Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Dimsum Terakhir” as Want to Read:
Dimsum Terakhir
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Dimsum Terakhir

3.58  ·  Rating Details ·  1,007 Ratings  ·  128 Reviews
(Cetak ulang cover baru)

A novel about being single and becoming part of a family... when everything is going totally wrong.


Empat perempuan kembar yang mempunyai empat kehidupan berbeda. Empat masa depan yang membingungkan. Empat rahasia masa lalu yang menghantui. Dan satu usia biologis yang terus berdetik.

Siska, Indah, Rosi, dan Novera terpaksa harus pulang untuk mendampin
...more
Paperback, 368 pages
Published February 9th 2012 by Gramedia Pustaka Utama (first published 2006)
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Dimsum Terakhir, please sign up.

Be the first to ask a question about Dimsum Terakhir

This book is not yet featured on Listopia. Add this book to your favorite list »

Community Reviews

(showing 1-30)
filter  |  sort: default (?)  |  Rating Details
erry
May 12, 2009 erry rated it really liked it  ·  review of another edition
Ramalan zodiak, shio dan horoskop mengatakan kalau nasib dan sifat orang ditentukan dari tanggal dan bulan kelahiran. Itu berarti orang yang lahir pada tanggal dan bulan yang sama, bahkan tahun yang juga sama akan memiliki nasib dan sifat yang sama.

Ramalan hanya tinggal ramalan. Yang tidak bisa dipercaya dan dipertanggungjawabkan kebenarannya. Buktinya, Siska, Indah, Rosi dan Novera - empat orang saudara kembar yang pastinya lahir di hari, tanggal, bulan dan tahun yang sama tumbuh dan besar den
...more
Helvry Sinaga
May 13, 2009 Helvry Sinaga rated it liked it  ·  review of another edition
Shelves: clara-ng
Sebelumnya saya tidak tahu manakah yang disebut dimsum itu, sampai suatu saat saya pernah memakannya di sebuah rumah makan dan saya menyukainya. Sebuah iklan di Hotel Borobudur makan dimsum sepuasnya (all you can eat) sebesar 200ribuan, saya hanya membayangkan dimsum yang tadinya sebagai makanan khas imlek, menjadi makanan mewah di hotel adalah suatu keistimewaan atau kebanggaan bagi masyarakat Tionghoa.

Empat orang anak kembar. Empat model karakter. Tidak ada hubungan antara anak kembar dengan k
...more
Vera Mensana
Dec 27, 2007 Vera Mensana rated it really liked it  ·  review of another edition
Menurut saya, ini buku Clara Ng yang paling bagus, krn maknanya bagus, dan pas dalam penggambaran pergulatan jiwa tokoh2 dalam cerita. Novel ini indah dalam makna dan penuturan. Penggambaran situasi dan kondisi mengenai waktu dan tempat terasa pas, cocok. Keindahan yang tersirat dalam hubungan antar jiwa manusia, antara manusia dengan tradisinya, antara saudara kandung, antara orang tua dan generasi penerusnya. Keindahan tentang penerimaan, penghargaan, dan cinta; walau kadangkala sarat pula den ...more
htanzil
Dimsum adalah makanan khas Cina, banyak sudah restoran-restoran Chinese food meyuguhkan Dimsum dalam daftar menunya. Dimsum adalah istilah dari bahasa Kanton dan artinya adalah "makanan kecil". Biasanya dimsum dimakan sebagai sarapan dan dihidangkan dalam keranjang /besek bulat yang terbuat dari bambu yang disusun secara bertingkat-tingkat. Isinya sendiri beragam, biasanya terdiri atas daging ayam, ceker, bakpao, siomay, sayuran, dll yang kesemuanya dimasak dengan cara dikukus.

Sebenarnya Dimsum
...more
nat
Apr 06, 2010 nat rated it really liked it  ·  review of another edition
Shelves: various-fiction
Salah satu buku yang saat membaca beberapa bagiannya membuat sesuatu menyesak di dada, dan menggulirkan butiran bening di pelupuk mata..

Setelah sekian lama mencari, akhirnya kudapat, dan begitu inginku mengetahui detil ceritanya, sehingga kutinggal buku lainnya.

