Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Ping! A Message from Borneo” as Want to Read:
Ping! A Message from Borneo
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating

Ping! A Message from Borneo

by
3.56 of 5 stars 3.56  ·  rating details  ·  78 ratings  ·  22 reviews
Merupakan Juara I Lomba Novel 30 hari 30 Buku Bentang Belia : Molly gadis penyayang binatang tingkat akut. Ia nekat mengiyakan ajakan Nick, teman bule-nya untuk ikut meneliti orang utan di hutan Kalimantan. Tanpa pikir panjang, Molly terbang menyusul Nick demi menemui langsung binatang yang hampir punah itu. Itung-itung sekalian liburan. Di sela petualangannya, Molly berte ...more
Paperback
Published March 2012 by Bentang Belia

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Ping! A Message from Borneo, please sign up.

Be the first to ask a question about Ping! A Message from Borneo

This book is not yet featured on Listopia. Add this book to your favorite list »

Community Reviews

(showing 1-30 of 135)
filter  |  sort: default (?)  |  rating details
Afifah
Sebenarnya tema novel ini bagus dan unik. Jarang novelis lokal yang mau mengangkat tema-tema konservasi dan konflik antara kepentingan ekologi vs ekonomi. Mungkin tema yang kuat inilah yang membuat novel ini terpilih sebagai juara 1 salah satu lomba kepenulisan yang diselenggarakan penerbit yang bersangkutan.
Borneo, beberapa penggal lokasinya sudah saya lihat dengan mata kepala sendiri, saat melewati hutan yang ditetapkan sebagai taman nasional daerah Kutai, namun nyatanya justru gersang keronta
...more
Lelita P.
Teenlit yang sangat bagus dan sarat muatan tanpa menggurui. Mengajarkan kita untuk peduli pada hewan langka, khususnya orang utan. Gaya penceritaannya bagus, selang-seling antara POV manusia (Molly) dengan orang utan (Ping). Kedua POV ini ditulis oleh penulis yang berbeda, Mbak Riawani Elyta menulis POV Molly dan Mbak Shabrina W.S. menulis POV Ping. Namun, harmoni yang tercipta sangat selaras dan nggak ada kejomplangan yang saya rasakan selama membaca--baik dari segi cerita maupun gaya bahasa. P ...more
Rezoum
Yah, emang sih saya dapet bukunya gratis langsung dari mbak Shabrina WS + dapet tanda tangan pula. Saya suka gaya berceritanya. Saya suka tokoh Molly dan Ping. Tapi, jika saya jadi salah satu penulisnya, pada bagian akhir cerita, akan saya sisipkan bab tentang pertemuan Molly dan Ping. Menurut saya, kesan yang saya dapat dari bagian akhir cerita masih samar-samar. Mungkin karena halamannya dibatasi untuk mengikuti ketentuan lomba. Mbak Shabrina atau mbak Riawani belum menjelaskan kenapa di cerit ...more
Elsa Puspita
Telat banget ye baru baca buku ini sekarang, padahal terbitnya udah setahun yang lalu. Sebenernya belinya juga udah dari bulan kemarin, tapi ntahlah akhir-akhir ini minat baca menurun, jadi satu novel ngelarinnya sampe sebulan. Begitu sembuh, baru baca yang ini dan kelar dalam beberapa jam saja. Yey! *malah curhat*

Jadi, novel ini menceritakan tentang seorang cewek bernama Molly yang punya ketertarikan dan kepedulian tinggi dengan kehidupan satwa langka. Begitu dapat kesempatan buat mengunjungi h
...more
Zahwa az-Zahra
Ping!

Di zaman teknologi sekarang ini, ping boleh jadi diartikan sebagai sebuah alert bagi para pengguna smartphone Blackberry. Lantas, apakah novel dengan judul Ping! a Message From Borneo ini mengadaptasi bunyi ping pada Blackberry Messenger? Entah. Yang pasti, duo penulis peraih juara pertama lomba novel 30 Hari 30 Buku Bentang Belia ini memang berhasil memberikan peringatan tentang konservasi alam dan satwa langka melalui bacaan ringan khas remaja ini.

Berkisah tentang dua tokoh utama, Ping da
...more
Ryaa Tenriawaru


Wowww, salut sama kedua penulis ini yg mengangkat tema yg tak umum yaitu tentang konservasi orang utan
Banyak dpt pelajaran baru ttg orang utan n habitatnya, kereeen!

