Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “33 Pesan Nabi Vol. 2: Jaga Hati, Buka Pikiran” as Want to Read:
33 Pesan Nabi Vol. 2: Jaga Hati, Buka Pikiran
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

33 Pesan Nabi Vol. 2: Jaga Hati, Buka Pikiran (33 Pesan Nabi #2)

4.41  ·  Rating Details  ·  726 Ratings  ·  80 Reviews
Membaca buku ini, belajar agama bisa sambil tersenyum. Buku ini adalah sebuah komik, tapi bukan sekadar komik yang menceritakan cerita fiksi ataupun cerita humor. Buku ini menyajikan hadis-hadis Bukhari dan Muslim yang sering berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Melanjutkan sukses buku sebelumnya (33 Pesan Nabi: Jaga Mata, Jaga Telinga, Jaga Mulut) yang laris manis da ...more
Paperback, 160 pages
Published February 2012 by Zaytuna
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about 33 Pesan Nabi Vol. 2, please sign up.

Be the first to ask a question about 33 Pesan Nabi Vol. 2

Community Reviews

(showing 1-30 of 1,369)
filter  |  sort: default (?)  |  Rating Details
Nor Azzah
Jan 16, 2015 Nor Azzah rated it it was amazing
Bacaan sempena Sambutan Maulidur Rasul. Menghayati sunnah.

Suka dengan buku ini. Disampaikan dengan komik santai tetapi mengesankan.

Tiap satu topik disandarkan dengan hadith.

Di antaranya komik berkenaan suruhan agar menyayangi dan menghormati anak yatim, disandarkan kepada hadith riwayat Bukhari, dari Sahl bin Sa'd RA "Aku dan orang yang melindungi anak yatim, di dalam syurga nanti adalah seperti ini. Baginda menunjukkan jari telunjuk dan jari tengahnya."
Don ツ
Apr 13, 2016 Don ツ rated it it was amazing
Shelves: mine
best! tapi nampaknya kena beli lagi satu buat simpan. copy ini dah beri anak cikgu. harap2 dia baca dan tak koyak2
indri
Nov 26, 2012 indri rated it really liked it
Shelves: graphic-novel
Pernah pada suatu perjalanan pulang sembari melihat kota yang dipenuhi baliho wajah calon kepala daerah, aku bertanya pada seorang sahabat (yang kebetulan agak beken), “Kamu nggak pernah ditawari jadi caleg?”
Lalu jawabnya sambil tertawa,”Emang nggak ada pekerjaan lain yang lebih halal, In?”
Hahaha, rupanya jadi caleg sudah sedemikian parahnya sampai membuat orang malu untuk menjabatnya. Seandainya semua orang menyadari bahwa menjadi wakil rakyat adalah tanggung jawab, bukannya sesuatu hal yang
...more
Amanda Sastri
Oct 26, 2013 Amanda Sastri rated it it was amazing
Recommends it for: Muslims
Shelves: islam
Sunnah itu simple. Ga ketemu something njelimet yang aneh-aneh. Inget kata Rima, yang bikin kita ga ngikutin sunnah itu 'karena kesombongan dan keegoisan kita'. Karena aslinya sunnah mengikuti keimanan kita, dan sebenernya iman itu something simple yang diberatin sama ego aja.

Buat gw ini lebih bagus dari yang pertama sih. Lebih banyak 'kisah teladannya'. Dan semua kisah teladan itu bisa banget yah nyambung dengan banyaknya sunnah shahih yang udah ada. Jadi berpikir kalau emang kompas kehidupan k
...more
Nike
May 20, 2012 Nike rated it really liked it
Vbi Djenggotten selalu bagus menurutku.
Beli buku ini padahal buku pertama blom punya dan blom baca.
Tapi selalu menarik, jadi kita bisa tau banyak pesan nabi dari komik yang mudah dicerna (walo sepertinya bukan untuk anak-anak ya).

dibuku ini baru tau klo Vbi udah gak resign dari antv ya? itu beneran kan ya?
semoga ada vol 3 dan selanjutnya untuk buku ini ya.
Limau Nipis
Sekiranya buku 1 lebih kepada comic strips yang ringkas, di dalam buku 2 ini lebih kepada kisah kehidupan penulis sendiri - dikomikkan - dan di mana beliau bertemu dengan watak-watak yang mendekatkan diri kepada Allah.