Cantik sekali, cara Clara Ng menyampaikan pesannya..
Sangat nyaman untuk dibaca, kata-katanya mudah dipahami..
kehangatan menyeruak saat aku membaca indahnya kasih sayang di antara keempat perempuan kembar ini, walau jalan mereka begitu ber
...more
Hilda
Mar 20, 2010 Hilda rated it liked it  ·  review of another edition
Recommended to Hilda by: Mia Prasetya
Shelves: indonesia
Empat wanita. Empat kehidupan yang berbeda. Dan empat rahasia gelap.

Siska Yuanita, yang memandang hidup dengan sinis dan serba praktis. Terobsesi pada kebebasan. Sakit hatinya karena dikhianti tunangannya membuatnya tak percaya cinta. Apalagi pernikahan!

Indah Pratidina, yang serius dalam segalanya. Jiwanya yang pemimpi dan optimis membuatnya percaya dan mengharapkan pada banyak hal yang hampir mustahil. Dan pribadinya itulah yang sekarang menjerumuskannya ke dalam masalah.

Rosi Liliani, sang pemi
...more
Tiara Orlanda
Review selengkapnya https://bookishstory.wordpress.com/20...

Sudah lama aku tertarik dengan judul buku ini namun tak pernah menyempatkan membaca sinopsisnya. Setelah membaca sinopsisnya aku langsung tertarik untuk membaca Dimsum Terakhir karena aku suka dengan cerita yang bertema keluarga seperti ini.

Aku sebenarnya sering terhambat apabila membaca buku-buku tebal seperti ini yah setidaknya menurutku ini tebal. Tapi saat membaca buku ini aku bisa menyelesaikan dengan cepat karena memang buku ini m
...more
Andri
May 13, 2009 Andri rated it really liked it  ·  review of another edition
Di antara buku-buku karya Clara Ng, yg terbaik menurut gw adalah DT ini. Berkisah tentang kehidupan 4 anak kembar, cewek, yang kemudian masing-masing telah dewasa, kemudian waktu mempertemukan mereka kembali untuk satu urusan.

Kelebihan lain -ini yg gw catat-, ada hal-hal yang kontroversi tapi berhasil diangkat oleh Clara secara natural. Membuat kita bertanya-tanya pada diri sendiri... apakah kita akan menerima, atau tidak. Tidak ada unsur menggurui, karena memang sesungguhnya hidup adalah piliha
...more
Neeta
Feb 04, 2010 Neeta rated it it was ok  ·  review of another edition
Ceritanya cukup menarik dan dituturkan dengan gaya bercerita yang (kelewat) lancar. Banyak kalimat-kalimat dan dialog-dialog yang berlebihan (mirip novel2 chick lit) sehingga terkesan ganjil dan terasa asin (too much salt!)
Sulis Peri Hutan
Jul 11, 2012 Sulis Peri Hutan rated it liked it
Shelves: koleksiku, buntelan
review http://kubikelromance.blogspot.com/20...

Saya kerap menemui pasien di rumah sakit, khususnya pasien lansia yang sakitnya sudah parah dan hanya menunggu waktu. Katanya, alasan kenapa dia tidak segera meninggal adalah para anaknya belum berkumpul semua, saya nggak tahu benar atau salah, ini katanya orang Jawa dan adat Jawa itu sumpah banyak banget, percaya nggak percaya. Ketika membaca buku ini, tradisi itu terngiang kembali.

Nung Atasana dan Anastasia adalah pasangan suami istri keturunan Ti
...more
Yovano N.
Dimsum Terakhir mengajak kita menyelami kehidupan empat tokoh utama yang kebetulan keturunan Tionghoa, yang kebetulan (lagi) keempatnya adalah saudari kembar. Kebayang nggak sih, susahnya sang ibu ketika melahirkan mereka? Lanjuuut. Meski keempatnya adalah kembar identik alias punya wajah yang sangat mirip satu sama lain, ternyata tak diiringi dengan kesamaan kepribadian. Masing-masing punya sifat yang sangat bertolak belakang.

Mulai dari sang kakak, Tan Mei Xia a.k.a Siska, seorang business wom
...more
Anggi Hafiz Al Hakam
Mar 25, 2012 Anggi Hafiz Al Hakam rated it really liked it
Recommended to Anggi by: Anggi and The Alhakam, @clara_ng
Fascinating as always.Pencarian hidup tentang identitas, cinta, dan kebahagiaan.

