La Tahzan: Jangan Bersedih
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating

La Tahzan: Jangan Bersedih

4.23 of 5 stars 4.23  ·  rating details  ·  4,107 ratings  ·  523 reviews
At a time in which the Muslims are beset with trials from every periphery and within, comes this heartening book rooted in the commandments of Allah (swt), the Sunnah and the excellent guidance and examples of the Muslims that have come before us.

Don't Be Sad is an absolute must-read for all people. It is full of practical advice on how to replace sadness with a pragmatic...more
Published 2006
more details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about La Tahzan, please sign up.

Be the first to ask a question about La Tahzan

La Tahzan by Aidh bin Abdullah al-QarniDalam Dekapan Ukhuwah by Salim Akhukum FillahKhadijah - The True Love Story of Muhammad SAW by Abdul Mun'im MuhammadThe Quran by Muslim's Higher PowerJalan Cinta Para Pejuang by Salim Akhukum Fillah
1001 Islamic Books to Read Before You Die
1st out of 107 books — 124 voters
The Lightning Thief by Rick RiordanThe Hunger Games by Suzanne CollinsEragon by Christopher PaoliniArtemis Fowl by Eoin ColferThe Fellowship of the Ring by J.R.R. Tolkien
What To Read After Harry Potter
381st out of 1,077 books — 4,073 voters


More lists with this book...

Community Reviews

(showing 1-30 of 3,000)
filter  |  sort: default (?)  |  rating details
Sundang Saputra
Pertama kali dapat info tentang buku ini di internet saya pikir banyak orang yang melebih-lebihkan isi buku ini. Saya suka sekali baca buku-buku mengenai motivasi dan pencerahan hidup. Bukan apa-apa, hanya agar jiwa saya lebih termotivasi untk mengisi hidup, itu saja.
Saat ada kawan yang memberikan buku ini biasa saja, namun setelah saya baca ternyata isinya memang luar biasa.

Al Qarni pintar membuat buku yang tidak membosankan. Isinya bukan merupakan petuah orang tua kepada anaknya (saya rasa ha...more
Fathima
Points to think about; Points I like:

*The heart finds peace, the soul finds rest, nerves are relaxed and the intellect is awakened when we Remember Allah

*A person who lives in the past is like someone who tries to saw sawdust. Everything on earth marches forward, preparing for a new season - so should you

*Today is what you have and the only thing you can work with. Yesterday is gone and tomorrow isn't here yet.

*Eat your food - do your work - offer your prayers - sleep well and leave tomorrow unt...more
Claudia Lengkey
Aug 05, 2007 Claudia Lengkey rated it 5 of 5 stars
Recommends it for: yang lagi bersedih
Shelves: fave-mi
highly recommended! u'd treasure how wonderful ur life is, u'd cherish and u'd find there's no reason to feel sad!

buku ini membuat gw bisa selalu tersenyum dan jadi lebih yakin lagi, bahwa terus sedih nggak akan membuat hidup jadi seperti apa yang kita mau.
buku ini buat adem, bikin kita pengen membaca ulang yang baru aja kita baca.
baca buku ini kayak berdoa, hampir setiap selesai membaca satu bab, kita akan meng-amin-i bacaannya.

buat yang lagi kecewa, sakit hati, terus menemui kegagalan, ngeras
...more
nadya permata
Jun 29, 2007 nadya permata rated it 5 of 5 stars
Recommends it for: buat semua orang di luar sana
Subhanallah, buku ini seharusnya gak hanya dikasih lima bintang,tapi berpuluh-puluh bintang...
Dia bisa menyejukkan hati dan mengingatkan kita akan kebahagiaan hidup yang bisa kita gapai. BEtapa cinta Tuhan pada kita selama ini dan betapa kita tidak perlu resah, sedih , khawatir, karena Tuhan kita ALLah SWT.. Hasbunallah wa ni'mal wakil.. CUkup Allah sebagai pelindungku dan penjagaku...
Betapa kebahagiaan di dunia ini hanya sementara...
You must have this books, mungkin sekarang ngerasa gak butuh k...more
Alanda Kariza
Nov 04, 2007 Alanda Kariza rated it 5 of 5 stars  ·  review of another edition
Recommends it for: every people who are living in this world!
This is not another spiritual book which tells us to stay in track, and so on, and so on. My auntie bought this for her sisters and I read this book too.

It is the right book to read when you are sad! Why so? It describes every single thing in your life, and why you should not be sad anymore. The author really motivates us to stay happy, and happy, and happy, because we have everything. We have the land, the birds, the air... There are no reason for us not to be happy.

