Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Sepatu Dahlan” as Want to Read:
Sepatu Dahlan
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Sepatu Dahlan

3.86  ·  Rating Details  ·  1,453 Ratings  ·  155 Reviews
Inilah hari dengan kesedihan tak berkesudahan.
Batinku meraung-raung meratapi ketidakberdayaan.
Kami bukan orang asing bagi rasa lapar...
Mata berkunang-kunang, keringat bercucuran, lutut gemetaran, telinga mendenging-denging...
Sungguh, aku butuh tidur, sejenak pun bolehlah.
Tetapi, aku tahu tidak akan bisa tertidur dengan mudah.

***

Kehidupan mendidik Dahlan kecil dengan ke
...more
Paperback, 392 pages
Published May 20th 2012 by Noura Books
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Sepatu Dahlan, please sign up.

Be the first to ask a question about Sepatu Dahlan

Laskar Pelangi by Andrea HirataBumi Manusia by Pramoedya Ananta Toer5 cm by Donny DhirgantoroNegeri 5 Menara by Ahmad FuadiSang Pemimpi by Andrea Hirata
Buku Indonesia Sepanjang Masa
139th out of 490 books — 1,720 voters
The Sweet Sins by Rangga Wirianto PutraFilosofi Kopi by Dee LestariSaman by Utami, AyuLaskar Pelangi by Andrea HirataEdensor by Andrea Hirata
Karya Sastra Indonesia Favorit
15th out of 72 books — 46 voters


More lists with this book...

Community Reviews

(showing 1-30 of 2,433)
filter  |  sort: default (?)  |  Rating Details
Reananda
Jun 10, 2012 Reananda rated it liked it
Kalo bisa, sebenarnya, saya berniat memberi nilai 3,5 skala 5. Nilai 4 untuk materi bacaan yang bagus, apalagi sih materi yang begitu menyentuh selain kemiskinan dan semangat hidup, terlebih lagi pengalaman itu dimiliki seorang Menteri Indonesia. Nilai 3 saya berikan untuk bahasa novel yang biasa-biasa saja, menurut saya.

Tapi tetap, novel ini tetap saya rekomendasikan untuk dibaca. Apalagi untuk Anda yang merasa menjalani rutinitas hidup membosankan, karena, berkaca dari quote yang kerap muncul
...more
Truly
May 22, 2012 Truly rated it really liked it
Kisah dalam buku ini membuat saya sejenak merenung. Seorang anak dari dusun yang sudah “mentas” tidak malu akan masa lalunya. Dengan santainya beliau mengakui bahwa sepatu kets baru dimiliki saat kelas 3 Aliyah. Kontras sekali dengan kondisi beliau saat ini, jika mau toko sepatu pun bisa dibelinya. Mungkin itu sebabnya beliau lebih sering menggunakan sepatu kets yahh (tebakanku sih).
---
---
---

Masih ada dua buku lagi dalam seri ini. Surat Dahlan mengisahkan bagaimana membangun media serta kegiatan
...more
Ainunsailah Nordin
Apr 15, 2015 Ainunsailah Nordin rated it liked it
Membaca buku ini seakan juga membaca sedikit sebanyak kisah sendiri. Walau tetap banyak bezanya. Kesusahan. Keinginan memiliki. Rasa terpaksa untuk mendahulukan yang lebih utama. Menyerahkan wang kepada ibu dan bapa. Itu cerita kami adik-beradik. Walaupun kami tidak diuji seberat Dahlan. Menginginkan cuma sepatu dan sepeda.