The truth is what you choose to believe. (hal. 262)

Kalau Trio Chairil Anwar, Rivai Apin, dan Asrul Sani punya Tiga Menguak Takdir maka Clara Ng punya Empat Menguak Takdir. Bukan untuk membanding-bandingkan tetapi jelas bahwa empat orang karakter utama dalam buku ini sengaja diciptakan untuk mengupas takdir mereka masing-masing. Empat perempuan kembar dengan empat lini masa yang berbeda. Empat perempuan yang berjuang
...more
Margono
Jan 12, 2013 Margono rated it really liked it  ·  review of another edition
Keluarga Adalah Segala-galanya.
Itulah hal yang gw tangkap begitu selesai membaca buku ini.

Dimsum Terakhir. Satu lagi karya dari Clara Ng, Seperti beberapa buku lainnya, buku ini diterbitkan oleh penerbit Gramedia. Mengambil format standar (20 cm), rasanya buku ini pas untuk dibawa kemana saja, atau hanya sekedar menghiasi rak buku. Sesuai dengan latar belakang bukunya, cover buku ini di dominasi warna merah, dengan font bernuansa oriental dan ilustrasi 4 perempuan dari leher sampai kaki -tanpa
...more
Dedul Faithful
Apr 30, 2016 Dedul Faithful rated it it was amazing  ·  review of another edition
Judul: Dimsum Terakhir
Pengarang: Clara Ng
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Terbit: Cetakan Pertama, April 2006
Tebal: 368 halaman

Hari itu aku berencana mengunjungi perpustakaan kampusku yang ada di gedung baru. Suasana nyaman di perpustakaan membuat mood membacaku naik drastis. Pun mood untuk memilih buku bagus rasanya naik berkali-kali lipat, maka hari itu tanggal 29 April 2016, aku meminjam buku untuk pertama kalinya di semester enam, buku yang telah terbit sepuluh tahun lalu, Dimsum Terakhir. Ak
...more
Erta Lin
Feb 11, 2012 Erta Lin rated it really liked it
Shelves: my-lil-bookshelf
Unik. Khas Clara Ng. Begitulah kesan saya. Novel yang satu ini pun demikian. Dimsum Terakhir merupakan sebuah kisah keluarga yang penuh haru dan konflik batin dalam pribadi keempat tokoh kembar yang dicipatakan oleh Mbak Clara.
Siska, Indah, Rosi, dan Novera. Boleh saja mereka kembar empat. Namun karakter dan jiwa mereka berbeda total. Masing- masing dari mereka hidup dalam problema yang terpendam selama hidup mereka.
Siska, wanita yang sukses meniti karir di Singapura dan memiliki prinsip untuk
...more
Anastasia Cynthia
Satu kata, Brilian!

Dimsum terakhir berceloteh tentang empat saudara kembar dengan helai ceritanya masing-masing. Sudut pandang awalnya memang terkesan menjebak, kala narasi membimbing pembaca untuk menyimak keberdaan Nung Atasana yang tergolek tak berdaya pasca serangan stroke. Keempat anak perempuannya berduyun-duyun pulang. Mulai dari Indah yang cekatan, Siska yang supersibuk dan menggelar bisnisnya di Singapura, Rosi si Penjual Mawar yang bermukim di Puncak, lalu si bungsu, Novera, yang kini
...more
Uthie
May 10, 2012 Uthie rated it really liked it
Shelves: favorites
Aku tidak percaya pada dimsum terakhir. Papa dan Mama akan selalu hadir dalam perayaan Imlek kita."

Siska, Indah, Rosi, dan Novera, anak perempuan pasangan Anas dan Nung Atasana. Mereka bukan sekedar perempuan biasa karena mereka terlahir sekaligus. Iya mereka quadraplet atau kembar empat. Kini, saat Nung dalam kondisi sakit dan diprediksi tidak punya harapan hidup lagi, keempatnya harus berkumpul untuk menjaga ayah mereka. Tak hanya berkumpul, mereka juga membawa cerita tentang hidup mereka.

