Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Detik-Detik Yang Menentukan: Jalan Panjang Indonesia Menuju Demokrasi” as Want to Read:
Detik-Detik Yang Menentukan: Jalan Panjang Indonesia Menuju Demokrasi
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Detik-Detik Yang Menentukan: Jalan Panjang Indonesia Menuju Demokrasi

3.66  ·  Rating Details  ·  297 Ratings  ·  31 Reviews
Sejarah tidak layak untuk dilupakan begitu saja. Pak Habibie menganggap, peristiwa Reformasi adalah catatan terpenting kehidupan bangsa Indonesia, termasuk detik-detik pergantian kekuasaan 21 Mei 1998.

Mengingat bahwa buku ini ditulis berdasarkan catatan harian beliau dan komentar berbagai surat kabar nasional pada masa itu maka buku ini seolah-olah merupakan rekaman ulang
...more
Paperback, Cetakan Kedua, 550 pages
Published September 2006 by THC Mandiri (first published 2006)
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Detik-Detik Yang Menentukan, please sign up.

Be the first to ask a question about Detik-Detik Yang Menentukan

Community Reviews

(showing 1-30 of 685)
filter  |  sort: default (?)  |  Rating Details
Sally Siawidjaja
Jan 21, 2009 Sally Siawidjaja rated it liked it
Recommends it for: Warga Negara Indonesia
Recommended to Sally by: Windy hapsari
Shelves: non-fiksi, politik
This review has been hidden because it contains spoilers. To view it, click here.
bahamoet
Oct 08, 2007 bahamoet rated it it was amazing
Recommends it for: Indonesian
Detik - Detik Menentukan : Jalan Panjang Indonesia Menuju Demokrasi, merupakan rekaman ulang sejarah bangsa Indonesia yang ditulis sendiri oleh Presiden Ketiga Republik Indonesia, B.J. Habibie.Dalam masa - masa tersebut dimana terjadi pergolakan di negeri ini akibat berubahnya secara drastis sistem pemerintahan sebagai tuntutan rakyat setelah Krisis Moneter yang menjatuhkan perekonomian negeri.

Memikul tanggung jawab sebagai presiden setelah Presiden Soeharto mengundurkan diri (ketika itu ia seba
...more
Windy hapsari
Jan 21, 2009 Windy hapsari rated it liked it
finally...with so many distraction arround. I completely read this book.
its more like memoir, memoir of BJ Habibie former president of Indonesia.
its interesting specially his point of view behind East Timor referendum. banyak yang mengkambing hitam kan beliau atas lepasnya Timor Leste. saya pribadi bisa mengerti mengapa beliau mengadakan jajak pendapat padahal kemungkinan Timor Leste akan merdeka sangat besar. Seperti dikatakan dalam buku ini APBD Timor Timor selama ini sebagian besar adalah dar
...more
Wahyudi
Setidaknya buku ini mampu mengungkap tentang suatu fakta yang tak pernah kita pikirkan sebelumnya...
Ahyena Zera
Nov 11, 2010 Ahyena Zera rated it it was amazing
Orang hebat yang terabaikan...
Reza Putra
Jul 20, 2010 Reza Putra rated it it was ok
Secara tidak langsung, buku ini menjelaskan beberapa kejadian yang membuat hubungan kel. Habibie dengan Cendana menjadi tidak mesra. Sisi emosional Habibie (vid. Tariq untuk Mata Najwa, 2010) terasa pekat di sini sehingga membuat buku ini lebih mirip seperti sebuah jurnal--atau bahkan diari. Oleh karenanya, penjudulannya sedikit melenceng dengan isinya yang mendetil pemikiran Habibie perihal hubungan antarpersonalnya dengan para elit politik dan cendikiawan. Di luar itu, salut dengan rangkaian u ...more
Heikal
Nov 07, 2007 Heikal rated it it was amazing
awal-awal baca ni buku bingung banget ama kata-kata'nya (beda bgt bukunya org jenius), sampe gw baca di satu bab buat memecahkan masalah negara juga pake rumus. Habibie emang bener2 outstanding person. kekuatan religius yang kuat ditambah otak yang kelewat encer (jenius banget bo...!) bikin beliau memiliki pandangan yang berbeda dalam menghadapi masalah. ini bisa jadi pelajaran buat kita dalam menyikapi suatu masalah maupun. Habibie selalu tenang dalam menghadapi situasi apapun, sesulit apapun. ...more
Indah Amelia
Oct 21, 2007 Indah Amelia rated it it was amazing
what a great book!!
i luurv history :)
but what i hate about history is that it can differ from one leader to another - on the other word, history will follow who is the leader of country..

after i read this book, at least i know the reformation process from Habibie's perspective, whom very close to it since he is the President after Soeharto.. I like him, but unfortunately many ppl still think he is one of Orde Lama ppl..

for Habibie, keep up the good work sir!!
Imanahal Raisyadil
Jun 21, 2008 Imanahal Raisyadil rated it really liked it
Bener-bener nich orang, beda banget cara pemikirannya. Buat memecahkan masalah negara juga pake pendekatan matematis. Diluar itu gue juga salut, ditengah kesibukannya masih nyempetin bikin diary. Thus, kita bisa tau informasi kelabu seputar reformasi, kisah sang jenderal yg diberi supersemar II tp ga bisa gunain, eh sekarang mo nyalonin diri jd presiden... wuih pasti nyesel banget tuch...kali...
Rita
Aug 29, 2007 Rita rated it liked it
Shelves: politic, non-fiction
Kesaksian B.J Habibie sekitar proses lengsernya Presiden Soeharto dan berbagai peristiwa yang terjadi saat ia menjadi Presiden RI, dan akhirnya menjadi polemik dan menuai isu rencana kudeta. Tapi setidaknya kita tahu apa yang terjadi pada masa itu dari versi seorang B.J Habibie, diluar apa yang telah kita ketahui dari pemberitaan media massa.
Santi Rahmayanti
Aug 06, 2008 Santi Rahmayanti rated it it was amazing
Baru baca beberapa halaman, udah direbut bokap...."Babe duluan ya baca..." huhh...karena gak tinggal serumah, jadi aja bukunya ngendon am bokap...