Dahlan punya ibu dan bapa yang istimewa. Hidup apa adanya bagi orang miskin terdengar mudah bagi orang yang cukup. Bagi yang pernah merasa, kekurangan, keputusasaan, kerendaha
...more
cindy
Setelah dicermati kembali, ternyata ini bukan biografi si Bapak, tapi sebuah novel yang terinspirasi oleh kisah hidupnya. Dan yang dikatakan kisah hidup, duh... sepanjang baca buku ini tadi malam, saya setengah menahan tangis, dan setelah membaca tidak bisa tidak untuk mensyukuri hidup saya selama ini. Saya tidak pernah kelaparan (siang ini sih memang telat makan, tapi bukan karena tidak ada makanan!). Saya selalu punya sepatu *janji gak akan ngiler lagi liat sepatu yg dipajang di mal*.
Saya gak
...more
Gea Harovansi
Jul 20, 2012 Gea Harovansi rated it really liked it
“Hidup, bagi orang miskin, harus dijalani apa adanya. Hukum alam. Maka, sebagai orang miskin, aku tidak mau berharap terlalu muluk-muluk. Aku segera menghapus impian yang ketiga, Aisha. Pengalaman mengantar Aisha ke rumahnya, setelah pernah malu bukan kepalang karena terjun bebas ke selokan di depan matanya, adalah anugerah indah bagiku. Cukuplah itu.” (hlm. 322)

Sejak Laskar pelangi, muncul geliat baru dalam dunia literasi Indonesia. Yakni dengan merebaknya novel-novel bergenre inspiratif. Kabar
...more
Rofi
Jun 08, 2012 Rofi rated it really liked it
novel yang bikin saya terharu-biru.... sumpah, perjuangan dahlan kecil di masa anak-anak sampai remaja bikin saya terkesan. perjuangannya dari membantu ortunya, semangat belajar, persahabatan, dan juga saat lomba voli, wahh... benar-benar bikin kita merasa terdorong untuk menjadi terbaik juga. kemiskinan tidak menghalangi kita untuk menjadi yang terbaik, bahkan kemiskinan tidak membuat kita jatuh dan sedih, malah kemiskinan dapat dinikmati dengan cara tersendiri. semuanya diceritakan di novel in ...more
Aalazari
Jun 04, 2012 Aalazari rated it really liked it
A book by @1bichara, inspired from Dahlan Iskan's childhood. :))

Masa kecil yang inspiring banget, aku nggak tau apa ini semua emang ada yang pernah dialami pak Dahlan sendiri. Karena dilihat dari segi manapun, kehidupannya yang dulu dan sekarang aja bertolak belakang banget, but this book's really great :) gak sabar nunggu kelanjutannya : #SuratDahlan dan #KursiDahlan

Bahasa yang mudah dipahami, ngebuat novel ini serasa kita langsung berada di kebon dalem itu, inspiring banget, yang baca nggak ba
...more
Heni Hikmayani
Jun 10, 2012 Heni Hikmayani rated it really liked it
Sebuah buku yang mengajarkan kepada kita betapa pentingnya fondasi pendidikan dalam keluarga. betapa ayah dan ibu Dahlan mengajarkan kepadanya untuk selalu tidak meminta kepada orang betapapun miskinnya mereka. Lapar selalu datang dalam kehidupannya sampai-sampai perutnya dan perut adiknya selalu terlilit sarung untuk menahan lapar.Berusahallah sengan sekuat kemampuan. Disertai dengan doa yakinlah semua yang diimpikan akan tercapai. Mewujudkan mimpi mimpinya untuk sekolah,membeli sepatu,membeli ...more
Risan Bagja
Jan 15, 2013 Risan Bagja rated it liked it
Judul : Sepatu Dahlan
Penulis : Khrisna Prabichara
Penerbit : Noura Books (PT Mizan Publika)
Cetakan : VI, Juli 2012
Tebal : 369 Halaman