Sisk
...more
Siti Nurkayatun
Mar 02, 2017 Siti Nurkayatun rated it it was ok
Nambah pengetahuan tentang tradisi keluarga Tionghoa. Udah itu aja.
Fhily
berkisah tentang 4 saudara kembar, 4 putri kembar Nung Atasana dan Anas, pasangan keluarga yang adalah keturunan tionghoa. Ke4 saudara kembar bernama Tan Mei Xia (Siska), Tan Mei Yi (Indah), Tan Mei Xi (Rosi) dan Tan Mei Mei (Novera) dan nama Indonesia anak2 itu diberikan oleh pembantu mereka, Mbok Hetih. Semenjak kecil, mereka sudah menunjukkan karakter yang unik dan saling bertolak belakang. Siska yang perfeksionis, rasional dan mandiri. Indah yang kaku tapi sentimental. Rosi yang ceria dan to ...more
Amelia Handoko
Hmm. Sebenarnya saya bingung harus mengawali review ini dengan kata-kata yang seperti apa. Kekecewaan saya sama buku berauthor Indonesia masih belum terobati. Gak, saya ga bilang buku ini jelek, dan buku ini tidak menjawab ekspetasi saya, hanya saja rasanya buku ini kurang memuaskan. Pada halaman2 pertama, saya udah antusias banget, pokonya sekitar 50 halaman pertama itu bagus deh, ga kerasa bacanya, tau2 saya udah nyelesein 42% buku ini (tau dari update status di GR, uahaha). Dan saya baru ngeh ...more
Ferina
Jul 12, 2007 Ferina rated it really liked it  ·  review of another edition
Shelves: metropop
Clara Ng mengajak kita menelusuri daerah pecinan di kawasan Kota bersama empat perempuan kembar, Siska Yuanita – seorang eksekutif muda yang bermukim di Singapura yang selalu ceplas-ceplos dan to the point kalau bicara, Indah Pratidina – wartawan, sekaligus penulis novel yang sering gagap kalau sedang panik, Rosi Liliani – si tomboi yang punya usaha perkebunan bunga di Puncak, dan yang paling muda, Novera Kresnawati – guru taman kanak-kanak di Yogya yang paling keras kepala tapi juga paling lemb ...more
Fitria Mayrani
Jun 10, 2012 Fitria Mayrani rated it liked it
Not bad... Ini adalah novel drama keluarga. Berlatar belakang keluarga Tionghoa, pasangan Anas dan Nung yang memiliki 4 anak kembar perempuan. Tan Mei Xia alias Siska, Tan Mei Yi alias Indah, Tan Mei Xi alias Rosi, dan Tan Mei Mei alias Novera. Keempatnya memiliki dunia dan profesi yang berbeda. Siska adalah manajer di perusahaannya sendiri yang berlokasi di Singapura, Indah seorang jurnalis merangkap penulis novel best seller (menulis novel best seller untuk pertama dan terakhir), kemudian Rosi ...more
Reth
Apr 26, 2016 Reth rated it really liked it  ·  review of another edition
Setelah saya menghabiskan novel ini hal yang saya katakan pertama kali adalah "wow"

Ini pertama kalinya saya membaca novel Clara Ng. Selama ini saya banyak melewati novel Clara Ng karena saya kira dia adalah penulis luar bukan penulis Indonesia. Jadi kalau membaca novel terjemahan saya sedikit malas. Saat melihat novel ini saya tertarik dan tidak tau mengapa saya ingin membacanya-biasanya saya lewatkan karena saya kira novel terjemahan. Akhirnya saya melihat ratingnya di goodreads lumayan tinggi
...more
melmarian
Jul 28, 2010 melmarian rated it really liked it  ·  review of another edition
Shelves: indonesian
Pasangan keturunan Cina Nung Atasana dan istrinya, setelah 13 tahun pernikahan, akhirnya dikaruniai empat orang anak kembar, semuanya perempuan.
Siska, Indah, Rosi, dan Novera.
Tahun-tahun berlalu setelah ibu mereka meninggal dunia, dan keempat gadis kembar yang telah dewasa menjalani kehidupan masing-masing di tempat berbeda.
Mereka dipersatukan kembali ketika Nung mengalami stroke dan harapan hidupnya tinggal sedikit.
Yang terjadi selanjutnya adalah rentetan peristiwa yang kadang konyol, kadang ju
...more
ambar wati
Feb 26, 2012 ambar wati rated it really liked it  ·  review of another edition
Sebuah cerita yang manis tentang keluarga. Setiap karakter tergali dengan baik. Alur cerita-nya wajar dan mudah diikuti. Permasalahan-permasalahan dikupas tuntas. Arti keluarga, prinsip menjadi single, makna tanggung jawab, semua ada di buku ini. Belum lagi latar belakang etnis tionghoa, yang dulu sempat terpinggirkan ikut berperan disini. Clara Ng dengan rapi mencampur aduk semua kedalam adonan dimsum yang nikmat untuk diikuti. Serta sedikit twist ttg sudut pandang penulis di akhir membuat buku ...more
Gloria Limbong
Apr 01, 2012 Gloria Limbong rated it really liked it
Shelves: romance, novel, keluarga
Ini karya pertama Clara Ng yang aku baca.
Overall aku suka cara dia merangkai kata demi kata dan kalimat demi kalimat.
Cerita-cerita sederhana dalam hidup diangkat dengan begitu indah kepada pembaca.
Kisah-kisah di dalam buku ini terasa sangat nyata dan seperti kisah sehari-hari dalam hidup.
Membuatku menghabiskan novel ini dengan perlahan namun lahap.
Ending buku ini juga nggak dipaksakan happy ending semua.
Itu bagus.
Karena belakangan ini aku melihat tren novel/cerita terlalu dipaksakan happy ending
...more
Anidos
Nov 05, 2014 Anidos rated it liked it
Shelves: ready-to-swap
I have mixed feelings towards this book. If I should describe my relationship with it, it's gonna be it's complicated. Dimsum Terakhir is such a nice piece of writing, undoubtedly, but...