Diarynya salah satu tokoh idola gue...
Jadi ngerti, cerita dibalik demo2 yang minta Pak Habibie turun dari kursi kepresidenan...

Tony Gadhavi
Oct 25, 2008 Tony Gadhavi rated it liked it
I bought this book after watching Kick Andy in Metro TV when BJ Habibie was the guest star in that show. He was a leader in confuse that faced his former superior in unpleasant situation. Just read this book if you want to know the way he though and he did in that situation.
Benjalang
Jul 11, 2011 Benjalang rated it really liked it
Saya tidak habis pikir, kenapa pemimpin cerdas dan ta'at seperti Pak Habibie malah dihujat lalu kemudian diabaikan.

Tapi secara keseluruhan, buku ini benar-benar mencerminkan sosok beliau. Kita bisa melihat cara pemikiran beliau, dan itu memang sangat cerdas!
Win
Aug 25, 2012 Win rated it liked it
cukup detail menggambarkan apa yang terjadi di era komunikasi. meskipun itu dari sudut pandang habibie sendiri. bagaimanapun, inilah salah satu orang hebat dari indonesia yang pemikiran maupun opininya perlu kita renungi.
Eko Sedane Putra
Sep 21, 2008 Eko Sedane Putra rated it liked it
Buku ini merupakan salah satu referensi untuk mengingat sejarah, dimana terjadi krisis multi dimensional yang berujung pada berakhirnya kekuasaan Orde Baru.
Novriana Dewi
Apr 29, 2013 Novriana Dewi rated it liked it
Beliin buku ini buat papa di Kwitang dan kemudian dibaca dulu di Karawaci sebelum dibawa pulang ke Pekanbaru. *natsukashii naaa Kwitang*
Erie
Aug 27, 2007 Erie rated it really liked it
Recommends it for: every one
Shelves: biographies
i bought this book because i always interested on Mr. Habibie ways of think...and this book is really good...you should all read this book
Ariesca
Feb 04, 2009 Ariesca rated it did not like it
Buku ini belom selesai saya baca.
Penyajiannya kurang menarik,perlu tenaga ekstra untuk bisa membacanya sampai selesai.
Husain -
Jun 27, 2007 Husain - marked it as to-read
Buku ini sangat menarik dimana menceritakan sosok negarawan Bj. Habibie yang penuh semangat
Ismadi
Oct 23, 2007 Ismadi is currently reading it
bagian awal memang menunjukkan kekhasan catatan seorang peneliti......
Ali
May 18, 2008 Ali rated it really liked it
Shelves: non-fiksi, indonesia
Sebagai perbandingan sejarah detik-detik awal reformasi di mata B.J Habibie.
Gagah Putra Arifianto
May 26, 2009 Gagah Putra Arifianto rated it it was amazing
A superb writes-up of one of our President, Habibie.
Ganang Mahendra
May 26, 2009 Ganang Mahendra rated it liked it
Ehm perjalanan pak habibie waktu jadi presiden....
Diah
Sep 27, 2007 Diah added it
Jadi tahu gimana pikiran dan cara pandang seorang BJH.
dumbq
Jun 23, 2010 dumbq rated it liked it
sangat bagus, menggambarkan kejujuran sejarah
Eddy
May 26, 2009 Eddy rated it liked it
Memperjelas sejarah negara ini.
Ryan
Still reading.
Mahameroe
never read it
witz
May 26, 2009 witz rated it really liked it
Shelves: politik
Kontroversial...
Kiky
Mar 10, 2012 Kiky added it
detik
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 22 23 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • 40 Days in Europe: Kisah Kelompok Musik Indonesia Menaklukkan Daratan Eropa
  • Bertanya atau Mati!
  • For God and Country: Faith and Patriotism Under Fire
  • Dalih Pembunuhan Massal: Gerakan 30 September dan Kudeta Suharto
  • The True Life of Habibie
  • Nyanyi Sunyi Seorang Bisu 2
  • Musik Musim Hujan (Keluarga Cemara, #2)
  • Jurnalisme Sastrawi: Antologi Liputan Mendalam dan Memikat
  • Membuka Pintu Langit
  • Aku Ingin Jadi Peluru (Kumpulan Puisi)
  • Ballada Orang-Orang Tercinta
  • Nagasasra Sabukinten
  • Merahnya Merah
  • Islam dan Sosialisme
  • Olenka
  • Ahmadinejad! David ditengah Angkara Goliath Dunia
  • Negeri Senja
  • Gajah Mada (Gajah Mada, #1)
623666
Bacharuddin Jusuf Habibie (lahir di Parepare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936; umur 74 tahun) adalah Presiden Republik Indonesia yang ketiga. Ia menggantikan Soeharto yang mengundurkan diri dari jabatan presiden pada tanggal 21 Mei 1998. Jabatannya digantikan oleh Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang terpilih sebagai presiden pada 20 Oktober 1999 oleh MPR hasil Pemilu 1999.

B.J. Habibie menikah dengan H
...more
More about Bacharuddin Jusuf Habibie...

Share This Book