Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Mata Ketiga Cinta” as Want to Read:
Mata Ketiga Cinta
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Mata Ketiga Cinta

by
4.1  ·  Rating Details ·  159 Ratings  ·  24 Reviews
Sekeranjang Puisi Pilihan Tentang Cinta
Paperback, 96 pages
Published February 2012 by AsmaNadia Publishing House
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Mata Ketiga Cinta, please sign up.

Be the first to ask a question about Mata Ketiga Cinta

This book is not yet featured on Listopia. Add this book to your favorite list »

Community Reviews

(showing 1-30)
filter  |  sort: default (?)  |  Rating Details
Khusnul
Apr 07, 2012 Khusnul rated it it was amazing

kata-katanya bersinar.
Abdurahman
Apr 09, 2012 Abdurahman rated it it was amazing

What a beautiful words! You must read!
Nura
Dec 10, 2012 Nura rated it liked it
Shelves: not-mine
nemu lagi di tumpukan buku puisinya Harun. ternyata mba Helvy romantis banget deh...
karena ini buku puisi tentang cinta maka satu puisi yang paling gue suka di puisi ini adalah

Cinta

Aku mencintaimu sejak waktu, sejak bumi, sejak sukma, sejak bayi
Aku mencintaimu sampai laut, sampai langit, sampai darah, sampai mati
Setiap hari kucatat dan kupotret kau dalam batin
Kau menempel di buku-buku, di televisi, di gedung-gedung dan panggung pertunjukan,
juga pada angin dan debu pada napasku
Aku berjalan tersa
...more
Ar Rifa'ah
Jan 05, 2013 Ar Rifa'ah rated it really liked it
Sepertinya bukan hal yang ringan untuk menerbitkan buku kumpulan puisi. Sebab, dibandingkan peminat novel atau karya nonfiksi, peminat puisi di negeri ini nampaknya tidak sebanding. Tidak banyak pula yang rela merogoh kocek untuk membeli kumpulan puisi.

Tapi buku puisi yang satu ini memang layak dimiliki oleh siapa saja yang mengaku pencinta puisi! Diksinya kuat, menarik, kadang terasa tegas, terasa pula lembutnya. Lebih dari itu, buku puisi ini bukan hanya sekadar berindah-indah dengan kata-kat
...more
Helvy
Feb 15, 2012 Helvy rated it it was amazing  ·  (Review from the author)

Kalau saya tidak menilai buku saya bagus untuk diterbitkan, bagaimana buku ini bisa sampai ke tangan Anda? :)
Dewayanie prasetio
Mar 04, 2012 Dewayanie prasetio rated it really liked it
Cinta adalah
Seberapa pandai kau memnghapus
arimata :1987 >>>> salah satu puisi faveku dlm buku ini :)
Irna
Apr 10, 2012 Irna rated it it was amazing
Diksinya bagus banget. Jadi ikut suka puisi.
Sari Na
Mar 03, 2012 Sari Na rated it it was amazing
Buku yang indah sekali tentang cinta
Sarah
Apr 20, 2012 Sarah rated it it was amazing
sekeranjang cinta...
Aku mendadak puitis... ^^
Elsa Aghnya
May 03, 2012 Elsa Aghnya rated it it was amazing
kereeeenn bgt.... mbaa helvy emang T.O.P B.G.T
Allegria Mila
Feb 03, 2013 Allegria Mila rated it it was amazing
Mata Ketiga Cinta—kumpulan puisi Helvy Tiana Rosa yang ditulis dalam kurun 1985-2011—merupakan kristalisasi dari sebuah kejadian, peristiwa yang ditangkap oleh batin penulis. Buku yang diterbitkan oleh Asma Nadia Publishing House ini berisi 42 puisi pilihan mengusung tema dari soal cinta remaja, rumah tangga, kerinduan pada Ilahi, keprihatinan terhadap kondisi dalam negeri hingga persoalan Palestina.
Kumpulan puisi ini dibuka dengan puisi Cintamu Padaku yang puitis melankolis.

Cintamu padaku
adala
...more
Athiah Listyowati
Dec 18, 2012 Athiah Listyowati rated it really liked it
Shelves: favorites
Buku kumpulan puisi yang pertama kali saya beli.
Isinya beragam, mulai dari perasaan cinta kepada Allah, rakyat palestin juga kepada kekasih.