Syukur banyak kisah kecil yang membuatkan kita berfikir.
Shahkang
Dec 23, 2014 Shahkang rated it really liked it
Beli versi Bahasa Malaysia di Kuala Lumpur. Sangat bermanfaat, kelakar dan mudah meresap ke dalam ingatan para remaja. Disyorkan untuk beli untuk anak-anak remaja memahami dan menghayati maksud hadis Rasullullah dengan contoh-contoh harian.

Ada beberapa hadis yang lebih kurang sama maksudnya - anak yatim, sedekah. Jadi boleh pelbagaikan lagi dalam keluaran seterusnya (saya hanya baca satu ini saja, tak sempat nak beli semua!)

Tahniah kepada pelukis!

- dibeli di Kedai Buku 1 Malaysia, Pudu Sentral
...more
Aristi Pratomo
Jul 08, 2013 Aristi Pratomo rated it really liked it
#parr!!
*ketampar

buku ini dapet pinjem via #Lendabook :D karangan vbi_djenggotten, dengan gambar yang khas, beda dengan komikus lain. ceritanya ringan tapi najleb pisan. dan semua cerita ini berhubungan dengan hadist yang ditulis di akhir setiap cerita. ada 33 hadist sahih Bukhari-Muslim yang jadi topik disini, beberapa tidak banyak dikenal (atau mungkin saya yang cupu x_x), semuanya dekat sekali dengan kehidupan kita dan pernah terjadi pada kita (pada saya khususnya ^^v)

nah, hadist yg ngejleb da
...more
Arkian Widi
Sep 25, 2012 Arkian Widi rated it really liked it
Saya ‘Dijewer’ Komik

Identitas sebagai seorang muslim sudah seharusnya selalu menjiwai di tiap kerja dan karya. Sehingga yang keluar merupakan hal esensial, konstruktif, menggerakkan dan membawa kemaslahatan. Tak terkecuali bagi komikus. Komik untuk sebagian orang hanya bacaan ringan atau hiburan senggang yang diletakkan di kolom belakang surat kabar. Namun di tangan seorang muslim, tiap strip komik adalah pesan kenabian yang dibalut ringan dan kocak tanpa bermaksud menggurui.


Cara Unik Pahami Had
...more
Cici Pratama
Nov 07, 2012 Cici Pratama rated it really liked it
Lagi-lagi Vbi_djenggotten ngingetin aku buat men-jaga hati, buka pikiran. Dari keseluruhan, yang namanya cerite dari Vbi_djenggotten pasti ngehibur. Tidak. Bukan hanya menghibur yang bikin psikis jadi rusak. Justru membuat sesuatu yang berbeda. Diiringi dengan lantunan sabda Rasulullah SAW yang sangat mengetuk hati sekaligus pikiran.