Siapa yang tekenal Dahlan Iskan? Menteri BUMN sekaligus CEO Jawa Pos ini kerap menyedot perhatian publik dengan aksi-aksinya yang terbilang ‘nyentrik’. Tentu masih hangat di ingatan kala Dahlan Iskan geram dan membuka sendiri pintu tol dalam kota yang masih ditutup, atau saat beliau diam-diam ikut berdesak-desakan dalam KRL, atau juga saat beliau memilih untuk mengi
...more
Laila Maghfiroh
Apr 13, 2013 Laila Maghfiroh marked it as to-read
1.Judul : Sepatu Dahlan 2.Pengarang : Khrisna Pabichara 3.Penerbit : Noura Books 4.Tahun terbit : 2012 5.Cetakan ke : VIII, September 2012 6.Jumlah Hlm : Xiii + 369 Novel ini menceritakan tentang perjuangan hidup seorang remaja miskin di sebuah desa bernama Kebon Dalem yang bernama Muhammad Dahlan yang kini menjadi menteri BUMN. Dahlan merupakan anak ketiga dari empat bersaudara. Kehidupan yang keras karena kemiskinan mengajarinya untuk tetap bertahan hidup. Rasa perih karena lapar adalah saha ...more
htanzil
Jun 10, 2012 htanzil rated it really liked it
Shelves: buntelan
Novel Sepatu Dahlan yang merupakan bagian pertama dari Trilogi Novel inspirasi Dahlan Iskan ini mengisahkan kehidupan Dahlan Iskan saat remaja. Melalui novel ini terungkap bahwa Dahlan Iskan dibesarkan dalam keluarga miskin di desa Kebon Dalem, Magetan, Jawa Tengah yang harus berjuang guna memenuhi kebutuhan dasar hidupnya. Namun sedari kecil kedua orang tuanya selalu menekankan bahwa hidup miskin bukan berarti harus meminta-minta untuk dikasihani melainkan harus dihadapi dengan bekerjadan berus ...more
affinozta
Feb 21, 2015 affinozta rated it did not like it
2012 pertama baca buku ini, stuck di hal 97
2013 lupa kalo punya ini buku
2014 lupa caranya baca
2015 pengen tau endingnya

Perlu 4 tahun bagi saya untuk meng-khatam-kan novel ini. Karena dari segi bahasa dan pemilihan kata, terkesan cukup dan sederhana, tidak memukau seperti novel karya Andrea Hirata, Tere Liye, Asma Nadia.

Dari segi alur, cukup namun tidak terlalu menarik. Saya lebih suka alur mundur baru maju, jadi terkesan misteri dan membuat penasaran ingin membaca sampai selesai.

Ceritanya juga s
...more
Riyanda
Jun 14, 2012 Riyanda rated it it was amazing
buku ini sukses menceritakan kehidupan dahlan sejak kecil (meskipun kata pak dahlan pada halaman pertama bahwa beberapa (ingat, beberapa, tidak semua) adegan dan tokoh tersebut adalah fiktif).
saya suka sekali 3 nasehat dari buku ini :

1. ojo kepingin sugih, lan ojo wedi mlarat
2. sumber bening ora bakal nggolek timbo
3. pilih ngendi, sugih tanpa iman opo mlarat anangin iman?

buku ini sukses menerjemahkan ketiga nasehat diatas melalui berbagai kejadian yang terjadi pada diri dahlan.. selain itu, buk
...more
Taufiq Mahendra
Jun 30, 2012 Taufiq Mahendra rated it it was amazing
buku yang suangat keren , baru membaca setengah saja sudah bisa menggugah saya untuk melakukan sesuatu yang hebat. saya merasa takjub kepada dahlan kecil yang dalam segi ekonomi kurang mampu , tetapi masih bisa bersenang2 dengan kegiatan mandi di sungainya , lomba balap kerbaunya , 'pertunjukan wayang'-nya , dsb. Seolah olah , dia sangat menikmati kemiskinannya.

