Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Cerita Cinta Enrico” as Want to Read:
Cerita Cinta Enrico
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Cerita Cinta Enrico

3.47  ·  Rating Details ·  913 Ratings  ·  141 Reviews
Cerita Cinta Enrico adalah kisah nyata seorang anak yang lahir bersamaan dengan Pemberontakaan PRRI. Ia menjadi bayi gerilya sejak usia satu hari. Kerabatnya tak lepas dari peristiwa '65. Ia menjadi aktivis di ITB pada era Orde Baru, sebelum gerakan mahasiswa dipatahkan. Merasa dikebiri rezim, ia merindukan tumbangnya Soeharto. Akhirnya ia melihat peristiwa itu bersamaan d ...more
Paperback, 244 pages
Published February 1st 2012 by KPG (Kepustakaan Populer Gramedia)
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Cerita Cinta Enrico, please sign up.

Be the first to ask a question about Cerita Cinta Enrico

Community Reviews

(showing 1-30)
filter  |  sort: default (?)  |  Rating Details
Primadonna
Mar 26, 2012 Primadonna rated it it was ok
Aku tidak sreg dengan kovernya. Tapi karena yang menulis adalah Ayu Utami, kubeli juga. Kemudian, aku tidak sreg dengan editannya. Masih ada penggunaan kata "nafas", "di mana --- menggantikan where", "apapun". Sungguh mengganggu kenikmatan membaca.

Kemudian, gaya menulis Ayu yang tarik ulur dalam buku ini jujur, membuatku lelah. Misal kisah A sudah diceritakan sampai tahun sekian, di bab berikut diceritakan ulang padahal bagian yang sudah dipaparkan pada pembaca menurutku tak usahlah diulang-ulan
...more
indri juwono
Feb 23, 2012 indri juwono rated it really liked it
Shelves: sastra-indonesia
#2012-04

”Kami, para lelaki, sering melakukan sesuatu demi kegagahan. Tapi kaum perempuan berbuat demi kehidupan. Lelaki sering berbuat untuk egonya sendiri, sedang perempuan berbuat untuk orang lain.” (h.135)

Hai, Enrico, kamu tahu? Kisahmu ini sangat unik. Kamu beruntung sekali punya Ayu yang bisa menuliskan cerita hidupmu. Tidak semua orang beruntung bertemu Ayu dan dituliskan perjalanan hidupnya, lho.

Aku suka ibumu, perempuan kuat yang rela masuk hutan untuk mendampingi ayahmu. Perempuan ber
...more
Septian Hung
Aug 28, 2016 Septian Hung rated it really liked it
Shelves: fiksi
Pada mulanya saya mengira bahwa Cerita Cinta Enrico hanyalah sejenis novel percintaan biasa namun diangkat serealis mungkin karena diadopsi dari kisah nyata seseorang. Dan saya justru hampir memutuskan untuk berhenti membaca bahkan sebelum bagian pertama dari novel ini berakhir karena di awal-awal ceritanya agak membosankan dan seperti tak menjanjikan klimaks. Memang sudah ada banyak keunikan atau semacam prevalensi yang disematkan sang penulis dalam tokoh-tokohnya. Termasuk pula penggunaan lata ...more
Annisa Anggiana
Nov 13, 2012 Annisa Anggiana rated it really liked it

“Selanjutnya hidup bagaikan judi…”

Lebih dari 10 tahun lalu saya mencoba membaca buku Saman karya Ayu Utami. Saya waktu itu baru akan memasuki umur 20 tahunan langsung menyimpulkan bahwa Saman is not my cup of tea. Ketika itu saya versi “remaja-dewasa” merasa sudah tau pasti siapa diri saya, apa yang saya mau dalam hidup, mau kemana langkah kaki saya arahkan.

Lalu kehidupan yang sebenarnya datang. Dan semakin bertambah umur, semakin saya tahu bahwa tidak ada yang pasti di dunia ini. Hidup selalu
...more
Mark
Feb 06, 2012 Mark rated it really liked it
Ini bukan novel, karena sebagian (besar?) isinya adalah berdasarkan kisah nyata - atau dalam bahasa kerennya, reenactment - dari kehidupan seorang pria bernama Prasetya Riksa, atau yang lebih sering dipanggil Enrico, yang kemudian hari menjadi suami sang penulis, Ayu Utami. Tapi sebagian isinya juga adalah fiksi, karena cerita apapun yang dibangkitkan kembali, tidak akan pernah murni 100% fakta.