Kartunnya yang sangat menakjubkan dan unyu-unyu bikin mata melek. Percakapan yang terlontarkan sangat menginspirasi. Serta hadits-hadits Nabi yang seharusnya kita *e
...more
Nadira Syahidah
May 18, 2014 Nadira Syahidah rated it it was amazing
Ini buku volume 2 nya. Tetep aja ga pernah mengecewakan. Saya berharap banget buku ini harusnya ada 50 volume atau lebih, biar ngalahin komik-komik manga hahaha. Sumpah keren banget. Selain terhibur karena ilustrasi nya yang keren, disini kita bisa dapet pelajaran agama juga. Very recommended buat yang lagi nyari bacaan ringan tapi tetap ada unsur agama nya. Thank you Vbi Djenggotten!
winda
Oct 29, 2014 winda rated it it was amazing
Shelves: my-bookshelf
ah, meskipun ceritanya dan ilustrasinya dibuat locak tetep ajaa saya ngerasaa... sedih dan bersalah. Merasa menjadi buih di lautan :'(
merasa bebas-bebas aja melakukan ini-itu, padahal..
Dari Abu Hurairah RA, ia berkata: "Dunia adalah penjara bagi orang mukmin dan surga bagi orang kafir" (HR.Muslim)
Diah Fitri Ekarini
May 16, 2014 Diah Fitri Ekarini rated it it was amazing
Sama seperti bukunya yang pertama, buku Vbi Djenggoten yang kedua ini saya kasih 5 bintang. :)
Selalu suka buku berilustrasi, terutama yang komik kayak gini.
Dan entah kenapa, cara penyampaian yang seperti ini kadang lebih 'ngena'. *Ya, nggak? #haha*
Muhamad Alfarisi22
Oct 11, 2014 Muhamad Alfarisi22 rated it it was amazing
Shelves:
This review has been hidden because it contains spoilers. To view it, click here.
Hendro
Feb 26, 2014 Hendro rated it really liked it
kelanjutan dari seri yang pertama, semakin seru,,,,saya membacanya dengan pelan-pelan perhalaman, sayang klo cepet-cepet dihabiskan, abisnya tipis banget :)
sukses ya mas
asdewi
Aug 07, 2012 asdewi rated it really liked it
Shelves: nonfiksi, 4-bintang
Saya jarang kesindir pas baca buku (dasar bebal!).

Tapi ada 1 hadist di buku ini yang nyepet saya banget.
DI halaman 44 :

Dari Abu Huraurah Ra., ia berkata :
"Rasulullah SAW bersabda "Dunia adalah penjara bagi orang mukmin dan surga bagi orang kafir".
(HR. Muslim)


#Dheg!
Selama ini seperti apa saya melihat dunia?
Penjarakah? Atau malah Surga?
Hadist singkat itu menohok saya dan membuat saya termenung rada lama.

Oya suka dengan artwork dan gaya penceritaan komik ini. Mendidik namun tak menggurui.

Bravo mas
...more
Siti Nur Bazilah
Mar 03, 2013 Siti Nur Bazilah rated it it was amazing
Alhamdulillah, such an eye-opening comic, written humbly yet filled with rich information and necessary humour. Reminders here and there to open the eyes, heart and mind, that this world is just temporary, and that akhirat is our destination, forever.

Ya Allah, the owner of my heart, make me your obedient slave who submits only to You and only You, and make me Your khalifah in this world, to wake your slaves who are still sleeping. Make me steadfast in Your path, and help me... Protect me... Ins
...more
Darnia
Buku yang diawali dengan buih dan diakhiri dengan buih :) Dan masa gw nangis di cerita tentang pak Bos dan mas Gun lho!!

Saya merasa, memang ada yang perlu diluruskan dalam pikiran saya [hal 33]

Baca komik ini bikin ati adem. Mana gw bacanya menjelang Maghrib lagi. Sebelum baca ini, gw lagi marah sama seseorang. Lha kok langsung dikasih peringatan di hal.18

Dari HR. Muslim:
"Siapakah yang kalian anggap perkasa?" Kami menjawab:"Orang-orang yg tidak bisa dikalahkan oleh siapapun." Nabi SAW. bersab
...more
Nur Lailatur Rahmah
Aug 09, 2014 Nur Lailatur Rahmah rated it it was amazing
Shelves: motivation, islamic, comic
Worth a read! Ini nih, komik yang berbobot, gak asal ngarang cerita dan gambar tapi juga benar-benar ada isinya. Barakallah :)
Nida Tsaura
Oct 07, 2014 Nida Tsaura rated it liked it
lucu juga, lumayan untuk bacaan selingan dan hiburan tapi tetap bermanfaat. Gambarnya sudah halus, tokohnya juga lucu, bagus untuk selingan selingan
Rysal Habibullah
Apr 27, 2015 Rysal Habibullah rated it it was amazing
Setelah saya baca buku ini banyak hikmah dan Pelajaran yg dapat saya ambil, selain itu gambar juga lucu.....
Samhan
Oct 11, 2015 Samhan rated it really liked it
mantap bukunya, stengah jam slesai tapi begitu banyak ilmu yang dapat diperoleh :))
nur Ihsan
Dec 30, 2014 nur Ihsan rated it really liked it
persembahan yg baik.tp hadis tidak boleh difahami secara literal shj
Anggi Hafiz Al Hakam
Nov 21, 2012 Anggi Hafiz Al Hakam rated it it was amazing
Sama seperti komik volume pertama, @vbi_djenggoten kali ini bermain lebih dalam pada pemaknaan hadits-hadits yang diselipkan. Pemaknaan tersebut erat kaitannya dengan pengalaman-pengalaman dalam menjaga hati dan membuka pikiran. Dalam komik kedua ini, ada beberapa sketsa panjang. Skeetsa tersebut menampilkan cerita yang lebih detail seputar pemahaman dan pengamalan hadits. Cerita tentang si Gun yang mampu membuat bosnya bertaubat, is truly my favourite.