Setiap saya ingin mengeluh karna suatu hal sepele , pagi pagi belum tersedia sarapan contohnya ,saya langsung teringat kepada kisah dahl
...more
Nina kalsum
May 31, 2012 Nina kalsum rated it really liked it
Cerita dalam buku ini membuat kita seperti ikut terlibat dalam kisah si dahlan ini. bagaimana si dahlan kecil berkali-kali membuat suatu keputusan salah yang terkadang harus dibayar mahal untuk memperbaiki keadaannya. apa adanya. ya buku ini menceritakan tanpa berbelit-belit kehidupan miskin yang dihadapinya. Kejadian-kejadian yang dengan tabah di terimanya yang akhirnya membentuk karakter dirinya.
Dalam buku ini, Dahlan kecil mengajarkan untuk melihat dan menjalani secara jujur keadaan kondisi k
...more
Sobat JO
Dec 14, 2015 Sobat JO rated it really liked it
#Rabuku kali ini, akan membahas novel yang berjudul Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara. Ada yang sudah pernah baca?

Novel ini menceritakan tentang masa kecil Dahlan Iskan. Dari dia lulus sekolah rakyat, sampai lulus Madrasah Aliyah. Dahlan Iskan lahir di Kebon Dalem. Sebuah kampung kecil di Magetan. Di Kebon Dalem, Dahlan dididik oleh kerasnya kehidupan. Ketegasan sang Ayah, kelembutan Ibu, keceriaan adik kecilnya dan sahabat yang ia punya membuat Dahlan tidak pernah mengeluh dengan kemiskinan
...more
Imam Rahmanto
Sep 13, 2014 Imam Rahmanto rated it it was amazing
"Hidup, orang miskin, harus dijalani apa adanya,"

"Kadang, hidup begitu tegas tak menawarkan kesempatan lebih dari sekali..." --hal.4

"Tapi, bagaimanapun, takdir selalu punya cara sendiri untuk menyampaikan berita kehilangan. Takdir selalu punya cara untuk menghadirkan macam-macam kepedihan, dengan atau tanpa diminta." --hal.125

"Kita harus belajar saling mengikhlaskan, meskipun Bapak tidak yakin, kelak, ketika kamu benar-benar pergi, Bapak akan ikhlas melepaskan kepergianmu." --hal.222

"Kita dapat
...more
Andreas Christanto Permadi
Jun 13, 2012 Andreas Christanto Permadi rated it really liked it
Pertama beli buku ini sih penasaran aja sama isinya!
ehh, pas aku baca .. YOU MUST READ THIS BOOK! bagus, menceritakan kehidupan bapak menteri favorit saya Bpk Dahlan Iskan. yang menghabiskan masa kecil hingga remaja di Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Memang sangat sulit kehidupan dahlan kala itu dengan kemiskinan dan tentu rasa lapar yang selalu menemani dahlan iskan. Membaca novel ini seolah-olah saya terbawa oleh lorong waktu di masa2 itu.
Edwin F Nurin
Apr 20, 2014 Edwin F Nurin rated it really liked it
Sebuah novel yang berasal dari kisah hidup Pak Dahlan Iskan. Mengharukan. Perjuangan seorang anak, yang berasal dari keluarga miskin, untuk mewujudkan cita-citanya. Sebenarnya hanya cita-cita yang sederhana: mempunyai Sepatu dan Sepeda.

Namun baginya itu memerlukan perjuangan yang ekstra.

Dia hidup bersama Bapak dan Adiknya Zein, setelah Ibunya meninggal dengan penyebab yang masih menjadi tanda tanya bagi Dahlan.

Dia hidup di kampung yang hampir semuanya berada digaris kemiskinan. Para laki-laki
...more
Hanifah Sausan N
Mar 25, 2014 Hanifah Sausan N rated it really liked it
Buku yang Pak Dahlan Iskan banget :)

Awalnya saya kira novel ini sangat old-fashioned sehingga sempat nganggur di rak buku saya hingga setahun lamanya. Ternyata, begitu dibaca saya gak bisa berhenti dan tanpa sadar saya exited sendiri membaca kisah masa kecil Pak Dahlan.

