulis dunia yang diterjemahkan oleh Maggie Tiojakin. Sebelumnya saya bahkan belum pernah mengakses page fiksi lotus karena terlalu malas membaca lewat layar PC :P Karena itu sungguh berbahagialah saya karena fiksi lotus dibukukan.
Saya merasa nyaman membaca buku ini. Bukan hanya karena memang kisah-kisah yang disuguhkan luar biasa, namun juga terjemahannya yang terasa halus mengalir. Penyusun terlihat sengaja memilih banyak jeni
...more
Nana
Walau biasanya saya cukup anti baca karya pengarang klasik karena nggak pernah mudeng dengan ceritanya, tapi untuk yang ini berbeda. Memang sih, dari 14 cerita yang disuguhkan di buku ini, ada juga beberapa yang saya nggak ngerti ini sebenarnya cerita apa siiih?? Tapiii.. beberapa cerita justru mudah dinikmati dan membawa saya untuk merenungi makna yang tersirat dalam cerita tersebut.

Favorit saya adalah cerita pertama, Teka Teki, yang agak creepy sebenernya tapi pas baca endingnya kok sedih bang
...more
Azia
Fiksi Lotus Volume 1 mengumpulkan 14 cerita pendek dari sastrawan-sastrawan dunia. Hanya beberapa dari nama-nama tersebut yang sudah baca karyanya seperti Naguib Mahfouz, Ernest Hemingway, Anton Chekhov. Nama-nama yang lain hanya sebatas tahu saja seperti Franz Kafka, Jean Paul Satre, W. Somerset Maugham, dan Bjornstjerne Bjornson. Sisanya saya tidak mengenal nama-nama pengarang tersebut apalagi membaca karya mereka.

Cerpen yang sukses menghibur saya tergantung tema,gaya penulisan dan ending dar
...more
Muhajjah Saratini
Setiap kita pernah gegap gempita karena sesuatu yang menurut orang biasa aja.

Atau, menunggu dering telepon dari orang yang kita puja.

Setiap kita, bisa bercermin melalui cerita.

Review lengkap >> http://celoteh-ainini.blogspot.com/20...




Saya heran, kenapa nggak dibuat volume selanjutnya, ya?

Mungkin karena di situs fiksi lotus sendiri pembaca bisa membacanya secara gratis, jadi dirasa kurang menjual?

*review segera setelah merampungkan gawe yang tertunda
*mlipir ke fiksilotus.com


Misni Parjiati
Ada tiga belas cerpen. Secara personal, aku suka cerpen "Dering Telepon" karya Dorothy Parker. Ada beberapa cerpen yang menurutku seharusnya lebih panjang. Ada bagian yang membuat aku penasaran. "Hah? cuma bagian ini saja? Aku pingin tahu lebih!"

Tapi cara setiap penulis ini menuangkan ide keren!
Vira Cla
Cerita bagus yang akhirnya meng"klasik" itu tak melulu soal romansa sepasang kekasih. Cerita bagus itu diangkat dari realita sosial zamannya; dan menjadi perenungan yang mendalam.

Cerita bagus yang akhirnya meng"klasik" juga tak mesti berakhir bahagia, kadang ia membikin miris pembaca bahkan menyisakan tanda tanya yang selalu menghadirkan jawaban-jawaban baru setiap kali selesai membacanya.

Cerita bagus yang akhirnya meng"klasik" itu bukan kumpulan kalimat-kalimat puitis yang mendayu-dayu, bisa
...more
Khuzaima
Salah satu kumpulan cerpen favorit saya!
Yes, menurutku mungkin harusnya cerpen itu semacam ini, tidak lekang oleh waktu *halah*. Padahal ini cerpen - cerpen dari jaman mungkin aku belum lahir, tapi dengan nyaman dan menyenangkan untuk dibaca.
A must read!
Ester Silitonga
Cerita pendek!
Saya dua bulan terakhir ini sedang menggemari apa yang disebut dengan 'cerita pendek'. Berawal dari membaca kumpulan cerpen yang ditulis Anton Chekov. Fiksi Lotus ini berisi kumpulan cerpen klasik dari berbagai penulis di penjuru dunia. Meski negeri kita tidak menyumbangkan cerita di sini hehe, tapi buku ini tetap menarik untuk dibaca.