So, buy this book and don't...more
Mohamed Ismail
Me and my wife bought this book more than eight times. Every time we buy this we give this book as gift. Really very good book. Now I have one copy with me!
Dhini
spt judulnya... isi didalamnya mengingatkan kita utk tidak bersedih atas apapun permasalahan yang kita hadapi..krn kehidupan kita sudah selesai ditulis dalam buku besar Allah Ta'ala, yang namanya Lauhul Mahfudz..Dan Allah ga pernah berlaku zalim pada makhluknya..artinya, selalu ada hal baik dalam setiap permasalahan dan bahwa setiap permasalahan pasti akan ada akhirnya...sbg manusia kita cuma disuruh utk selalu meningkatkan ketakwaan padaNya sambil menyempurnakan ikhtiar/usaha. So, memang ga usa...more
Wildan
La Tahzan, jangam bersedih. Banyak hal dalam hidup ini yang membuat bersedih. Itu semua dikarenakan bentuk pikiran yang membuat seseorang bersedih. Bebaskan pikiran Mu.
La Tahzan, sebuah kata-kata yang termuat dalam Al Quran. patutkah kita bersedih? Jangan takut, jangan bersedih, Sesunguhnya Allah bersama kita.
Ketika manusia membumbung jauh dengan hayalannya, ketika manusia merasa angkuh dengan keberadaannya, itulah yang sebenarnya membuat manusia bersedih. Saat mereka jauh dari Allah. Berfikirl...more
Uya_m...z
Aug 27, 2007 Uya_m...z rated it 4 of 5 stars
Recommends it for: me and my friends
Benar, apa yg tampak baik menurut kita belum tentu baik menurutNya, begitu juga sebaliknya. 4JJI lebih mengetahui dari apa yg tidak kita ketahui. Buku ini penuh inspirasi, menjadi teman setia sewaktu masih menyusun skripsi. Segala perasaan sedih, kecewa, panik, bingung, pusing dan stres dalam menyusun refisi bisa terobati setelah membaca buku ini. Meskipun tebal dan ada beberapa kalimat dg makna yg sama sering muncul lg, tapi buku ini bagus direkomendasikan untuk mereka yg perasaannya masih labi...more
Natika Key
La Tahzan  Jangan Bersedih by Aidh bin Abdullah Al-Qarni

suka banget sama buku ini . . !! :)
engga bosen-bosen walaupun dibaca berkali-kali dehh . .
buku ini ngajarin kita untuk lebih arif dalam nyikapin kesedihan ,,
Suryati
Setiap kehidupan pasti mengalami hal yang berat, sedih, marah, kecewa...
Di saat kita mengalami hal-hal tersebut biasanya kita ingin curhat kepada seseorang untuk mengurangi beban yang terasa menghimpit di dada. Tetapi curhat memiliki suatu dilema tersendiri, tepatkah orang yang kita pilih sebagai teman curhat? Bisakah dia mencarikan solusi akan problem yang dihadapi? Bisa jadi bukannya solusi tapi masalah bertambah dan berita tersebar kemana-mana dan salah paham akan muncul. Maka tempat curhat y...more
Faramina Adjecta
RESENSI BUKU “LA TAHZAN, JANGAN BERSEDIH”

Judul buku Asli : La Tahzan
Edisi Indonesia : La Tahzan
Jangan Bersedih
Penulis : Dr. ‘Aidh Abdullah Al Qarni
Penerjemah : Samson Rahman
Tahun terbit : 2008
Cetakan ke : 46 (empat puluh enam)
Tebal buku : xviii + 568 halaman
Peresensi : Firman Maula Syafi'i

LAA TAHZAN
Jangan Bersedih Hidup Penuh Kebahagiaan

Seringkali kita menyesali mengapa diri kita berbeda dengan orang lain. Sering kita merasa iri dengan kelebihan yang dimiliki orang lain. Padahal Allah telah m...more
Bari
ASA
I started reading this book and I loved it. But once I found out the "Author" plagerised the book from a young Saudi woman, I could not continue reading. Although I would love to read it if it were correctly attributed to the real author - in fact I'm sure I would love the book even more because a woman wrote it. However, knowing it was banned in Saudi Arabia, yet it continues to be sold and attributed to al Qarni, makes me ill. Shame on him.

http://en.wikipedia.org/wiki/Aaidh_ib...