Firstly, I disliked the way the author delivered those dialogs. It's so formal and unlikely happens--imho--in daily conversations. It's her style, perhaps? I heard that many readers dislike novels whose dialogs sound so Jakartans, so I guess this is just a matter of taste.

Secondly, none of the characters here we
...more
Sweetdhee
Sial! Dibbrp bab terakhir buku ini saya baca bbarengan dgn tayangan oprah dmetrotv ttg anak2 bbakat didunia.. Dua media bbeda yg mnunjukkan hal yg sama.. Believe in urself.. Hv the faith that u worth all d success,all d love,all d happiness.. No matter who u are,what u do..


4 perempuan kembar tionghoa yg sibuk dgn dunia mereka sdri,mcoba lari dr norma-norma khidupan.. Sakitnya Nung a.k.a Tan Tjin Yun,ayah mereka mbuat mereka kmbali mptanyakan dmn mereka sbnarnya bpijak didunia ini,musti dkemanaka
...more
Elsa Puspita
Sep 23, 2015 Elsa Puspita rated it really liked it
Oke, ini telat banget emang yah baru baca novel ini.
Nama Clara Ng udah lama kudenger. Siapa penggila novel yg gak kenal, atau paling gak pernah denger, namanya? Tapi baru ini aku tergerak buat baca bukunya.

Meskipun kecepatan bacaku agak lambat, disambi ngelakuin berbagai hal, jujur itu awalnya karena aku belum nemu pancingan di sini buat nerusin baca tanpa nutup bukunya. Lebih karena seleraku emang cenderung ke kontemporer/metropop. Baca novel di luar itu emang gak pernah cepet. Ehehe

Tapi, begit
...more
Femmy
Aku mungkin ngga terlalu banyak berkomentar tentang ceritanya sendiri. Secara singkat, menurutku penokohan keempat saudari kembar ini bagus, plot ceritanya menarik, penceritaannya juga lancar. Pokoknya aku menikmati membaca novel ini.

Komentarku yang lain berkaitan dengan aspek noncerita. Pertama, aku jadi geli sendiri dalam hati membaca nama-nama tokohnya, soalnya semuanya diambil dari personil Gramedia, terutama redaksi, hihihi... Karena hal ini, aku jadi merasa agak akrab dengan tokoh-tokohnya
...more
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Daisyflo
  • Cewek Matre
  • Ti Amo, Tia Amoria
  • A.M.S.A.T - Apa Maksud Setuang Air Teh
  • Cinta Paket Hemat
  • Rona Hidup Rona
  • Lullaby
  • Alita @ Heart (Alita, #2)
  • L
  • Interlude
  • Antologi Rasa
  • Pretty Prita
  • Bidadari Santa Monica
  • Quarter Life Dilemma
  • Dirty Little Secret
  • Test Pack
696212
Clara Ng adalah pengarang sejumlah novel dewasa dan juga buku anak-anak. Ibu muda berbintang Leo ini lahir di Jakarta tahun 1973. Lulusan di Ohio State University jurusan Interpersonal Comunication ini tidak pernah bercita-cita jadi penulis, namun kini karya-karyanya mengalir tanpa henti.
Novel-novel dewasa yang sudah diterbitkan adalah Indiana Chronicle: Blues, Indiana Chronicle: Lipstick, Indiana
...more
More about Clara Ng...

Share This Book