Ada beberapa bagian dari semi-novel ini yang berhasil memikat perhatianku, mulai dari yang bisa memanc
...more
Homer Harianja
Feb 14, 2012 Homer Harianja rated it did not like it
Saya tidak tahu siapa Enrico, karenanya buat saya buku ini masuk dalam kategori biografi orang biasa. Saya tidak keberatan membaca biografi orang biasa, angela's ashes adalah sebuah contoh biografi orang biasa yang ditulis dengan mengagumkan. Masalahnya dalam buku ini, Enrico bukanlah orang biasa bagi Ayu Utami. Ia adalah kekasih yang dinikahinya di tahun 2011 lalu dan ia gagal menghadirkan Enrico yang menarik perhatian saya sebagai pembaca. Ada persoalan dalam penceritaan dengan bab yang pendek ...more
Septri Lediana
May 05, 2012 Septri Lediana rated it it was ok
Cerita Cinta Enrico : Ayu Utami Yang Lebih Sederhana

Judul : Cerita Cinta Enrico
Pengarang : Ayu Utami
Penerbit : KPG (Kepustakaan Populer Gramedia)
Cetakan : Pertama, Februari 2012
Tebal : 244 halaman

Ayu Utami muncul dengan novel baru yang berbeda dari novel-novelnya sebelumnya. Novelis yang terkenal dengan karya-karya dengan bahasa yang cukup vulgar dan cenderung berat dibaca ini menyuguhkan novel yang relatif lebih ringan. Dari tampilan kover saja sudah terlihat perbedaannya. Kover ’Cerita Cinta E
...more
drg Rifqie Al Haris
Mar 30, 2012 drg Rifqie Al Haris rated it really liked it
REVIEW

Buku ini menceritakan tentang kisah nyata tokoh bernama Enrico yang lahir bertepatan dengan Pemberontakan PRRI. Jalan hidupnya menuju dewasa diceritakan dalam 3 bab: "Cinta Pertama", "Patah Hati" dan "Cinta Terakhir?"

Dalam bab pertama, Enrico kecil diceritakan sebagai anak yang sangat mencintai ibunya. Di mata Enrico, ibunya adalah sosok perempuan yang berbeda dengan perempuan lain yang ada di lingkungannya. Ibunya lebih terpelajar, lebih cantik, modis dan modern. Inilah alasan Enrico untu
...more
Biondy
Sep 26, 2015 Biondy rated it it was ok
"Cerita Cinta Enrico" bercerita tentang Joakhim Prasetya "Enrico" Riksa, seorang anak laki-laki yang lahir sebagai bagian dari pasukan gerilyawan di daerah Padang. Tumbuh besar dalam lingkungan yang bercampur aduk antara cinta, kehilangan, dan kenakalan, Enrico tumbuh menjadi seorang pemuda yang merindukan kebebasan.

"Cerita Cinta Enrico" adalah catatan perjalanan hidup Enrico. Dimulai dengan sebuah revolusi di Sumatra Barat, dan terus berlanjut hingga hari-hari dewasanya di Jawa yang penuh lika
...more
htanzil
Dec 21, 2012 htanzil rated it liked it
Seperti biasa Ayu Utami menyajikan narasi yang menarik dalam novel biografis suaminya. Dikaitkan dengan peristiwa PRRI/Permesta. Dalam novel ini terungkap tentang operasi bayi gerilya yang dipimpin A.H Nasution yang merupakan operasi kemanusiaan yang bertujuan menyelamatkan bayi2 para gerilyawan PRRI/Permesta yang ikut bergerilya di hutan. Saya tidak tahu apakah kenyataannya memang ada?

Selain soal PRRI/Permesta ada pula tentang sekte Saksi Yehova yang dianut oleh ibu enrico, Ayu menggambarkannya
...more
Robin Hartanto
Aug 06, 2012 Robin Hartanto rated it it was ok
Saya pikir tantangan utama buku ini adalah ketika A harus memilih kapan harus berimajinasi dan kapan harus mempertahankan realita kehidupan sang tokoh. Dalam hal ini, A seperti memilih jalan aman yang kedua, dan tidak mau terlalu bergeser jauh dari kisah nyata. Tak heran, ceritanya pun jadi cenderung datar. Saya tidak menemukan klimaks yang benar-benar menyentuh saya di satu titik waktu dalam cerita. Tanpa itu, menurut saya, orang hanya akan bisa sejauh menyukai buku ini, tetapi tidak sampai mer ...more
Aqmarina Andira
Nov 03, 2012 Aqmarina Andira rated it it was amazing
"Enrico's Love Story"

Well, it took a foolish to write one entire book about his/her lover (or tweet it crazily and even put a special hashtag on it). But 'fool' is clearly not the right word to describe this book. Not even close.