Al-Qarni is...more
Ike
buku ini bagus banget isinya..cuma disayangkan bnyk sekali pengulangan kata2nya sampe mikir apa udah baca ya halaman ini kok keluar kata2nya sama lagi..karena sangking tebel nya kali ye..but overall..bagi yg kekurangan spirit of life this book really a good mediator to encourage your life..definately..life seem so beatiful when we read this book..jadi bersemangat menyambut hari esok..but above all..jangan pernah putus asa akan hidup kita ingat aja the old saying: yesterday is a past, today is a...more
Evi  Mahasti
I gave this book to one of my high school friends who was one the earthquake's victims 2 years ago. She was so grateful since it's the kinda book that she needed during that time. It made her stronger and able to be one of a gratefull persons in hard times. It's not an easy thing to do especially when you do know that you had nothing left but what you have it in your body. I think she already above average than just a strong person.
Ekoz_guevara Setiawan
Aku baca buku ini ketika ...cobaan beruntun mengujiku...kehilangan putra nomor dua (Muhammad Rasheed)...harus dioperasi punggungku karena Hernia Nucleuos Purpolsus ( syaraf kejepit)...Allhamdulillah buku inilah yang mengembalikan semangatku dan istriku....bahwa sabar adalah sesuatu yang mesti diraih.....suer buku ini bagus untuk orang-orang yang kehilangan rasa syukur kepada Allah swt....
Huma Rashid
It should be noted that the author was convicted of plagiarizing this book from a Saudi woman, per the Wikipedia page on the subject. He is also being sued for plagiarism by another author. His argument is that plagiarism among religious scholars is okay.

That being said, this book is helpful and also problematic.

The author claims it's written for all audiences, regardless of faith. I disagree. The book is still quite esoteric despite the fact that the author does occasionally incorporate the say...more
Anam
Normally I don't read Islamic Books, this one was just a random pick and it proved to be the perfect fit.

I highly recommend this book to all Muslim and Non-Muslim friends too, either you are depressed or not. This book carries a great value. While reading you'll find a permanent supporting shoulder for your sorrows and difficulties. And if you're not going through a difficult time then too its a must read.

This book will take you to many phases and times with quoting verses from the Holy Quran....more
Yudhie
Buku yang mengubah hidup gw ..
bisa dibilang buku ini menjadi titik awal gw untuk menjadi seseorang yang lebih dewasa dan sesorang yang lebih mencintai Pencipta-nya di banding Mahluk-nya
Phenry
Jul 03, 2008 Phenry added it  ·  review of another edition
Recommends it for: anyone who has ever felt sad
this book is so friggin' tight! MASHAALLAH! I've had this book since I was a freshman it was a gift and I read a couple of pages but I guess my mind wasn't in it to finish the whole thing. This is sooo wonderful. (this comment was made while reading the book the following is what I think after finishing)


This book is so friggin' tight! MASHALLAH! I loved every page of the book. It is filled with Qur'an and ahadith and also poetry and wisdom from Muslims and Non-Muslims. Too often we waste time wo...more
Edziardo
Awalnya saya tidak tertarik untuk membaca buku ini. Karna ekspektasi saya buku ini tak lebih dari sekedar chicken soup versi Islam.

Sampai suatu saat, ketika saya sedang dilanda musibah yang sangat berat, yang menyebabkan jiwa saya begitu rapuh & hancur, bisa dikatakan hampir putus asa, karena saya sudah tidak mempunyai semangat dalam kehidupan ini (sedikit hiperbola, hehe). Lalu kemudian saya menemukan buku ini di rumah saudara saya, dan membacanya sekilas. Hanya dengan membaca 1 bab dari b...more
Asma
I love this book. It is a very practical and inspirational book for anyone who is depressed or feeling sad.
The author tells us in the first several pages of the Foreword and such, on how to read this book. It's not a book to read in one sitting. You have to take it in and enjoy reading it little by little in order to reflect it back to yourself. I love how there are no chapters, but just small sections about various issues that come up in life. It makes it much, much easier and enjoyable to re...more
Imas
Sudah cukup lama membaca buku ini, sekitar 6 tahun yang lalu. Anakku Adra yang menanyakan "apa sih ma La Tahzan itu?", gara-gara status seorang teman yang sering mengutip La Tahzan dan tampaknya sangat menggemari karya Aidh bin Abdullah al-Qarni ini.... hehehehe...