Saya sebenarnya ingin menjabarkan komentar saya per cerpen, tapi berhubung masih banyak tugas yang harus saya kerjakan, sepertinya saya harus menunda
...more
Ary Nur
Kumpulan cerita pendek yang terkumpul dari penulis-penulis satra luar yang digabungkan kemudian diterjemahkan oleh penerjemah handal Maggie ini, sungguh menarik dan sangat memberikan pelajaran akan arti sastra.
Penulis-penulis yang tidak mengenal tuhan ini terkadang lebih indah mengungkapkan akan sesuatu makna tersembunyi dari kehidupan, mengungkapkan sesuatu yang sanagt sulit kita ungkapankan. Semua hal tidak perlu di sejalakan secara gamblang, hanya dengan sedikit tulisan dan menggunakan bebera
...more
Er Didik
Jika ditanyai: siapa penulis-penulis hebat? Dengan mudah saya jawab: siapa-siapa saja yang karyanya termaktub dalam buku ini.
Abimanyu Respati
lumayan keren, paling suka sama ramuan cinta
dan lumayan berat karena banyak makna yang sulit ditangkap
Teguh Affandi
Kadang yang lama itu lebih keren dari pada yang baru. Ada 14 cerpen klasik dalam buku ini. Semunya keren abis. Tetapi saya sangat suka milik O.Henry (Pemberian Sang Magi, ini juga ada dalam buku Cinta Yang Hilang terbitan Serambi), lalu milik Saki (Menembus Batas) dan tentu Dorothy Parker (Dering Telepon). Semuanya keren, menurutku ketiganya juara.

Menembus Batas endingnya bikin nggak berhenti ketawa.
Dering Telepon, adalah yang lucu. Semua bisa dijadikan bahan berceita meski hanya menunggu telepo
...more
Wulan Smile
kumcer klasik yg pertama kubaca. singkat tpi sarat makna. paling suka Sang Magi ceritanya so sweet.
Yuu Sasih
Belinya sudah lama tapi baru sempat baca kemarin pas mati lampu terus-terusan gara-gara banjir. Baru kali ini saya baca kumpulan cerpen dari penulis-penulis klasik yang tersohor. Beberapa cerita saya nggak mengerti hikmahnya, selebihnya tak terduga, sisanya bagus. Tapi ya, well... biasa aja, sih.

Ini pendapat subjektif, tapi sepertinya cerita klasik itu lebih banyak yang bagus dalam bentuk novel daripada cerpen.... atau saya yang belum punya banyak referensi cerpen klasik.
Riri
Saya salah satu penikmat cerita klasik :D dan ernest hemingway adalah salah satu favorit saya selain Lucy M.Montgomery

Klasik itu apik, cerita tak hanya sekedar penggembira atau pelipur lara, tp selalu ada makna..

"A clean, well-lighted place" ernest hemingway
"The Chaser" John Collier
"The telephone Call" Dorothy Parker

Tiga cerita itu yg paling saya suka :D menggelitik,memaksa otak kanan bernalar dan berimajinasi..
Aditya Rizki
Dari keempat belas cerita pendek yang ada di buku ini, cerita paling membekas bagi saya adalah Ramuan Cinta (John Collier), Pemberian Sang Magi (O. Henry), Dering Telepon (Dorothy Parker), dan Menjelang Fajar (Jean-Paul Sartre). Klasik. Beberapa cerita penuh dengan misteri dan akhir cerita yang terkadang menjebak. Buku ini tepat dibaca sebagai camilan, sembari mengenal karya-karya klasik dunia di rentang tahun 1900-1950an.
Ryan
wah, ini buku kumpulan short stories yang keren! suka sebagian besar ceritanya, terutama ceritanya Kafka ama Hemingway. meskipun ceritanya klasik tapi tetep asik buat dinikmati. kalo ngeliat dari judulnya, Vol 1, berarti ada volume selanjutnya. can't wait!
Koera
pemilihan penulis dan karyanya bagus-bagus
terjemahannya juga bagus dan enak dibaca
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 10 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Murjangkung: Cinta yang Dungu dan Hantu-hantu
  • Kuda Terbang Maria Pinto
  • Perempuan Patah Hati yang Kembali Menemukan Cinta Melalui Mimpi
  • Linguae
  • Kukila
  • Dari Datuk ke Sakura Emas
  • Rumah Bambu: Kumpulan Cerpen Pertama dan Terakhir
  • Surat Panjang Tentang Jarak Kita yang Jutaan Tahun Cahaya
  • Malam Terakhir: Kumpulan Cerpen
  • Kereta Tidur
  • The Coffee Shop Chronicles
  • Perempuan: Kumpulan Cerita Pendek
  • Malaikat Jatuh dan Cerita-Cerita Lainnya
  • Menuju(h)
  • Lampor: Cerpen Pilihan Kompas 1994
  • Laki-laki Pemanggul Goni: Cerpen Pilihan Kompas 2012
  • Hanya Kamu yang Tahu Berapa Lama Lagi Aku Harus Menunggu
  • Singgah
800173
Maggie Tiojakin adalah seorang jurnalis, copywriter, dan penulis fiksi pendek. Karyanya telah dimuat di The Jakarta Post Weekender, Asian News Network (ANN), The Boston Globe, Brunei Times, Writers’ Journal, Voices, La Petite Zine, Femina, Kompas, Eastown Fiction, Somerville News, etc. Buku kumpulan cerpen pertamanya, berjudul Homecoming (and other stories) diterbitkan di tahun 2006 oleh Mathe Pub ...more
More about Maggie Tiojakin...
Selama Kita Tersesat di Luar Angkasa: Kumpulan Cerita Absurd Balada Ching-Ching dan Balada Lainnya Winter Dreams Homecoming (and Other Stories) Claudia/Jasmine

Share This Book