Although love is the main topic in this book, but don't expect passionate devoted love story as in Nicholas Spark's or sweet impossible love story as in Cecilia Ahern's. The word 'love' in this book has a broader meaning than just romantic emotion between man and woman.

E
...more
Famega Syavira
Aug 02, 2012 Famega Syavira rated it liked it
Cukup menikmati bagian pertama waktu narasi Enrico kecil. Lalu pas Enrico dewasa, serasa baca penutupnya Parasit Lajang (dan memang benar-benar ada kalimat yang aku pernah baca dari salah satu buku Ayu Utami (kemungkinan sih parasit lajang) diulang di situ). Iman, kasih dan pengharapan, mana yang lebih besar?
Akang Rajib
Jul 05, 2012 Akang Rajib rated it really liked it
Shelves: love, novel-indonesia
Kisah yang mencinta sejarah. Cinta tidak hanya sekedar ungkapan. Cinta menjadikan itu cerita. Cerita yang dikenang sepanjang masa. Seperti 'Cerita Cinta Enrico' ini. Selamat untuk Enrico yang akhirnya menikah di usianya yang setengah abad.
Helvry Sinaga
Nov 27, 2012 Helvry Sinaga rated it really liked it
Shelves: ayu-utami


Novel tiga bab ini sangat menarik untuk dibaca sebagai bahan permenungan maupun sebagai bahan referensi sejarah. Ayu Utami mengemas peristiwa PRRI?Permesta yang dilancarkan oleh...di Sumatra Barat, Saksi Yehuwa, serta turunnya Soeharto dalam kisah yang dibawakan oleh Enrico. Enrico adalah tokoh utama novel ini. Ia menceritakan hidupnya dari mulai masa kecil hingga ia berusia lima puluhan.

Enrico membuka kisahnya dengan menceritakan kisah ibunya terlebih dahulu. Ibunya bernama Syrnie Masmirah dan
...more
Stebby Julionatan
Jun 30, 2012 Stebby Julionatan rated it really liked it
ENRICO, SEBUAH PERJALANAN PERSONAL AYU

JUDUL BUKU : CERITA CINTA ENRICO
PENULIS : AYU UTAMI
PENERBIT : KPG (KEPUSTAKAAN POPULER GRAMEDIA)
EDISI : CETAKAN I, FEBRUARI 2012
TEBAL : 244 + iv halaman
ISBN : 9789799104137
PERESENSI : STEBBY JULIONATAN *)

Bertahun-tahun menjadi orang percaya, kita senantiasa hanya memposisikan diri sebagai “Domba yang Hilang”, domba yang tersesat dari kawanannya. Sebagai domba yang selalu minta dicari dan diperhatikan oleh Tuannya. Tapi, pernahkan kita mencoba untuk memposisi
...more
Indah Threez Lestari
535 - 2014

Salah satu tema Posbar BBI bulan ini adalah Khatulistiwa Literary Award.

Ada sih, buku-buku KLA yang sudah pernah kubaca tapi belum sempat (baca: malas) kubuat reviewnya. Tapi setelah bongkar-bongkar tumpukan buku yang belum terbaca di sudut kamar kosku, ternyata ada juga beberapa judul buku KLA yang nyempil, baik yang juara maupun yang nominee. Nah, kesempatan nih, lumayan buat mengurangi jumlah tumpukan buku tak terbaca yang makin merajalela. Setelah cap-cip-cup kembang kuncup antara
...more
Hadiyanti Ainun
Nov 04, 2016 Hadiyanti Ainun rated it really liked it
cerita cinta pertama yang membuat saya mikir, cerita cinta yang bagus nggak selalu disampaikan dengan terlalu romantis. buat saya sih buku ini berhasil bikin hanyut dan membawa kita ikut berempati dengan semua yang dialami enrico. ayu selalu menceritakan semuanya tanpa mengurangi kekurangan2 para tokoh. selalu jujur menceritakan kekurangan mereka, tapi juga menerima dan beranggapan itu hal wajar. proses, lagi-lagi proses. ayu menceritakan bagus jelek, semuanya, sebagai proses menuju kematangan h ...more
Yessica
Dec 26, 2016 Yessica rated it liked it
Awalnya kurang sreg sama judulnya, tapi karna penulisnya Ayu Utami, jadi kuputuskan membaca.
Awal hingga pertengahan masih seru, ending-nya sudah mulai agak membosankan, entahlah, mungkin karna hampir seluruh cerita di buku ini berdasarkan kisah nyata dari suami Ayu Utami sendiri, atau memang aku sendiri yang kurang sreg. Overall, worth try.
A. Moses Levitt
Feb 24, 2012 A. Moses Levitt rated it really liked it
Shelves: sophie, big-history, viksi
Akhirnya Ayu Utami rilis satu buku lagi. menandakan bahwa dia tidak pernah berhenti melihat sekitar dan mendengungkan Jas Merah. Sebuah buku dengan cover yang lumayan menarik mata. Dengan gambar-gambar gokil sekaligus menjelaskan secara gamblang kemana arah tulisan Ayu.