Buku bagus untuk motivasi diri saat kesusahan melanda. Semacam buku Chicken Soup for Moslem. Sesuai judulnya, jangan bersedih, buku ini memberikan dorongan untuk bersyukur alih-alih bersedih.....Ada Allah untuk mengadu, cukuplah Allah...more
Hardini
... aku dapat buku ini dari tetanggaku yang kul di unila bandar lampung. pas aku kehilangan kontak dengan 'bakalan' pada masa konflik aceh. jadinya sedih banget.trus di pinjami buku ini deh ... jadi punya inisiatif pengen keluar, jalan-jalan menikmati hidup. g terasa sampai jauh ke ujung sumatera ... walau g pernah ketemu, la tahzan membantuku keluar dari kesedihan.
Lateefah
Feb 12, 2008 Lateefah rated it 5 of 5 stars  ·  review of another edition
Recommended to Lateefah by: My brother
Shelves: islam
So far, what I have read in this book proves to be very insightful. It makes you realize all the blessing you have in your life and not really give much energy to what is lacking as everything is the will of God. I recommend this book for the pessimist or the one always wanting more in life without being satisfied with what they have. All we have is today...
Azzahro Wijaya
Sebenarnya saya belum pernah menamatkan buku ini, tapi saya akan mengatakan kepada anda semua kalau buku ini sebenarnya WAJIB anda miliki di rumah. Dulu saya pernah sedih, dan ketika saya sedih, saya ke perpustakaan cari buku ini, buka sembarang halaman, dan seolah-olah kalimat-kalimat di dalamnya menasihati dan menghibur saya. Begitu pula anda bukan?
Ali
This book gets zero stars. This is such an important topic, especially for young Muslims in America. This book is a failure. It's basically a long winded version of a proto-typical lecture parents might give children: Muslims don't get depressed, you're just being ungrateful.

I found it uninspired and unhelpful.
Dewi Wulandari
Buku ini selalu efektif untuk membuat saya melupakan kesedihan yang sedang melanda #tsahhhh...
Jadi semacam menguatkan dan memberitahu kita caranya untuk melupakan kesedihan dengan dalil-dalil Al Qur'an dan Haditz
Banyak hal indah di dunia ini, jadi untuk apa bersedih
La Tahzan everybody!!!
Nurhayati
Dari lembar pertama, buku ini telah banyak memberikan penguatan. Hingga lembar akhirnya, Benar-benar mengingatkan bahwa Allah SWT Maha Segala-galanya atas setiap peristiwa yang menimpa kita, yang ada di hadapan kita, dan ada di sekitar kita. So, don't be sad!!
Pera
I had try to read book this book, and I always find my self fall of sleep. this book offer nothing new. it just a review book. It's full of advice too. maybe thats why I dont like this book. I think this book didnt listen about the real problem of being man.
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 99 100 next »
topics  posts  views  last activity   
PHILOSOPHY-MUSLIM 3 75 Jun 02, 2011 07:27AM  
  • ESQ
  • Al-Matsurat: Doa dan Zikir Rasulullah saw
  • Khadijah - The True Love Story of Muhammad SAW
  • Setengah Isi Setengah Kosong "Half Full Half Empty"
  • Ketika Cinta Bertasbih
  • Nikmatnya Pacaran Setelah Pernikahan
  • Quantum Ikhlas: Teknologi Aktivasi Kekuatan Hati
  • Pelatihan Shalat Khusyu
  • The Ideal Muslimah: The True Islamic Personality of the Muslim Woman as Defined in the Qur’an and Sunnah
  • Sang Pemimpi (Tetralogi Laskar Pelangi, #2)
  • Muhammad: Lelaki Penggenggam Hujan
  • The Choice: Dialog Islam -Kristen
  • Lentera Hati: Kisah & Hikmah Kehidupan
  • Ketika Mas Gagah Pergi (Edisi Kedua)
  • The True Power of Water
  • Catatan Hati di Setiap Sujudku
  • 7 Keajaiban Rezeki
623606
Shaykh Dr. Aaidh bin Abdullah al-Qarni (also spelt al-Qarnee),is a Saudi Islamic Muslim Scholar and respected author and activist.

He is most well known for his self-help book 'Don't Be Sad' which is seen as the number one in its field within Islamic literature and although written by a Muslim for Muslims it is praised as being ideal for non-Muslims alike. This type of literature in Islam is very r...more
More about Aidh bin Abdullah al-Qarni...
Menjadi Wanita Paling Bahagia Cambuk Hati Malam Pertama di Alam Kubur (Awwalu Laylatin fi Al-Qabri) La Tahzan For Smart Muslimah (Kiat Menjadi Wanita Teladan Dunia-Akhirat) Tersenyumlah

Share This Book

“Always better to be busy than bored -Idleness is a slow torture; it is an expert thief and your mind is the victim” 22 likes
“Today is what you have and the only thing you can work with. Yesterday is gone and tomorrow isn't here yet.” 19 likes
More quotes…