Pantes jd Juara 1 Lomba Novel 30 hari 30 buku Bentang Belia ! Temanya unik dan mendidik, TOP!
You Andwe
Judul : Ping, Message from Borneo
Penulis: Riawany Elyta dan Shabrina W.S.
Jenis : Novel Remaja
Penerbit : PT Bentang Pustaka
Cetakan Pertama, Maret 2012

Buku yang menarik perhatianku karena Ping adalah nama kucing kesayanganku yang sudah tidak ada lagi. Perlu jadi catatan juga, aku lebih memilih judul ini karena alasan tersebut ketika salah seorang Penulisnya menawariku dua buah judul sebagai tanda mata. Meski, aslinya aku pingin dua-duanya.
Novel ini menggabungkan kisah fabel dan fiksi. Yang diusung
...more
Yunita1987
Menurutku ini salah satu buku yang cukup menarik untuk dibaca banyak orang, kenapa? Karena ada pesan PENTING didalamnya mengenai keberadaan hewan yang seharusnya kita pelihara dan bukannnya kita musnakan hanya karena duit semata. (Mungkin aq terlalu lebay, tapi memang sih susah klo sudah ngomongin 'duit', setiap orang butuh duit, tapi untuk kasus ini, apakah sampai harus mengorbankan hewan2 yang sebenarnya butuh kehidupan sama seperti manusia).

Ok jadi sudah jelas sekali kalau buku ini bercerita
...more
Muhammad Rasyid Ridho
Bercerita tentang penelitian sekaligus petualangan pecinta binatang langka, yakni Molly, Nick dan adiknya Andrea di Borneo. Mereka mencari informasi dan data-data tentang orang utan penghuni hutan yang ada di Kalimantan. Molly yang juga seorang penulis, membuat cerita dengan tokoh utama bernama Ping, seekor anak orang utan yang terinspirasi dari perjalanannya di BOS (Borneo Orang Utan Survival). Novel pemenang satu lomba 30 hari 30 novel yang diadakan Bentang Belia ini memang layak menjadi pemen ...more
Amerul Rizki
Buku ini memang layak banget jadi juara 1. Dari sinilah saya belajar memahami kehidupan orang utan dalam dunia hutannya. Dari sinilah saya tahu begitu banyak manusia-manusia tak bermoral, tak bertanggung jawab, tak berperikehewanan, yang dengan sadis membantai orang utan, menebang paru-paru dunia, hanya demi uang yang tak seberapa. Selama ini saya hampir menangis saat mendapati foto-foto maupun video orang utan yang mati mengenaskan. Dan dalam buku ini, semuanya memang diceritakan apa adanya. Se ...more
Pretty Wuisan
Saya memasukkan buku ini ke favorit saya. Mengapa? Karena untuk tema yang dibilangnya untuk remaja, sangat berbeda dengan novel2 remaja pada umumnya. Mendidik dan unik.

Di sisi lain saya juga merasa sangat miris ketika membaca ini karena saya sendiri asli Kalimantan :')

Kalau favorit, lalu mengapa saya tidak memberikan bintang lima? Karena menurut saya halamannya kurang banyak :D *alasan yang absurd*
Mungkin karena syarat dari penerbit bersangkutan yang menerapkan aturan halaman.

But overall, buku i
...more
Pradnya Paramitha
Molly ikut kakak-beradik Nick dan Andrea penelitian ke tempat konservasi Orangutan di Kalimantan. Disana dia bertemu dengan Archie, sahabatnya saat SMA, yang tiba-tiba jadi aneh. Dia juga bertemu Karro, si anak orangutan yang memendam nestapa. Perjalanan Molly ini adalah untuk mengetahui penyebab duka Karro, juga bagaimana menolong para orangutan yang menjadi obyek buruan liar favorit.