Learning hadits was never so much fun! We n
...more
Ruqaiyahq
Jul 14, 2015 Ruqaiyahq rated it really liked it
waktu bosan ambik this comic and read .
bermanfaaat loll .
Dewangga Dwinanda
Jun 22, 2014 Dewangga Dwinanda rated it it was amazing
Meneruskan vol.1 , menghibur dan mendidik :)
Fazila
Apr 05, 2014 Fazila rated it really liked it
Cara kreatif menyampaikan dakwah...
Muhammad
bagus
Diah Didi
Jun 06, 2012 Diah Didi rated it it was amazing
Mengikuti buku pertama, buku kedua ini juga bagus bangeeeeet. Ada setidaknya 4 cerita yang sangat menyentil dan membuat saya langsung merenung dan mengevaluasi. Kalau saja nggak baca di bis yang dipenuhi teman-teman, saya pasti sukses meneteskan air mata.
Ending-nya membuat saya berpikir, siapkah saya bila melakukan hal yang sama?
Jadi mikir juga, apakah saya seperti buih-buih di lautan sana?

Buku ini kudu wajib mesti punya!
Mudah2an Tuhan memberkahi Mas vbi_djenggotten.
Fitria Mayrani
May 27, 2012 Fitria Mayrani rated it it was amazing
Selalu memberikan apresiasi yang besar pada komik ini. Kalo di volume 1 hadistnya ya cuma diretell aja, dibikin menarik cerita dan dibikin lucu. Kalo di volume 2 ini hadistnya dikaitkan dengan pengalaman si penulis sendiri. Ada haru, ada hikmah, ada pelajaran hidup.

Yang paling saya suka dari komik ini adalah bonus stikernya, hihihihi. Coba ya setiap beli buku ada bonusnya kayak gini. Ehhmmm, gimana nih Mas Vebi komiknya ada kelanjutannya lagi kah???
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 45 46 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Married with Brondong
  • Hidup Itu Indah: Kumpulan Komik Opini
  • Sepeda Merah Vol. 2: Bunga-Bunga Hollyhock
  • Siang dan Malam (Agen Polisi 212, #1)
  • Real Masjid - Komik Strip Religi dan Pekerti
  • Dari Presiden ke Presiden, Buku 1: Tingkah Polah Elite Politik
  • Saksikan Bahwa Aku Seorang Muslim
  • How To Master Your Habits
  • Duo Hippo Dinamis : Tersesat di Byzantium
  • Open Your Heart, Follow Your Prophet
  • Teka-Teki Terakhir
  • Generasi 90an
  • Muhammad: Para Pengeja Hujan
  • Asal-usul Sawung Kampret & Pendekar Baju Belang dan Pipi Tembem Bagian 1 (Legenda Sawung Kampret)
Veby Surya Wibawa better known by his pen name, Vebi Djenggotten.
More about Vbi Djenggotten...

Other Books in the Series

33 Pesan Nabi (4 books)
  • 33 Pesan Nabi: Jaga Mata, Jaga Telinga, Jaga Mulut
  • 33 Pesan Nabi Vol. 3: Jaga Sikap, Raih Kebaikan
  • 99 Pesan Nabi: Edisi Lengkap Komik Hadis Bukhari-Muslim

Share This Book