Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Politik Santun dalam Kartun” as Want to Read:
Politik Santun dalam Kartun
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating

Politik Santun dalam Kartun

3.67 of 5 stars 3.67  ·  rating details  ·  61 ratings  ·  14 reviews
Dalam kumpulan kartun politik ini, ada sedikit sentuhan lain dari kartunis yang dikenal dengan nama Mice. Tidak lagi sekedar menawarkan tawa, malah membuat miris dan kening berkerut menyaksikan carut-marut negeri. Kartun ini menjadi cara sederhana mengamati semua kasus berikut sepak terjang para penguasa. Siapa tahu amarah, serapah, kecewa, emosi terhadap negeri akan bersa ...more
Paperback, 214 pages
Published February 2012 by Penerbit Nalar
more details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Politik Santun dalam Kartun, please sign up.

Be the first to ask a question about Politik Santun dalam Kartun

Community Reviews

(showing 1-30 of 107)
filter  |  sort: default (?)  |  rating details
Harun Harahap
Membaca buku ini membuat gue merasa Indonesia ini negara yang suram. Sepertinya keadaan sudah kacau balau. Sehingga tak lagi bisa diperbaiki. Kacaaaauuuuuu...
Vidi
Terbuka sudah misteri betapa bobroknya pembangunan di Indonesia. Semua itu bermuara di Badan Anggaran sebagai kontrol kebijakan anggaran negara. Umumnya anggota lembaga ini berasal dari kalangan partai politik. Mereka ditempatkan sebagai anggota Banggar untuk menjamin aliran dana yang akan menghidupi partai politik.

Harian Rakyat Merdeka, 26 September 2011
(Hal. 105)

Petikan di atas sangat sesuai dengan keprihatinan saya terhadap bangsa ini. Di negara ini untuk menjadi lurah saja memerlukan uang, a
...more
Jaka Santana
Selalu khas dengan gaya Mice, yang selalu menyindir politikus-politikus Indonesia. Dengan sentuhan kartunnya yang sangat mengena disertai dengan fakta membuat karya Mice yang satu ini mengena sekali apabila pejabat saat itu membacanya.

Sebenernya membaca kartun mice ini membuat saya semakin terbuka memandang Indonesia secara politik, jadi terlihat betapa busuknya pemimpin-pemimpin negeri ini. Di mana janji tinggallah janji. Kalau diperhatikan baik-baik, letak permasalahan di Indonesia ini adalah
...more
Bunga Mawar
Kalau tiap komik ini dilihat satu-satu, pada waktunya masing2, terasa deh "pedas"nya. Walau demikian, bisa jadi pihak yang disindir "secara santun" sama sekali tidak tersentuh, hehe...

Tapi semua komik ini saat sudah disatukan begini, apalagi saat isi di dalamnya sudah tidak aktual, bagi saya yang terasa adalah "Ah... penulis buku ini nyinyir aja... Benar2 tidak ada nih kebaikan yang bisa kita temui di negeri ini?" :)

Memang sih mengurus negara sebesar Indonesia tidak mudah. Mengurus partai sendir
...more
Nadia Fadhillah
Buku ini dibeli adekku yang kelas 5 SD, dan aku takjub. Keren amat anak SD udah baca buku politik semacam ini. Maka dari itu aku langsung baca hari ini sebelum dia selesai baca (kakak yang gak mau kalah). Haha.

Mice berbuat sesuatu untuk negerinya dengan cara membuat komik mengenai peristiwa yang terjadi di sekitar kita. Ia membangun kekritisan pada masyarakat dengan cara yang sederhana.

Lalu, apa kontribusiku?
Akbar
Seperti biasa, Benny & Mice, yang untuk kartun2 dalam buku ini hanya dibawakan oleh Mice sendiri, memberikan kritik2 yang sehat, segar, serta membangun untuk kebaikan dan perbaikan negeri tercinta...

Semoga bisa menjadi 'penggerak' menuju perubahan menuju negara Indonesia-ku yang lebih baik!

I Love You, Indonesia...!
Nura
buku bagus buat update seputar dunia politik di Indonesia buat gw yang jarang ngikutin berita, walopun isinya tuh ga ada yang nunjukin satu pun 'kebaikan' atau 'kemajuan'. yang ada, gw makin pesimis dan makin apolitis nih kayaknya.

makasih buat jeung titis yg udah minjemin
Jhon Pairo
Kumpulan kartun Mice di Rakyat Merdeka. kritik lugas dan tegas sekaligus konyol dari Mice. Sayangnya Mice dibeli Foke. Bikin kartun menghina Jokowi (tidak ada di buku ini) di Rakyat Merdeka. Kali ini Mice sedang kepleset kecemplung Kali Ciliwung seperti cover buku ini.
Aliendheasja
A GREAT reminder of what has happened in Indonesian politics. Gak nyangka kalau aku udah lupa banyak banget kebobrokan negara ini. Tsk.
Nia
Oct 23, 2014 Nia rated it 3 of 5 stars
Shelves: pinjam
Santun tidak hanya dalam berbicara dan tingkah laku. Namun juga dalam berpolitik. Good lesson ;-)
Titis Wardhana
surem bener liat kenyataan... coba ada Death Note :p
Indah Threez Lestari
Sentilan keras... mempan nggak ya?
Adrianto Adrianto
Adrianto Adrianto is currently reading it
Nov 10, 2014
Wahyu Siswantriyani
Wahyu Siswantriyani marked it as to-read
Oct 27, 2014
Dharendra
Dharendra marked it as to-read
Oct 27, 2014
Hans
Hans marked it as to-read
Sep 29, 2014
Argha Samuel
Argha Samuel marked it as to-read
Sep 15, 2014
Laili Fadhilah
Laili Fadhilah marked it as to-read
Aug 23, 2014
Deon
Deon marked it as to-read
Jun 05, 2014
« previous 1 3 4 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
5759154
Muhammad Misrad, adalah seorang kartunis.

Bersama dengan Benny Rachmadi, alumni Desain Grafis, Fakultas Seni Rupa, Institut Kesenian Jakarta ini membuat strip komik Benny & Mice yang berisi kritik-kritik sosial. Kartunis yang akrab disapa Mice dikenal juga sebagai dosen dengan mengajar di IKJ. Mulai bulan Juli 2010, Mice hanya menggambar sendirian di koran Kompas dengan kartunnya yang berjudul
...more
More about Muhammad "Mice" Misrad...
Mice Cartoon: Obladi Oblada Life Goes On Lagak Jakarta: Trend & Perilaku Mice Cartoon: Kamus Istilah Komentator Bola / Football's Coming Home! Little Mice Vol. 01: GAME OVER !! Politik Santun dalam Kartun 2

Share This Book