Beberapa diantaranya menggelitik saya untuk menjadikannya sebuah lagu, sayang saya bukan musisi T,T
Oiya, di dalamnya termasuk sebuah puisi yang juga sangat saya sukai, Perempuan Cahaya.
nasyidnya pernah saya bawakan di sebuah acara dan penonton tersentuh.
Terima kasih Bunda Helvy untuk buku manis ini :)
Riana
Apr 06, 2012 Riana rated it it was amazing

Buku yang indah bangeeeeeeet!
Zenritalnusanti
Oct 03, 2012 Zenritalnusanti rated it it was amazing
this book so awesome :)
Rahmadiyanti
May 07, 2012 Rahmadiyanti rated it really liked it
Shelves: indonesian, poetry
Tanpa menafikan puisi lain, selalu dan akan selalu cinta dengan dua puisi ini: Fi Sabilillah dan Aku Abu Dzar yang tertinggal.
Afifah
Jan 22, 2013 Afifah rated it really liked it
Yang saya sayangkan dari buku ini adalah kemasannya. Mengapa tidak dibikin ukuran yang lebih kecil, sehingga terlihat lebih tebal dan enak dipandang?
Hadiyatussalamah Pusfa
Aug 16, 2013 Hadiyatussalamah Pusfa rated it it was amazing
Saya bukan orang yang terlalu suka puisi, sampai akhirnya saya bertemu puisi karya Faiz. Yang ada di buku KKCK (Kecil-kecil punya karya). Puitiiis banget, puitisnya bukan puitis duniawi lagi. Sejak saat itu saya punya feel yang agak beda sama puisi, kalau bukan dibilang suka. Kadang ga ngerti, kadang ya dingerti-ngertiin aja. Tapi kalau udah baca yang menyentuh, aaaa ga bisa banget.

Yah, dan Faiz ini adalah anaknya Bunda Helvy. Sekarang Faiz-nya udah gede. Tapi saya masih ngefans sama puisi-puisi
...more
Ummi Citrayani
May 12, 2013 Ummi Citrayani rated it liked it
setuju sama komentar mbak Afifah Afra, karena memang bukunya tipis banget. lebih tipis dari yang saya duga.

tapi terbayar lunas sama puisi-puisi cantik yang diabadikan dari 1985-2011 ini

"Dalam kerumunan fana
yang terus berputar
menyebut namaMu
Waktu pun retak di detakku
dan segalanya menjelma bening

Kuputuskan membangun kakbah
sepanjang masa
dalam dada"

Puisi Thawaf, November 2010
salah satu yang saya suka :)
Merulalia
May 25, 2012 Merulalia rated it liked it
Satu Lagi Tambahan koleksi terbaru kado milad ke 25 dari ANS :)
Hidya Nuralfi Mentari
Apr 22, 2014 Hidya Nuralfi Mentari rated it really liked it
Paling suka dengan 'Cinta'. Salah satu puisi Bunda yang paling terkenal juga se-JBSI UNJ ;p hampir satu semester diajar Bunda tapi kelas kami belum pernah melihat Bunda baca puisi pakai puisi karyanya sendiri. Semoga nanti ada kesempatan untuk kami melihat :)

Btw, covernya Bunda banget. Ungu everywhere xP
Ismi Rahmawati
Nov 30, 2013 Ismi Rahmawati rated it really liked it
Apakah mata ketiga itu kita sebut cinta?
Hendraa7
Feb 09, 2014 Hendraa7 rated it it was amazing
salah satu buku puisi terbaik yang pernah saya baca. Luar biasa..
Prasetiyoandiymail.com
Oct 16, 2015 Prasetiyoandiymail.com rated it it was amazing
good poem :)
orin
orin rated it really liked it
Jul 25, 2014
Putri Amalina
Putri Amalina rated it it was amazing
Feb 02, 2014
Asma
Asma rated it it was amazing
Feb 20, 2012
Indah Ayuningsih
Indah Ayuningsih rated it it was amazing
Nov 04, 2016
Hanasah
Hanasah rated it liked it
Oct 05, 2015
Arroz
Arroz rated it liked it
Mar 20, 2013
ArRasyid
ArRasyid rated it it was amazing
Nov 28, 2015
« previous 1 3 4 5 6 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Tahta Mahameru
  • Nadya: Kisah dari Negeri yang Menggigil
  • Serenade Biru Dinda
  • Lontara Rindu
  • Tirani dan Benteng: Dua Kumpulan Puisi
  • De Winst
  • The Road to the Empire: Kisah Takudar Khan, Pangeran Muslim Pewaris Mongol
  • 33 Pesan Nabi Vol. 2: Jaga Hati, Buka Pikiran
  • Blues untuk Bonnie
  • Think Dinar! Muslim Kaya Hari ini, Super Kaya di Masa Depan
  • Meraba Indonesia: Ekspedisi "Gila" Keliling Nusantara
  • Pitaloka: Cahaya
  • Balada Si Roy 3: Rendez-Vous
483298
Helvy Tiana Rosa is widely recognized for her works in Indonesian literary and for her relentless efforts to encourage people, especially the young, poor and women, to write and publish their own works.

She was born in Medan, 2 April 1970 and had a bachelor and master degree of literature from Letters Faculty of University of Indonesia. She wrote more than 50 books, like Juragan Haji (The Jura
...more
More about Helvy Tiana Rosa...

Share This Book



“Cinta adalah seberapa pandai kau menghapus airmata.” 47 likes
“Ketika bahasa tak lagi percaya pada kata
apakah yang masih bisa kita ucap?
: cinta

Ketika wajahmu tak lagi menampakkan
kening, mata, hidung dan mulut
apakah yang masih bisa kukecup?
: doa”
31 likes
More quotes…