Bisa dibilang, Pak Khrisna Pabichara sukses menyelami karakter Pak Dahlan yang simpel dan apa adanya. Di awal cerita, ketika dikisahkan bahwa Pak Dahlan akan menjalani operasi cangkok ginjal, saya sempat menitikkan air mata karena
...more
Farisa Gina
Oct 28, 2012 Farisa Gina rated it it was amazing
buku yg sangat menginspirasi. Melihat kisah masa kecil pak DIS, saya tidak berhenti menangis sampai bab terakhir. Benar-benar menghanyutkan ketika dibaca. Must read!
Ayu Apriyanti
Jul 15, 2012 Ayu Apriyanti rated it really liked it
Shelves: on-my-bookcase
hidup itu sederhana,
jika kita menjalankannya dengan kesederhanaan.. :)
M Okky
May 23, 2012 M Okky rated it it was amazing
ke-bersyukuran terhadap kehidupan yang membawa perubahan
Yurika Nurmala Dwiyanti
May 01, 2014 Yurika Nurmala Dwiyanti rated it liked it
Shelves: biografi
Pada awalnya saya kurang tertarik untuk membaca buku ini karena saya memang kurang suka membaca buku biografi. Tapi setelah kakak saya meminjam buku ini dari perpus akhirnya saya penasaran juga seperti apa isinya. Dan ternyata ceritanya bagus karena serasa membaca novel fiksi.

Novel yg menginspirasi agar kita tdk boleh menyerah pada keadaan. Kita harus berjuang untuk mendapatkan sesuatu yg kita inginkan.

Tapi saya kurang suka waktu bagian yg menceritakan pertandingan bola voli. Karena agak membos
...more
Ade Damayanti
Jul 18, 2012 Ade Damayanti rated it really liked it
Satu lagi, novel yang didasari pengalaman hidup seseorang. Berkisah tentang perjuangan seorang anak muda. Dengan segala keterbatasan kemewahaan dan keterbatasan fasilitas, pendidikan tetap menjadi bagian penting dalam perjuangan hidup. Melalui pendidikan, kesabaran, dan keikhlasan, impian bukanlah sekadar catatan besar di buku harian kita. Bukanlah sekadar khayalan, di sela-sela waktu senggang kita.

Dengan keteguhan dan keikhlasan, Tuhan akan menunjukkan jalannya pada kita, rute untuk menuju cita
...more
Dwi Suci Lestariana
Oct 04, 2012 Dwi Suci Lestariana rated it liked it
pada awalnya memang saya sangat tertarik dengan novel ini, karena terinspirasi dari kisah perjalanan hidup Pak Dahlan Iskan semasa kecil sampai remaja. Akan tetapi setelah membacanya saya tidak merasakan semangat yang menggebu, seperti yang pernah saya rasakan ketika membaca novel2 penggugah jiwa yang telah hadir terlebih dahulu seperti tetralogi laskar pelangi, dwilogi negeri 5 menara, 5 cm, 9 summers 10 autumns dan ibuk


Cerita yang mengalir dari novel ini begitu datar, tidak begitu menguras emo
...more
Ayu Haryani Putri Sarlita
Nov 02, 2013 Ayu Haryani Putri Sarlita rated it it was amazing
Buku ini merupakan buku yang saya pinjam dari salah satu teman saya. Kebetulan saya melihat buku ini di rak buku miliknya dan langsung saja saya meminta izin untuk meminjam karena yang saya tahu pak Dahlan ini merupakan sosok inspiratif. Hal inilah yang membuat saya tertarik membacanya. Setelah memulai membaca, ternyata cara penulis memaparkan cerita sangat asik, seperti air yang mengalir. Saya sangat menikmatinya dan surprisingly beneran tidak bisa berhenti saat membacanya. Saya kira A. Fuadi h ...more
Maul Septia
Jul 16, 2012 Maul Septia rated it liked it
Shelves: koleksi-saya
Jadi, itu novel terinspirasi kisah kecilnya Pak Dahlan Iskan (dan di novelnya emang bercerita tentang beliau cuman dengan tambahan disana-sini) yang sangat melarat waktu itu. Disitu lebih memfokuskan pada perjuangan Pak Menteri BUMN untuk membeli sepasang sepatu dengan jerih payahnya sendiri.