Buku berwarna begitu mencolok ini berisikan kisah dari seorang anak lelaki, Enrico--Prasetya Riksa. Ibunya, Syrnie Masmiras, perempuan Jawa Zending itu menamai putranya Enrico sesuai penyanyi kecintaannya, Enrico Caruso, seorang p
...more
Aditya Hadi
Feb 21, 2012 Aditya Hadi rated it really liked it
Enrico adalah anak kebetulan ... karena ibunya, Synie Masmirah bertemu ayahnya, Muhammad Irsad di kala pria itu kebetulan baru saja mencukur janggut dan berhenti merokok, hingga muncullah benih-benih cinta di antara mereka.

Enrico adalah anak pemberontak ... yang ketika bayi terpaksa keluar masuk hutan demi menghindari desing peluru dari tentara tanah airnya sendiri.

Enrico adalah seorang pecinta ... namun sejak kecil cinta itu telah direnggut oleh ketukan pintu Pendeta Yehuwa.

Enrico adalah seoran
...more
Zulfy Rahendra
Sep 20, 2014 Zulfy Rahendra rated it liked it
Shelves: lokal
3,5 bintang lah.

Menurut saya, jauh lebih baik daripada Parasit Lajang yang kebanyakan opini Mbak Ayu. Ini juga sebenernya banyak keselip opini sama pandangan si Enrico sih, yang adalah suaminya Mbak Ayu juga. Tapi menceritakannya secara biografi gini, dan lebih-lebih karena ada sisipan cerita sejarahnya, bikin saya ga bosen dan seneng-seneng aja bacanya. Soal masa kecil Enrico, bagian bagaimana masa kecilnya membentuk dia yang sekarang, membentuk pemikiran-pemikirannya yang sekarang, adalah bagi
...more
Fertina N M
Apr 06, 2013 Fertina N M rated it really liked it
Buku ini merupakan buku ketiga karya Ayu Utami yang saya baca. Lebih renyah dibanding dua buku terdahulu yang saya baca, Saman dan Larung. Yang saya sadari lagi adalah Ayu jarang menggunakan dialog antar tokoh di ketiga bukunya, sejauh ini tinggal dibuktikan dengan membaca lagi seluruh karyanya.

Sudah banyak yang tau, kisah dalam buku ini menceritakan tokoh Enrico dan kehidupannya. Dari mulai awal (yang ia rasa) ia melihat dunia hingga ia memilih sendiri dunianya. Saya sangat suka dengan penggamb
...more
Indriyani Santoso
Sep 17, 2016 Indriyani Santoso rated it really liked it
Ayu Utami cukup lugas memaknai kehidupan cintanya dengan Erik Prasetya.
Dan seperti apa yang disampaikannya pada buku ini, teori Freud tentang oedipus complex diceritakan sampai ke fase ketidaksadaran.
Di akhir, kesimpulannya adalah cinta dicari untuk melengkapi yang dirindukan, yang pernah hilang, ataupun pernah menjadi harapan di masa kecil.

Bagaimana masa kecil mempengaruhi diri, contohnya dinarasikan lengkap di buku ini.
Pipit Vivitasari
Apr 22, 2014 Pipit Vivitasari rated it liked it
Enrico dan Revolusi
Lewat roman sejarah yang hadir di tengah kemunculan novel roman misteri ini, Ayu Utami ingin mengajak pembaca untuk memaknai ulang sejarah Indonesia. Peristiwa-peristiwa yang terjadi sengaja dihadirkan dalam fragmen personal lewat sosok "aku"(Enrico) yang seolah mewakili pemberontakan Pemerintahan Revolusioner Republik Indonesia (PRRI). Pada bab pertama, diceritakan bahwa kelahiran Enrico, seperti halnya pecahnya revolusi tersebut merupakan hal yang sia-sia.
"Bentukku meramalka
...more
Diah Sukmawati
May 17, 2014 Diah Sukmawati rated it really liked it
Kaget saya ngasih 4 bintang? Iya saya juga kaget eih karena novelnya, mmm tidak seburuk bayangan saya.