-----------


Menjadi manusia kita memang diberikan kemampuan berpikir yang melebihi hewan. Tetapi menjadi manusia
...more
Dedul Faithful
Ping, membuatku sadar tentang pentingnya menjaga lingkungan. Bagaimanapun, peka adalah keharusan. Kita tidak boleh mengesampingkan sekitar kita. Itu yang coba disampaikan buku ini. Meski buku duet, ceritanya tidak linier. Dua kompilasi antara fabel dan gaya penceritaan remaja, sungguh menarik. Wajib dibaca bagi yang mau sadar tentang pentingnya menjaga lingkungan agar tidak hancur dan merusak kehidupan kita sendiri.
Dhani
Akhirnya, selesai juga saya membaca novel setebal 139 halaman ini. Sebuah novel garapan 2 orang penulis yang keduanya adalah favorit saya, Riawani Elyta dan Shabrina Ws.Sebuah novel dengan tema yang tak biasa, yakni tentang kehidupan orang utan di habitatnya, hutan Kalimantan.

Di halaman- halaman awal, saya sempat bingung, siapa Ping siapa Karro. Ternyata Ping adalah nama tokoh dalam fabel yang ditulis oleh Molly, yang idenya adalah seorang urang utan bernama Karro.Orang hutan yang masih remaja i
...more
Fauziyyah Arimi
feeling setelah baca buku ini, mirip sama feeling setelah baca flipped! adonan cerita, teknik nulis, pemilihan angle dua karakter bergantian, semuanya cakep. meski ini belia, tp ga kayak model teenlit yang menye-menye ga jelas dan ga kayak model sinetron abg jaman skrg.
yaa iyalah, di novel ini yg diangkat aja ttg orang utan. hehhe. tapi asli, asik :-)
Harun Harahap
Buku siaran gue dua minggu lalu. Buku remaja yang sangat bagus pesannya. Tentang Orang Utan yang makin terdesak di rumahnya, Hutan Kalimantan. Buku ini dengan apik mengajak semua pihak untuk membantu menjaga keberadaan Orang Utan agar tidak punah.
Ossy Firstanti wardany
Ceritanya bagus, sedih dibagian orang utan
tapi cerita terlalu singkat,dan ending kurang memuaskan
Tapi,aku tetep suka ")
Bella Zoditama
Buku yang dibeli tanpa sengaja karena harganya yang didiskon di Gramedia Merdeka, Bandung.

Buku ini yang menjadi juara 1 Lomba Bentang Pustaka 30 hari 30 Buku Bentang Belia.

Ceritanya diambil dari dua sudut pandang: Molly, seorang mahasiswa yang aktif dalam LSM perlindungan orang utan, dan Ping, seekor orang utan yatim. Di dalam cerita, mereka berjalan sendiri satu sama lain. Ada sih bagian yang saling terhubung, tapi nggak terlalu banyak.

Bukunya tipis, cuma 139 halaman, jadi ngerasa kurang puas p
...more
Dion Sagirang
Baca buku ini pas di kosan temen di Jakarta. Saya baca, sedikit lupa, tapi saya nyaman di part orang utannya. Siapa sih yang nulis? Sebagai orang yang sering didongengkan fabel, saya sangat menyukai part-nya.
Alifiana Nufi
nyesek baca pov Ping :( sabar ya orang utan..
Btw saya suka novelnya :) temanya lain dari yang lain..tp bagian ping ketemu molly kurang dibahas ya :(
Erika
Ini penulisnya maksa ya?
Bahasa keduanya jelas berbeda antara yang satu dan yang lain.
Buku pertama yang membuat bosan dan sempat tergeletak berhari-hari karena gaya bahasanya bertele-tele
Riskaroo
Riskaroo marked it as to-read
Dec 26, 2014
Blackransel
Blackransel marked it as to-read
Dec 23, 2014
Ferdy
Ferdy added it
Nov 20, 2014
« previous 1 3 4 5 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
3451849
facebook : Riawani Elyta
twitter : @RiawaniElyta
email : tarapuccinogroup@yahoo.com


Novel:
1. Tarapuccino (bersama Rika Y. Sari, Penerbit Indiva Media Kreasi 2009)
2. Hati Memilih (Bukune 2011)
3. Izmi & Lila (Divapress 2011)
4. Persona Non Grata (Indiva Media Kreasi 2011)
5. Yang Kedua (Bukune 2012)
6. Ping! (bersama Shabrina WS, Bentang Pustaka 2012)
7. The Coffee Memory (Bentang Pustaka 2013)
8. Jasmi
...more
More about Riawani Elyta...
First Time in Beijing: Nostalgia Kisah Cinta Semusim Lalu The Coffee Memory Yang Kedua Hati Memilih A Miracle of Touch

Share This Book