Cukup menginspirasi, mengharu biru. Apalagi saat Dahlan kecil ditinggal mati ibunya dan kembali kehilangan sosok yang dia cintai, mbak Atun, yang ikut pamannya merantau ke Kalimantan. Pokoknya menyentuh da
...more
Felita Hardigaloeh
komen :

buku ini bercerita ttg mengejar cita-cita, ga masalah walaupun cita-cita itu adalah memiliki sepatu dan sepeda.

diceritain dari sudut pandang orang pertama, pembaca diajak menyelami kehidupan dahlan, seorang remaja yg walaupun hidup di lingkungan serba kekurangan, ga menyerah dg kondisinya. motto hidup apa adanya dijalani dahlan, terbukti dg komunitas tempat dia sekolah, dahlan ikut pertandingan voli dan menang, pdhl sekolah dahlan dianggap "pinggiran" gara2 murid-muridnya bertelanjang kak
...more
Andrea Ika
Apr 01, 2013 Andrea Ika rated it really liked it
Shelves: non-fiksi
Muhammad Dahlan. Ia merupakan anak dari keluarga kurang mampu yang tinggal di Kebon Dalem, sebuah kampung yang menyimpan banyak kenangan baginya. Dahlan merupakan anak ketiga dari empat bersaudara. Dua kakak perempuannya bersekolah di perguruan tinggi dan adiknya, Zain masih sekolah di SR. Ayah Dahlan bekerja serabutan sedangkan Ibunya adalah ahli pembuat batik di desanya.

Kehidupan yang Dahlan alami penuh liku-liku. Walaupun begitu, Ia menjalani dengan semangat dan ikhlas. Salah satu pertanyaan
...more
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 81 82 next »
topics  posts  views  last activity   
Review 3 17 Oct 20, 2013 05:13AM  
  • 12 Menit
  • Rantau 1 Muara (Negeri 5 Menara, #3)
  • Muhammad: Para Pengeja Hujan
  • 2
  • Ganti Hati
  • Saga no Gabai Bachan (Nenek Hebat dari Saga)
  • Indonesia Mengajar
  • Rumah Seribu Malaikat
  • Negeri Di Ujung Tanduk
  • Menatap Punggung Muhammad
  • Chairul Tanjung Si Anak Singkong
  • 99 Cahaya di Langit Eropa: Perjalanan Menapak Jejak Islam di Eropa
  • Gadis Kretek
  • The Dusty Sneakers: Kisah Kawan di Ujung Sana
  • Teka-Teki Terakhir
  • DreamCatcher
  • Totto-chan's Children: A Goodwill Journey to the Children of the World  (Anak-Anak Totto-chan: Perjalanan Kemanusiaan untuk Anak-Anak Dunia)
  • Bangkok: The Journal
4495520
Khrisna Pabichara lahir di Borongtammatea—sebuah kampung di Jeneponto, Sulawesi Selatan—pada 10 November 1975. Kumpulan cerpen debutnya, Mengawini Ibu, terbit pada 2010. Novel debutnya, Sepatu Dahlan, terbit pada 2012. Sedangkan kumpulan puisi pertamanya, Pohon Duka Tumbuh di Matamu, terbit pada 2014. Penyair yang kerap diundang sebagai pembicara dan pembaca puisi ini memulai karier kepengarangann ...more
More about Khrisna Pabichara...

Share This Book



No trivia or quizzes yet. Add some now »

“Aku ceritakan kesedihanku kepada sungai agar sungai mengajariku bagaimana mengalir tanpa sedikitpun mengeluh.” 34 likes
“Bahwa Tuhan selalu mengabulkan doa orang-orang yang memiliki keyakinan dan kemauan kuat untuk mewujudkan harapan.” 22 likes
More quotes…