Tadinya kan sudah diberi tahu oleh seorang teman, "Bah... novelnya mengecewakan, jeleekk!" dan dia lebih expert di bidang analisis sastra (walaupun pada ujungnya tetap saja sastra itu selera). Tapi karena ini adalah buku kedua dari trilogi parasit lajang (dan buku pertamanya saya kasih 1 bintang btw) jadi okelah, baca aja lanjut... dan ternyata... Bagus :)

Awalnya saya bingung kenapa novel yang s
...more
Feby
Feb 21, 2012 Feby rated it really liked it
Awalnya, saya agak bingung dengan arah mana cerita ini dibawa. Sampai halaman ketujuhpuluhan kok ceritanya masih melulu tentang hidup Enrico tanpa perkembangan berarti. Maklum, terbiasa dengan tulisan-tulisan Ayu sebelumnya yang selalu sarat makna tentang ideologi, sosial, politik atau apalah, yang selalu dah dijabarkan beliau semenjak cerita dibuka.

Tetapi ternyata memang maknanya dijabarkan belakangan. Ya, ini memang menceritakan kehidupan seorang bernama Prasetya Riksa yang dipanggil Enrico.
...more
Muhammad Rafiuddin
Dec 13, 2016 Muhammad Rafiuddin rated it liked it
yah.. akhirnya lengkap sudah trilogi parasit lajang ku baca. sangat menarik pembawaan cerita enrico oleh ayu..
Rotua Damanik
Dec 06, 2014 Rotua Damanik rated it liked it
Buku ini sebenarnya bercerita tentang perjalanan hidup seseorang bernama Enrico. Lelaki yg lahir di Pulau Sumatera bertepatan dengan pecahnya pemberontakan PRRI. Lekaki ini akhirnya bertemu dengan Ayu Utami, sang penulis, dan menjadi suaminya. Enrico sebenarnya bukan siapa-siapa. Bukan tokoh politik, bukan selebritis, bukan tokoh terkenal pula. Tapi Ayu Utami berhasil mengangkat kisah hidupnya berbalut sejarah Indonesia dengan apik di buku ini. Bagi saya pribadi, membaca buku ini bukan hanya mem ...more
Samsara
Jan 04, 2015 Samsara rated it it was amazing
A lot of people say Ayu used a lot of repitition details, but I enjoy this book from beginning til the last page. Everything I love is in the story! Military, West Sumatra, some historical facts and basically an autobiography novel of how a boy went through transition to become a man he is. It is not a total non-fiction, I believe, since the book is based from the real life story of the man, who is eventually married to Ayu; but since Ayu brings up the important events and incidents from his lif ...more
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Maryam
  • Amba
  • Pulang
  • Gadis Kretek
  • Lampuki
  • Kitab Omong Kosong
  • Canting
  • Namaku Hiroko
  • Tarian Bumi
  • Orang-orang Proyek
  • Rumah Kopi Singa Tertawa
  • Surat Panjang Tentang Jarak Kita yang Jutaan Tahun Cahaya
  • Partikel
  • Gadis Pantai
491233
Justina Ayu Utami atau hanya Ayu Utami (lahir di Bogor, Jawa Barat, 21 November 1968) adalah aktivis jurnalis dan novelis Indonesia, ia besar di Jakarta dan menamatkan kuliah di Fakultas Sastra Universitas Indonesia.
Ia pernah menjadi wartawan di majalah Humor, Matra, Forum Keadilan, dan D&R. Tak lama setelah penutupan Tempo, Editor dan Detik pada masa Orde Baru, ia ikut mendirikan Aliansi Jurn
...more
More about Ayu Utami...

Share This Book



“May, tahu surat Rasul Paulus kan? 1 Korintus 13. Pada akhirnya adalah tiga hal ini: iman, pengharapan, dan kasih; dan yang paling besar di antaranya adalah kasih. Berbuat kasih itu lebih besar daripada iman sekalipun. Kok bisa menyiar jadi segala-galanya!” 3 likes
More quotes…